Journal Information
ISSN / EISSN : 2623-0143 / 2657-2184
Published by: Universitas Muslim Maros (10.46918)
Total articles ≅ 32
Filter:

Latest articles in this journal

Eti Wahyuningsih, Khoerul Umam
Published: 28 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 81-94; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1244

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Gastropoda di Sungai Logawa Banyumas. Penelitian ini dilakukan bulan Agustus-September 2021 di Sungai Logawa Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode survei. Pengambilan sampel dilakukan 3 kali dengan jangka waktu satu minggu. Sedangkan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling, dimana ada 5 stasiun pengamatan yaitu stasiun 1 di Desa Sunyalangu, Stasiun 2 di Desa Dawuhan Kidul, Stasiun 3 di Desa Karanglewas Lor, stasiun 4 di Desa Karanglewas Kidul, dan stasiun 5 di Desa Patikraja. Hasil penelitian diperoleh ada 8 spesies yaitu Anentome helena,  Filopaludina javanica, Lymneae rubiginosa, Melanoides rustica, Melanoides tubercukata, Sulcospira testudinaria, Terebia ranivera, dan Thiara scabra. Komposisi gastropoda tertinggi yaitu di stasiun 5 yaitu 466 individu dengan 7 spesies dan 4 famili. Keanekaragaman tertinggi di stasiun 5 dengan nilai 1,23, nilai terendah di stasiun 3 yaitu 0,43. Dominansi tertinggi yaitu stasiun 3 yaitu 0,79 termasuk kategori tinggi, sehingga ada yang mendominansi stasiun tersebut yaitu Sulcospira testudinaria, dan nilai indeks dominansi terendah ada di stasiun 5 yaitu 0,32 termasuk dalam kategori rendah.
Haerul Mutiah, Andi Yurni Ulfa
Published: 28 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 69-80; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1235

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap hasil belajar dan keterampilan berargumentasi siswa sebagai salah satu aspek penting dalam keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental (penelitian semu) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berargumentasi siswa pada kelas eksperimen jauh lebih tingi dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol hal ini dibuktikan dengan masih terdapat 24% siswa di kelas kontrol yang belum mampu berargumen dengan baik sementara di kelas eksperimen hanya sekitar 4%. Hasil belajar Biologi yang diajar dengan model Argument Driven Inquiry (ADI) pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 44,24 dengan kategori rendah sedangkan rata-rata nilai posttestnya yaitu 78,12 dengan kategori tinggi. Hasil belajar Biologi siswa yang diajar dengan model Non-ADI (kelas kontrol) diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 45,88 yang berada pada kategori rendah, sedangkan nilai posttestnya yaitu 68,16 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung= 2,03 > ttabel =0,03. Dari data tersebut ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar Biologi dan keterampilan berargumentasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwamodel pembelajaran Argument Driven Inquiry sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan argumentasi siswa.
Muqtakdir Nurfalaq Syarif, Avelina Hadinda, Muh. Anas M, Yusniar Rasjid
Published: 27 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 45-57; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1234

Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran IPA biologi dalam hal ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Children Learning In Scince pada peserta didik kelas VII SMP Ittihad Makassar yang dilaksakan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Ittihad Makassar yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi dan Tes kemampuan kognitif yang dilakukan pada akhir siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik, deskriptif, dalam bentuk analisis presentase. Hasil penelitian yang dipeoleh yaitu penerapan model Children Learning In Scinec pada kelas VII B SMP Ittihad Makassar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata presentase hasil belajar biologi pada peserta didik kelas VII B SMP Ittihad Makassar pada siklus pertama sebesar 78,26% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 91,30%. Dengan model pembalajaran tersebut peserta didik lebih aktif, focus dan termotivasi dalam pembelajaran dan terpenuhinya semua aspek dan indicator
Wiwik Wiji Astuti, Andi Nurveryani
Published: 27 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 58-68; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1227

Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Keristen Pelita Kasih Makassar melalui penerapan strategi Go To Your Post dipadu teknik permainan papan memori. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Pelita Kasih Makassar yang berjumlah 35 orang dimana laki-laki berjumlah 15 orang dan perempuan berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan refleksi untuk mengetahui hasil dari setiap siklus. Teknik pengambilan data yaitu data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar yang diberikan sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Pelita Kasih Makassar yang diajar melalui penerapan strategi Go To Your Post dipadu teknik permainan papan memori yang dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajarnya pada siklus I yakni 72,29 menjadi 84,14 pada siklus II dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa strategi tersebut cocok dilakukan pada materi Biologi di sekolah.
Astuti Muh Amin, Noor Hujjatusnaini, Aldi Winanto, Baiq Hidayatun Nisa, Khairunisa Khairunisa, Prisko Prasetyo
Published: 27 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 34-44; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1226

Abstract:
Biji durian (Durio zibethinus) merupakan substrat yang cenderung bersifat sebagai limbah yang minim nilai manfaat. Pembuatan tempe dengan bahan baku biji Durian menjadi solusi alternatif dan merupakan suatu inovasi bahan baku dalam pembuatan tempe dan peningkatan nilai guna biji Durian. Jumlah inokulum dan lama waktu fermentasi yang tepat dalam menghasilkan kualitas tempe berbahan baku biji Durian masih belum diketahui menjadi temuan yang diharapkan dalam penelitian. Rancangan penelitian disusun dengan desain Rancangan Acak Kelompok dengan kadar ragi 0,15 gram : 0,2 gram dengan waktu fermentasi 0 jam, 24 jam, 48 jam, 72 jam, dan 96 jam. Data yang diukur meliputi kadar protein, lemak, dan asam fitat, yang dilanjutkan dengan uji tingkat kesukaan dengan 15 orang panelis dan di ketahui hasil dari uji tersebut bahwa tempe biji durian cukup layak untuk dikonsumsi, karena rasa dan tekstur dari tempe biji durian tersebut memiliki kesamaan dari tempe pada umumnya yang dibuat menggunakan biji kedelai . Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, sedangkan data organoleptik dianalisis dengan skala Likert. Hasil penelitian bahwa biji Durian sebelum fermentasi mengalami penurunan kadar protein, dan lemak setelah fermentasi 24jam, sedangkan asam fitat setelah fermentasi 92jam untuk penambahan inokulum 0.15%. Hasil uji sensori menunjukkan 93.33% panelis menilai penambahan ragi 0,15 gram lebih baik dibandingkan ragi 0,2gram berdasarkan warna, rasa, aroma, dan tekstur tempe.
Wiwin Pramita Arif, Putri Athirah Azis, Syahriani Syahriani, Syamsul Syamsul, Anisa Anisa, Saparuddin Saparuddin
Published: 25 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 25-33; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1222

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap belajar mahasiswa terhadap Pembelajaran online pada Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitian berupa angket (skala Linkert). Responden penelitian berjumlah 30 mahasiswa sebagai populasi pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan Angket/kuesioner adalah instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bertujuan mengumpulkan data mengenai variabel sikap siswa dengan jumlah item yang disusun adalah 15 item pernyataan dengan menggunakan skala likert yang meliputi sikap belajar (1) Sungguh-sungguh dalam belajar, (2) menyelesaikan tugas, (3) Berpartisipasi dalam pembelajaran, (4) Kreativitas. Sikap belajar siswa selama pembelajaran online adalah kategori netral dengan jumlah frekuensi sebesar 15 responden dan persentasenya 50%. Hal ini menunjukkan baik pembelajaran secara offline dan online tidak mempengaruhi dengan sikap belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Ahmad Ali, Hamansah Hamansah, Elva Lidya
Published: 25 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 1-12; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1210

Abstract:
Pembelajaran abad 21 menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi meliputi 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, and creativity) yang dapat diupayakan melalui mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan berbasis mindmap. Proses pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Plomp yang terdiri atas 5 fase yaitu; fase investigasi awal; fase desain; fase realisiasi/konstruksi; fase tes evaluasi, dan revisi; dan fase implementasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 dengan subjek penelitian mahasiwa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar semester Empat (IV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan dinyatakan valid dengan rata-rata penilai 3,6 pada kategori sangat valid dan praktis dengan 92,25% responden memberikan respon positif dari keseluruhan item yang ditanyakan (100%). Bahan ajar yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa khususnya mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Warda Murti, Sri Maya, Pertiwi Indah Lestari
Published: 25 March 2022
Journal: Binomial
Binomial, Volume 5, pp 13-24; https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240

Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pedoman praktikum pada mata kuliah ekologi tumbuhan terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV prodi pendidikan biologi FKIP UMMA sebanyak 10 mahasiswa dengan langkah penelitian yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian pelaksanaan, pengawasan, sistem evaluasi pembelajaran praktikum. Penelitian ini ditinjau dari tes hasil belajar yang diberikan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal serta pemberian angket respon kepasa mahasiswa. Sebelum mahasiswa diberikan tes hasil belajar berupa posttest, terlebih dahulu mahasiswa melakukan praktikum dengan menggunakan buku pedoman praktikum ekologi tumbuhan yang disediakan oleh dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pedoman praktikum pada pelaksaanaan praktikum ekologi tumbuhan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa dilihat dari nilai rata-rata pretest 85,61 sedangkan nilai rata-rata meningkat setelah diberikan posttest sebesar 96,18. Selain itu, pengaruh pelaksanaan praktikum dengan menggunakan pedoman juga dapat dilihat dari hasil rasio pengaruh dengan nilai rata-rata hasil akhir praktikum dengan rasio pengaruh 127,60%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pedoman praktikum dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Semakin besar nilai rasio pengaruh maka semakin besar pula tingkat keberhasilan suatu pedoman praktikum tersebut.
Seprianus Atambi, Sapinah Pinah, Muh. Anas
Published: 27 September 2021
Journal: Binomial
Binomial, Volume 4, pp 125-139; https://doi.org/10.46918/bn.v4i2.1062

Abstract:
Abstrak Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri Mainang pada Kelas VII untuk melihat data hasil belajar Biologi ( IPA ). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent Grup Control Design. Hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran model pembelajaran tipe shared diperoleh rata-rata pretest yaitu 41,52 (kategori rendah) sedangkan rata- rata nilai posttest yaitu 76,12 (kategori tinggi) dengan besar peningkatan hasil belajar 82%. Hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran model pembelajaran tipe threated diperoleh rata-rata nilai pretest yaitu 38,76 (kategori rendah), sedangkan rata-rata posttest yaitu 79,92 (kategori tinggi) dengan besar peningkatan rata-rata hasil belajar Biologi 88%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa nilai yaitu 0,042 < 0,05. Kesimpulan yang diambil adalah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi yang signifikan antara siswa kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2, Sehingga dilanjutkan dengan uji efektifitas diperoleh dari hasil analasis bahwa > 1(1,49 > 1) maka secara relatif penerapan pembelajaran dengan Model integrated tipe threated lebih efektif dari model pembelajaran tipe shared terhadap hasil belajar Biologi kelas SMP Negeri Mainangn Kabupaten alor.
Nurul Sukma, Pertiwi Indah Lestari, Rizki Amalia Nur
Published: 27 September 2021
Journal: Binomial
Binomial, Volume 4, pp 154-166; https://doi.org/10.46918/bn.v4i2.1042

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik Purpose sampling, sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas yaitu X MIPA 4 dan X MIPA 1. Pada pembelajaran materi perubahan lingkungan, satu kelas diajar dengan menggunakan media Quizizz terkhusus pada penutup pembelajaran, sedangkan kelas lainnya diberikan tugas dalam bentuk resume pada penutup pembelajarannya. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 item yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji Shapiro-wilk untuk uji normalitas, dan univariate of variance untuk uji homogenitas. Selanjutnya untuk uji hipotesis menggunakan uji T Test, sedangkan untuk peningkatan hasil belajar menggunakan uji N-gain. Setalah dilakukan pengujian diperoleh perbandingan peningkatan hasil belajar lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,399 > ttabel 1,697. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMAN 3 Maros.
Back to Top Top