Eksplora Informatika

Journal Information
ISSN / EISSN : 2089-1814 / 2460-3694
Current Publisher: STIKOM Bali (10.30864)
Total articles ≅ 45
Filter:

Latest articles in this journal

Rahmat Haryadi Kiswanto
Published: 30 September 2020
Eksplora Informatika, Volume 10, pp 1-12; doi:10.30864/eksplora.v10i1.358

Abstract:
Pemilihan komputer yang baik adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran karena hal ini berhubungan dengan spesifikasi perangkat keras di dalamnya. Masih banyak masyarakat awam tidak mempunyai pengetahuan komponen komputer rakitan. Hal ini bias menjadi penyebab kurang optimalnya dalam memilih spesifikasi komputer rakitan berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan anggaran. Sehingga perlu adanya suatu sistem yang dapat membantu masyarakat dalam memberikan informasi spesifikasi (komponen-komponen) komputer rakitan yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki calon pembeli. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan mengamati langsung proses pembelian Komputer rakitan yang dilakukan di toko-toko komputer. Selanjutnya melakukan pengumpulan data perangkat keras komputer yang akan dijadikan spesifikasi komputer rakitan. Memilih Algoritma Backtracking dengan teknik Depth First Search dengan fungsi pembatas harga dalam proses penyusunan spesifikasi perangkat keras komputer. Pengujian dilakukan pada 4 komponen hardware untuk Paket Office dengan batas anggaran Rp 5.000.000, dan memperoleh output harga Rp 4.978.000 dengan performa indeks 5482 dan pada Paket Grafik/Game, pengujian dilakukan pada 5 komponen hardware dengan batas anggaran Rp 8.000.000 dan memperoleh 2 pilihan output harga Rp 7.973.000 dan Rp 8.000.000 dengan masing-masing indeks 12749 dan 12373. Kedua pengujian menghasilkan keluaran kombinasi hardware yang tidak melebihi batas anggaran yang dimasukkan.
Usman Nurhasan, Betlian Fajrin, Defandy Fanny Abdillah, Fredo Vale Yuda Ughay
Published: 30 September 2020
Eksplora Informatika, Volume 10, pp 20-31; doi:10.30864/eksplora.v10i1.250

Abstract:
UPT Pelatihan Kerja Singosari adalah lembaga pemerintah provinsi Jawa Timur sebagai penyelenggara pelatihan untuk memberikan sarana prasarana pendidikan dan sebuah informasi lowongan pekerjaan pada sebuah perusahaan agar masyarakat mampu menghadapi dunia kerja dan cepat menerima sebuah informasi kerja. Dalam Divisi Pengembangan dan Pemasaran, dilakukan berbagai macam proses yang salah satu tujuannya adalah memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lowongan pekerjaan, lowongan pelatihan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, proses pemberian informasi pelatihan serta pendaftaran masih dilakukan secara manual, sehingga masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi pelatihan kesulitan menerima informasi secara langsung. Dengan diciptakan sebuah sistem informasi berbasis website, diharapkan masyarakat luas dapat menjangkau dengan mudah berbagai informasi pelatihan yang diberikan oleh UPT Pelatihan Kerja Singosari karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Pembuatan sistem informasi berbasis website ini menggunakan framework CodeIgniter dan juga metode Model View Controller (MVC) karena pada penelitian sebelumnya mampu membuat sistem lebih stabil dan mudah dilakukan perbaikan. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat menjadi lebih terbantu dengan adanya sistem ini karena tidak perlu jauh-jauh untuk melihat informasi yang mereka butuhkan.
Ni Wayan Ari Ulandari
Published: 30 September 2020
Eksplora Informatika, Volume 10, pp 53-58; doi:10.30864/eksplora.v10i1.379

Abstract:
Pemberian beasiswa Bidikmisi di Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali bertujuan untuk membantu para mahasiswa agar mereka dapat mencari ilmu di STIKOM Bali, terutama bagi yang mengalami masalah dalam pembiayaan perkuliahan. Pemberian beasiswa Bidikmisi dilakukan memalui proses seleksi yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru, oleh karena itu membutuhkan suatu metode yang dapat mempertimbangkan berbagai kriteria dalam proses seleksi. Dalam mengambil suatu keputusan yang cepat dan tepat haruslah didukung oleh sebuah sistem. Penelitian ini menggunakan metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA). MOORA mampu memberikan informasi yang lebih akurat, di mana metode MOORA digunakan untuk melakukan pemeringkatan terhadap calon penerima beasiswa Bidikmisi. MOORA memiliki kelebihan pada proses pemeringkatan dengan mengoptimalkan dua atau lebih atribut yang saling bertentangan secara bersamaan. Peringkat yang dihasilkan oleh proses MOORA menunjukkan alternatif A4 merupakan alternatif terbaik sebagai penerima beasiswa Bidikmisi di Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali.
Septri Wanti Siahaan, Kristin Daya Rohani Sianipar, P.P.P.A.N.W Fikrul Ilmi R.H Zer, Dedy Hartama
Published: 30 September 2020
Eksplora Informatika, Volume 10, pp 59-67; doi:10.30864/eksplora.v10i1.396

Abstract:
Negara-negara di dunia memiliki bahasa tersendiri. Bahasa yang paling dominan digunakan adalah Bahasa Inggris. Oleh karena itu, Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional. Bahasa internasional adalah bahasa yang digunakan agar dapat berkomunikasi dengan orang-orang di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran atau mata kuliah wajib yang dipelajari oleh siswa/i dan mahasiswa/i. Mahasiswa/i wajib mengetahui bahwa mempelajari Bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi di masa depan. Di era globalisasi saat ini, Bahasa Inggris dapat memberikan dampak yang mendominasi seperti komunikasi, pekerjaan, studi, dan lainnya. Namun, seperti yang semua orang tahu bahwa, mempelajari Bahasa Inggris tidaklah mudah. Banyak mahasiswa/i yang mendaftar kelas Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Namun, ada juga mahasiswa/i yang tidak mendaftar kelas Bahasa Inggris tetapi, memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang bagus. Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis menerapkan Algoritma yang ada pada Data Mining yaitu Algoritma C4.5. Hasil dari penelitian ini adalah faktor “Mendengar dari Lingkungan” mendapatkan gain tertinggi pada iterasi ke-1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada mahasiswa adalah “Mendengar dari Lingkungan”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan faktor yang meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada mahasiswa.
Elik Hari Muktafin, Kusrini Kusrini, Emha Taufiq Luthfi
Published: 30 September 2020
Eksplora Informatika, Volume 10, pp 32-42; doi:10.30864/eksplora.v10i1.390

Abstract:
Ulasan produk di marketplace merupakan informasi yang berharga apabila diolah dengan baik. Penjual dapat melakukan analisis ulasan produk untuk mendapat informasi yang dapat digunakan dalam evaluasi produk dan layanan. Kegiatan analisis ulasan produk tidak cukup dengan melihat jumlah bintang, diperlukan melihat seluruh isi komentar ulasan untuk dapat mengetahui maksud dari ulasan. Apabila dalam jumlah sedikit dapat dilakukan secara manual, namun dalam jumlah banyak lebih efektif menggunakan sistem. Dibutuhkan sistem yang mampu menganalisis banyak ulasan dengan efektif agar memudahkan dalam memahami maksud ulasan. Penelitian ini menggunakan algoritma KNN dan TF-IDF dengan pendekatan NLP untuk mengklasifikasikan ulasan produk “hijab instan” ke dalam 2 kelas (positif dan negatif). Klasifikasi menggunakan pendekatan NLP mendapat akurasi sebesar 76,92%, presisi 80,00% dan recall 74,07%, sedangkan tanpa NLP hanya mendapat akurasi sebesar 69,23%, presisi 80,00% dan recall 64,52%. Kata yang sering muncul pada ulasan dapat menggambarkan penilaian pembeli secara umum pada produk. Pada ulasan positif menunjukkan pembeli puas terhadap kualitas, kecepatan pengiriman dan harga barang, sedangkan pada ulasan negatif pembeli kecewa pada warna, dan jumlah barang yang dikirim tidak sama dengan yang dipesan.
Irawan Wingdes
Published: 30 September 2020
Eksplora Informatika, Volume 10, pp 43-52; doi:10.30864/eksplora.v10i1.392

Abstract:
Supply Chain Management menjadi salah satu perkembangan inti dari aktivitas organisasi. Dalam berbagai referensi SCM, utilisasi internet dan e-logistic melalui third party logistics mendukung upaya efisiensi supply chain, tetapi berpotensi mengancam rantai distributor. Menimbang kurangnya penelitian sebelumnya di Kalimantan Barat dan Pontianak khususnya, penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan bagaimana dampak dari perkembangan SCM dan e-logistics secara praktik dalam rantai distributor di Pontianak Selatan. Metode kualitatif dengan pertanyaan semi terstruktur diutilitasi untuk penelitian. Penelitian mengacu pada teori Protection Motivation Theory untuk membahas dampak perkembangan SCM maupun penerimaan teknologi e-logistic. Alat analisis data menggunakan NVivo 12. Hasil menunjukkan bahwa perkembangan SCM mempengaruhi bisnis distributor dan terdapat persiapan yang unik di antara distributor dalam mengatasi dampak tersebut.
I Gusti Ngurah Wikranta Arsa, I Nyoman Rudy Hendrawan
Published: 30 September 2020
Eksplora Informatika, Volume 10, pp 13-19; doi:10.30864/eksplora.v10i1.381

Abstract:
Konsolidasi server adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membangun beberapa server virtualisasi di dalam sebuah mesin fisik/server fisik. Perkembangan konsolidasi server dapat digunakan sebagai salah satu teknik yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan penyediaan server cloud computing. Salah satu hypervisor atau sistem operasi yang menangani virtualisasi adalah Proxmox Masalah utama penelitian ini adalah pembentukan beberapa virtualisasi server pada sebuah server fisik menimbulkan peningkatan beban kinerja dari server. Masalah lainnya adalah seberapa besar peningkatan beban server ketika dibuat beberapa server virtual dan sejauh mana kinerja dari server virtual ataupun server fisik. Penelitian ini melihat sejauh mana CPU utilization, penggunaan memori, dan lama proses mesin server mengerjakan sebuah pekerjaan. Dari hasil pengujian didapat peningkatan penggunaan sumber daya server fisik yaitu penggunaan CPU sebesar 48,7 % dan peningkatan memori sebesar 8MB dalam keadaan hanya menjalankan virtual mesin. Peningkatan CPU utilization dari 1% menjadi 2% ketika mesin server dibuatkan 10 virtual mesin (virtual server) dalam keadaan idle dan peningkatan memori dari 376 MB menjadi 468 MB. Lama waktu proses kompresi mesin server biasa 33,354 detik, mesin server dengan satu virtual server 39,98 detik, dan satu server dengan 10 VM sebesar 108,532 detik.
M. Azman Maricar , Dian Pramana
Published: 31 March 2020
Eksplora Informatika, Volume 9, pp 124-129; doi:10.30864/eksplora.v9i2.326

Abstract:
Dalam setiap membangun suatu sistem, sangat penting untuk memastikan bahwa sistem yang telah dibangun tersebut mampu digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Untuk mengetahui seberapa mudah suatu sistem dapat digunakan, dapat dilakukan pengujian usability. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengujian usability adalah System Usability Scale (SUS). Dalam penelitian ini dilakukan pengujian usability dengan metode tersebut terhadap sistem peramalan untuk meramalkan rentang waktu kerja alumni ITB STIKOM Bali. Rentang waktu kerja yang dimaksud adalah seberapa lama alumni ITB STIKOM Bali mendapatkan pekerjaan selepas mereka wisuda. Total responden yang digunakan adalah 105 responden. Dari pengujian tersebut didapatkan skor 67, kemudian skor tersebut diinterpretasikan dalam tiga jenis. Pertama interpretasi Acceptability Ranges, skor tersebut masuk ke range Marginal/Marginal-High. Kedua, interpretasi Grade Scale, skor tersebut masuk ke grade D. Dan ketiga, interpretasi Adjective Rating, skor tersebut masuk ke rating OK yang hampir mendekati Good. Skor 67 menandakan bahwa sistem yang telah dibangun masih harus diperbaiki agar mampu diterima dengan baik oleh penggunanya.
Published: 31 March 2020
Eksplora Informatika, Volume 9, pp 140-153; doi:10.30864/eksplora.v9i2.333

Abstract:
Penggunaan mobile banking meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Hampir setiap bank di Indonesia memiliki layanan mobile banking, termasuk BNI. Menurut survei dari Top Brand Award, BNI Mobile Banking menurun menjadi nomor 4 pada tahun 2016 dan 2017. Artinya terdapat relasi yang kuat antara ulasan pemakai aplikasi terhadap kinerja aplikasi. Dengan demikian membawa akibat pada pentingnya mempertahankan kualitas layanan serta kemampuan untuk bersaing dengan bank lain. Beberapa penelitian analisis sentimen sebelumnya belum melihat ketersediaan apakah dataset sudah dieksplorasi keseimbangannya atau tidak untuk meningkatkan performa model yang dipilih. Oleh karena itu, dalam artikel ini mencoba melakukan analisis sentimen pada ulasan pengguna aplikasi BNI Mobile Banking di Google Play sebanyak 6954 data terpilih dengan label positif dan negatif dan menggunakan 7 metode dasar sebagai baseline untuk dipilih satu yang mempunyai performa terbaik yitu Support Vector Classifier, setelah dilakukan resampling dataset dengan Repeated Edited Nearest Neighbours dan hyperparameter model C=1, degree=2 kernel poly didapatkan akurasi sebesar 98.54% pada data training dan akurasi 100% pada data uji. Selanjutnya dari 26 data mentah baru dilakukan eksperimen dan menghasilkan prediksi benar sebesar 19 sementara 7 salah dengan error rate sebesar 27%.
Herpendi Herpendi, Agustin Noor, Rabini Sayyidati
Published: 31 March 2020
Eksplora Informatika, Volume 9, pp 96-104; doi:10.30864/eksplora.v9i2.270

Abstract:
Pemborosan pemakaian listrik terjadi di antaranya pada kebiasaan masyarakat yang membiarkan televisi dalam keadaan mode standby dan meninggalkan televisi dalam keadaan menyala saat tidak ditonton. Televisi yang menyala mengonsumsi listrik hingga 110 watt/jam dan mode standby sebesar 10.96 watt/jam. Kebiasaan ini jika tidak ditanggulangi maka akan memberikan dampak dalam hal persediaan listrik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengendalikan tombol power on/off dan stop kontak televisi lewat Smartphone Android dan internet. Sistem dibangun menggunakan metode Waterfall dengan tahapan Analisis, Desain, Pengodean, dan Pengujian. Pengendalian dapat dilakukan dengan menekan tombol, perintah suara dan pengaturan waktu pada Smartphone Android. Pengendalian juga dapat dilakukan dengan media internet dengan mengakses URL dan pemilihan button on/off pada website. Pengujian menunjukkan respons waktu pengendalian kurang dari 1 detik dengan jarak di bawah 11 meter menggunakan Smartphone Android dan 1-3 detik dengan media internet. Konsumsi listrik dari hardware yang dibangun sebesar 30 watt/jam. Pemilik televisi dapat menghemat listrik lewat sistem yang dibangun khususnya yang terbiasa tertidur di depan televisi dan lupa mematikan televisi ketika meninggalkan rumah hingga 60 watt/hari.
Back to Top Top