Jurnal Eksplora Informatika

Journal Information
ISSN / EISSN : 2089-1814 / 2460-3694
Published by: STIKOM Bali (10.30864)
Total articles ≅ 57
Filter:

Latest articles in this journal

Adam Akbar, Rivanda Putra Pratama,
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 131-137; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.490

Abstract:
Uni Eropa menerbitkan sebuah peraturan yang bernama General Data Protection Regulation (GDPR) untuk menjaga privasi warga. Peraturan ini meregulasi penyebaran data-data pribadi seperti nama, nomor telepon atau alamat yang mungkin akan digunakan untuk tujuan tertentu. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menyebarkan data tanpa melanggar privasi dari subjek pemilik data adalah K-Anonymity. K-Anonymity memodifikasi nilai quasi-identifier hingga subjek tidak dapat dikenali lagi tetapi dataset tetap mengandung informasi yang diperlukan. Artikel ini telah mengimplementasikan K-Anonymity pada data Calon Legislatif untuk Pemilihan Umum Calon Legislatif tahun 2019 yang dihimpun dari laman resmi Komisi Pemilihan Umum. Dengan algoritma Mondrian Multidimensional K-Anonymity hasil anonimisasi menunjukkan bahwa masih terdapat data yang unik. Namun, dari hasil visualisasi terlihat hampir semua data memiliki anonimitas sama, yang dimungkinkan karena jumlah data partisi yang kurang banyak ataupun kurangnya keberagaman data.
Leilly Indahsari, Kusnadi Kusnadi, Tiara Eka Putri
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 68-79; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.428

Abstract:
Tingkat pemahaman masyarakat di Kota Cirebon mengenai mental yang sehat dan cara penangannya masih rendah karena minimnya sosialisasi sehingga banyak mitos, stigma negatif, anggapan sepele, dan mispersepsi. Pengetahuan penanganan kesehatan mental merupakan faktor yang penting untuk dipahami karena menurut data kementrian kesehatan Indonesia masyarakat modern di perkotaan dan usia remaja lebih rentan mengalami resiko gangguan mental. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membangun chatbot sebagai media informasi edukasi pada platform LINE yang bertujuan untuk mensosialisasikan kesehatan mental pada masyarakat dan membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi layanan konsultasi offline (tatap muka) yang berlokasi di Cirebon dan konsultasi online yang merupakan konsultasi dengan konselor secara online melalui WhatsApp, LINE, E-mail, atau website diluar Cirebon. Metode yang diterapkan pada chatbot adalah algoritma jaro-winkler sebagai pemrosesan string pencocokan kata antara keyword dengan input user. Metode yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak adalah SDLC model waterfall. Metode perancangan yang digunakan adalah analisis berorientasi objek menggunakan Unified Modeling Language (UML). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan MySQL sebagai database yang perlu dihostingkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah chatbot informasi dan edukasi kesehatan mental yang dapat memberikan sosialisasi dengan mudah, cepat, terkini, dan praktis kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, kewaspadaan, dan kesadaran masyarakat terhadap hal yang berkaitan dengan kesehatan mental.
Elik Hari Muktafin, Kusrini Kusrini, Emha Taufiq Luthfi
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 80-91; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.468

Abstract:
Lantai masjid merupakan media potensial untuk penyebaran COVID-19. Virus dapat menempel pada lantai dan terhirup oleh jamaah saat melakukan salat, sehingga dibutuhkan alat untuk membantu sterilisasi lantai masjid secara berkala. Dengan robot sterilisasi USMAN yang dilengkapi dengan sinar UVC diharapkan dapat membantu proses sterilisiasi secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja sistem kendali robot USMAN dengan penerapan algoritma PID (Proportional-Integral-Derivative), agar dapat bergerak lurus dan bermanuver secara tepat. Keterbaruan penelitian ini adalah penerapan Algoritma PID pada robot sterilisasi dengan ukuran memanjang 100 cm yang sulit dikendalikan dengan teknik set-timer. Penelitian ini terdiri dari tahapan analisis, desain, pengodean dan pengujian robot. Penggunaan kendali set-timer digantikan Algoritma PID dengan nilai Kp=10, Ki=0 dan Kd=100 yang dikombinasikan dengan sensor kompas, jarak dan rotary encoder. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan kinerja kendali robot USMAN dengan nilai standar deviasi tertinggi untuk ketepatan jarak tempuh dari 10.46 menjadi 0,44, kelurusan gerak dari 10.21 menjadi 0,35 dan manuver berbelok dari 1,80 menjadi 0,29. Pembacaan halangan dengan sensor jarak untuk pengereman otomatis akurat dibawah 70 cm. Proses sterilisasi lantai masjid dengan ukuran 10 m x 10 m membutuhkan waktu 36,3 menit.
Ni Luh Made Uti Tiasmi, I Made Candiasa, Gede Indrawan
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 167-175; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.501

Abstract:
Analisis tingkat kapabilitas Layanan Perizinan Online (LAPERON) Badung dengan COBIT 5 bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian dari sistem yang dibangun. COBIT 5 digunakan untuk mengukur kinerja sumber daya Teknologi Informasi (TI) dalam mencapai visi dan misi organisasi. Analisis dimulai dengan melihat permasalahan yang ada pada DPMPTSP Kabupaten Badung, kemudian dilakukan pemetaan terhadap strategi bisnis dengan enterprise goals dan IT related goals COBIT 5. Pengolahan data dan penilaian dilakukan dengan process assessment models dan analisis kesenjangan untuk menentukan tingkat kapabilitas LAPERON. Analisis menghasilkan fokus audit pada 7 domain proses COBIT 5 yaitu, Ensure Governance Framework Setting and Maintenance (EDM01), Manage the IT Management Framework (APO01), Manage Strategy (APO02), Manage Enterprise Architecture (APO03), Manage Human Resources (APO07), Manage Relationships (APO08), dan Manage Requirements Definition (BAI02). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil analisis tingkat kapabilitas saat ini untuk domain EDM01 dan APO02 berada pada level 4 (predictable process). Sedangkan, untuk domain APO1, APO03, APO07, APO08, dan BAI02 berada di level 3 (established process). Capability level tata kelola LAPERON yang diharapkan, yaitu pada level 5 (optimizing process). Sehingga terdapat gap antara level kapabilitas saat ini dengan yang diharapkan pada masing-masing domain EDM01 dan APO02 bernilai 1 gap, APO1, APO03, APO07, APO08, dan BAI02 bernilai 2 gap.
Patmawati Hasan, Selviana Yunita, Rosiyati Mh. Thamrin, Elvis Pawan
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 176-185; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.423

Abstract:
Dosen merupakan pendidik profesional dengan tugas utama yaitu mentransformasikan, mengembangkan ilmu pengetahuan serta menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Untuk mendapatkan calon dosen yang berkualitas diperlukan seleksi penerimaan dosen. Pada proses pemilihan calon dosen ada beberapa kriteria yang dilengkapi untuk melakukan penilaian calon dosen dan apabila kriteria tersebut tidak terpenuhi maka calon dosen dinyatakan tidak diterima. Proses seleksi penerimaan calon dosen di STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura dilakukan secara konvensional saja selama ini yaitu dengan mengumpulkan berkas-berkas persyaratan setelah itu akan diseleksi manual oleh bagian SDM sehingga tidak efektif dan menimbulkan ketidak akuratan dalam pengambilan keputusan seleksi penerimaan calon dosen. Dengan penggunaan metode AHP dapat memberikan solusi terhadap kriteria yang menjadi prioritas karena adanya perbandingan terhadap masing-masing kriteria. Sistem ini berbasis web dengan antarmuka yang sederhana hingga mudah dipahami pengguna. Calon dosen yang diterima berjumlah 3 alternatif dari 6 alternatif yang mengikuti seleksi yaitu Aderiani W Rank 1, Lidiya W Rank 2, dan Ainul Y Rank 3. Hasil dari implementasi metode AHP pada seleksi penerimaan calon dosen, ditemukan prioritasi kriteria yang teritinggi yaitu kriteria Micro Teaching sebesar 30,9% dan yang terendah adalah Wawancara dengan persentase sebesar 8,04%. Sehingga memberikan solusi kepada bagian SDM untuk memprioritaskan kriteria Micro Teaching dalam penerimaan calon dosen.
Jim Lahallo, Patmawati Hasan, Rosiyati M.H. Thamrin
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 138-147; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.500

Abstract:
Bantuan langsung tunai pada kelurahan Trikora Kota Jayapura dilakukan oleh Lurah dimana pada pelaksanaannya, petugas akan melakukan survei terhadap masyarakat kelurahan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kepastian domisili, kemampuan dan status penerima bantuan. Proses dilakukan menggunakan teknologi konvensional, seperti pencatatan survei di kertas dan penggunaan aplikasi pengolah kata atau tabel. Akibatnya, menimbulkan masalah seperti hasil seleksi menampilkan daftar penerima bantuan melebihi kuota dan munculnya warga tidak layak menerima. Permasalahan disebabkan karena tidak ada pengelohan hasil survei yang akuntable. Pada penelitian ini mengimplementasikan sistem pendukung keputusan menggunakan metode profile matching, sehingga kelurahan dapat menentukan profile target (karakteristik warga yang layak menerima bantuan) berdasarkan rata-rata tingkat kesejahteraan warga di kelurahan Trikora pada setiap periode penerimaan. Adapun kriteria yang digunakan antara lain: status penduduk, kemampuan warga, dan status penerima. Hasil pengujian sistem telah diuji 4 sample data untuk memudahkan pihak kelurahan dalam menilai relevansi hasil survey terhadap kenyataan kondisi warga. Berdasarkan kriteria yang digunakan dan diolah sistem mampu melaporkan daftar warga yang layak dan tidak layak menerima bantuan sebagai laporan penilaian sedangkan daftar penerimaan dilaporkan oleh sistem berdasarkan kuota penerimaan. Dari hasil pengujian data warga tersebut terdapat 2 warga dengan nilai yang sama (2.76) dan terpilih karena masih dalam batas kuota penerimaan.
Jim Lahallo, Patmawati Hasan, Jenny Temba, Rosiyati M.H. Thamrin
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 122-130; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.493

Abstract:
Kantor Kampung Koya Koso merupakan salah satu kantor pemerintahan yang berada di kecamatan Abepura yang mendapatkan beberapa bantuan dari pemerintah diantaranya bantuan rehab rumah yang diberikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat setiap 1(Satu) tahun sekali. Permasalahan yang ditemui dalam seleksi adalah proses pengelolaan hasil survei. Dimana hasil survei tersebut masih dicatat pada selembaran kertas atau buku besar, kemudian berdasarkan hasil survei selanjutnya kepala kampung menentukan warga yang rumahnya layak untuk direhab. Oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu tim penyeleksi dalam menentukan penerima bantuan rehab rumah dengan menggunakan metode profile matching yang menggunakan 3 kriteria yaitu: kondisi rumah, status rumah, dan tanggungan. Setiap kriteria memiliki 3 subkriteria sebagai faktor penilaian, 3 penilaian tersebut terdiri dari 2 core factor dan 1 secondary factor. Hasil pengujian didapatkan akurasi sistem dapat mencapai 100% terhadap 4 data yang menjadi dasar perhitungan dan menghasilkan 3 orang berhasil lulus seleksi dengan nilai 2,21 sampai dengan 2,47. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan alat bantu seleksi bantuan rehab rumah pada kantor kampung Koya Koso.
I Putu Deny Arthawan Sugih Prabowo, Indah Nur Rachmawati, Yanti Rahmawati
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 110-121; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.478

Abstract:
Saat ini, IT berperan sebagai enabler atau bahkan driver bagi bisnis organisasi untuk mencapai keunggulan bersaing organisasi tersebut. Hal ini menjadi tantangan bagi suatu perusahaan dalam mengelola kualitas layanannya yang berbasis IT (IT services). Bagaimanapun gangguan (incident) yang dialami oleh IT services kerap menimbulkan business impacts bagi suatu perusahaan penyedia IT services (IT services provider). Dengan demikian, incident perlu dikontrol dalam proses incident management yang mengacu pada best practices Information Technology Infrastructure Library (ITIL) untuk meminimalisir business impacts yang diakibatkan oleh incident. Beberapa perusahaan seperti PT. RST dan PT. XYZ belum sepenuhnya menerapkan incident management sehingga tidak semua incident yang terjadi pada IT services dari masing-masing perusahaan tersebut terpantau dan terkontrol dengan baik. Dengan demikian, studi ini bertujuan untuk menyusun Standard Operating Procedure (SOP) incident management pada PT. RST dan PT. XYZ berdasarkan ITIL 3 versi 2011. Data tentang kondisi eksisting perusahaan yang menjadi bahan penyusunan SOP ini, diperoleh dari wawancara secara daring dengan process owner di PT. RST dan PT. XYZ. Setelah SOP ini disusun, SOP ini diverifikasi dengan process owner masing-masing perusahaan tersebut. Dalam rangka continual improvement, SOP pada PT. RST dan PT. XYZ perlu dievaluasi kembali berdasarkan ITIL 4.
Rahmat Haryadi Kiswanto, Rosiyati M.H. Thamrin, Simon Sapan
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 101-109; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.496

Abstract:
Skynav adalah mitra kerja di perusahaan Airnav Indonesia yang tujuannya memperjuangkan hak-hak karyawan . Seleksi calon ketua Skaynav melibatkan unit Telnav, Listrik, Operasi, Keuangan, Personalia Umum dan Komunikasi Penerbangan dengan ditunjuk langsung oleh setiap pimpinan unit, kemudian masing-masing calon akan dipilih dengan pemungutuan suara untuk menjadi ketua Skynav. Seleksi calon ketua selama ini dirasa kurang objektif. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dalam seleksi calon ketua berdasarkan penilaian objektif terhadap kompetensi mereka. Kriteria yang digunakan untuk seleksi adalah pendidikan, ketrampilan manajerial, keahlian, kedisiplinan dan kepribadian serta subkriteria dan sub-subkriterianya yang membuat proses penilaian menjadi kompleks. Metode yang digunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) yang mampu menangani tingkat kompleksitas dari kriteria. Penilaian tingkat kepentingan dari setiap elemen kriteria diperoleh dari hasil kuisioner yang diisi oleh masing-masing pimpinan unit. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan nilai numerik obyektif yang memuaskan masing-masing kandidat dimana irianto 0.84, Hidayat 0.83, Supriadi 0.62 dan Simon 0.74.Nilai tertinggi dari hasil analisis ini dijadikan rekomendasi kepada pimpinan unit untuk diusulkan menjadi calon ketua Skynav.
Ni Luh Windy Arya Della, Ricky Aurelius Nurtanto Diaz, Kadek Dwi Pradnyani Novianti
Published: 31 March 2021
Jurnal Eksplora Informatika, Volume 10, pp 92-100; https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.380

Abstract:
Izin tinggal sementara yang disingkat ITAS adalah izin yang diberikan kepada orang asing tertentu yang akan tinggal sementara dalam jangka waktu tertentu di wilayah Indonesia. Setiap bulan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai menerima banyak permintaan ITAS dan sering mengalami kekurangan persediaan kartu ITAS. Peramalan jumlah ITAS digunakan untuk membantu Kantor Imigrasi Ngurah Rai untuk memperkirakan jumlah persediaan ITAS. Penelitian ini menggunakan metode Regresi Linier untuk meramalkan persediaan ITAS bulan depan. Sistem ini dirancang menggunakan Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD) dan konseptual database berdasarkan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistemnya Selanjutnya dikembangkan menggunakan Framework Laravel dan bahasa pemrograman PHP sebagai antarmuka. Database yang digunakan adalah MySQL. Pengguna sistem ini adalah petugas imigrasi yang dapat melakukan pengolahan data seperti ubah, tambah dan hapus pada data pengguna, ITAS, data tenaga kerja asing dan peramalan. Penelitian menghasilkan sistem yang mampu memprediksi jumlah permohonan ITAS dengan metode regresi linier. Perhitungan akurasi kesalahan mempunyai nilai dibawah 10% untuk semua data uji peramalan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Hal ini berarti sistem yang dikembangkan memiliki kemampuan model peramalan yang sangat baik.
Back to Top Top