JIKA (Jurnal Informatika)

Journal Information
ISSN / EISSN : 2549-0710 / 2722-2713
Current Publisher: Universitas Muhammadiyah Tangerang (10.31000)
Total articles ≅ 55
Filter:

Latest articles in this journal

Achyar Anshorie
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 140-147; doi:10.31000/jika.v4i2.2708

Abstract:
Kemajuan teknologi dan informasi beberapa tahun terakhir ini berkembang sangat cepat. Salah satunya ditandai dengan penerapan sistem pada perusahan-perusahan menengah maupun besar. Pada PT. Spekta Solusi Indonesia penerapan sistem infomasi dalam pengelolaan sumber daya manusia belum terealisasi sehingga menyebabkan mengakibatkan dampak pada pelayanan dan distribusi informasi terkait pegawai di dalamnya. Berdasarkan masalah yang ada peneliti ingin merancang sebuah sistem informasi HRD untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi perusahaan dengan menggunakan salah satu metodologi pengembangan sistem yaitu Rapid Application Development (RAD). Hasil penelitian berupa aplikasi sistem informasi HRD yang dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengolahan data yang dapat digunakan sebagai penunjang pengambilan keputusan. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan black box testing yang berfokus pada inputan pengguna dengan tujuan melakukan cek terhadap form input apakah sudah sesuai atau belum. Aplikasi manajemen data karyawan dapat dioperasikan setelah melalui pengujian black box testing dan dapat berjalan di platform web seperti Chrome, Mozilla Firefox atau Safari.
Rima Rizqi Wijayanti, Wada Kaligula Budiargo, Abdurrasyid Abdurrasyid
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 1-8; doi:10.31000/jika.v4i2.2618

Abstract:
Seiring dengan perbaikan sistem yang berjalan yaitu dengan merubah sistem yang tadinya manual menjadi otomatis atau terkomputerisasi, ternyata dibutuhkan kinerja sistem yang mendukung aktifitas user secara cepat. PT GMF AeroAsia, Tbk menggunakan metode perawatan RCM (Reliability Centered Maintenance) untuk menjaga kesehatan engine secara berkala yang salah satunya menggunakan alat borescope. Tetapi pelaporan hasil borescope masih belum maksimal dengan dilakukannya sistem pencatatan secara manual pada setiap data kedalam microsoft word. Akibatnya input data menjadi lama sehingga pelaporan menjadi terlambat. Borescope adalah alat yang bekerja seperti teleskop, mikroskop atau kamera. Hal ini memungkinkan orang untuk menjelajahi daerah yang terlalu kecil, terlalu jauh atau di luar jangkauan. Ini memiliki lensa di bagian atas yang melekat pada tabung penyisipan yang dapat menjadi kaku atau fleksibel. Dengan adanya teknologi informasi, maka akan membantu penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaannya. Proses pengolahan data pada engine maintenance masih bersifat manual sehingga menyulitkan karyawan dalam mengolah data dan memperlambat dalam membuat laporan dan terkadang hasil pelaporan masih tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh AMM(Aircraft Maintenance Manual) dan ESM(Engine Shop Manual).
Angga Aditya Permana , Desi Nurnaningsih
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 9-14; doi:10.31000/jika.v4i2.2640

Abstract:
Cryptography is the science of maintaining data confidentiality, where the original text (plaintext) is encrypted using an encryption key to be ciphertext (text that has been encrypted). In this case cryptography secures data from a third party so that the third party cannot know the original contents of the data because the one who holds the key for encryption and decryption is only the sender and receiver. There are several cryptographic methods that are commonly used, one of which is DES or Data Encryption Standard. DES is included in the key-symmetric cryptography and is classified as a block cipher type
Muhammad Farhan, Asri Wahyuni
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 24-31; doi:10.31000/jika.v4i2.2631

Abstract:
Voting adalah suatu kegiatan untuk menentukan pendapat melalui suara terbanyak. Namun demikian, masih banyak organisasi OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang melakukan proses pengambilan data suara secara non-komputerisasi khusus nya pada pemilihan calon Ketua baru. Proses pemilihan yang masih dilakukan dengan cara tersebut menyebabkan beberapa permasalahan dan kendala, diantaranya yaitu pengolahan data administrasi yang memakan banyak waktu, informasi yang dihasilkan masih kurang akurat karena sering terjadi kesalahan dan tingkat kesulitannya cukup tinggi. Demikian halnya yang terjadi pada OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMK Cikini. Saat ini proses pemilihan calon ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di sekolah tersebut masih menggunakan cara manual atau non-komputerisasi. Cara yang digunakan untuk pemilihan saat ini adalah dengan cara pencoblosan melalui tiap-tiap kelas. Akibat dari hal tersebut banyak kendala yang dihadapi oleh pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMK Cikini dalam urusan voting seperti pengolahan suara yang masuk, jumlah total suara pengumpulan surat suara dari tiap kelas yang memakan waktu cukup lama dan sering ditemukan data yang tidak konsisten karena masih menggunakan manualisasi. Disinilah muncul kebutuhan akan E-Voting. E-Voting merupakan suatu web yang dapat membantu dalam hal pemungutan suara untuk calon Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMK Cikini yang dapat memproses suara masuk, jumlah total suara dan menampilkan hasil dari pemungutan suara secara real time.
Anggi Puspitasari, Hairistryan Hairistryan, Raudah Nasution
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 55-60; doi:10.31000/jika.v4i2.2611

Abstract:
Pemanfaatan jaringan komputer diperusahaan semakin berkembang, tidak hanya pertukaran data yang dilakukan antar divisi didalam satu gedung, tetapi juga dilakukan pertukaran data antar perusahaan atau antar cabang. pertukaran data antar kantor merupakan kegiatan yang sangat penting. Kegiatan ini membutuhkan sistem jaringan yang dapat diandalkan pada sebuah perusahaan. Saat kegiatan pertukaran data terjadi Router atau switch memiliki peranan penting, yaitu sebagai perangkat inti dari jaringan komputer yang menghubungkan antar segment yang berbeda. Kegagalan dalam pertukaran data dapat terjadi apabila ada kegagalan perangkat jaringan. Pada PT Indonesia Power Jakarta kegagalan sistem jaringan saat pertukaran terjadi karena tidak berfungsinya WAN Optimizer atau router, untuk memperbaiki tim SYS akan melakukan maintance dengan waktu yang cukup lama. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja karyawan dan mengurangi kualitas jaringan komputer, bila tidak ada peralihan jaringan secara cepat, tepat serta otomatis. Oleh karena itu dibutuhkannya Implementasi Hot Standby Router Protocol (HSRP). Dengan adanya implementasi tersebut dapat meningkatkan kualitas jaringan komputer dan mengatasi kegagalan jaringan tersebut
Darmin - Suhendro
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 45-54; doi:10.31000/jika.v4i2.2466

Abstract:
Perkembangan kebutuhan informasi yang meliputi seluruh bidang, baik di bidang bisnis, pendidikan, dan lain-lain. Dalam bidang pendidikan di Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal terutama dalam mengelola data-data akademik yang berhubungan dengan aktifitas kegiatan perkuliahan baik dosen maupun mahasiswa, saat ini pihak manajemen mengalami kesulitan mendapatkan informasi yang akurat disebabkan data diperoleh dari laporan dan sumber data yang berbeda. Kondisi sistem informasi akademik yang ada belum mampu menghasilkan informasi yang diinginkan pihak manajemen mengenai profil mahasiswa baru, profil mahasiswa dan profil lulusan, hasil informasi dari profil tersebut akan digunakan sebagai landasan analisa dalam pengambilan keputusan. Untuk memenuhi kebutuhan, maka dirancang sebuah data warehouse akademik yang mempunyai peranan penting dalam membantu manajemen dalam penganbilan keputusan. Metode yang digunakan dalam perancangan data warehouse adalah Four Step Design Methodology, teknik untuk memodelkan data menggunakan snowflake schema, hasil dari data warehouse akan dianalisis menggunakan Business Intelligence dengan OLAP (On-Line Analytical Processing). Bentuk laporan yang dihasilkan dalam sebuah dashboard sistem yang menghasilkan laporan dalam bentuk grafik, data base yang digunakan adalah Microsoft SQL Server 2008. Hasil dari penelitian ini terciptanya sebuah pangkalan data dan aplikasinya yang dapat menghasilkan informasi tentang profil mahasiswa baru, profil mahasiswa dan profil lulusan dari periode ke periode yang akan digunakan sebagai dasar dalam mengevaluasi kinerja setiap program studi oleh manajemen. Kata Kunci : Data Warehouse, Four Step Design Methodology, Snowflake Schema.
Syepry Maulana, Rika Rahmawati
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 61-66; doi:10.31000/jika.v4i2.2656

Abstract:
Semakin banyaknya perkembangan teknologi yang terus terjadi menyebabkan teknologi sistem informasi menjadi sebuah keharusan yang dimiliki oleh setiap perusahaan bahkan menjadi hal yang utama dalam menjalankan suatu kegiatan operasional, masalah yang sering muncul yaitu Sering terjadinya kesalahan pencatatan terhadap laporan data penjualan, Kurang baiknya penyimpanan terhadap dokumen data penjualan dan Kurang efisien dari segi waktu dalam mendata transaksi penjualan. Metode yang digunakan yaitu dengan Metode Interview / wawancara, Kepustakaan dan Observasi. Dengan diterapkanya sistem accurate pada PT. Betomix Nusantara Lestari, perusahaan mengalami dampak yang sangat positif , mulai dari penjualan jadi lebih rapi mulai dari pembuatan PO, penerimaan barang dan faktur penjualan, begitupun dengan pembelian.
Jenie Sundari, Teti Solihah
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 32-38; doi:10.31000/jika.v4i2.2623

Abstract:
Komputer merupakan suatu peralatan yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya di bidang pendidikan. Animasi interaktif merupakan media pembelajaran yang cukup populer saat ini. Penyampaian materi, menjadikan pengaruh yang signifikan dibidangkan dengan menyampaikan informasi secara manual. Pembuatan animasi interaktif lingkungan alam dan buatan menggunakan video motion, bertujuan untuk menambah sarana pembelajaran bagi guru dalam menarik minat dan perhatian siswa-siswi dalam belajar. Program animasi interaktif yang dibangun menggunakan konsep pembelajaran pada SMK Yapinda dalam pelajaran IPS, salah satunya tema animasi interaktif lingkungan alam dan buatan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam perancangan animasi interaktif adalah dengan observasi secara langsung terhadap kegiatan belajar mengajar dari sudut pandang guru dan siswa guna mendapatkan gambaran yang optimal. Dalam program animasi interaktif ini terdapat proses-proses pembelajaran mengenal lingkungan alam dan buatan, gambar- gambar yang menarik serta audio untuk meningkatkan daya serap siswa terhadap isi materi. Dalam animasi interaktif ini diharapkan membuat siswa-siswi merasa nyaman dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Animasi Interaktif Lingkungan Alam dan Buatan Menggunakan Video Motion
Reza Muflihendri Widyarta, Wiko Setyonegoro, Januar Arifin
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4, pp 15-23; doi:10.31000/jika.v4i2.2616

Abstract:
Pulau Jawa memiliki sistem tektonik yang menarik untuk dikaji, terutama karena wilayah ini terbentuk dari tumbukan lempeng yang menyebabkan terbentuknya zona subduksi. Karena keunikan tersebut, tak jarang sering terjadi gempa bumi di wilayah ini, yang mana salah satunya menjadi perhatian dari peneliti, yaitu gempa Tasikmalaya pada tanggal 15 Desember 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sinyal rekaman gempa dan juga pola mekanisme fokal dari gempa Tasikmalaya dari hasil pengolahan perangkat JISView (BMKG) yang telah divalidasi dengan pembanding dari website GFZ (Jerman) dan USGS (Amerika Serikat). Metode yang dipakai adalah dengan membuat analisa dari sinyal gelombang yang tertangkap oleh stasiun perekam kemudian melakukan identifikasi pada hasil parameter yang dihasilkan pada perhitungan perangkat dan mencocokkan data yang didapat dengan data struktur tektonik daerah sekitar zona gempa. Berdasarkan hasil pengolahan data, nilai intensitas sinyal gempa yang didapat dari hasil pengolahan sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh lembaga BMKG serta gempa berasal dari kedalaman antara 90-110 km yang mana terjadi akibat terjadinya pergeseran sesar, dengan jenis sesar yaitu strike-slip fault (dextral), dimana penyebab gempa berasal dari zona subduksi (zona benioff di deep background).
Arief Herdiansah, Yani Sugiyani, Ri Sabti Septarini
JIKA (Jurnal Informatika), Volume 4; doi:10.31000/jika.v4i2.2621

Back to Top Top