Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis

Journal Information
ISSN / EISSN : 2528-2093 / 2528-1216
Published by: Universitas Pendidikan Nasional (10.38043)
Total articles ≅ 39
Filter:

Latest articles in this journal

Ni Wayan Novi Budiasni, Ni Made Sri Ayuni, Desak Kadek Eliasih
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 53-62; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3219

Abstract:
Analisis Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa Berdasarkan Cash Turnover, Credit Turnover, dan Receivable Turnover. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat profitabilitas LPD Desa Adat Penarukan menggunakan rasio Cash Turnover, Credit Turnover, dan Receivable Turnover. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Menggunakan data laporan keuangan LPD (data sekunder) tahun 2018-2020. Hasil penelitian ditemukan bahwa Net Profit Margin mencapai 26,8% sudah sesuai standar industri. Namun Gross Profit Margin, ROA dan ROE masih belum mencapai standar industri. Demikian pula dengan rasio Cash Turnover, Credit Turnover dan Receivable Turnover yang belum mencapai standar industri. Kondisi ini menunjukkan bahwa LPD Desa Adat Penarukan perlu melalukan evaluasi dan meningkatkan efiensi serta efektivitas pengelolaan modal sendiri, aset serta piutang guna meningkatkan profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa (LPD).
Ibk Bayangkara
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 63-75; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3246

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai nilai internal (internal value chain) dan menilai efektifitas penerapan Mc Farlan Strategic Matrix pada pengembangan SOP PT Graha Sarana Gresik. Menggunakan pendekatan studi kasus, peneliti mewawancarai 59 responden meliputi Direksi sampai dengan kepala Urusan dan melakukan observasi keterhubungan satu bagian dengan bagian yang lain dalam hubungan pemasok – pelanggan. Penelitian menemukan, terdapat rangkaian rantai nilai dalam hubungan antar Divisi yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Mengintegrasikan rantai nilai ini dalam rancangan SOP dapat menjadi pedoman operasional yang efektif dan efisien. Temuan lain, perusahaan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap Sistem Informasi (SOP), tetapi pada tingkat urgenitas yang rendah dalam Mc Farlan Strategic Matrix termasuk dalam kategori Factory. Hasil penelitian ini menjadi referensi bagi perusahaan dalam penyusunan SOP untuk mengintegrasikan operasionalnya secara efektif dan efisien.
Sri Widiantari, Kadek Aditya Yogi Iswara
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 76-89; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3236

Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan melihat adanya pengaruh CASA, LDR dan NPL terhadap laba bersih perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2016 – 2020. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi pada data sekunder berupa laporan keuangan periode 2016-2020 dan penelitian terdahulu sedangkan untuk teknik analisis menggunakan Regresi Linier Berganda melalui program IBM SPSS versi 24. Penelitian ini mendapat hasil (1) CASA berpengaruh positif terhadap laba bersih perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2016-2020 (2) LDR tidak berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2016-2020 dan (3) NPL berpengaruh negatif terhadap laba bersih perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Penelitian ini diharapkan dapat membuka wawasan kepada investor terkait analisis fundamental perusahaan perbankan yang dapat dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.
Ari Nurul Fatimah, Diah Agustina Prihastiwi, Lena Islamiyatun
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 39-52; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3208

Abstract:
Analisis Perbedaan Laporan keuangan Tahunan pada Perusahaan LQ45 Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 di tahun 2020 telah memberikan pengaruh pada sektor ekonomi khususnya pada perusahaan-perusahaan go public di Indonesia. Kinerja keuangan perusahaan mnejadi fokus pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mnganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang bergabung di Indeks LQ45 sebelum pandemi Covid-19 dan pada saat pandemi Covid-19. Data yang digunakan dalam peenelitian ini yaitu laporan keuangan tahunan di Tahun 2019 dan Tahun 2020 seluruh perusahaan di Indeks LQ45. Variabel yang digunakan dalam pengukuran kinerja keuangan ini yaitu current ratio, debt equity ratio, total asset turnover, dan debt equity ratio. Metode penelitian ini menggunakan uji beda yang diawali dengan uji normalitas terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan dua alat uji beda yaitu paired sample t-test dan Wilcoxon signes rank test. Hasil dari uji beda pada penelitian ini yang dihasilkan adalah keempat variabel independent yang digunakan terdapat perbedaan nilai dari current ratio, debt equity ratio, total asset turnover, dan debt equity ratio. Mayoritas perusahaan yang tergabung pada Indeks LQ45 kinerja keuanganya masih lebih baik di masa sebelum pandemi daripada saat terjadinya pandemi. hal tersebut ditunjukkan dengan nilai current ratio, debt equity ratio, total asset turnover, dan debt equity ratio tahun 2020 lebih kecil daripada di tahun 2019.
Ni Made Sri Ayuni, Ni Wayan Novi Budiasni, Luh Putu Septiapani Budiartiwi
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 90-97; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3238

Abstract:
Pentingnya Likuiditas di Koperasi Mitra Dana Mandiri. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Perputaran Kas terhadap Likuiditas di KSU Mitra Dana Mandiri memiliki nilai regresi sebesar 0,276 satuan atau sebesar 20,5% dengan nilai korelasi sebesar 0,660 yang berarti terdapat pengaruh berbanding lurus kuat antara Perputaran Kas dengan Likuiditas dan hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (3,364 > 1,670) Ini menunjukan bahwa Perputaran Kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Likuiditas maka hipotesis diterima, Pengaruh Laba terhadap Likuiditas di KSU Mitra Dana Mandiri memiliki nilai regresi sebesar 0,344 satuan atau sebesar 21,9% dengan nilai korelasi sebesar 0,669 yang berarti terdapat pengaruh berbanding lurus dan kuat antara Laba dengan Likuiditas dan hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (3,675 > 1,670), Arus Kas Operasi terhadap Likuiditas di KSU Mitra Dana Mandiri memiliki nilai regresi sebesar 0,322 satuan atau sebesar 26,7% dengan nilai korelasi sebesar 0,705 yang berarti terdapat pengaruh berbanding lurus dan kuat antara Arus Kas Operasi dengan Likuiditas dan hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel (4,137 > 1,670). Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh Perputaran Kas, Laba dan Arus Kas Operasi berpengaruh posotif terhadap Likuiditas Pada Likuiditas.
Gusti Alit Suputra
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 98-114; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3235

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat perputaran kas, CAR, LAR dan NPL terhadap profitabilitas BPR se Kota Denpasar. Hipotesis diuji dengan analisis Regresi Linier Berganda melalui bantuan software SPSS V.22. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Rasio tingkat perputaran kas berdampak negatif signifikan pada profitabilitas. Tingginya perputaran kas,memiliki dampak terhadap rendahnya tingkat profitabilitas yang dicapai BPR di Kota Denpasar. 2) Rasio CAR berpengaruh positif namun tidak signifikan pada profitabilitas. Semakin tinggi tingkat ratio CAR maka semakin tinggi pula tingkat profitabilitas yang dicapai oleh BPR di Kota Denpasar. 3) Rasio LAR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Semakin rendah tingkat rasio LAR maka semakin tinggi tingkat profitabilitas yang dicapai BPR Kota Denpasar. 4) Rasio NPL berdampak negatif signifikan pada profitabilitas. Semakin tinggi tingkat NPL maka semakin rendah profitabilitasnya, karena semakin mengurangi pendapatan BPR Denpasar. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan pada taraf nyata (?) = 5 persen melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel tingkat perputaran kas, capital adequacy ratio, loan to asset ratio dan non performing loan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas pada BPR di Kota Denpasar. Kontribusi kelima variabel tersebut terhadap profitabilitas dapat dilihat dari nilai Adj. R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0,563. Ini berarti bahwa 56,3 persen variasi nilai profitabilitas dipengaruhi secara simultan oleh tingkat perputaran kas, capital adequacy ratio, loan to asset ratio dan non performing loan sedangkan sisanya sebesar 43,7 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Pada pengujian secara parsial dengan taraf nyata (?) =5 persen melalui uji t, variabel loan to asset ratio dan non performing loan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan variabel tingkat perputaran kas dan capital adequacy ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Variabel capital adequacy ratio dan loan to assets ratio berpengaruh positif terhadap profitabilitas, sedangkan variabel tingkat perputaran kas dan non performing loan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas.
Anak Agung Ayu Astari Fana, Gine Das Prena
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 17-29; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3168

Abstract:
Pengaruh CSR, GCG, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2020. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh corporate social responsibility, good corporate governance, kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2020. Penelitian ini memakai 2 teori yaitu teori keagenan (agency theory) dan teori triple bottom line. Sampel dalam perusahaan ini berjumlah sebanyak 14 perusahaan perbankan selama 3 tahun selama tahun 2018 - 2020 dan menghasilkan total sampel sebanyak 42 perusahaan perbankan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini memakai metode purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti memakai metode analisis linier berganda dalam program SPSS versi 25. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa corporate social responsibiliity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan, good corporate governance berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan, kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Natalia Christina, Natalis Christian, Antoni Antoni, Jhoni Hendri, Devina Devina
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 1-16; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3132

Abstract:
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah terdapat kecurangan dalam penyajian laporan keuangan perusahaan dengan menggunakan tujuh financial shenanigans. Ruang lingkup dari penelitian ini adalah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. yang merupakan perseroan milik negara yang terdaftar pada indeks LQ45. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik analisis data dalam menganalisis laporan keuangan perusahaan periode 2016 sampai tahun 2020. Hasil penelitian ini adalah dari kelima periode laporan keuangan yang dianalisis menggunakan tujuh financial shenanigans, tidak ditemukan adanya kecurangan yang menggunakan financial shenanigans dalam penyajian laporan keuangan sehingga dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. telah disajikan dengan wajar dan sesuai dengan standar pelaporan akuntansi di Indonesia.
Apriliyanti Khasanah, Kartika Pradana Suryatimur
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 30-38; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3186

Abstract:
Dampak covid-19 terhadap kualitas audit perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dampak dari adanya pandemi Covid-19 terhadap kualitas audit suatu perusahaan. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan kajian literature untuk menganalisis kemungkinan dampak Covid-19 pada kualitas audit termasuk biaya audit, penilaian going concern, prosedur audit, dan sumber daya auditor. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, adanya penurunan biaya audit, tantangan terhadap penilaian going concern, dan kemungkinan kehilangan staf auditor yang terserang corona berpengaruh terhadap kualitas audit suatu perusahaan. Oleh sebab itu, auditor harus berinvestasi lebih pada bidang teknologi seperti blockchain, kecerdasan buatan dan juga keamanan jaringan, serta perlunya untuk mencermati standar audit yang relevan digunakan pada kondisi saat ini.
Lis Djuniar, Betri Betri, Ely Mayora, Anggrelia Afrida Anggel
Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 6, pp 115-134; https://doi.org/10.38043/jiab.v6i2.3258

Abstract:
Pengaruh Asimetri Informasi, Kompensasi Dan Moralitas Individu Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Moderrasi (Studi Empiris Pada BUMN Di Kota Palembang). Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Pengaruh Asimetri Informasi, Kompensasi Dan Moralitas Individu Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Moderrasi (Studi Empiris Pada BUMN Di Kota Palembang).Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan yaitu data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer keuangan, manajer akuntansi, staff keuangan, staff akuntansi, audito internal dan bagian anggaran yang terdapat du BUMN di Kota Palembang sebanyak 38 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan secara bersama Asimetri Informasi, Kompensasi Dan Moralitas Individu berpengaruh terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.secara parsial, Asimetri Informasi berpengaruh dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, Kompensasi tidak mempengaruhi Kecenderungan Kecurangan Akuntansi, dan Moralitas Individu tidak mempengaruhi Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Variabel Perilaku Tidak Etis merupakan prediktor moderator tidak dapat memoderasi variabel asimetri informasi, kompensasi dan moralitas individu terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.
Back to Top Top