Journal STAND : Sports Teaching and Development

Journal Information
EISSN : 27222950
Current Publisher: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (10.36456)
Total articles ≅ 9
Filter:

Articles in this journal

Muhammad Kharis Fajar
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 35-42; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2320

Abstract:
Pada masa pertumbuhan dan perkembangan seorang anak memerlukan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang, agar proses tersebut tidak terganggu. Pemenuhan gizi seimbangg akan berpengaruh terhadap status gizi. Gizi menjadi masalah yang penting bagi anak sekolah, karena gizi bias menunjang kecerdasan anak. Kekurangan gizi menyebabkan anak mudah mengantuk dan kurang bergairah yang dapat mengganggu proses belajar di sekolah dan menurunnya prestasi belajar, daya pikir anak juga akan kurang, karena pertumbuhan otaknya tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat status gizi dengan tingkat konsentrasi siswa SMP Negeri Ngunut 1 Tulungagung kelas VIIG dan VIIH. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan penilaian status gizi berdasarkan indeks antropometri dengan berat badan menurut umur BB/U. Tes KOnsentrasi menggunakan Grid concentration Exercise. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan koefisien kontingensi. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai terendah dari hasil tingkat status gizi siswa dalah 5 (6,9%) sedangkan nilai normal 67 (93,1%) sedangkan nilai tertinggi 0. Sedangkan untuk nilai terendah dari hasil tes konsentrasi adalah 34 (47,2) sedangkan nilai normal 37 (51,4%) dan nilai tertinggi 1 (1,4%). Sedangkan hasil korelasi dilihat dari Sig = 0,412 > α = 0.05 artinya Ho diterima, maka tidak ada korelasi (hubungan) yang bermakna antara status gizi dengan tingkat konsentrasi. Koefisien Kontingensi yang di hasilkan adalah 0,155 nilai ini sangat jauh untuk mendekati nilai 1 (satu) menandakan korelasi (hubungan) yang terjadi antara status gizi dengan tingkat konsentrasi adalah lemah
Abd. Cholid, Harwanto Harwanto
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 1-8; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2327

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Fajar Hidayatullah
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 49-55; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2331

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Gatot Margisal Utomo, Daru Cahyono
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 22-26; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2329

Abstract:
Servis merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan tenis lapangan, dan merupakan tanda bahwa permainan dimulai. Untuk dapat melakukan teknik serve, diperlukan komponen biomotor yang baik. Adapun komponen biomotor yang diperlukan dalam pertandingan tenis lapangan adalah ketahanan, kekuatan, kecepatan, dan koordinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis gerak teknik dasar pukulan servis pada atlet tenis lapangan usia 13-15 tahun di semen Indonesia tenis akademi. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet tenis semen Indonesia tenis akademi usia 13-15 tahun yang berjumlah 20 atlet. sampel yang digunakan yaitu 10 atlet semen Indonesia tenis akademi usia 13-15 tahun dengan menggunakan teknik random sampling (acak). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pre test dan pos tes design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan test. Teknik analisis data menggunakan analis uji T-Test Hasil dianalisis menggunakan bantuan SPSS 21.0. ditemukan hasil uji t untuk nilai siq (2-tailled) 0.001 < 0.05. Hal ini berarti hasil dari analisis gerak teknik servis tenis lapangan usia 13-15 tahun dikatakan cukup baik. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi Hasil Analisis Gerak Teknik Dasar Serve Tenis Lapangan Pada Atlet usia 13-15 Tahun Cukup Baik diterima.
Suhartik, M Ilham Leksa Pambudi
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 17-21; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2322

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dan kekuatan otot lengan dengan ketepatan underbasket shoot pada tim putra ekstrakulikuler bola basket SMA AL-Islam Krian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik pengunpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah tim putra pada ekstrakulikuler bola basket SMA AL-Islam Krian yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yaitu : (1) tim putra bola basket ekstrakulikuler SMA AL-Islam Krian. (2) merupakan tim bola basket yang memenuhi kriteria berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah power tungkai diukur dengan menggunakan tes vertical jump dengan satuan centimeter. Kekuatan otot lengan diukur dengan pull up test menggunakan satuan kilogram. Tembakan underbasket menggunakan underbasket shoot per menit. Analisis data menggunakan uji regresi korelasi. Hasil analisis menunjukkan (1) adanya hubungan antara power tungkai dengan ketepatan underbasket shoot pada tim putra ekstrakulikuler bola basket dengan nilai r x1.y = 0.485 > r (0,05)(20)= 0.444 (2) adanya hubungan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan underbasket shoot pada tim putra bola basket dengan r x2.y = 0.510 > r (0.05)(20) = 0.444 .
Arya T Candra, Rico Alvido Kurniawan
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 27-34; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2321

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Imam Almaturidi, Andi Fepriyanto, Mas’ Odi
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 43-48; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2330

Abstract:
Permasalahan yang muncul pada saat kegiatan pembelajaran bolavoli di MTsN 2 Sumenep adalah pada saat mempraktikkan Smash pada tahap awalan,tolakan, melayang, dan mendarat. masih ada banyak siswa yang memiliki kemampuan smash kurang baik dan sebagian siswa lainnya memiliki kemapuan smash yang baik. Sering kali siswa dalam melakukan gerakan smashpada tahap melayang tangan yang seharusnya menjulur keatas tidak dilakukan secara baik dan telapak tangan tidak dibuka secara lebar. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan teknik dasar smash permainan bolavoli melalui penggunaan media bola Gantung. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 7 H di MTsN 2 sumenep. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa 7H MTsN 2 Sumenep berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan teknik dasar smash bolavoli siswa pada siklus I dengan penggunaan media bola gantung diperoleh smash sikap permulaan 16 siswa, sikap awalan 15 siswa, sikap perkenaan dengan bola 19 siswa dan sikap mendarat 17 siswa. Sedangkan pada siklus II diketahui bahwa siswa benar sikap permulaan 25 siswa, sikap awalan 27 siswa, sikap perkenaan dengan bola 29 siswa dan sikap mendarat 29 siswa.sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan teknik dasar smash bolavoli pada siswa siswa 7H MTsN 2 Sumenep melalui penggunaan media bola gantung.
Brahmana Rangga Prastyana
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 9-16; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2367

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Akmal Istighfar
Journal STAND : Sports Teaching and Development, Volume 1, pp 56-62; doi:10.36456/j-stand.v1i1.2328

Abstract:
Futsal merupakan salah satu ekstrakurikuler yang cukup digemari. Hal ini sangat membantu dalam memfasilitasi dan melatih keterampilan siswa dalam bermain futsal di luar jam pelajaran. Menurut hasil observasi mengenai keadaan para pemain pada ekstrakurikuler futsal, banyak pemain yang masih memiliki kemampuan kurang baik dalam melakukan passing bola, sehingga ketika melakukan permainan futsal masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk dapat bermain dengan baik. Dalam penelitian ini jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain “Pre-test dan Post-test”. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan alat ukur tes yang digunakan dalam melakukan pre-test dan post-test adalah dengan menggunakan instrumen tes passing dan stopping 30 detik untuk mengukur hasil passing dan control. Populasi dalam penelitian ini adalah tim futsal di MAN 1 Jombang. Dari uji t menunjukkan bahwa data dari kelompok pre test kanan dan post test kiri terdapat ada perbedaan atau ada pengaruh yang signifikan antara data masing-masing variabel, sedangkan kelompok pos test terdapat pengaruh pada passing pemain futsal MAN 1 Jombang dapat disimpulkan bahwa latihan kucing - kucngan berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan passing pemain fustal di MAN 1 Jombang.
Back to Top Top