FINANSIA : Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah

Journal Information
ISSN / EISSN : 2621-4636 / 2621-4644
Published by: IAIN Metro Lampung (10.32332)
Total articles ≅ 23
Filter:

Latest articles in this journal

Nanda Ayu Cahyaning Thyas, Anita Wijayanti, Agni Astungkara
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 5, pp 55-70; https://doi.org/10.32332/finansia.v5i01.4545

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan, FCF, dan OCF terhadap manajemen laba perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan. Teknis penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel akhir yang didapatkan adalah 12 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi spss versi 22. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, FCF, dan OCF tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba.
Muhammad Ryan Fahlevi, Hasrun Afandi UmpuSinga, Nizaruddin Nizaruddin, Dwi Puspa Anjasari
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 5, pp 19-30; https://doi.org/10.32332/finansia.v5i01.4625

Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh minat Pengaruh Minat Nasabah Terhadap Produk Deposito, penelitian ini dilakukan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani Kantor Pusat Metro (BPRS Metro Madani KP Metro), BPRS Metro Madani KP Metro merupakan salah satu lembaga keuangan yang berbasis syariah, terdapat beberapa produk penghimpunan dana yang menggunakan prinsip bagi hasil yang ditawarkan salah satunya yaitu produk deposito. Penelitian dilakukan dengan analisis regresi, Populasi pada penelitian ini adalah 207 orang dengan menggunakan rumus Slovin didapat sampel sebanyak 69 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hipotesis terpenuhi yaitu Minat nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap produk, dengan R Square sebesar 0,748.
Misfi Laili Rohmi, Mahfudz Reza Fahlevi
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 5, pp 1-18; https://doi.org/10.32332/finansia.v5i01.4531

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor ekonomi makro seperti inflasi, BI rate, nilai tukar, dan Jumlah Uang Beredar (JUB) terhadap pembiayaan mudharabah perbankan syariah yang meliputi seluruh Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) di Indonesia. Analisis Error Correction Model (ECM) digunakan untuk mengidentifikasi efek jangka pendek dan jangka panjang dari variabel independen terhadap variabel dependen. Selama periode bulanan 2016-2021, data sekunder dikumpulkan dari Statistik Perbankan Syariah (SPS) OJK, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Bank Indonesia (BI). Data menunjukkan bahwa hanya Jumlah Uang Beredar (JUB) yang memiliki pengaruh terhadap pembiayaan mudharabah internal dalam waktu dekat, sedangkan tiga faktor lainnya, seperti inflasi, BI rate, dan suku bunga, tidak berpengaruh.
Ziadatul Fadlillah, Jadzil Baihaqi
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 4, pp 115-130; https://doi.org/10.32332/finansia.v4i2.2970

Abstract:
This study examines the effect of capital, asset quality, liquidity, and operational efficiency on profitability using a dataset of 7 Islamic commercial banks in Indonesia over the 2014-2018 period. This research uses a quantitative approach. The analysis technique uses Panel Least Square processed by Eviews 8. We find that the Islamic bank’s profitability is affected by operational efficiency. Nevertheless, the capital factor, asset quality, and liquidity have no impact on the Islamic bank’s profitability. In addition, the evidence shows that the bank’s fund has not been maximized to financing.
Tri Imelda, Nurul Mahmudah, Liberty Liberty
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 4, pp 131-154; https://doi.org/10.32332/finansia.v4i2.3061

Abstract:
Layanan digital fintech merupakan inovasi layanan keuangan yang pengoprasiannya menggunakan atau memanfaatkan teknologi digital. Bank Muamalat KCP Metro sebagai salah satu bank yang sudah menyediakan layanan-layanan berbasis digital fintech yaitu layanan virtual account, cash management system, internet banking, m-banking (M-DIN), dan ATM. Perlunya penerapan strategi pemasaran yang membangun kepuasan dan kepercayaan nasabah akan pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Bank Muamalat KCP Metro Berbasis Digital Fintech Terhadap Pelayanan Nasabah. Jenis penelitian ini adalah field research di Bank Muamalat KCP Metro. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer melalui wawancara kepada sub branch manager, customer service, dan nasabah Bank Muamalat KCP Metro, sedangkan sumber sekunder diperoleh dari dokumentasi atau studi pustaka untuk melengkapi data-data primer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa Bank Muamalat KCP Metro telah menggunakan beberapa indikator pemasaran syari’ah, dimana pihak bank menerapkan beberapa komponen dan 7P marketing mix. Strategi pemasaran yang paling dominan sebagai eksistensi Bank yaitu Promotion. Value pemasaran diciptakan karena adanya brand, service, dan procces. Bank Muamalat KCP Metro juga tidak terlepas dari tiga prinsip utama pemasaran syari’ah yakni ketaqwaan, kesederhanaan dan kebajikan. Prinsip tersebut yang paling dominan diterapkan adalah Prinsip Ketaqwaan. Bank Muamalat KCP Metro juga perlu mengevaluasi atau meningkatkan strategi pemasaran terkait pelayanan digital fintech, perlu upaya pengenalan berkelanjutan untuk penggunaan sistemnya yang efektif dan efisien karena masih terdapat nasabah yang tidak mengenali layanan digital fintech Muamalat terutama virtual account, cash management system, internet banking.
Northa Idaman, Lella Anita, Muhammad Iqbal Fasa
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 4, pp 87-98; https://doi.org/10.32332/finansia.v4i1.2934

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa alternatif lokasi kecamatan di Kabupaten Cirebon yang akan dipilih sebagai lokasi pendirian rumah sakit kelas C. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan kondisi di lapangan, sedangkan pendekatan kuantitatif dilakukan melalui uji kepakaran dengan metode pembobotan dan peratingan terhadap alternatif lokasi kecamatan, yaitu Palimanan, Plumbon dan Karangsembung. Hasil peneltian menunjukkan bahwa stakeholders kunci, yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon merekomendasikan pembangunan rumah sakit di wilayah timur Kabupaten Cirebon. Hasil analisis kepakaran menunjukkan bahwa Kecamatan Karangsembung merupakan lokasi yang tepat untuk dibangun rumah sakit kelas C.
Dian Junitasari
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 3, pp 233-254; https://doi.org/10.32332/finansia.v3i2.2243

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui procedure pembiayaan murabahah dan penerapan pembiayaan murabahah pada BMT Dana Barokah. Dalam melakukan penelitian ini penulis memilih subyek pada kantor kas BMT Dana Barokah Muntilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara langsung dengan nasabah dan karyawan BMT. Hasil studi yang penulis dapatkan dari penelitian ini adalah procedure dalam pengajuan pembiayaan murabahah melalui tiga tahap yaitu memenuhi persyaratan sebagai pemohon, selanjutnya coordinator pembiayaan mengumpulkan berkas yang diajukan oleh pemohon berfungsi untuk melakukan survey, kemudian koordinator pembiayaan melakukan analisa dari hasil survey terhadap calon nasabah jika layak kemudian dilakukan pencairan dana. Penerapan pembiayaan murabahah pada BMT Dana Barokah yaitu Dalam penerapan pembiayaan murabahah didasarkan pada dua elemen pokok yaitu harga beli serta tambahan biaya keuntungan sesuai dengan kesepakatan. Beberapa karakteristik pembiayaan murabahah yaitu nasabah harus mengetahui tentang biaya-biaya yang terkait seperti biaya administrasi dan harga pokok barang beserta tambahan keuntungan yang ditetapkan dengan presentase dari total harga. Barang yang dijual adalah barang yang halal dan barang kebutuhan nasabah yang dibayar dengan uang, barang yang diperjualbelikan sesuai kebutuhan nasabah harus dimiliki penjual dan mampu menyerahkan kepada pembeli. Pembayaran dapat dilakukan dengan angsuran atau tunai dengan jatuh tempo sesuai dengan kesepakatan yang telak dibuat antara pihak BMT dan Nasabah.
Ahmad Rosyid, Alvita Tyas Dwi Aryani
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 3, pp 97-120; https://doi.org/10.32332/finansia.v3i2.2289

Abstract:
The purpose of this research is to find out the relationship between the frequency of interim financial reporting with information asymmetry and cost of equity for issuers in the Jakarta Islamic Index for the period 2012 to 2018. Research findings on 84 companies, namely (1) there is no relationship between the frequency of interim financial reporting with information asymmetry (2 ) there is no relationship between the frequency of interim financial reporting with the cost of equity. The absence of this relationship is caused by (1) interim financial reporting frequency data that are not different between issuers (2) research settings.
Habibur Rachman Nur
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 3, pp 121-132; https://doi.org/10.32332/finansia.v3i2.2099

Abstract:
Abstrak: Keputusan struktur modal adalah salah satu masalah terpenting dalam manajemen keuangan yang dapat berkontribusi untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Demikian juga, keputusan struktur modal mempengaruhi biaya modal dan keputusan penganggaran modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel yang dipilih terhadap leverage sesuai dengan penyelidikan empiris Özde Öztekin, sebagian besar faktor penentu perusahaan, industri, dan makroekonomi adalah ukuran perusahaan, tangibilitas, leverage industri, laba, dan inflasi yang menghubungkan teori struktur modal berdasarkan pembiayaan perusahaan di perusahaan-perusahaan syariah di Indonesia menggunakan analisis regresi berganda. Sampel yang digunakan dari perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2016 hingga 2018 yaitu sebanyak 18 perusahaan. Hasil menunjukkan bahwa variabel leverage industri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan leverage sesuai dengan teori trade off, semakin besar leverage industri semakin tinggi pembiayaan hutang. Dan ada hubungan terbalik yang signifikan antara laba dan leverage mengacu pada teori pecking order, semakin banyak keuntungan yang diperoleh perusahaan semakin sedikit hutang yang digunakan Kata Kunci: Struktur modal, Perusahaan Syariah, Jakarta Islamic Index, Indonesia.
Thoyibatun Nisa
FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, Volume 3, pp 74-86; https://doi.org/10.32332/finansia.v3i1.2183

Abstract:
Penelitian ini menganalisis kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan rasio profitabilitas, dan rasio likuiditas pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel pada penelitian ini adalah 3 perusahaan pertambangan yaitu PT Adaro Energi Tbk, PT Aneka Tambang Persero Tbk, dan PT Ratu Prabu Energi Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Menurut Ross Stephen (2000) kinerja keuangan suatu perusahaan dapat dinilai dengan menggunakan beberapa teknik analisis keuangan, yaitu: analisis rasio keuangan, analisis common size, analisis horizontal/trend, analisis sumber dan penggunaan kas, dan analisis diskriminan/Z-Score. Teknik analisis yang digunakan dalam menganalisis adalah teknik analisis rasio keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan rasio profitabilitas dan rasio likuiditas PT Adaro Energi Tbk, PT Aneka Tambang Persero Tbk, dan PT Ratu Prabu Energi Tbk. Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, dan Kinerja Keuangan.
Back to Top Top