Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah

Journal Information
EISSN : 2686-6625
Published by: IAIN Palu (10.24239)
Total articles ≅ 37
Filter:

Latest articles in this journal

Nur Asriana, Sofyan Bacmid, Syaifullah Ms, Abdul Jalil
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 82-100; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.50.82-100

Abstract:
Investasi merupakan salah satu instrumen pembangunan yang di butuhkan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, termasuk negara Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah baik secara simultan maupun parsial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner (angket). Objek penelitian ini adalah masiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palu angkatan 2017 baik yang sudah membuka account di pasar modal maupun yang belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel persepsi dan modal minimal terhadap minat investasi di pasar modal syariah dengan nilai signifikansi (Sig.) kedua variabel tersebut yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu, secara simultan variabel persepsi dan modal minimal mempunyai pengaruh positif terhadap minat investasi dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Begitu pula dengan membandingkan Fhitung dan Ftabel, maka diperoleh nilai Fhitung sebesar 82,237 > Ftabel 3,12. Nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,684. Hal ini berarti bahwa variasi perubahan variabel minat investasi (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel persepsi (X1) dan modal minimal (X2) sebesar 68,4%. Sedangkan, sisanya (100%- 68,4% = 31,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti atau diluar dari penelitian ini.
Nurudin Nurudin, Hida Alfathin Mila Ulwiya
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 142-156; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.53.142-156

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang). Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian lapangan (Field Reserch). Data penelitian yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia. Jumlah sampel penelitian ini adalah 95 sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan atau secara keseluruhan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Menabung. Sedangkan secara persial variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan bernilai positif sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (3,500) > ttabel (1,986). Variabel promosi bernilai positif sebesar dapat dilihat bahwa nilai signifikan 0,013 < 0,05 dan nilai thitung (2,530) > ttabel (1,986). Dan variabel religiusitas dapat dilihat bahwa nilai bernilai positif variabel sebesar 0,000ttabel (1,986)
Nur Wanita, Ryna Pratiwi, Nurysamsu
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 101-120; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.51.101-120

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembiayaan Ultra Mikro (UMi) terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) PT. Pegadaian Cabang Palu di masa pandemi covid-19 periode tahun 2020. Jenis Penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel yang diigunakan adalah sampel jenuh, sebanyak 30 orang memperoleh pembiayaan Ultra Mikro di tahun 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan beberapa tahap pegujian antara lain uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), koefisien determinasi (R Square), dan regresi linear sederhana. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa bahwa koefisien thitung -0,331 < ttabel 12,706 sehingga variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen dan signifikansi bernilai 0,743 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.
Dilla Arista Dilla, Muhtadin, Ermawati, Nuriatullah
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 121-141; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.58.121-141

Abstract:
Penelitian ini membahas tentang analisis faktor-faktor kebutuhan dan peluang masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri Syariah ( KCP Parigi Moutong ). Rumusan masalah yang diangkat adalah “Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kebutuhan masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri Syariah Cabang Parigi Maoutong dan faktor apa sajakah yang mempengaruhi peluang masyarakat menjadi nasabah di Bank Mandiri syariah tersebut? Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara di lakukan terhadap Branch Manager dan Masyarakat Kelurahan Masigi kemudian dokumentasi peneliti digunakan sebagai bukti penelitian. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kebutuhan masyarakat Masigi sangat beragam, mulai dari untuk modal berdagang, membeli buah dan sayur, membangun rumah, membeli kendaraan serta kebutuhan lainnya. Masyarakat menginginkan dari hasil meminjam dana pada lembaga keuangan akan mendapat keuntungan besar tanpa harus terbebani dengan bunga dan terhindar dari riba.
Andi Sultan Andi, Arung Gihna Mayapada, Muhammad Darma Halwi, Jurana, Muhammad Syafaat
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 174-184; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.57.174-184

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pembiayaan mudharabah, murabahah dan musyarakah terhadap nilai perusahaan dengan perofitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mana berjumlah lima dengan periode penelitian 2013-2020. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh parsial signifikan pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas sementara pembiyaan murabahah tidak berpengaruh signifkan terhadap profitabilitas. Sedangkan ini juga mengungkap profitabilitas berpengaruh parsial signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan pembiyaan mudharabah, murabahah, musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pembiayaan mudharabah dan murabahah memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas dan pembiayaan musyarakah tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan melalui perofitabilitas.
Nurdin, Difa Restiti, Rizki Amalia
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 157-173; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.55.157-173

Abstract:
Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS telah menjadi sarana baru dalam bertransaksi secara online. Namun edukasi terhadap masyarakat dalam menggunakan QRIS masih sangat minim. Akibatnya masyarakat kebanyakan memperoleh pengetahuan tentang QRIS lebih banyak dari sumber tidak resmi seperti media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap pengetahuan tentang QRIS yang diperoleh mahasiswa di peguruan timggi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan baha media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap pemerolehan pengetahuan tentang QRIS. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil uji SPSS 21 dengan nilai Fhitung sebesar 109.066 > Ftabel 3,95, dan nilai signifikansi (Sig) ,000 < 0,05 dengan nilai dapat disimpulkan bahwa secara simultan variable Media sosial (X) berpengaruh signifikan terhadap Pengetahuan tentang QRIS (Y). Dengan demikian madia sosial telah menjadi sarana yang efektif dalam pemerolehan pengetahuan baru seperti QRIS.
Nurdin, Rukma Ningrum, Sofyan Bacmid, Abdul Jalil
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 30-45; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45

Abstract:
Pada era teknologi informasi sekarang ini perilaku nasabah atau konsumen banyak berubah dalam melakukan transaksi perbankan, dimana nasabah sangat mengedepankan aspek kemudahan, fleksibilitas, efisiensi, dan kesederhanaan. Teknologi mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan Bank MEGA Syariah kepada nasabahnya agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja setiap saat tanpa harus dating ke bank yang bersangkutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sampel penelitian ini sebanyak 62 responden yang diambil dengan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel manfaat memiliki nilai Thitung sebesar 1.378 < 1.988, maka H1 ditolak, variabel kepercayaan memiliki nilai Thitung sebesar 2.208 > 1.988, maka H2 diterima, variabel kemudahan penggunaan memiliki nilai Thitung sebesar 1.785 < 1.988, maka H3 ditolak. Dan hasil uji R2 sebesar 0.301, hal tersebut berarti variabel minat nasabah dapat dijelaskan oleh variabel manfaat, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan. Secara parsial dari tiga variable yang diuji tidak satupun mempengaruhi minat nasabah menggunakan mobile banking.
Nur Afni, Abdul Jalil
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 1-15; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.35.1-15

Abstract:
Akuntansi perlu dipelajari karena seiring dengan perkembangan zaman, tingkat pertumbuhan ekonomi pun berkembang banyak perusahaan jasa maupun perusahaan dagang baru bermunculan, semua perusahaan tersebut pasti membutuhkan laporan keuangan untuk melihat pendapatan dan pengeluaran yang terjadi diperusahaannya. Ilmu akuntansi sudah dapat dipelajari mulai dari tingkat sekolah menengah atas dan tingkat perguruan tinggi. Kualitas pendidikan akuntansi harus mengikuti zaman agar lulusannya menjadi seorang akuntan yang dapat bersaing di dunia kerja dengan baik.pemerintah sudah menujang perkembangan pendidikan melalui kurikulum yang baru, tetapi tetap membutuhkan dukungan serta peran aktif dari berbagai pihak agar perkembangan pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi dapat berjalan dengan lancar. Perkembangan pendidikan khususnya pendidikan ilmu akuntansi haruslah diperhatikan karena akuntansi sangat dibutuhkan diberbagai bidang bukan hanya dalam bidang bisnis saja, tidak hanya mengandalkan pemerintah saja tetapi ikut serta dalam pengembangannya, agar kualitas pendidikan ilmu akuntansi dapat mengikuti kemajuan zaman yang sedang terjadi.
Irham, Abdul Jalil, Arman, Rizqa Sabrina
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 46-56; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.38.46-56

Abstract:
Tekanan kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis, mempegaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui tekanan kerja dapat merubah kinerja karyawan pada Bank MEGA Syariah KC Palu, Untuk mengetahui pengaruh tekanan kerja terhadap kinerja karyawan pada Bank MEGA Syariah KC Palu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah tekanan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Bank MEGA Syariah KC Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Mega KC Palu yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh (saturation sampling), dengan menggunakan rumus sampel jenuh menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data adalah melalui teknik observasi dan kuesioner. Kemudian teknik analisa yang digunakan adalah analisi regresi linear sederhana. Hasil olahan statistik yang dibantu dengan program SPSS 16.0 for windows, memiliki nilai t-hitung sebesar 7,129> nilai t-tabel sebesar 1,988, serta tingkat signifikannya yaitu 0,74 < 0,05, menunjukan bahwa Tekanan Kerja memiliki hubungan positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Mega KC Palu. Dari kesimpulan yang diperoleh disarankan agar seorang pemimpin terus memberikan dukungan dan perasaan yang aman pada karyawan, agar sumber daya yang ada terus meningkat demi terwujudnya tujuan organisasi.
Andi Fauziah, Tenrypada
Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, Volume 3, pp 74-81; https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.40.74-81

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Penggunaan E-banking baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini yaitu nasabah BRI Syariah yang berjumlah 74 responden. Sampel tersebut diambil berdasarkan metode sampling purposive. Teknik analisis yang digunakan yaitu metode regresi linear berganda dengan bantuan alat analisis software SPSS versi 25.0. Hasil dari penelitian ini, secara parsial Kepercayaan dan Kemudahan berpengaruh positif signifikan, sedangkan Risiko berpengaruh negatif dan signifikan. Kepercayaan, Kemudahan dan Risiko secara serempak berpengaruh positif signifikan terhadap Penggunaan E-banking
Back to Top Top