Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam

Journal Information
EISSN : 2686-6633
Published by: IAIN Palu (10.24239)
Total articles ≅ 44
Filter:

Latest articles in this journal

Putri Putri Kurniasari, Ainun Ainun Ni'Mah, Kharis Fadlullah Hana
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 4, pp 31-41; https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.91.31-41

Abstract:
Perbankan syariah sudah ada sejak lama di Indonesia, namun masih memiliki pasar yang relatif kecil dibandingkan perbankan konvensional pada tahun 2020 di pasar perbankan syariah sebesar 6,18%. Sehingga terjadi penggabungan tiga bank syariah di Indonesia yaitu BRIS, BNIS dan Mandiri Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja hasil merger ketiga bank tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif yaitu penelitian lapangan, artinya peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari data-data yang relevan terkait penggabungan tiga bank yang salah satunya adalah Bapak Nor Saiz dan Bapak Suprayoga. sebagai pegawai BSI Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja ketiga bank syariah pasca merger cukup baik yang dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang telah diperoleh.
Raihanah Basalamah
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 4, pp 57-71; https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.93.57-71

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi kemudahan dan risiko terhadap minat penggunaan fintech gopay pada generasi milenial di kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian merupakan generasi melenial yang ada di Kota Palu dengan jumlah 180.724. Sampel penelitian ini berjumlah 100 dengan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang di analisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak persepsi kemudahan dan risiko mampu menjelaskan perubahan terhadap minat menggunakan fintech gopay. Namun secara parsial hanya persepsi kemudahan yang berpengaruh Sig.nifikan terhadap minat menggunakan fintech gopay, sementara risiko tidak berpengaruh Sig.nifikan. Hal ini disebabkan oleh generasi melenial tidak mementingkan risiko dalam melakukan pengambilan keputusan, hasil ini didukung oleh teori dari valensi dimana konsumen meminimalkan risiko terhadap penggunana suatu produk dan jasa. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi gopay dianggap mudah dan memiliki risiko yang kecil. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini, menggunakan variabel yang tidak diteliti oleh peneliti dan mengembangkan penelitian ini dengan memilih objek yang lebih luas. Dengan mengangkat topik yang sama namun dengan menambahkan variabel agar dapat menggambarkan minat penggunaan fintech.
Rizqi Amalia
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 4, pp 1-16; https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.87.1-16

Abstract:
Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan berdampak pada aktivitas ekonomi masyarakat, adanya pergeseran transaksi, perubahan perilaku konsumen dan daya beli masyarakat, hal ini disebabkan kebijakan pemerintah dalam membatasi kegiatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumtif dan daya beli terhadap belanja online selama pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan menggambarkan secara sistematis, secara akurat (bisa dipertanggungjawabkan). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa selama masa pandemi covid-19, masyarakat konsumen mengalami perubahan perilaku khususnya dalam aktivitas menggunakan internet terkait pembelian barang/jasa yang cenderung meningkat. Faktor yang sangat berpengaruh adalah dari segi efektifitas waktu, dimana individu yang mengalami masa karantina saat pandemi, tidak dapat melakukan aktivitas secara penuh, sehingga lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuka internet dan berbelanja online.
Noval Noval
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 4, pp 42-56; https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.89.42-56

Abstract:
Penelitian ini bertujuan tidak hanya untuk mengetahui pengaruh harga minyak mentah dan emas dunia pada pasar saham syariah di Indonesia, tetapi juga pengaruh mediasi nilai tukar (USD/IDR) dalam pengaruh tersebut. Karena hasil penelitian-penelitian sebelumnya, masih belum mungkin untuk menarik kesimpulan tegas apakah harga minyak mentah dunia dan harga emas memiliki pengaruh terhadap pasar saham syariah di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini memasukkan nilai tukar (USD/IDR) sebagai variabel intervening untuk menjawab pertanyaan tersebut. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh data Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), World Texas Intermediate (WTI), harga emas berjangka periode Juni 2011 sampai Desember 2021. Sampel yang digunakan adalah 105 dan diperoleh dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan program EViews versi 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga minyak mentah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai tukar (USD/IDR) dan pasar saham syariah di Indonesia, sedangkan harga emas dunia memiliki pengaruh negatif terhadap nilai tukar (USD/IDR) namun tidak berpengaruh terhadap pasar saham syariah di Indonesia. Sedengkan nilai tukar (USD/IDR) berpengaruh negatif terhadap pasar saham syariah di Indonesia, serta hanya berperan memediasi harga emas dunia dalam mempengaruhi pasar saham syariah.
Trimulato
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 4, pp 72-92; https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.90.72-92

Abstract:
Perkembangan industri perbankan syariah terus mengalami peningkatan hal ini dapat terlihat dari kinerja bank syariah yang semakin baik dan banyak diminati masyarakat. Salah satu bank syariah yang berkinerja baik ada PT Bank BTPN Syariah, bank yang fokus penyaluran pembiayaannya fokus pada sektor mikro. Kemunculan pandemi covid-19 memberi dampak pada kinerja Bank BTPN Syariah karena segmen pembiayaan UMKM, banyak pelaku UMKM yang terkena dampak sehingga sulit memenuhi kewajibannya. Dalam kondisi tersebut perlu dilakukan analisis kesehatan kinerja bank BTPN Syariah sebelum dan setelah kemunculan pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat kesehatan bank BTPN Syariah dengan menggunakan metode CAMELS, metode RGEC, dan Metode Altman Z Score. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sumber data yang data sekunder dari laporan keuangan pada tahun 2019 dan tahun 2021. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan dari bebera sumber yang relevan dengan tema. Teknik analisis data yang digunakan yaitu CAMELS yang terdiri dari (Capital, Asset Quality, Management, Equity, Liquidity, dan Sensitivity Markets), metode RGEC terdiri dari (Risk Profile, Good Corporate Governance, Equity, dan Capital), dan Metode Altman Z Score. Hasil menunjukkan adanya analisis kesehatan Bank BTPN Syariah sebelum pandemi pada tahun 2019 pada posisi sehat, kemudian setelah pandemi covid-19 juga pada posisi sehat. pada tahun 2021 kinerja Bank BTPN Syariah semakin membaik, dengan terus membenahi performance dan kinerja yang maksimal. Pembiayaan juga dapat dimaksimalkan sebagai sumber usaha untuk memperoleh laba yang lebih maksimal.
Syafaat Syafaat
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 4, pp 17-30; https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.92.17-30

Abstract:
Penelitian tentang Profit Sharing Terhadap Kupuasan Nasabah Pada Bank Mega Syariah KC Palu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1). ApakahProfit sharing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Mega Syariah KC Palu? (2) Bagaimana pengaruh Profit sharing terhadap kepuasan nasabah? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pembagian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accident sampling yaitu sebanyak 88 Bank Mega Syariah KC Palu yang diperoleh menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini meenggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian statsitik membuktikan bahwa bahwa Profit sharing berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan nasabah pada Bank Mega Syariah KC Palu.
Gita Islya Asmara, Nuriaslami
Published: 31 December 2021
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 3, pp 149-161; https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i2.72.149-161

Abstract:
Artikel ini bertujuan serta berisikan tentang pengaruh proses komunikasi pemasaran produk Asuransi terhadap minat beli nasabah asuransi di kota Medan. Dalam artikel ini penulis memfokuskan Penelitian terhadap dua sudut pandang yaitu pelaku pemasaran dan calon nasabah. Sebelumnya seperti yang kita ketahui asuransi adalah suatu usaha di mana terdapat perjanjian antara dua orang atau lebih dimana pihak tertanggung membayar kontribusi dan pihak penanggung memberikan proteksi atas kontribusi yang sudah diberikan oleh pihak tertanggung. Dan dalam memasarkan produk Asuransi dibutuhkan strategi komunikasi yang baik untuk memasarkan produk asuransi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh proses komunikasi pemasaran produk Asuransi terhadap minat beli calon. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan mengumpulkan beberapa temuan dari literatur. Maka diperoleh beberapa hasil dari penelitian pengaruh proses komunikasi pemasaran produk Asuransi terhadap minat beli nasabah asuransi adalah pertama, kurangnya pengetahuan masyarakat atau calon nasabah terhadap asuransi. Kedua, kurangnya daya tarik, sikap dan komunikasi persuasif yang digunakan agen asuransi Sehingga calon nasabah tidak tertarik. Ketiga, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat enggan membeli produk Asuransi walau agen sudah menggunakan proses komunikasi pemasaran yang bagus di antaranya harga disertai dengan pendapatan rata-rata calon nasabah. Oleh karena itu agen memperlihatkan komunikasi dua arah dengan calon klien untuk memasak ikan bakar mereka dan mendapatkan Pengaruh kepercayaan dan umpan balik dengan menggunakan komunikasi yang efektif untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan dan melakukan sosialisasi tentang Asuransi agar pengetahuan masyarakat akan asuransi bertambah.
Sulvianti Andriana, Ermawati Ermawati, Irham Pakawaru
Published: 31 December 2021
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 3, pp 183-200; https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i2.76.183-200

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh nilai tukar dan harga terhadap volume ekspor Crude Palm Oil (CPO) PT. LETAWA Tahun 2017-2019. Jenis penelitian ini adalah lapangan dengan pendekatan kuantitif, teknik pengumpulan data dengan kuesioner, tehnik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa nilai tukar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume ekspor Crude Palm Oil PT. LETAWA, dan harga secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap volume ekspor. Serta berdasarkan uji F nilai tukar dan harga berpengaruh simultan terhadap volume ekspor Crude Palm Oil (CPO) PT. Letawa Bagi pemerintah terus mendukung pelaksanaan ekspor CPO dengan kebijakan-kebijakan yang dapat menjaga kestabilan ekonomi perdangangan, karena ekpor merupakan sumber pendapatan bagi pemerintah Penelitian yang menganalisa terkait pengaruh nilai tukar dan harga terhadap volume ekspor crude plam oil belum banyak dilakukan.
Jamaluddin
Published: 31 December 2021
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 3, pp 136-147; https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i2.63.136-147

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Shariah Enterprise Theory dalam perusahaan manufaktur berdasarkan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode library reseach (penelitian kepustakaan) dengan teknik ppengumpulan data melalui penelusuran referensi kepustakaan, berupa buku-buku, jurnal dan juga publikasi ilmiah lainnya. Analisis data dilakukan secara mendalam terhadap makna yang terkandung dalam setiap konsep dan paradigma baik dari ayat-ayat dalam al-Qur’an, hadis, maupun pendapat para tokoh. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Shariah Enterprise Theory memberikan bentuk pertanggungjawaban utamanya kepada Allah (akuntabilitas vertikal) yang kemudian dijabarkan lagi pada bentuk pertanggungjawaban pada manusia dan alam (akuntabilitas horizontal). Sehingga pada akhirnya bermuara pada konsep falah yakni kesuksesan yang hakiki dalam sebuah perusahaan adalah tercapainya kesehahteraan yang mencakup kebahagiaan (spiritual) dan kemakmuran (material) pada tingkatan individu dan masyarakat. Dalam konteks perusahaan manufaktur maka, Shariah Enterprise Theory (SET) hadir memberikan amanah kepada manusia sebagai wakil Allah di bumi sehingga ketika amanah Tuhan terebut benar-benar diaplikasikan maka akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan khususnya perusahaan berbasis industri.
Abd. Muzakkir
Published: 31 December 2021
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 3, pp 106-123; https://doi.org/10.24239/jiebi.v3i2.56.106-123

Abstract:
Penelitian ini diajukan untuk membangun konsep spiritual capital berbasis Islamic values di dalam organisasi bisnis Islam. hal ini didasari perlunya konsep aset tidak berwujud (intangible asset). selain itu, konstruksi spiritual capital masih banyak dikaji dalam pandangan sekuler. Dalam upaya menemukan model spiritual capital berbasis Islamic values, penelitian ini menempuh jalan studi literatur/ a literature study. Temuan-temuan dari telaah berbagai jurnal-jurnal kemudian dianalisis secara radikal dan hasilnya disajikan secara sistematis dan komprehensif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa spiritual capital didasarkan pada ajaran pokok Islam yakni: akidah, syariat dan akhlak. Dalam organisasi bisnis Islam, spiritual capital dikonsturksi dengan menggunakan pendekatan analisis kebajikan yang ada dalam ukhuwah Islamiyah¸ dengan nilai-nilai yakni: niat, taqwa, ihsan, kepercayaan, kejujuran, keadilan, etqan, konsultasi hingga kesabaran. Dalam upaya penamannya kedalam Organisasi bisnis Islam, diperlukan pendekatan tazkiyatun nafs. Implikasi penelitian ini adalah terbentuknya konsep spiritual capital berbasis Islamic values yang merupakan bagian dari company capital di dalam organisasi bisnis Islam.
Back to Top Top