Jurnal Educatio FKIP UNMA

Journal Information
ISSN / EISSN : 2459-9522 / 2548-6756
Published by: Universitas Majalengka (10.31949)
Total articles ≅ 112
Current Coverage
DOAJ
Filter:

Latest articles in this journal

Dina Damayanti
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 541-545; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1089

Abstract:
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TPHP 3 SMKN 1 Cangkringan dengan metode cooperative learning tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPHP 3 SMKN 1 Cangkringan yang terdiri dari 29 siswa Siswa dibagi dalam beberapa kelompok belajar yang heterogen yang beranggotakan 5-6 orang dengan menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli. Penelitian ini berlangsung dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa lembar penilaian. Data primer diungkap dengan data nilai dan kriteria penilaian untuk mencatat hasil belajar siswa dalam proses tindakan dan mencatat tata laksana pengelolaan penelitian ini. Data primer diperoleh dengan menilai hasil diskusi, presentasi, praktik dan ters tertulis yang berupa kuis dan tes formatif. Data dianalisis dengan menggunakan acuan penilaian kelas untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Hasil penilaian siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian setelah menjalani proses tindakan berupa cooperative learning tipe jigsaw terjadi peningkatan hasil belajar siswa.
Valentinus Ola Beding, Yulia Suriyanti
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 509-514; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1094

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan aplikasi “Buku Dongeng Anak”. Bentuk penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Peningkatan jumlah siswa menceritakan kembali sebesar 60% dengan kategori baik, 35% kategori sedang dan 5% kategori kurang pada siklus I, sedangkan pada siklus II sebanyak 87,5% siswa menceritakan kembali dengan kategori baik, 10% kategori sedang dan 2,5% kategori kurang. Respon siswa terhadap penggunaan aplikasi “Buku Dongeng Anak” dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita adalah sangat baik karena siswa dapat membaca dongeng atau pun cerita dimanapun dan kapanpun siswa berada.
Wahyuningsih Wahyuningsih
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 410-418; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1055

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil kemampuan anak untuk mengenal warna dan bentuk geometri di TK B belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan kemampuan anak dalam pengenalan warna dan bentuk-bentuk geometri dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron kecamatan Nogosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. (1) Perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pengenalan bentuk-bentuk geometri dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang telah ada dan dibuat dalam bentuk Rencangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH ) yang disesuaikan dengan tema pada hari itu dan disesuaikan dengan perkembangan anak; (2) Pelaksanaan pembelajaran pengenalan bentuk-bentuk geometri dan warna dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu langkah-langkah yang dilakukan guru sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH ) pembelajaran yang terdapat pada ( RPPH ) yang dibuat oleh guru kelas yang disesuaikan dengan perkembangan anak; dan (3) Kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna pada anak usia 5-6 tahun dengan media balok di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu sudah dapat dikatakan berkembang sesuai harapan karena dari keseluruhan anak sudah dapat mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna secara keseluruhan, dari hasil tes mengenal bentuk geometri dan warna yang telah dilakukan peneliti.
Yeyet Yeyet
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 367-374; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043

Abstract:
Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam bahasa sunda. Penulis mencoba menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Sunda. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Kuningan dengan subyek penelitian siswa kelas 8A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8A di MTs Negeri 4 Kuningan.
Muizudin Muizudin
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 332-341; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1014

Abstract:
IPA merupakan cabang ilmu sains yang mempelajari tentang kehidupan. Dalam pembelajaran sains ditekankan adanya pengalaman langsung yang dialami siswa. Dalam konteks ini seorang siswa harus menggunakan metode-metode ilmiah yaitu menggali pengetahuan melalui penyelidikan atau penelitian, mengkomunikasikan pengetahuannya kepada orang lain, menggunakan keterampilan berpikir, menggunakan sikap dan nilai ilmiah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Learning Contract pada materi Listrik statis pada siswa kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1). Bahwa strategi Learning Contract dapat dilaksanakan sebagai strategi pembelajaran pada materi pokok Listrik statis di kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon 2). Banyaknya siklus yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan aktivitas belajar [PA siswa kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon adalah sebanyak 3 siklus. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan antara lain: 1). Bagi pihak sekolah hendaknya lebih sering melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki mutupembelajaran 2). Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai sumbangan bagi khazanah pengembanganpendidikan 3). Bagi Guru hendaknya dapat menerapkan strategi ini sebagai salah satu strategi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Yuli Maghfiroh, Agustina Tyas Asri Hardini
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 272-281; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kesulitan dalam memahami materi Matematika khususnya pecahan dan belum adanya buku yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran Matematika secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran Matematika materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini hanya berhenti pada uji validasi dan tidak melakukan praktek peggunaan media di lapangan. Instrumen penelitian ini berupa rubrik penilaian ahli yang terdiri dari rubrik penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil uji validasi oleh ahli materi yang dilakukan oleh dua ahli materi mendapatkan persentase rata-rata sebesar 76,75% dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil uji validasi oleh ahli media yang dilakukan oleh dua ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 80,73% dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian modul pembelajaran Matematika materi pecahan yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran pecahan khususnya perkalian dan pembagian pecahan dan desimal pada siswa kelas 5 sekolah dasar.
Asrori Yudha Prawira, Eko Prabowo, Fajar Febrianto
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 300-308; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan dan penemuan baru. Kedua sebagai pembuktian atau pengujian tentang kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada dan yang ketiga untuk mengetahui pengembangan model Olahraga renang pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitan kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan analisis isi artikel. Artikel penelitian yang sesuai dengan kriteria kemudian dikumpulkan dan dibuat ringkasan jurnal meliputi nama peneliti, tahun terbit jurnal, rancangan studi, tujuan penelitian, sampel, instrument (alat ukur) dan ringkasan hasil atau temuan. Terdapat 10 literatur yang membahas tentang model pembelajaran renang pada anak usia dini, semua jurnal tersebut adalah jurnal nasional yang dilakukan pencarian diportal google scholar dengan mengetik kata kunci “model pembelajaran renang” yang kemudian dianalisis menggunakan analisis critical appraisal untuk menganalisis dari inti jurnal, hasil studi sehingga mengetahui persamaan dan perbedaan dari jurnal-jurnal tersebut. Dari 10 jurnal tersebut ada 5 jurnal tidak dilakukan pemeriksaan permainan renang secara langsung ada yang membahas motoric kasar , permainan modifikasi dan kemampuan. Beberapa hal penting yang didapat dari beberapa jurnal diantaranya identifikasi metode pembelajaran Olahraga renang anak usia dini dengan menjabarkan metode yang efektif dari beberapa penelitian terkait secara runtut agat dapat dijadikan sebagai sebuah acuan pembelajaran olahraga Olahraga renang anak usia dini. Kedua, model pembelajaran Olahraga renang pada anak usia dini dapat meningkatkan semangat dan mencegah kebosanan pada anak usia dini. Ketiga, memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan motorik kasar dan kognitif anak usia dini serta proses pembelajaran lebih menyenangkan dan partisipatif.
Devita Inanda Hernawan, Yohana Setiawan
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 291-299; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1017

Abstract:
Penelitian ini berdasarkan masalah dalam proses pembelajaran matematika model pembelajaran konvensional. Pelajaran matematika menjadikan siswa merasa kurangnya dalam memahami materi tersebut. Kurangnya melatih siswa dalam memecahkan masalah soal cerita, penggunaan media sebagai saran pendukung penyampaian materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran MEHASAN untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini penelitian R&D menggunakan model pengembangan ASSURE. Instrumen penelitian ini berupa rubrik penilaian ahli yang terdiri dari rubrik penilaian ahli materi dan rubrik penilaian ahli media. Hasil uji validasi oleh ahli materi mendapatkan skor presentase 81, 73 % dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil uji validasi oleh ahli media mendapatkan skor 79, 68 % dengan kategori tinggi. Hasil uji validitas kelayakan media pembelajaran MEHASAN untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam hal ini hasil uji valiadasi kelakayan ada dua hal yang pertama sesuai uji ahli materi mendapatkan mendapatkan 40 dari 48 dan presentase 81 – 100 % dengan kategori sangat tinggi. Kedua sesuai uji ahli media mendapatkan 30 dari 48 dan presentase 61 – 80 % dengan kategori tinggi Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan siswa kelas V SD khususnya materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan penyebut berbeda.
Andi Wibowo
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 515-519; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1107

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains siswa sekolah dasar pada kasus pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi (1) problem definition, (2) sample selection, (3) design of measurements & instruments, (4) collect the data, (5) analyse the data, (6) report the results. Populasi penelitian adalah siswa sekolah dasar di kabupaten Malang. Sampel penelitian ini sebanyak 336 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 sekolah dasar. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa sekolah dasar pada kategori cukup sampai baik. Namun, secara analisis tiap indikator siswa sekolah dasar dari kelas 1 sampai kelas 6 menunjukkan bahwa pada domain sikap (1) tertarik pada sains dan (2) kesadaran lingkungan dan domain pengetahuan menjelaskan fenomena secara ilmiah masih menunjukkan kecenderungan pada kategori cukup.
Endang Sulistyowati
Jurnal Educatio FKIP UNMA, Volume 7, pp 559-566; https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1144

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui Grammarly checker pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 berjumlah 35 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian tindakan kelas kolaboratif, dimana peneliti sebagai guru Bahasa Inggris di Kelas XI MIPA 4 berkolaborasi dengan guru Bahasa Inggris yang juga mengajar di SMA Negeri 1 Jalaksana sebagai pengamat dan kolaborator. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus dilakukan dengan mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaa, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, catatan lapangan, angket, dan tes. Peneliti kemudian menganalisis data, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Peneliti melakukan pre-test pada siklus 1, tes pada siklus 1 dan 2 untuk mengukur keterampilan menulis siswa terutama dalam menulis teks eksposisi analitis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa setelah menerapkan alat Grammarly di kelas. Pada akhir setiap periode, sebagian besar siswa memperoleh nilai yang memuaskan seteah menggunakan alat Grammarly. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil skor siswa dalam tes tertulis dari setiap siklus. Pada pre-test, nilai rata-rata siswa adalah 66.43. kemudian, setelah menerapkan alat Grammarly, nilai rata-rata siswa pada post-test 1 adalah 72,00 dan post-test 2 adalah 80,74. Berdasarkan data di atas, pencapaian keterampilan menulis siswa pada post-test 2 telah mencapai target penelitian tindakan kelas. Dari hasil nilai rata-rata siswa bisa dilihat bahwa Grammarly dapat memberikan efek positif terhadap keterampilan menulis siswa.
Back to Top Top