Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI

Journal Information
ISSN : 2550-0198
Published by: LPPM Universitas Muhammadiyah Riau (10.37859)
Total articles ≅ 263
Filter:

Latest articles in this journal

Trisiwi Naning, Tri Siwi Kusumaningrum, Maswarni Maswarni, Yeni Yarnita, Chairil Chairil, Wiwik Norlita, Juli Widiyanto, Isnaniar Isnaniar, Pratiwi Gasril
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 209-212; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3615

Abstract:
Prevalensi DM di dunia semakin hari semakin meningkat. Pada tahun 2013 sebesar 8,4% dari populasi penduduk yang ada di dunia. Pertumbuhan DM di Indonesia pada tahun 2.000 diprediksi sebesar 15,2% atau 8.426.000 orang dan diperkirakanakan meningkat menjadi 21.257.000 orang di tahun 2030. Berbagai cara  dilakukan untuk mencegah atau mengobati diabetes ini salah satunya dengan cara  melakukan senam kaki diabetes. Senam kaki merupakan senam yang bisa membantu sirkulasi darah dan otot-otot kecil dikaki, serta  dapat mengontrol gula darah. Puskesmas Payung Sekaki memiliki program senam Prolanis untuk penderita hipertensi dan diabetes.  Permasalahan    yang dialami oleh sasaran adalah tidak tahu manfaat dan cara senam kaki diabetes Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan  untuk meningkatkan pengetahuan dan  ketrampilan latihan senam kaki diabetes.  Metode PKM  ini  dengan menggunakan ceramah dan demonstrasi tentang senam kaki diabetes secara offline menggunakan protokol kesehatan.  Hasil kegiatan PKM menunjukkan  peningkatan pengetahuan dan katrampilan  peserta PKM  tentang  manfaat dan gerakan senam kaki diabetes.  
M Tazri, Dymas Putra Anjasmara, Muhammad Fadhil Andika Putra
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 71-76; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3222

Abstract:
Lajunya percepatan dan perkembangan teknologi informasi dan Internet, secara tidak langsung membuat bidang pendidikan pun ikut mengalami perkembangan. Terutama metode pembelajaran yang dilakukan secara online yang biasa disebut dengan e-learning atau daring. Salah satunya dengan pemanfaatan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. Dalam pemanfaatan aplikasi Google Classroom dan Google Meet menjadikan pembelajaran lebih efesien dan efektif dikarenakan siswa dan pengajar dapat setiap saat berinteraksi secara online di aplikasi Google Classroom dan Google Meet tersebut, dimana siswa dapat belajar, berdiskusi, mengunduh materi, dan mengirim tugas dari jarak jauh. Oleh karenanya tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat kelompok 10 Tarai Bangun ini untuk memberikan edukasi mengenai pembelajaran dan serta workshop tentang implementasi dan optimalisasi pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom dan Google Meet di SMPN 8 Tambang. Diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu guru dan siswa dalam belajar mengajar menggunakan media aplikasi Google Classroom dan Google Meet.
Wilda Mahmudah
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 124-129; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3392

Abstract:
Matematika merupakan ilmu dasar ilmu pengetahuan yang penerapannya banyak ditemui dalam kehidupan. Matematika berperan dalam mengasah pola pikir dan daya nalar. Oleh karena itu matematika harus diajarkan dan dikuasai anak sejak dini, mulai tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Namun berdasar hasil survey PISA, pembelajaran matematika di Indonesia belum terlaksana dengan baik. Salah satu faktor penyebabnya adalah adanya kesalahan konsep. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan kegiatan pendampingan pembelajaran matematika  dengan tujuan untuk mengatasi kesalahan konsep siswa. Kegiatan pendampingan dilaksanakan di UPT SDN 36 Gresik dengan sasaran guru dan siswa. Pendampingan dilakukan dengan pendekatan pembinaan literasi numerasi siswa, pembinaan guru terkait pentingnya pemahaman konsep sekaligus diskusi untuk mengatasi kesalahan konsep yang ditemukan pada siswa dan juga permasalahan yang dihadapi guru ketika pembelajaran matematika, danmemfasilitasi konsultasi secara berkesinambungan terkait materi maupun pembelajarannya. Kegiatan dilakukan pada bulan Oktober 2021 sampai Januari 2022. Beberapa kesalahan konsep yang ditemui dan dibenahi ketika pendampingan adalah konsep operasi bilangan, KPK dan FPB, bangun datar, dan bangun ruang. Dari kegiatan pendampingan diketahui bahwa salah satu penyebab terjadinya kesalahan konsep adalah karena kurangnya alat peraga atau media pembelajaran yang digunakan. Kegiatan pengabdian dosen dengan tema pendampingan pembelajaran matematika ini mendapat respon positif dari bapak ibu guru dan siswa.
Norra Isnasia Rahayu, Mukhlis Candra, Popi Saputra Zalukhu
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 180-186; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3207

Abstract:
          Sampah merupakan permasalahan yang sering ditemui di masyarakat baik di perkotaan dan pedesaan. Hal ini menyebabkan adanya dampak negatif bagi masyarakat seperti banjir, lingkungan yang tidak sehat dan sebagainya. Salah satu daerah yang mempunyai permasalahan sampah adalah di jalan kutilang sakti rt 02 rw 02 kelurahan simpang baru, dimana pada daerah ini banyak sekali ditemukan sampah yang berserakan dan tidak diolah dengan baik. Dengan demikian, masyarakat perlu diberikan pelatihan dan pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, salah satunya dijadikan sebagai pupuk, yaitu pupuk kompos dari limbah dapur yang berguna bagi tanaman dan tumbuhan. Artikel ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada masyarakat dalam memanfaatkan limbah dapur agar dapat di olah menjadi pupuk organik dan mengurangi ketergantungan masyarakat dalam pemakaian pupuk non organik. Tahapan yang dilakukan berupa sosialisasi kepada masyarakat mengenai klasifikasi sampah dan keuntugan dari pupuk organik. Selanjutnya dilakukan pelatihan pembuatan pupuk kompos dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Dari hasil pelatihan ini banyak masyarakat yang mulai tertarik dan mulai membuat pupuk organik ini.
Chairil Chairil, Roma Della
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 194-198; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3664

Abstract:
One of the many health problems experienced by the elderly is the cardiovascular system, namely an increase in blood pressure. The 2013 Riskesdas report shows that the prevalence of hypertension in adults in Riau Province is 20.9%, in Pekanbaru City is 18.1%, and The prevalence of hypertension tends to increase with age. For this reason, this service aims to provide an alternative for hypertension sufferers by doing a foot soak using warm water, the method is carried out by measuring the blood pressure of patients next compared to after soaking in warm water with a total of 23 male-19 and female patients 4 results From research and implementation, it is stated that there is a hydrotherapy mechanism that can reduce blood pressure in people with hypertension. Soaking the feet with hot water can heat the whole body, increasing blood circulation to the top and suppressing circulation. Scientifically, warm water has a physiological impact on the body. in the blood vessels where warm water makes blood circulation smooth
Rahmadini Syafri, Prasetya, Jufrizal Syahri, Rahmiwati Hilma, Hasmalina Nasution, Sri Hilma Siregar, Fitra Perdana
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 135-140; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3669

Abstract:
Kabupaten Rokan Hilir dikenal dengan kekayaan ragam budaya dan objek pariwisatannya. Salah satu tradisi turun temurun yang kini menjadi primadona wisata Rokan Hilir adalah ritual Upacara Bakar Tongkang yang kini menjadi agenda wisata tahunan Kabupaten Rokan Hilir. Sejak masa pandemi COVID-19 event tahunan ini terkendala pelaksanaannya mengingat akan mengundang banyak turis hadir dan kerumunan massa. Situasi ini memberikan dampak yang signifikan terhadap tatanan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat global, termasuk masyarakat di Desa Rantau Kopar, Kab. Rokan Hilir.Pada kegiatan ini dilakukan pemberdayaan ekonomi berupa penyuluhan dan pelatihan bagi Ibu-ibu Dasawisma Rantau Kopar untuk memproduksi sendiri produk sabun untuk penerapan protokol kesehatan dan peningkatan pendapatan. Kegiatan ini dilakukan secara offline/luring dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan terlaksana dengan baik, terlihat dengan antusias peserta akan materi-materi pelatihan, jumlah peserta yang tidak berubah dari awal kegiatan sampai selesai. Dari kegiatan ini dihasilkan produk sabun “SaMaKiRi” yang diproduksi oleh peserta pelatihan dan Tim dari Prodi Kimia UMRI. Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan dan menjadi solusi untuk peningkatan ekonomi kreatif di Desa Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir.
Tsania Maulida, Yuni Shara, Cici Ayu Wandira, Ayu Tifany Putri
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 168-172; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3333

Abstract:
Penelitian ini membahas tentang labu kuning untuk sebagai tambahan pada donat yang merupakan kue tradisional  Donat biasanya menggunakan kentang tetapi di inovasikan dengan labu kuning yang mempunyai banyak kandungan gizi, salah satunya yakni memiliki protein dan karbohidrat yang sangat tinggi, dan banyak memiliki zat yang baik untuk sehingga dapat dikomsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu labu kuning juga mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan resep donat labu kuning dan bagaimana daya terima konsumen terhadap donat labu kuning. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan dan sharing. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan formulasi resep yang sesuai untuk donat labu kuning menggunakan bahan tepung terigu sebagai dasar adonan yaitu 300 gr tepung terigu, 300 gr labu kuning, 60 gr mentega, 2 butir telur, 25 gr susu bubuk, 100 gr gula pasir, 11 gr pengembang, 100 ml air. Manfaat kesehatan dari donat labu kuning yaitu dapat mencegah kanker dan memelihara kesehatan jantung dibandingkan dengan kentang. Maka donat labu kuning dapat diterima konsumen untuk dikonsumsi.Kata kunci : Donat Labu Kuning, Inovasi Produk & Kreatifitas
Duwi Riningsih
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 117-123; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3531

Abstract:
Penentuan harga pokok produksi sangat penting, karena semakin meningkatkan persaingan yang terjadi antar perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang cukup bersaing. Penelitian ini dilakukan pada Usaha Cetak Batako “Bangun Berkah” yaitu perusahaan yang memproduksi Batako. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana perhitungan harga pokok produksi batako dengan metode Full Costing. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu berupa analisis dan data biaya produksi, sumber data yaitu data primer hasil wawancara yang dilakukan kepada pemilik perusahaan dan observasi, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perhitungan harga pokok produksi sebagai dasar penetapan harga jual bangun Berkah masih belum tepat karena terdapat beberapa unsur biaya yang belum dimasukan untuk menyusun biaya produksi. Kata kunci: Harga Pokok Produksi, Full Costing.
Ilham Hudi, Dresta Daryanti, Friska Andriani, Tenni Suprapti, Algi
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 61-65; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3208

Abstract:
Program kerja Pelatihan dan Pembuatan Jamu Herbal oleh KKN UMRI kepada Masyarakat Desa Koto Benai, Kecamatan Benai dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal yang ada di sekitaran rumah warga atau biasa disebut sebagai “toga”. Hal ini dilakukan guna untuk menyampaikan sosialisasi bagaimana cara pembuatan jamu herbal kepada Warga desa Koto benai tersebut. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga setempat, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga imun. mayoritas warganya juga petani, jadi tanaman-tanaman herbal pun tidak susah di cari. Bahan utama dari pembuatan jamu yaitu seperti Kunyit, Jahe, Kencur, dan Temulawak. Tujuan diadakan Kegiatan ini yaitu untuk memberikan pemahaman dan ide usaha kepada masyarakat sebagai salah satu pekerjaan sampingan, sekaligus menjelaskan segala fungsi dari tanaman-tanaman herbal yang mereka tanam di halaman rumah warga. Hasil dari kegiatan ini juga yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat desa koto benai dalam proses pembuatan jamu herbal yang bahan-bahannya sendiri ada dilingkungan sekitarnya.
Sudarmiatin Sudarmiatin, Rayie Tariaranie Wiguna, Adelia Shabrina Prameka
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, Volume 6, pp 37-43; https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3074

Abstract:
Dau District is one of the sub-districts in Malang Regency, East Java which is famous for its citrus picking agro-tourism. However, not all villages in the Dau sub-district have orange gardens because only certain villages have citrus gardens. The abundance of oranges in Dau sub-district so far has only been sold directly in the form of citrus fruits and orange picking tours. So that the selling value of citrus fruits is still not maximized. Although Sumbersekar village is one of the villages in Dau sub-district, this village does not have citrus picking agro-tourism. For this reason, the people of Sumbersekar village can take advantage of the opportunity to become industrial entrepreneurs making processed citrus products. The purpose of the activity is to provide training to make citrus processed foods in order to create new entrepreneurs in Sumbersekar village. The target of the activity is PKK members who have a great desire to become new entrepreneurs in citrus production. The results of the activities showed a significant increase between before participating in the training and after participating in the training. Keywords: community capacity, processed citrus products
Back to Top Top