Jurnal Porkes

Journal Information
ISSN / EISSN : 2614-8781 / 2614-8781
Current Publisher: Universitas Hamzanwadi (10.29408)
Total articles ≅ 34
Filter:

Latest articles in this journal

Jumesam Jumesam, Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Penjaskesrek, Nopi Hariadi
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 119-126; doi:10.29408/porkes.v3i2.2638

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan model pembelajaran motorik Penjasorkes, (2) Mengetahui hasil pembelajaran motorik, dan (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran motorik dengan menggunakan pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D). Model pengembangan meliputi (1) Tahap studi pendahuluan, (2) Tahap penyusunan draft produk dan (3) Tahap pengembangan dan evaluasi. Tahap pengembangan dan evaluasi berupa uji validitas pakar, uji coba terbatas dan uji coba luas. Subjek uji coba penelitian dan pengembangan ini adalah 1 pakar pembelajaran, 1 guru Penjasorkes dan 48 peserta didik (dari 2 kelas) yaitu kelas I, dan II untuk uji coba terbatas serta 1 guru Penjasorkes dan 76 peserta didik (dari 3 kelas) yaitu kelas I, II dan III untuk uji coba luas. Observasi, wawancara dan angket digunakan untuk mengumpulkan data pada langkah uji coba. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengevaluasi model pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain. Pre-test dan post-test diberikan pada uji coba luas untuk mengetahui kemampuan sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan bermain terdiri atas motivation, ask, hypothesis, investigate, create, discuss dan reflect. Skor validasi dari uji pakar adalah 4,3 dari nilai maksimum 5, yang berarti bahwa model ini masuk dalam kategori bagus. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan nilai sebesar 45,4 yaitu dari 25,3 menjadi 70,7. Respon peserta didik mengenai pembelajaran motorik dengan pendekatan bermain ini menunjukkan bahwa motivasi belajar Penjasorkes, kebebasan mengeluarkan pendapat, peran aktif peserta didik, kerjasama serta kemampuan menyelidiki dan memahami materi adalah tinggi/positif.
Achmad Afandi, Kesehatan Program Studi Pendidikan Jasmani, Muhammad Faisal
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 142-148; doi:10.29408/porkes.v3i2.3005

Abstract:
Yang melatarbelakangi adalah banyaknya siswa yang belum dapat melakukan teknik juggling bola saat bermain futsal di SMP NEGERI 2 Wagir. Tujuan penelitian untuk meningkatkan teknik Juggling dengan media alat bantu pada permainan futsal. Solusi untuk memperbaiki juggling pada olahraga futsal adalah dengan menggunakan sebuah media yaitu media alat bantu agar kuaitas dan setuhan juggling futsal menjadi baik. Metodenya ialah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Prosedur pelaksanaanya melalui 4 tahapan dimulai dulu dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Maka dari itu dalam proses pelaksanaanya guru dan murid saling berkerjasama untuk memecahkan masalah yang di hadapi dlam meningkatkan kualitas juggling bola futsal. Dari siklus I menuju ke siklus II setelah di lakukan perhitungan maka diperoleh hasil peningkatan dengan nilai klasikal sebesar 23,20%, sedangkan hasil keseluruhan penjumlahan efektifitas dengan nilai klasikal sebesar 86,38%. Hasil perhitungan yang menjadi acuan tindakan dinyatakan efektif dengan mengalami peningkatan sebesar 50%. Dengan hasil penjumlahan efektifitas nilai klasikal sebesar 86,38%, dapat dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan juggling olaharaga futsal pada siswa di SMP NEGERI 2 Wagir.
Hegen Dadang Prayoga, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, Ari Tri Fitrianto, Muhammad Habibie
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 149-158; doi:10.29408/porkes.v3i2.2985

Maftukin Hudah, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Univeritas Pgri Semarang, Fajar Ari Widiyatmoko, Galih Dwi Pradipta, Osa Maliki
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 93-102; doi:10.29408/porkes.v3i2.2904

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 di tinjau dari penggunaan media aplikasi pembelajaran dan usia guru di Kab. Demak. Desain penelitian ini adalah ex-post facto (kausal komparatif) untuk melihat bagaimana media dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan jasamani di masa pendemi Covid-19. Intrument penelitian menggunakan angket daring dengan beberapa pertanyaan, mulai dari data diri guru meliputi nama, jenis kelamin, jenjang sekolah, media yang digunakan, kendala atau hambatan yang dialami serta kesan dan persepsi terhadap pembelajaran daring. Sampel dalam penelitian ini adalah guru penjas dari jenjang sekolah dasar sampai menengah. Hasil penelitian presentase 20.0% sedangkan usia 40 Tahun ke atas 23.0%. Beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran daring, antara lain: whatsapp, facebook, telegram, google classroom, dan google formulir. Berdasarkan paparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa guru di Kabupaten Demak dalam proses pembelajaran daring selama covid-19 berdasarakan penggunaan aplikasi media dan usia terdapat pada guru sekolah dasar pengunaan aplikasi Whatsapp Guru SD uisa 20-40 tahun presentase 35.0% sedangkan usia 40 Tahun ke atas 39.0%. Aplikasi whatsaap di anggap paling mudah untuk proses pembelajaran yang langsung bisa di akses dan mudah.
Arnaz Anggoro Saputro, Stkip Pgri Jombang, Yudi Dwi Saputra, Guntum Budi Prasetyo
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 81-92; doi:10.29408/porkes.v3i2.2865

Abstract:
Virus Corona merupakan jenis virus baru yang kini tengah menggemparkan dunia karena telah menginfeksi ribuan juta manusia di dunia dalam waktu yang singkat. Mengantisipasi penyebaran dan peningkatan jumlah penderita maka penerapan protokol kesehatan perlu dilakukan oleh masyarakat. Beberapa protokol kesehatan pada masa pandemi Corona adalah memakai masker, menerapkan social distancing atau jarak fisik, menjaga kebersihan tangan dan menerapkan etika batuk dan bersin. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan pada saat terjadinya pandemi virus Corona. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional dan studi observasional. Sedangkan proses pengumpulan datanya dilakukan melalui google survey dan whatsapp dengan jumlah sampel 130 peserta. Berdasarkan data yang diperoleh, sebagian besar masyarakat telah menerapkan beberapa protokol kesehatan seperti memakai masker, menerapkan social distancing atau physical distancing serta menerapkan etika batuk dan bersin dengan baik. Namun penerapan protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan tangan belum terlaksana dengan baik. 52,3 persen dan 56,9 persen partisipan tidak mencuci tangan sebelum makan dan tidak membawa hand sanitizer saat bepergian sebagai bentuk perlindungan diri.
Shandy Pieter Pelamonia, Fakultas Pedagogi Dan Psikologi Pendidikan Jasmani, Andre Putra Hutapea
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 103-109; doi:10.29408/porkes.v3i2.2962

Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi karena tim SSB Putra Jambangan memiliki Kemampuan passing tidak bagus dan tidak terarah. Rumusan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh latihan Passing 5, 10, 15 meter terhadap ketepatan passing sepakbola pada siswa SSB Putra Jambangan Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing 5, 10, 15 meter terhadap kemampuan ketepatan passing bola pada permainan sepakbola SSB Putra Jambangan Surabaya. Subjek penelitian adalah siswa SSB Putra Jambangan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain “The One Group Pretest, Posttest Design”. Instrument yang digunakan yaitu menendang bola dan memantulkan ke dinding sebagai sasaran selama 39 detik. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Latihan passing 5, 10, 15 meter terhadap ketepatan passing sepakbola pada siswa SSB Putra Jambangan Surabaya, dengan nilai thitung 19,186 >besat ttabel 2,074, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Galih Baskara, Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Penjaskesrek, Muhammad Husni Tamim, Rina Nopiana
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 127-133; doi:10.29408/porkes.v3i2.2309

Abstract:
Status hidrasi yang baik dapat dicapai at­let dengan mengkonsumsi cairan yang cukup sebelum, selama dan setelah latihan. Pemberi­an cairan selama masa latihan dan pertandin­gan sangat penting untuk mempertahankan status hidrasi atau menjaga keseimbangan air dan elektrolit. penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh tingkat hidrasi dengan volume latihan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif, teknik sampeling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampeling jenuh dengan sampel penelitian berjumlah 13 atlet dan penelitian ini dilakukan di padepokan perguruan silat Macan Lemuring. teknik sampeling jenuh adalah penentuan teknik sampeling bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, dalam penelitian ini sampel yang diteliti berjumlah 13 atlet pencak silat, desain penelitian dalam penelitian adalah dengan mengambil data dari atlet yakni dengan mengambil data warna urine, kemudian dilakukan pengambilan data tingkat Vo2max dengan menghitung detak jantung atlet. Hasil penelitian bahwa atlet yang memiliki status hidrasi baik sebanyak 8 orang (62%) dari jumlah sampel, sedangkan jumlah atlet yang memiliki status hidrasi sedang sebanyak 5 orang (38%) dari sampel, dan tidak ditemukan atlet yang mengalami dehidrasi, atlet yang memiliki volume latihan tinggi sebanyak 9 atlet dari 13 atlet (69%) dari sampel, sedangkan atlet yang memiliki volume latihan menengah sebanyak 4 atlet dari 13 (31%), dan atlet yang memiliki volume latihan rendah dan kurang tidak ada,dan pengujian melalaui uji statistik, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat hidrasi dengan volume latihan atlet, nilai sign sebesar 0,000 lebih kecil dari proabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat “pengaruh antara tingkat hidrasi dengan volume latihan”.
Hariadi Hariadi, Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi, Lalu Erpan Suryadi, Abdul Aziz Madani
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 134-141; doi:10.29408/porkes.v3i2.2618

Delvi Kristanti Liloi, Yuniva Yasin
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 71-80; doi:10.29408/porkes.v3i2.2907

Abstract:
The problem in this study is how the profile of traditional Sanjasio sports in Sindue District. The purpose of this study was to determine the profile of traditional Sanjasio sports in Sindue District. Sources of data in this study are data from interviews and written data. Data collection techniques used are direct observation of the object of research (observation), interview (interview), and (documentation). To analyze the data, the authors used several methods including: (1) data reduction. (2) presentation of data, and (3) verification of data or drawing conclusions. The results of this study indicate that the traditional sport of Sanjasio was created based on the history of the resistance of the Kaili Njedu tribe on the edge of the Sindue Beach against the Balangingi army (pirates). The traditional sport of Sanjasio is a form of sport in the past by the Kaili Njedu tribe when the harvest has arrived known as Kailinya Novonju (tradition before harvest) or Nomparoya (tradition after harvest). There are 18 Sanjasio players, each team consisting of 9 players, and 5 referees, 2 music players, namely Gendang and Lalove players, before the game starts there is a traditional Kaili singing as well as a warm-up, the game duration is 15 minutes, whether a game is won or not is determined by the number of stones that are added to the points box.
Muhammad Erfan, Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Published: 30 December 2020
Jurnal Porkes, Volume 3, pp 110-118; doi:10.29408/porkes.v3i2.2968

Abstract:
Salah satu cabang olahraga yang paling terkenal di dunia adalah permainan sepak bola hal ini tidak dapat dipungkiri di Indonesia oleh ini sangat banyak peminatnya. Lemparan kedalam merupakan salah satu tehnik yang harus dikuasai dengan baik oleh seorang pemain sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Latihan Plyometrik (Pullover Toss) Terhadap Hasil Lempara Kedalam (throw in) Dalam Permainan Sepak Bola Pada Klub Pelor Mas Sekotong’’. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Metode Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttes Design. Penentuan sampel menggunakan tehnik sampling jenuh (studi populasi) jumlah sampel sebanyak 17 orang. sedangkan analisis data menggunakan analisis data statistik dengan rumusan t-test. Berdasarkan pada analisa data untuk menjawab hipotesis penelitian yang diajukan, diperoleh nilai “t” hitung sebesar 4,608 maka berdasarkan taraf signifikan 5% dan df N-1 (17-1) = 16, ternyata batas penolakan hipotesisnya nol yang dinyatakan dalam tabel adalah 2,120 sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan plyometrik (pullover toss) terhadap hasil lemparan kedalam (throw in) dalam permainan sepak bola pada klub Pelor Mas sekotong.
Back to Top Top