Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Journal Information
ISSN / EISSN : 2716-3377 / 2721-9364
Published by: IAIN Syekh Nurjati Cirebon (10.24235)
Total articles ≅ 50
Filter:

Latest articles in this journal

Imaniar Resha Erfana, Khomarudin Kamsina
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 91-102; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8017

Abstract:
Pandemi ini memberikan banyak dampak bagi kehidupan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya dan bahkan psikologis masyarakat. Kegiatan pengabdian dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan pola hidup sehat dan cinta lingkungan di masa pandemi Covid-19 dalam mendukung pencapaian kehidupan yang baik dan harmonis. Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan pengabdian ketika Kuliah Kerja Nyata di Desa Klayan Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil wawancara menunjukan, kesehatan dan kecintaan terhadap lingkungan dapat saling berkaitan. Dimana kesehatan tidak hanya meliputi jasmani, tetapi juga rohani yang akhirnya hal tersebut bisa mendorong untuk mencintai lingkungan baik lingkungan alam maupun sosial budaya. Menumbuhkan untuk hidup sehat dengan kegiatan; (1) Membiasakan berolahraga; (2) Membuat makanan sehat yang kreatif; (3) Memberikan edukasi; (4) Mengatur pola hidup. Adapun kegiatan untuk menumbuhkan cinta lingkungan adalah; (1) Melestarikan lingkungan alam dengan penghijauan; (2) Melestarikan kebudayaan daerah; (3) Membiasakan anak - anak untuk berkreasi dengan lingkungan; (4) Membiasakan bersosialisasi dengan masyarakat.
Mohamad Ghozali
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 65-76; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8566

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganilis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Margin terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah di BJB Syariah KCP Arjawinangun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh nasabah pembiayaan murabahah di BJB Syariah KCP Arjawinangun yang berjumlah 400 orang. Teknik pengambilan sample menggunakan accidental sampling sebanyak 80 orang untuk semua populasi yang ada. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis berupa uji t, uji f dan uji koefisien determinasi, dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan alat bantu berupa SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah sebesar 85,5%, terdapat pengaruh positif namun kurang signifikan antara Kualitas Produk terhadap Minat Nasabah sebesar 1,3%, dan secara parsial tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan antara Margin terhadap Minat Nasabah sebesar -3,9%. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Margin terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Murabahah sebesar 82,9%.
Taqiyuddin Taqiyuddin
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 44-54; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8385

Abstract:
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberdayakan masyarakat melalui pembinaan dan pendampingan anak-anak sekolah di desa Astapada. Dalam melakukan pendampingan pembelajaran dari rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, penulis menggunakan metode Belajar Bersama di rumah belajar, yaitu pembelajaran dengan berkelompok anak. Metode ini dipilih karena dengan melakukan kegiatan belajar bersama anak lebih mudah memahami apa yang akan dilakukan untuk tugasnya bersama dengan teman-temannya. Dalam melakukan evaluasi hasil dari pendampingan pembelajaran, penulis menggunakan metode observasi atau wawancara langsung denban masyarakat terutama anak-anak usia sekoilah yang mengikuti belajar bersama di rumah belajar. Berdasarkan Hasil dari pengabdian dalam bidang pendidikan adalah 1) Mendapatkan banyak dukungan dari warga maupun pihak desa tentang adanya pengadaan sarana belajar selama pandemi ini. 2) Banyak anak-anak yang menghabiskan waktunya untuk belajar bersama dibandingkan dengan bermain, 3) Anak-anak dapat mengelola barang bekas seperti plastik menjadi bahan yang lebih bermanfaat. 4) Anak-anak dapat menambah rasa percaya diri dengan berani menceritakan pengalamannya di depan teman-temannya.
Ana Humardhiana, Rani Ika Wijayanti, Mochamad Syaefudin, Abdu Zikrillah
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 77-90; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8605

Abstract:
Terlahir ketika internet sudah tersedia, generasi Z adalah generasi yang terhubung secara global dan berjejaring di dunia virtual. Hal ini membuat mereka rentan terhadap kejahatan cyber, baik sebagai pelaku maupun korban dan tidak menampik kemungkinan juga jika mereka berperan besar dalam surplus sampah informasi. Tulisan ini berupaya untuk menjabarkan pelatihan yang dilakukan oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam rangka menangani hal tersebut. Peserta dari pelatihan ini adalah santri Madrasah Aliyah Bina Cendekia Cirebon, yang merupakan bagian dari generasi Z. Dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning, pelatihan ini disampaikan dalam bentuk 3 kegiatan, yaitu pelatihan infografis, pelatihan pembuatan konten vlog dan kanal YouTube, dan pelatihan food photography. Hasil pelatihan ini adalah santri Madrasah Aliyah Bina Cendekia Cirebon dapat memanfaatkan teknologi informasi secara kreatif dengan menciptakan infografis dan konten vlog yang dapat menambah ilmu pengetahuan, serta foto makanan yang bernilai seni. Hal ini sejalan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang beradab, yang menjauhkan mereka dari kejahatan cyber dan tidak memunculkan sampah informasi.
Endry Septiadi, Iis Inayati Rakhmat, Dewi Ratih Handayani, Dinar Mutiara, Jihan Amalia, Siska Telly Pratiwi, Rini Roslaeni, Andri Andrian Rusman, Muhammad Akmal Rais, Nur Muhamad Rohman, et al.
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 55-64; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.7619

Abstract:
Kejadian COVID-19 di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Pemberian vitamin C dan zinc pada dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam pencegahan COVID-19 terhadap dokter muda yang masuk dalam kelompok beresiko tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pencegahan yang dilakukan untuk menekan angka kejadian COVID-19. Kegiatan diawali dengan pembagian kuesioner kriteria COVID-19 dari Kemenkes RI, dilanjutkan dengan pemeriksaan serologis Anti SARS-CoV-2 untuk mengetahui status COVID-19 dari dokter muda. Sebanyak 47 dokter muda yang terdiri dari 32 perempuan dan 15 laki-laki berusia rata-rata 22 tahun, memiliki status kontak erat berdasarkan kuesioner, dan empat diantaranya (8,51%) dokter muda memiliki hasil reaktif. Hasil Anti SARS-CoV-2 pada kegiatan ini bukan sebagai diagnosis pasti, sehingga untuk hasil reaktif diperlukan pemeriksaan ulang dengan Swab-PCR, melakukan physical distancing serta perilaku hidup bersih dan sehat.
Ramlah Puji Astuti, Moh Yudi Mahadianto, Ryana Noer Kholiazmi
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 113-122; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.7212

Abstract:
Kegiatan program kreativitas mahasiswa ini memfokuskan pada pendampingan untuk pengurus International Council for Small Business (ICSB) dalam pelatihan membuat laporan keuangan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta peningkatan kepatuhan pelaporan perpajakan bagi UMKM. Metode yang dilakukan dalam pendampingan adalah metode pendampingan secara daring yang melibatkan pengurus ICSB. Tahap awal dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada pengurus ICSB mengenai pelpaoran keuangan dan pelaporan pajak. Terakhir pengurus ICSB diberikan pendampingan dalam melakukan pelatihan kepada UMKM mengenai pelaporan keuangan dan pelaporan pajak. Hasil kegiatan pendampingan ini terlihat adanya peran aktif dari pengurus ICSB untuk melakukan pendampingan kepada UMKM dalam penyusunan laporan keuangan dan pelaporan pajak. Hasil pendampingan dari pegurus ICSB kepada UMKM dapat terlihat dari pelaku UMKM sudah mulai membuat catatan aktivitas keuangan selama beberapa minggu terakhir serta adanya peningkatan kepatuhan pajak dari UMKM seperti kemauan untuk membuat NPWP, membayar, dan melapor kan perpajakannya. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif sehingga dapat direkomendasikan untuk kegiatan pendampingan selanjutnya dengan fokus yang lain.
Nihda Meiftah Farhani
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 103-112; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8171

Abstract:
Sejak mewabahnya Covid-19 di Indonesia, Kegiatan Belajar Mengajar tak lagi dapat dilaksanakan secara tatap muka. Proses belajar dari rumah mulai dilaksanakan secara daring. Namun hal itu justru menimbulkan masalah baru yaitu ketidakefektifan selama pembelajaran. Sehinggan dilakukanlah Kuliah Kerja Nyata dalam rangka mengatasi masalah yang muncul tersebut. Kuliah Kerja Nyata dirancang secara daring dengan menyusun beberapa program kerja dalam tiga bidang yang salah satunya adalah pemanfaatan media sosial Whatsapp sebagai sarana penunjang pembelajaran daring. Hasilnya program tersebut terbukti membantu siswa dan orang tua siswa SDN 2 Babakancikao untuk beradaptasi terhadap pembelajaran daring dan Kegiatan Belajar Mengajar dapat berjalan secara lebih efektif.
Syaeful Bakhri, Oki Khairul Hikmah, Shofi Nurrohmah
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 29-43; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8345

Abstract:
Merujuk peranan sebuah Perguruan Tinggi yaitu bidang Pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, pemberdayaan tidak harus berkonotasi kerja monumental, namun kerja pendampingan dan pemberdayaan pada sektor usaha kecil dan menengah yang juga bisa dilakukan oleh kampus. Pola pemberdayaan ekonomi melalui usaha cibay sangat membantu sektor kerja informal, membuka lapangan kerja sekaligus usaha. Pola kerjasama dengan franchise bagi masyarakat yang memiliki modal usaha, atau cukup dengan bergabung menjadi reseller untuk yang minim modal. Pelaksanaan pendampingan dengan terlibat proses produksi, packing hingga prosess marketing didapatkan beberapa perbaikan dan usulan inovasi seperti packing menggunakan vacuum sealer sehingga menjadikan cibay lebih tahan lama hingga ke tangan konsumen. Perlu strategi pengembangan yang terus menerus dan marketing yang inovatif agar produk olahan ini dapat menjadi salah satu ikon makanan khas cirebon
Cucu Herawati, Iin Kristanti, Siti Rodatul Jannah
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 1-18; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.7858

Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen pada kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Di Kota Cirebon. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu petugas KTR dan masyarakat dengan teknik purposive sampling. Pengukuran validitas data menggunakan metode triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi data dan triangulasi metoda. Analisis data berupa situasi sosial yang terdiri atas Place, Actor an Activity (PAA), selanjutnya melakukan observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen kebijakan KTR masih belum sepenuhnya berhasil, sosialisasi telah dilakukan sejak adanya aturan KTR, petugas KTR sudah memasang tanda larangan merokok tapi belum ada tempat khusus untuk merokok. Kesiapan pelaksanaan belum sepenuhnya menunjukkan sikap mendukung terhadap kebijakan KTR, namum dalam pelaksanaanya masih banyak masyarakat dan petugas yang melanggar. Perlu dilakukan razia rutin terhadap lingkungan KTR dan ditingkatkan kembali proses pengawasan, pembinaan, komunikasi tentang pentingnya menerapkan kebijakan KTR.
Angga Syahputra, M Syafril Nasution, Ramadhan Razali, Trie Nadilla
Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, pp 19-28; https://doi.org/10.24235/dimasejati.v3i1.8093

Abstract:
Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi ekonomi syariah bagi siswa tingkat aliyah di Dayah Terpadu Al-Muslimun, Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Sosialisasi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah di masyarakat. Dari berbagai penelitian diketahui Muslim milenial berperan penting dalam perkembangan ekonomi syariah, untuk itu penting dilakukan sosialisasi guna meningkatkan literasi di kalangan Muslim milenial. Indonesia sendiri saat ini tengah gencar mengembangkan ekonomi syariah dengan berbagai gerakan yang dilakukan pemerintah, termasuk dengan dilakukannya merger Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah Tbk dan Bank BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini dengan melakukan sosialisasi secara face to face kepada siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun. Tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam – IAIN Lhokseumawe sukses melakukan sosialisasi ekonomi syariah kepada siswa aliyah Dayah Terpadu Al-Muslimun. Siswa tampak antusias selama sosialisasi berlangsung bahkan berkomitmen ingin menjadi bagian langsung dalam pengembangan ekonomi syariah Indonesia ke depannya.
Back to Top Top