Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business

Journal Information
ISSN / EISSN : 2686-262X / 2685-9300
Total articles ≅ 36
Filter:

Latest articles in this journal

Muhammad Arifullah Muhammad Arifullah
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 4, pp 1-9; https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.1883

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme restrukturisasi pada pembiayaan bermasalah yang difokuskan pada satu masalah yaitu bagaimana mekanisme bank dalam restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada masa pandemi covid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini terdiri dari satu informan dari Kantor Cabang Pembantu Bank Syariah Medan Sumatera Utara yaitu bagian Operasional Pembiayaan. Penelitian ini juga menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan.
Jibria Ratna Yasir, Ilham Ilham, Kalsum Padli
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 4, pp 23-36; https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2846

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh modal, digitalisasii informasi, dan kreativitas secara parsial terhadap daya saing UMKM; untuk mengetahui pengaruh modal, teknologi informasi, dan kreativitas secara simultan terhadap daya saing UMKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang disebar secara langsung kepada para pelaku usaha dengan populasi seluru pelaku usaha yang ada di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 57 sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan sofeware SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal secara parsial tidak berpengaruh terhadap daya saing usaha dengan nilai thitung -1,187 < ttabel 2,00575 dan nilai signifikansi 0,241 > 0,05; variabel digitalisasi informasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap daya saing usaha dengan nilai thitung 1,833 < ttabel 2,00575 dan nilai signifikansi 0,072 > 0,05; variabel kreativitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing usaha dengan nilai thitung 3,950 > ttabel 2,00575 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; dan variabel modal, digitalisasi informasi, dan kreativitas secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap daya saing dengan nila Fhitung 7.330 > Ftabel 2,78 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien determinasi (R2)sebesar 0,253
Kautsar Riza Salman, Mujahidin Mujahidin
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 4, pp 10-22; https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2033

Abstract:
This study aims to obtain empirical evidence regarding the effect of financial statement transparency, zakat management, and amil attitudes on the level of trust of muzakki. The population used in this study is the muzakki who pay zakat through an amil institution called the Yatim Mandiri Institution. The data analysis technique was used Partial Least Square with SmartPLS version 3. The results of this study found the effect of zakat management and amil attitudes on the level of trust of muzakki, while the transparency of financial statements was not empirically proven to affect the level of trust of muzakki. Trustworthy and professional management of zakat can increase effectiveness and efficiency as well as increase the benefits of zakat for the welfare of the community so that it has a significant impact on the level of trust of muzakki towards amil zakat institutions. The attitude of amil who is always responsive and serves the best and places a priority scale in the distribution of zakat funds has proven to have a significant impact in increasing muzakki's trust in the amil zakat institution.
Abdul Wahid Mongkito, Mahfudz Mahfudz, Nurhasana Nurhasana
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 4, pp 37-48; https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2852

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi baznas terhadap pemberdayaan ekonomi usaha mikro di Kelurahan Bende kota Kendari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di BAZNAS Kota Kendari dan pihak usaha mikro yang berada di Kelurahan Bende Kota Kendari. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa startegi yang di lakukan BAZNAS Kota Kendari sebagai upaya pemberdayaan ekonomi terhadap usaha mikro di Kelurahan Bende Kota Kendari yaitu dengan pengelolaan zakat secara produktif dengan adanya program bantuan ekonomi produktif yang diperuntukkan kepada usaha mikro dan adanya pembinaan dan supervisi kepada usaha mikro. Dampak dari pemberdayaan ekonomi yang di lakukan BAZNAS Kota Kendari berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan sebagian pelaku usaha mikro di kelurahan Bende Kota Kendari, Selain itu dengan pembinaan yang berkesinambungan para mustahiq ini mampu mengelola usahanya dengan professional sehingga mampu bertahan pada memburuknya kondisi ekonomi pasca pandemi covid 19.
Fazha Alfa Said Syah
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 4, pp 55-65; https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2133

Abstract:
The covid-19 pandemic has a significant impact on all aspects of human life, especially in the economic sector. In the banking sector, the existence of lockdown rules has preventedseveral business sectors from running, as a result it is difficult for business sectors that have loans from bank to repay loans. This study aims to fine out how toimplement financing restructuring during Covid-19 pandemic at PT. Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Pematang Siantar. This Type of research is a qualitative research based on a descriptive approach. Techniques in data collection based on observation, interview and documentation. The analysis result shows taht the implementation of the financing restructuring at PT. Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Pematang Siantar)
Nur Ariani Aqidah
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 4, pp 49-54; https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.2919

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian insentif pada kinerja karyawan. Selain itu, penelitian ini juga menguji pengaruh moderasi dari lama kerja. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu moderated regression analysis. Dimana metode ini adalah salah satu metode regresi linier berganda yang melihat interaksi antar dua variabel independent. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 50 orang karyawan Oppo di Kota Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian insentif berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan lama kerja tidak memoderasi pengaruh pemberian insentif pada kinerja karyawan.
Nurjannah Nurjannah, Wahyuddin Maguni
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 3, pp 49-63; https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i1.1920

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Suku Bunga, Dana Pihak Ketiga, dan Capital Adequacy Ratio terhadap Pembiaayan Murabahah di Bank Syariah khususnya pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk tahun 2012 sampai 2019 secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keungan Bank Muamalat. Sehingga sampel yang diambil adalah laporan keuangan triwulanan Bank Muamalat periode 2012-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis regresi linear berganda. Dengan patokan pengambilan keputusan adalah 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Suku Bunga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pembiayaan Murabahah, dilihat dari output olah data analisis regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,015. Selanjutnya dilakukan Uji Parsial (Uji t) diperoleh nilai statistik uji t sebesar 0,127 dengan nilai signifikan sebesar 0,900 yang dimana 0,900 lebih lemah dari 0,05. Variabel Dana Pihak Ketiga berpengaruh secara signifikan terhadap Pembiayaan Murabahah, dilihat dari output olah data analisis regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,763. Selanjutnya dilakukan uji persial yakni nilai statistik uji t sebesar 6,867 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang dimana 0,000 lebih kuat dari 0,05. Sedangkan pada variabel Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pembiayaan Murabahah, dilihat dari output olah data analisis regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,223. Selanjutnya dilakukan uji persial yakni nilai statistik uji t sebesar 1,898 dengan nilai signifikan 0,068 yang dimana 0,068 lebih lemah 0,05.
Zainuddin S, Sitti Anugrahwati S, Mujahidin Mujahidin
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 3, pp 64-78; https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i1.1980

Abstract:
Eksistensi Perkembangan koperasi simpan pinjam di kota palopo sebagai salah satu lembaga pembiayaan mikro bagi pelaku usaha kecil dan menengah sangat memberikan kontribusi kepada pertubuhan Ekonomi dengan menawarkan produk pembiayaan yang mengandung risiko pengembalian yang cukup besar sehingga di butuhkan kemampuan analisis penilaian terhadap calon Nasabah dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan pembiayaan yang akan disalurkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi analisis character, capacity, capital, collateral dan condition yang berkaitan dengan pencegahan atau meminimalisir resiko pembiayaan bermasalah dalam penilaian kelayakan pemberian pembiayaan pada koperasi simpan pinjam di Kota Palopo telah menerapkan prosedur penilaian syarat kelayakan calon nasabah. Namun demikian mash terdapat kelemahan dalam proses analisis calon Nasabah dikarenakan kurangnya kompetensi sumberdaya manusia dalam menawarkan produk pembiayaan dengan tingkat rosiko cukup besar,
Tikawati Tikawati, Norvadewi Norvadewi, Raihanah Raihanah
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 3, pp 23-35; https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i1.1809

Abstract:
Wanita awalnya hanya dikaitkan tentang urusan di dalam rumah dan tidak bisa mengeksplore dengan bebas tentang hal-hal yang berada di luar rumah. Namun kemajuan jaman telah mengubah banyak pandangan tentang wanita. Kemudian karena adanya perkembangan jaman dan emansipasi, kini wanita memperoleh hak yang sama dengan laki-laki. Salah satunya wanita memiliki kesempatan untuk dapat memberikan kontribusi mengenai pendapatan pada keluarganya melalui perannya dengan bekerja di ranah publik. Karna saat ini semakin banyak wanita yang ikut berperan dalam dunia kerja guna meningkatkan kesejahteraan keluarganya dari sisi pendapatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendapatan muslimah bekerja terhadap kesejahteraan ekonomi keluarga. Hasil penelitia n menunjukkan bahwa kesejahteraan ekonomi keluarga (Y) dipengaruhi oleh pendapatan muslimah yang bekerja (X) sebesar 72,7%, dan sisanya (27,3%), dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain di luar penelitian.
Sri Rahayuni Mrp
Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Volume 3, pp 14-22; https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i1.1848

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bank dalam mengatasi Non Performing Financing (NPF) yang difokuskan pada satu masalah yaitu bagaimana strategi bank dalam mengatasi Non Performing Financing (NPF). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari satu informan dari Kantor Cabang Pembantu Bank Syariah Medan Sumatera Utara yaitu bagian Operasional. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan.
Back to Top Top