Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)

Journal Information
ISSN / EISSN : 2715-9868 / 2715-9752
Current Publisher: Yayasan Riset dan Pengembangan Intelektual (10.37385)
Total articles ≅ 5
Filter:

Articles in this journal

Fadrul Fadrul , Mimelientesa Irman, Sarli Rahman, Astri Ayu Purwati
Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), Volume 1, pp 1-7; doi:10.37385/ceej.v1i1.41

Abstract:
Artikel ini membahas tentang kegiatan pelatihan penghitungan harga pokok produk (HPP) dengan metode job order costing pada WF Printing. Pelatihan ini dilakukan kepada karyawan WF Printing dengan sampel yang digunakan yaitu faktur berukuran ¼ folio dan 1/3 folio. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan usahanya WF Printing belum melakukan penghitungan HPP secara tepat, sehingga berdampak terhadap harga jual dan profit yang didapatkan. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini pemilik usaha dapat menerapkan dan melakukan penghitungan HPP secara tepat.
Astri Ayu Purwati , Febdwi Suryani, Muhammad Luthfi Hamzah
Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), Volume 1, pp 22-26; doi:10.37385/ceej.v1i1.40

Abstract:
Kelompok tani merupakan satu wadah bagi para anggotanya untuk melakukan gerakan bersama dalam usaha pertanian. Dalam pengelolaannya, KSU-KM sebagai wadah yang menaungi kelompok petani di Desa Mentulik, Kab. Kampar, Riau memerlukan suatu manajemen pengelolaan yang bagus demi menghasilkan suatu koperasi KSU-KM yang maju dan mampu mencapai visi dan misi bersama. Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di KSU-KM Desa Mentulik yang melibatkan seluruh pengurus Koperasi yang berjumlah 5 orang dimana dalam kegiatan ini tim pengabdian merancangkan sistem informasi berupa sistem pencatatan akuntansi. Sistem informasi tersebut dibuat dengan tujuan agar teknologi tersebut dapat membantu pengurus dalam mengelola kegiatan koperasi. pelatihan juga diberikan kepada sleuruh pengurus KSU-KM untuk memberikan pemahaman dan pengaplikasian sistem informasi tersebut. Melalui kegiatan ini, hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengurus telah memahami dengan sangat baik dan memperoleh manfaat dari sistem informasi tersebut yang mampu membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien. Keywords: Sistem Informasi, Sistem Pencatatan Akuntansi, SMS Gateway Website, Koperasi
Ranti Eka Putri , Rika Widya
Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), Volume 1, pp 8-13; doi:10.37385/ceej.v1i1.43

Abstract:
Penelitian ini membahas mengenai Sistem Pakar dengan metode Backward Chaining. Rancangan aplikasi dari Sistem Pakar itu sendiri dirancang dengan berbasis web, karena dengan aplikasi berbasis web dapat membantu proses penyebaran informasi dan pengetahuan dengan daerah penyebaran yang lebih luas. Vitamin merupakan nutrien organic yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimiawi dan yang umumnya tidak disintesis oleh tubuh. Vitamin mempunyai berbagai fungsi yang essensial dalam proses metabolisme tubuh yang normal. Kekurangan atau defisiensi terhadap vitamin dapat menjadi masalah bagi kesehatan manusia sehingga menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh. Untuk membantu orang-orang dalam mengetahui gejala-gejala defisiensi tiap-tiap vitamin pada tubuh yang dapat dilihat dan dirasakannya tanpa harus melakukan konsultasi ke ahli gizi atau dokter, maka perlulah di implementasikan sebuah sistem pakar untuk diagnosa defisiensi vitamin.
Hariman Syaleh
Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), Volume 1, pp 14-21; doi:10.37385/ceej.v1i1.42

Abstract:
Seiring berkembangnya teori dan metode dalam penyusunan karya ilmiah baik jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi, saat ini sudah banyak metode yang dapat digunakan dalam penyelesaian metode-metode tersebut yang sebelumnya diselesaikan dengan program microsoft excel dan statistik yang membutuhkan waktu yang sangat lama, dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa dan dosen dapat lebih mudah dalam menyelesaikan msalahnya baik dalam penulisan karya ilmiah, jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi. Pemahaman konsep akan tercapai bila mahasiswa dan dosen diberi kesempatan untuk memperaktekkan bagaimana cara mengolah data mentah dengan program Statistic Product and Service Solution (SPSS) serta bagaimana cara meng analisa hasil output berupa angka-angka dan juga grafik sehingga diperoleh kesimpulan yang baik dan dapat memberikan kebijakan dan masukan bagi tempat penelitian. Mahasiswa dan dosen masih mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian karya ilmiah baik jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi karena kurangnya pemahaman di bidang program SPSS ini. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka dilaksanakan sosialisasi serta pelatihan kepada mahasiswa dan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi yang tergabung dalam Yayasan Indonesia Raya. Selama kegiatan para mahasiswa dan dosen sangat tertarik dan antusias memahami dan memperaktekkan program SPSS ini sebagai solusi atas permasalahan dibidang karya ilmiah baik jurnal, skripsi, penelitian, tesis dan disertasi yang selama ini dialami.
Yanti Yusman , Salman Paris Harahap
Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), Volume 1, pp 27-29; doi:10.37385/ceej.v1i1.44

Abstract:
Alumni merupaka aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan sedini mungkin. Sehingga upaya peningkatan mutu tidak bisa dibebankan sepenuhnya pada sekolah, namun kerjasama dan sinergi yang harmonis antara alumni dengan sekolah, dan orang tua siswa akan memiliki dampak yang besar bagi pengembangan sekolah secara berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sehingga SMP PGRI 1 PADANG merancang suat sistem informasi berbasis website untuk mengelola data alumni dengan alat bantu uml (Unified Modeling Language ) untuk memindahkan konsep sistem yang dirancang ke dalam bentuk program. Adapun program yang dibuat mengunakan database MySQL yang dapat menampung jumlah data alumni yang setiap tahun semakin bertambah. Dan akan dikoordinir secara baik sehingga tidak akan ada tumpukan buku alumni dan memudahkan pekerjaan dalam melakukan pencarian data alumni sehingga membuat perkerjaan lebih efisiien.
Back to Top Top