Jurnal As-Salam

Journal Information
ISSN / EISSN : 25281402 / 25495593
Current Publisher: Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam (10.37249)
Total articles ≅ 16
Filter:

Latest articles in this journal

Jurnal As-Salam; doi:10.37249/jas

Abdul Jabar Idhaudin, Akhmad Alim, Abdul Hayyie Al Kattani
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 53-66; doi:10.37249/as-salam.v3i3.137

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Ali Umar
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 67-75; doi:10.37249/as-salam.v3i3.138

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Mochammad Jiva Agung Wicaksono
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 90-101; doi:10.37249/as-salam.v3i3.140

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Hilda Hakim, Nurul Qomariyah Ahmad, Ewis Niati Simahara
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 76-89; doi:10.37249/as-salam.v3i3.139

Abstract:
PISA menilai sejauh mana siswa yang duduk di akhir tahun pendidikan dasar (siswa berusia 15 tahun) telah menguasai pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk dapat berpartisipasi sebagai warga negara. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi siswa yang tidak terbiasa menghadapi soal berdasarkan komponen PISA di sekolah dapat mengakibatkan dampak psikologis berupa rasa cemas karena anggapan siswa bahwa soal berdasarkan komponen PISA itu sulit untuk diselesaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian soal berdasarkan komponen PISA terhadap kecemasan belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsS Darul Mukhlisin. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darul Mukhlisin yang berjumlah 100 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII karena untuk populasi sama dengan atau kurang dari 100 sebaiknya diambil semua sebagai sampel. Setelah dilakukan perhitungan koefisien determinasi diperoleh R atau 89, 39% kecemasan belajar matematika dipengaruhi oleh pemberian soal berdasarkan komponen PISA dan sisanya 10, 61% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa merasa cemas karena tidak mampu menyelesaikan suatu permasalahan atau soal berdasarkan komponen PISA sehingga siswa mengalami gejala fisik, kognitif, dan prilaku.
Munasprianto Ramli, Buchori Muslim, Silvi Nur Fajriah
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 102-115; doi:10.37249/as-salam.v3i3.141

Abstract:
Gagasan integrasi ilmu muncul karena adanya dikotomi atau pemisahan antara ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum lainnya. Seiring dengan perkembangan gerakan integrasi keilmuan khususnya ilmu agama dan sains maka Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta hadir untuk melakukan gerakan integrasi keilmuan ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis aspek integrasi Islam berupa Al-Qur’an, hadist, fiqih dan usul fiqih, ayat kauniyah dan sejarah Islam dengan ilmu kimia pada materi pencemaran logam berat menggunakan metode 4S-TMD (Four Step Teaching Material Development). Metode 4S-TMD ini dilakukan dengan menggunakan empat tahap yang harus ditempuh, yang terdiri dari seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi. Pada tahap seleksi didapatkan 15 konsep kimia terintegrasi keislaman. Pada tahap strukturisasi didapatkan 6 konsep utama kimia terintegrasi keislaman. Pada tahap karakterisasi didapatkan hasil menunjukkan sebagian besar konsep-konsep materi yang terdapat pada bahan ajar tergolong konsep mudah, dengan persentase penulisan ide pokok sebesar 94,72% dan kualifikasi pemahaman mahasiswa angkatan 2015 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap konsep yang terintegrasi dikategorikan baik. Peneliti tidak menggunakan tahap reduksi dikarenakan tingkat keterpahaman mahasiswa sudah baik. Konsep-konsep kimia terintegrasi keislaman ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran terintegrasi keislaman pada program studi pendidikan kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Imam Munandar
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 1-8; doi:10.37249/as-salam.v3i2.126

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Rahmanita Zakaria
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 18-28; doi:10.37249/as-salam.v3i2.128

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Roslaini Roslaini
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 38-47; doi:10.37249/as-salam.v3i2.130

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Rosliana Harahap
Jurnal As-Salam, Volume 3, pp 29-37; doi:10.37249/as-salam.v3i2.129

Abstract:
Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan untuk menganalisis, menafsirkan, menalar, memprediksi, mengevaluasi dan merefleksikan serta dapat mendorong berkembangnya pemahaman dan penghayatan siswa terhadap prinsip, membantu meningkatkan potensi dan rasa percaya diri siswa dalam matematika. Penulis melihat kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah masih kurang, khususnya pada pelajaran matematika materi Relasi dan fungsi. Oleh sebab itu, peneliti memilih pendekatan pembelajaran Reciprocal teaching sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah siswa seluruh kelas VIII sebanyak 120 siswa. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan pengambilan sampel peneliti memilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan gain diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Bukit dalam katagori sedang.
Back to Top Top