LITERATUS

Journal Information
EISSN : 2686-5009
Published by: Neolectura (10.37010)
Total articles ≅ 44
Filter:

Latest articles in this journal

Primadonna Hutagalung
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 53-58; doi:10.37010/lit.v3i1.165

Abstract:
Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi melaksanakan tugas dan fungsinya berhubungan erat dengan para pelaku organisasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan, kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja, baik secara parsial maupun bersama-sama. Sumber daya manusia (SDM) yang berkinerja baik akan memudahkan organisasi mencapai visi, misi, dan tujuannya. Serapan anggaran yang rendah dapat dijadikan salah satu acuan penilaian rendahnya capaian kinerja organisasi. Kinerja seseorang dapat menjadi optimal, jika didukung dengan kondisi kepemimpinan yang baik, adanya kepuasan kerja dalam melaksanakan tugas dan budaya organisasi yang baik. Namun bila kondisi yang ada kurang baik dapat menyebabkan rendahnya kinerja pegawai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi yang dipilih adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu dengan jumlah sampel jenuh sebanyak 40 responden. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa kepemimpinan, kepuasan kerja dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja. Secara parsial kepemimpinan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja, dan budaya organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja.
Rasmin Simbolon
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 35-43; doi:10.37010/lit.v3i1.162

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja, kompensasi, serta menganalisis pengaruh motivasi kerja dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis desain penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif berbasis survei. Teknik sampling melalui kuesioner dan dokumen dengan jumlah populasi sebanyak 34 orang. Teknik analisis data menggunakan model persamaan regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan: (1) Motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah; (2) Kompensasi tidak berpengaruh signifikan, tetapi positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah; (3) Motivasi kerja dan Kompensasi secara bersama sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Tengah. Variabel yang paling memengaruhi kinerja adalah Motivasi Kerja dengan nilai koefisien standar sebesar 0,682.
Muhammad Aditya Pradana
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 10-22; doi:10.37010/lit.v3i1.123

Abstract:
Rivalitas dan kerja sama elite di Indonesia hadir akibat adanya kepentingan antar kelompok aktor yang saling bersinggungan satu sama lain di dalam berbagai aspek. Bahwa elite selalu berusaha untuk menciptakan konsensus melalui kerja sama atas perhitungan keuntungan sekalipun terdapat rivalitas di antara elite yang bersinggungan. Hal ini dapat terlihat dari pemilukada di Jawa Timur pada 2008, 2013, dan 2018. Pada Pemilukada Jawa Timur 2008 dan 2013, Soekarwo menjadi rival dari Khofifah. Namun, pada Pemilukada Jawa Timur 2018, Soekarwo beralih mendukung Khofifah dan memutuskan tidak mendukung wakilnya selama dua periode, yaitu Saifullah Yusuf. Penelitian ini ingin melihat faktor melatarbelakangi rivalitas dan kerja sama elit, khususnya dalam konteks Pemilukada Jawa Timur 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teori kerja sama Antagonistik, Teori Boundary Control, Party-led Transition, dan Teori Integrasi dan Lingkaran Elite. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat peran dari elite nasional, dalam konteks ini DPP Partai Demokrat dan adanya pengaruh presiden Joko Widodo dalam peralihan dukungan Soekarwo kepada Khofifah. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat hubungan saling ketergantungan antara Seokarwo dan Khofifah. Soekarwo berharap bahwa apa yang ia lakukan dapat diteruskan oleh Khofifah, sedangkan Khofifah bergantung dengan dukungan penuh dari Soekarwo sehingga ia dapat menang di wilayah yang ia tidak pernah menangkan sebelumnya.
Wulan Yulian Anggini, Danang Dwi Harmoko
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 127-133; doi:10.37010/lit.v3i1.236

Abstract:
Tahun 2020, pengguna internet di Indonesia mencapai 73.7% atau sebanyak 196,7 juta orang. Data ini menggambarkan tingginya penetrasi internet di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Salah aspek adalah pendidikan di mana seluruh aktivitas pengajaran dilakukan secara daring. Perubahan secara mendadak dan masif ini memberikan tantangan bagi ekosistem pendidikan Indonesia termasuk infrastruktur teknologi. Google sebagai penyedia layanan teknologi terbesar di dunia termasuk Indonesia memegang peranan penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis G-Edu (Google for Education) secara mendalam baik dari layanan, aplikasi, program, hingga pemanfaatannya sebagai alat pendukung pembelajaran berbasis digital yang sangat dibutuhkan terutama dimasa pandemi saat ini. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif di mana proses pengumpulan datanya menggunakan metode penelitian kepustakaan. Berdasarkan pemaparan pada hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa layanan G-Edu memberikan dukungan pada, 1) media pembelajaran, 2) sumber pembelajaran, dan 3) mitra pengembangan diri guru.
Syahrudi Syahrudi, Abdul Azim Wahbi, Prasetio Ariwibowo
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 118-126; doi:10.37010/lit.v3i1.212

Abstract:
Industri properti dan real estat merupakan salah satu industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Karakteristik properti dan real estat adalah mereka yang asetnya dinilai memiliki nilai investasi yang tinggi, serta cukup aman dan stabil. Pembangunan properti dan real estat secara alami akan menarik investor karena harga tanah dan bangunan naik, penawaran tanah stabil sementara permintaan akan terus meningkat seiring dengan peningkatan populasi dan meningkatnya kebutuhan manusia akan perumahan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh profitabilitas (roa) terhadap struktur modal (der), ukuran perusahaan (pp), dan pertumbuhan penjualan (pp) pada perusahaan properti dan real estat di Bursa Efek Indonesia 2017-2019. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel yang lebih impresif dengan menggunakan kriteria tertentu yaitu data-data yang berasal dari perusahaan berupa data profitabilitas dan data hasil penjualan dalam pengambilan sampel. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 perusahaan real estat dan properti. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh profitabilitas (roa) terhadap struktur modal (der), ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan (pp) (x) pada perusahaan properti dan real estat (y).
Silkania Swarizona, Riaty Raffiudin
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 1-9; doi:10.37010/lit.v3i1.119

Abstract:
Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, Khofifah Indar Parawansa akhirnya berhasil menjadi Gubernur Jawa Timur setelah mengalami kekalahan di dua Pilkada Jawa Timur Sebelumnya. Kemenangan Khofifah Indar Parawansa kali ini tidak lepas dari adanya pengaruh jaringan Muslimat NU Jawa Timur di mana Khofifah sebagai ketua umum dari organisasi Muslimat NU. Tujuan dari penelitian ini ingin melihat bagaimana keterlibatan jaringan Muslimat NU sebagai organisasi masyarakat sipil dan membantu Khofifah dalam memenangkan Pilkada Jawa Timur 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian Muslimat NU. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Jaringan Muslimat NU dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Khofifah Indar Parawansa demi menjadikannya sebagai Gubernur Jawa Timur Tahun 2018. Hal ini dapat dilihat dari dua aspek, pertama adalah Khofifah Indar Parawansa memiliki pengaruh yang cukup besar di dalam organisasi Muslimat NU. Kedua adalah ketaatan dari para pendukung Muslimat NU terhadap Khofifah memperlihatkan dominasi dirinya di dalam organisasi tersebut. Dengan pengaruh dan dominasi Khofifah yang sudah kuat di kalangan Muslimat NU, jaringan Muslimat NU dapat menjalankan strategi mobilisasi sumber daya untuk memastikan kemenangan Khofifah Indar Parawansa dalam pemilihan gubernur tersebut.
Agus Supandi, Wulan Anggraeni, Arief Nugroho Wibowo
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 141-146; doi:10.37010/lit.v3i1.315

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah memodelkan ketergantungan FDI dan GDP. Metode yang digunakan adalah copula. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji stasioner, penentuan model ARIMA, uji heterokedastisitas, transformasi residu data, uji normalitas, uji koefisien korelasi tau Kendal, perhitungan nilai parameter kelas Archimedean, perhitungan MSE. Dari rangkaian yang dilakukan, diperoleh bahwa copula clayton yang terpilih dalam pemodelan ketergantungan FDI dan GDP.
Nursahara Panggabean
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 68-84; doi:10.37010/lit.v3i1.190

Abstract:
Dalam penelitian ini dilakukan pembatasan konsep atau variabel penelitian yang digunakan. Kinerja pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah pada penelitian ini diakomodasi ke dalam komponen atau dimensi yang mempengaruhi kinerja pegawai, yaitu motivasi kerja, kepemimpinan, budaya organisasi, kompetensi dan kompensasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi manakah dari variabel motivasi yang dominan memengaruhi kinerja pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah. Desain penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif-eksploratif untuk meneliti faktor-faktor yang dominan mempengaruhi kinerja pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah, teknik analisa data dengan menggunakan analisis faktor (factor analysis). Uji validitas menggunakan rumus Corelation Product Moment sedangkan uj reabilitas menggunakan metode Cronbach (Alpha / Reablity Analysis). Terdapat 3 (tiga) faktor dominan yang mempengaruhi kinerja pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah. Faktor dominan utama dalam dimensi kompetensi adalah skill dan knowledge (46.47%). Variabel manives dimensi kompensasi, setelah direduksi/ekstrak juga membentuk 3 (tiga) component/ faktor dominan, pada bobot faktor dimensi kompensasi, tunjangan memiliki bobot paling besar yaitu 24.47%. Pada faktor dimensi motivasi kerja diketahui bahwa faktor yang memberi kontribusi besar atau dominan terhadap peningkatan kinerja pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah adalah kebutuhan untuk berprestasi (49.30%), hasil pencarian faktor dimensi kepemimpinan dapat diketahui bahwa faktor yang memberi kontribusi besar atau dominan terhadap peningkatan kinerja pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah adalah pelaksanaan fungsi kepemimpinan (50.47%).
Frans Olsen Sitanggang
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 85-94; doi:10.37010/lit.v3i1.195

Abstract:
Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang cenderung menurun setiap tahun berakibat pada terhambatnya proses pembangunan, hal ini dianggap sangat perlu untuk dianalisis untuk mengetahui penyebab menurunnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar PBB-P2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman, sikap dan kesadaran wajib pajak baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah wajib pajak di Kecamatan Pandan Tahun 2019 yaitu 11.192 wajib pajak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 orang wajib pajak. Metode pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa (1)variabel pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak membayar PBB-P2 di Kecamatan Pandan, (2) sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak membayar PBB-P2 di Kecamatan Pandan, (3) wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak membayar PBB-P2 di Kecamatan Pandan dan (4) pemahaman, sikap dan kesadaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak membayar PBB-P2 di Kecamatan Pandan. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) bahwa pemahaman, sikap dan kesadaran wajib pajak mampu menjelaskan kepatuhan wajib pajak membayar PBB-P2 di Kecamatan Pandan sebesar 53,6%. Sedangkan sisanya sebesar 46,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Nicky Rosadi
Published: 15 April 2021
LITERATUS, Volume 3, pp 134-140; doi:10.37010/lit.v3i1.244

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proposisi yang terdapat dalam kicauan Twitter anak usia remaja. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Objek pada penelitian ini adalah teks kicauan dalam Twitter yang ditulis oleh anak usia remaja. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan tabel analisis data dengan kriteria analisis melalui tiga pengamatan, yaitu struktur proposisi, relasi makna antara predikator dengan argumen, serta pembagian peran tiap-tiap argumen. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan sebanyak 52,31% struktur proposisi P + N1, 50,77% predikator bermakna perbuatan, dan 25,86% argumen yang berperan sebagai pokok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa struktur proposisi yang banyak digunakan dalam kicauan Twitter anak usia remaja adalah struktur predikasi inti, dengan predikator bermakna perbuatan, dan argumen yang berperan sebagai pokok.
Back to Top Top