LITERATUS

Journal Information
EISSN : 2686-5009
Current Publisher: Neolectura (10.37010)
Total articles ≅ 30
Filter:

Latest articles in this journal

Dwi Purwanto, Filia Filia
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 123-132; doi:10.37010/lit.v2i2.82

Abstract:
Kemudahan terhadap akses informasi, komunikasi, dan transportasi memberikan kesempatan emas bagi perkembangan Bahasa Indonesia. Sebagai anggota MEA dan G20, serta sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, Bahasa Indonesia berpotensi untuk dilirik dunia sebagai bahasa yang sangat strategis secara ekonomi. Walau demikian, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta kemudahan mobilitas penduduk yang membuat rakyat Indonesia lebih mudah terpapar oleh bahasa asing. Hal ini mengakibatkan banyak pegiat bahasa khawatir bahwa Bahasa Indonesia akan tergerus oleh Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris. Dilatarbelakangi oleh masalah tersebut, kajian ini dilakukan untuk mengidentifikasi sejauh mana penerapan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan KBBI, PUPI dan PUEBI dilaksanakan, khususnya di dalam kegiatan ekonomi warga lokal sehari-hari. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan teknik lanskap linguistik dan dilakukan di wilayah kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kajian yang telah dilakukan berhasil mengidentifikasi sebanyak 1465 istilah bahasa Indonesia, 110 istilah bahasa asing, dan 95 istilah bahasa daerah. Berdasarkan kajian tersebut, dapat disimpulkan bahwa di dalam kegiatan perekonomian, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok, warga kota Pontianak masih memiliki pengetahuan dan kesadaran yang cukup tinggi untuk menggunakan Bahasa Indonesia, baik di luar ruang maupun di ruang publik. Selain itu, kajian yang dilakukan juga memperlihatkan setidaknya lima peran bahasa asing dan bahasa daerah yang tidak dapat digantikan oleh padanan berbahasa Indonesia.
Fadjriah Hapsari, Siti Wahyuni
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 156-161; doi:10.37010/lit.v2i2.90

Abstract:
Meningkatnya jumlah sampah plastik dalam kegiatan konsumsi masyarakat baik di lingkungan rumah tangga maupun sekolah menjadi kajian yang seakan tidak pernah habis. Seperti yang telah kita ketahui, sekolah merupakan pusat kebudayaan bagi peradaban masyarakat, maka masalah sampah plastik juga menjadi perhatian utama sekolah. Dalam hal sampah plastik, sekolah juga berkontribusi dalam peningkatannya, dikarenakan masih banyak penggunaan plastik di lingkungan sekolah. Ecobrick merupakan sebuah metode yang bisa diterapkan sekolah dalam menanggulangi permasalahan sampah. Penelitian ini membahas tentang pembuatan ecobrik dalam mewujudkan sekolah ramah lingkungan untuk mendukung program sekolah adiwiyata. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif untuk mengungkap fakta yang sesungguhnya. Setelah praktik dilaksanakan dilakukan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dilihat dari : 1) Siswa telah mampu mempraktikkan pembuatan ecobrick dengan memanfaatkan sampah plastik dan sampah botol plastik; 2) Siswa mampu mengkreasikan ecobrick menjadi hiasan menarik di lingkungan sekolah; 3) Siswa mampu memotivasi diri dalam pembuatan ecobrick; 4) Siswa menunjukkan minat dan antusias tinggi dalam membuat ecobrick; 5) Siswa mampu memanfaatkan ecobrick menjadi pagar taman sekolah; 6) Ecobrick ini sebagai solusi sederhana dalam mengolah sampah plastik menjadi bermanfaat.
Silvy Mei Pradita, Humar Sidik
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 115-122; doi:10.37010/lit.v2i2.81

Abstract:
In the current postmodern era, the internet has transformed into a cutting-edge weapon in various sectors, ranging from industry, art, economy and others. The internet has always played a vital role in maximizing these various sectors. However, what is the real reality in the world of education? Has the internet been fully utilized? Departing from these worries, this research aims to reveal the real reality of the use of the internet at the tertiary level, especially as a medium for learning history. This research itself uses a descriptive qualitative research method. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and document analysis. The interview form used is open and leads to depth of information and is not formal / structured. The goal is to explore the information that is researched further, complete, and in depth. Data analysis in the study took place simultaneously with the data collection process. Among them through data reduction, data presentation, and verification. The results showed that in 21st century learning, the internet has an important role if teachers can maximize its use, because with the internet students are able to dig deeper into existing information, especially now that there are so many historical journal portals that are opened online and accessed for free. Furthermore, the use of the internet can also be applied in a learning system, for example by using blended learning
Siti Juriah, Rudeva Juniawaty
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 141-148; doi:10.37010/lit.v2i2.86

Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dipertahankan agar tidak mengalami kerugian dan mengetahui jumlah penjualan minimal yang harus dicapai pada jumlah target laba yang direncanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu pengumpulan data seperti data biaya, data pendapatan dan data penjualan, mengklasifikasi biaya lalu menghitung titik impas unit dan titik impas rupiah. Data dikumpulkan melalui wawancara. Hasil dari penelitian adalah outlet Sabana Jatirahayu dapat mengalami balik modal jika mampu menjual 4.922 potong daging ayam dalam waktu satu bulannya, pada penjualan ayam misalnya 5.000 potong daging ayam outlet Sabana Jatirahayu sudah mendapat keuntungan karena biaya tetap sudah tertutupi oleh penjualan 4.922 potong ayam sebelumnya. BEP akan terjadi ketika angka penjualan sudah mencapai Rp49.223.535 setelah melewati jumlah misalnya pada angka Rp50.000.000 maka outlet Sabana Jatirahayu sudah dikatakan balik modal sehingga penjualan seterusnya sudah bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu 140 hari (4 bulan).
Darwin Hartono
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 192-198; doi:10.37010/lit.v2i2.103

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertambahan penduduk, inflasi dan upah minimum provinsi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 1997-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersifat time series dari tahun 1997-2012. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, di mana sebagai variabel dependen adalah indeks gini dan sebagai variabel independen yaitu pertambahan penduduk, inflasi dan upah minimum provinsi dengan melakukan pengujian model asumsi klasik dan pengujian statistik.
Andi Ahmad Rukka Haryadi
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 199-210; doi:10.37010/lit.v2i2.97

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penyebab koeksistensi damai antara komunitas Sunni dan Syiah di dusun Sendangsari Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik snowball of chain sampling sebagai upaya dalam pengumpulan data. Terdapat tiga hipotesis yang digunakan dalam penelitian hubungan damai ini yaitu 1) penelaahan struktur kehidupan kewargaan; 2) self policing; dan 3) integrasi elit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada struktur kehidupan kewargaan terdapat hubungan yang melampaui batas-batas etnis keagamaan (interethnic engagement) yang ditandai dengan 5 (lima) bentuk jaringan kewargaan (K) antar warga Sunni dan Syiah di dusun. Jaringan kewargaan tersebut menimbulkan ekstensi (reaksi; implikasi; mekanisme pencegahan konflik) dari warga Sunni dan Syiah untuk meredam situasi yang berpotensi menimbulkan kekerasan; yang salah satu bentuk ekstensi tersebut adalah self policing. Jaringan kewargaan (civic engagement) ini didukung oleh konsensus kultural dan struktural (consociationalism) sebagai bagian dari integrasi elit – antar tokoh Sunni dan Syiah – yang memberikan legitimasi pada perilaku damai; serta legitimasi terhadap jaringan kewargaan yang telah lama terjalin antara warga Sunni dan Syiah dalam dusun. Selain itu koeksistensi damai antar dua komunitas keagamaan tersebut tidak lepas dari sikap kognitif dari masing-masing warga Sunni dan Syiah yaitu : urusan keagamaan menjadi hak pribadi masing-masing individu, namun ketika masuk pada urusan sosial hal itu menjadi kewajiban bersama antar warga dusun.
I Putu Hadi Pradnyana, Muhammad Syaroni Rofii
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 181-191; doi:10.37010/lit.v2i2.92

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi ancaman-ancaman yang dapat ditimbulkan dari cyberterrorism di Indonesia dan antisipasi atau respons yang dilakukan negara. Bahwasanya secara taktikal, kelompok-kelompok teroris telah melakukan berbagai perubahan dan penyesuaian untuk melancarkan rencana aksi teror. Saat target dianggap memiliki keamanan tinggi dan susah ditembus, kelompok teroris kemudian melakukan serangkaian evolusi taktik yang mengarah pada target yang lebih rentan. Praksis ini ditunjukkan dalam praktik-praktik terorisme yang berubah selama seratus tahun terakhir hingga sekarang beradaptasi ke bentuk cyberterrorism. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis fenomenologi. Fenomena cyberterrorism dikaitkan dengan ancamannya di Indonesia serta respons pemerintah dalam mengantisipasi masalah tersebut. Hasil penelitian adalah sebagian besar kelompok teroris di dunia termasuk di Indonesia, telah menggunakan sarana siber untuk menyerang target-target tertentu. Dalam merespons kejahatan cyberterrorism, Indonesia telah melakukan beberapa upaya dalam menanggulangi cyberterrorism baik melalui pembentukan instansi-instansi khusus maupun penguatan regulasi. Namun masih ada hal-hal yang harus dibenahi guna memperkuat sistem keamanan nasional dari ancaman cyberterrorism.
Muhammad Rezki Aditya Perdana, Zeha Dwanty El Rachma, Erika Sabrina, Tomy Michael
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 87-95; doi:10.37010/lit.v2i2.48

Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat biaya pendidikan di Indonesia bertambah banyak, optimalisasi dalam hal fasilitas di setiap sekolah dan kesesuaian dana yang dikeluarkan dari pemerintah sudah optimal untuk setiap instansi pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris merupakan hukum yang dikonsepkan sebagai gejala empiris yang sejauh mana menjalankan tugas, pokok, dan fungsinya dalam pelaksanaannya atau kenyataan dalam masyarakat. Salah satu bentuk pendanaan pendidikan dasar yang signifikan dari sumber dana AnggaranPendapatandan Belanja Negara (APBN) adalah dana BOS. Untuk memulai anggaran tersebut dilakukan beberapa hal dimulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, penatausahaan keuangan pendidikan, pengawasan anggaran pendidikan.
Aster Pujaning Ati
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 149-155; doi:10.37010/lit.v2i2.89

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur gramatikal yang ada pada novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Unsur gramatikal yang diambil adalah seluruh unsur konjungsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian kualitatif adalah penelitian yang paling cocok dengan fenomena sastra. Teknik analisis (Content Analysis) juga digunakan untuk wacana yang berhubungan dengan isi wacana novel, baik secara verbal maupun nonverbal; wacana verbal dalam penelitian ini adalah novel yang jumlah keseluruhan isi wacana tersebut yang dimaksud. Sampel utuh dari isi teks novel Ronggeng Dukuh Paruk adalah menggunakan sampel 2 cerita dari 3 cerita. Tiap cerita penulis akan mengambil 15 paragraf untuk di analisis. Dengan jumlah 30 paragraf. Gramatikal pada aspek konjungsi menunjukkan persentase pemakaian kohesi gramatikal pada aspek konjungsi sebanyak 62 pasang kalimat atau 60,78%.
Budi Wahono, Aprih Santoso
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 96-104; doi:10.37010/lit.v2i2.55

Abstract:
Penelitian bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui. Sampel penelitian sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisa data menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji : validitas, realibilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji t & F dan Koefisen determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : kepercayaan, kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang. Koefisien determinasi (adjusted R2) = 38,3 persen artinya keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang dapat dijelaskan oleh variasi variable kepercayaan, kualitas pelayanan dan kualitas informasi sedangkan sisanya = 61,7 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Back to Top Top