LITERATUS

Journal Information
EISSN : 2686-5009
Current Publisher: Neolectura (10.37010)
Total articles ≅ 30
Filter:

Latest articles in this journal

Andi Ahmad Rukka Haryadi
Published: 17 November 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 199-210; doi:10.37010/lit.v2i2.97

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penyebab koeksistensi damai antara komunitas Sunni dan Syiah di dusun Sendangsari Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik snowball of chain sampling sebagai upaya dalam pengumpulan data. Terdapat tiga hipotesis yang digunakan dalam penelitian hubungan damai ini yaitu 1) penelaahan struktur kehidupan kewargaan; 2) self policing; dan 3) integrasi elit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada struktur kehidupan kewargaan terdapat hubungan yang melampaui batas-batas etnis keagamaan (interethnic engagement) yang ditandai dengan 5 (lima) bentuk jaringan kewargaan (K) antar warga Sunni dan Syiah di dusun. Jaringan kewargaan tersebut menimbulkan ekstensi (reaksi; implikasi; mekanisme pencegahan konflik) dari warga Sunni dan Syiah untuk meredam situasi yang berpotensi menimbulkan kekerasan; yang salah satu bentuk ekstensi tersebut adalah self policing. Jaringan kewargaan (civic engagement) ini didukung oleh konsensus kultural dan struktural (consociationalism) sebagai bagian dari integrasi elit – antar tokoh Sunni dan Syiah – yang memberikan legitimasi pada perilaku damai; serta legitimasi terhadap jaringan kewargaan yang telah lama terjalin antara warga Sunni dan Syiah dalam dusun. Selain itu koeksistensi damai antar dua komunitas keagamaan tersebut tidak lepas dari sikap kognitif dari masing-masing warga Sunni dan Syiah yaitu : urusan keagamaan menjadi hak pribadi masing-masing individu, namun ketika masuk pada urusan sosial hal itu menjadi kewajiban bersama antar warga dusun.
I Putu Hadi Pradnyana, Muhammad Syaroni Rofii
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 181-191; doi:10.37010/lit.v2i2.92

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi ancaman-ancaman yang dapat ditimbulkan dari cyberterrorism di Indonesia dan antisipasi atau respons yang dilakukan negara. Bahwasanya secara taktikal, kelompok-kelompok teroris telah melakukan berbagai perubahan dan penyesuaian untuk melancarkan rencana aksi teror. Saat target dianggap memiliki keamanan tinggi dan susah ditembus, kelompok teroris kemudian melakukan serangkaian evolusi taktik yang mengarah pada target yang lebih rentan. Praksis ini ditunjukkan dalam praktik-praktik terorisme yang berubah selama seratus tahun terakhir hingga sekarang beradaptasi ke bentuk cyberterrorism. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis fenomenologi. Fenomena cyberterrorism dikaitkan dengan ancamannya di Indonesia serta respons pemerintah dalam mengantisipasi masalah tersebut. Hasil penelitian adalah sebagian besar kelompok teroris di dunia termasuk di Indonesia, telah menggunakan sarana siber untuk menyerang target-target tertentu. Dalam merespons kejahatan cyberterrorism, Indonesia telah melakukan beberapa upaya dalam menanggulangi cyberterrorism baik melalui pembentukan instansi-instansi khusus maupun penguatan regulasi. Namun masih ada hal-hal yang harus dibenahi guna memperkuat sistem keamanan nasional dari ancaman cyberterrorism.
Muhammad Rezki Aditya Perdana, Zeha Dwanty El Rachma, Erika Sabrina, Tomy Michael
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 87-95; doi:10.37010/lit.v2i2.48

Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat biaya pendidikan di Indonesia bertambah banyak, optimalisasi dalam hal fasilitas di setiap sekolah dan kesesuaian dana yang dikeluarkan dari pemerintah sudah optimal untuk setiap instansi pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris merupakan hukum yang dikonsepkan sebagai gejala empiris yang sejauh mana menjalankan tugas, pokok, dan fungsinya dalam pelaksanaannya atau kenyataan dalam masyarakat. Salah satu bentuk pendanaan pendidikan dasar yang signifikan dari sumber dana AnggaranPendapatandan Belanja Negara (APBN) adalah dana BOS. Untuk memulai anggaran tersebut dilakukan beberapa hal dimulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran, penatausahaan keuangan pendidikan, pengawasan anggaran pendidikan.
Aster Pujaning Ati
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 149-155; doi:10.37010/lit.v2i2.89

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur gramatikal yang ada pada novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Unsur gramatikal yang diambil adalah seluruh unsur konjungsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian kualitatif adalah penelitian yang paling cocok dengan fenomena sastra. Teknik analisis (Content Analysis) juga digunakan untuk wacana yang berhubungan dengan isi wacana novel, baik secara verbal maupun nonverbal; wacana verbal dalam penelitian ini adalah novel yang jumlah keseluruhan isi wacana tersebut yang dimaksud. Sampel utuh dari isi teks novel Ronggeng Dukuh Paruk adalah menggunakan sampel 2 cerita dari 3 cerita. Tiap cerita penulis akan mengambil 15 paragraf untuk di analisis. Dengan jumlah 30 paragraf. Gramatikal pada aspek konjungsi menunjukkan persentase pemakaian kohesi gramatikal pada aspek konjungsi sebanyak 62 pasang kalimat atau 60,78%.
Budi Wahono, Aprih Santoso
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 96-104; doi:10.37010/lit.v2i2.55

Abstract:
Penelitian bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui. Sampel penelitian sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisa data menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji : validitas, realibilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji t & F dan Koefisen determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : kepercayaan, kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang. Koefisien determinasi (adjusted R2) = 38,3 persen artinya keputusan pembelian pada situs Olx di Semarang dapat dijelaskan oleh variasi variable kepercayaan, kualitas pelayanan dan kualitas informasi sedangkan sisanya = 61,7 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Abdul Rahman Ma'mun, Meidi Kosandi
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 162-180; doi:10.37010/lit.v2i2.93

Abstract:
Tulisan ini membahas politik pendanaan kampanye pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 dengan fokus pada dimensi penerimaan sumbangan dana kampanye yang besar dari kalangan oligark kepada pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi, dan dimensi pembayaran kembali pada saat pascapilpres kepada penyumbang dan pemilih. Dalam kaitan tersebut tulisan ini juga mendiskusikan pola pendanaan kampanye Jokowi-Ma’ruf sebagai pemenang Pilpres 2019, yang memengaruhi perubahan bentuk struktur politik oligarkis yang dihasilkan dari Pilpres 2019. Analisis tulisan ini didasarkan pada teori Oligarki dari Jeffrey A. Winters yang didukung oleh konsep pendanaan kampanye dari USAID dengan mengandalkan pada data sekunder laporan dana kampanye Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi yang dilaporkan ke KPU dan telah diaudit oleh kantor akuntan publik. Argumen yang ditawarkan adalah bahwa politik pendanaan kampanye pasangan Jokowi-Ma’ruf, sebagai pemenang Pilpres 2019, yang melibatkan para penyumbang besar dari kalangan oligark, memengaruhi perubahan sifat politik oligarkis pemerintahan hasil pilpres, yaitu perubahan sifat keterlibatan oligark dalam pemaksaan dan kekuasaan dari yang ‘terpecah’ menjadi ‘kolektif’, dan perubahan dari yang bersaing ‘liar’ antar-oligark menjadi ‘lunak’ bekerjasama dalam pemerintahan.
Sulasno Sulasno, Wahyuddin Wahyuddin, Fitria Agustin
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 77-86; doi:10.37010/lit.v2i2.45

Abstract:
Provinsi Banten terkenal akan nilai sejarah, budaya dan religiusnya, provinsi Banten memiliki berbagai macam jenis senjata tradisionalnya, salah satunya adalah golok, golok pada zaman dahulu digunakan oleh para jawara untuk mengusir para penjajah dari daerahnya. Salah satu senjata tradisional khas Banten adalah Golok Ciomas, yang berada di Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang, golok ini tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang, karena dalam proses pembuatannya pun tidak sembarangan. Satu prinsip yang penting dan juga diyakini para sesepuh di Ciomas, yang hingga kini masih memegang kuat tradisi pembuatan Golok Ciomas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan perlindungan hukum atas Merek Golok Ciomas di Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang. Dengan menggunakan Metode Penelitian Deskriptif Analitis yang dilakukan dengan Metode pengumpulan data serta dengan cara mengkaji berbagai sumber bahan hukum, baik itu primer, sekunder maupun tersier. Untuk menerapkan serta melindungi Merek Golok Ciomas dari tindakan pemalsuan produk atau barang palsu atau yang biasa dikenal dengan barang “KW”, berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis, diatur didalam Pasal 100 - Pasal 102 mengenai sanksi pidana yang diberikan kepada pelaku pemalsuan suatu produk atau barang, sehingga diharapkan Merek Golok Ciomas tidak ada yang memalsukannya untuk kepentingan suatu bisnis.
Nur Cholisoh, Sri Rezeki, Deden Ibnu Aqil
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 133-140; doi:10.37010/lit.v2i2.84

Abstract:
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogis terhadap hasil belajar dan kinerja guru. Sekolah yang menjadi obyek penelitian ini adalah Sekolah Tri Ratna Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional untuk melihat apakah ada pengaruh antara variabel bebas (Kompetensi Guru) dan variabel terikat (Kinerja Guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dengan kinerja guru di Sekolah Tri Ratna Jakarta Barat dan Hasil belajar siswa di SMK Daarul Mannan Bekasi.
Didin Hikmah Perkasa, Fedri Triansah, Donant Alananto Iskandar
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 105-114; doi:10.37010/lit.v2i2.61

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa, pengambilan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda (SPSS 2.3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis reguler 2 angkatan 2013 dan variabel motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha perguruan tinggi. Mahasiswa Mercu Buana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Reguler 2 angkatan 2013.
Darwin Hartono
Published: 15 October 2020
LITERATUS, Volume 2, pp 192-198; doi:10.37010/lit.v2i2.103

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertambahan penduduk, inflasi dan upah minimum provinsi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 1997-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersifat time series dari tahun 1997-2012. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, di mana sebagai variabel dependen adalah indeks gini dan sebagai variabel independen yaitu pertambahan penduduk, inflasi dan upah minimum provinsi dengan melakukan pengujian model asumsi klasik dan pengujian statistik.
Back to Top Top