Health Information : Jurnal Penelitian

Journal Information
ISSN / EISSN : 2085-0840 / 2622-5905
Current Publisher: Poltekkes Kemenkes Kendari (10.36990)
Total articles ≅ 45
Filter:

Latest articles in this journal

Rizki Novi Arnely Putri, Dewi Kurniati, Shinta Novelia
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 142-151; doi:10.36990/hijp.v12i2.204

Abstract:
Pemberian ASI yang tidak optimal menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang bayi dan salah satu faktor yang memicu terjadinya stres pada ibu menyusui. Salah satu solusi untuk menangani hal tersebut yaitu dengan mengonsumsi daun papaya yang mengandung laktagogum sehingga bermanfaat untuk membantu kelancaran pengeluaran ASI. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian tumis daun pepaya terhadap produksi ASI pada ibu menyusui. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi-eksperiment dua kelompok (sebelum dan setelah perlakuan). Penelitian ini dilakukan di Klinik Permata Hati melibatkan tigapuluh ibu menyusui yang dibagi ke dalam dua kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pengujian yang dilakukan yaitu uji normalitas (Saphiro-wilk), analisis deskriptif nonparametric (Wilcoxon Signed-Rank Test) dan uji distribusi frekuensi terhadap data yang diperoleh. Terdapat perbedaan yang signifikan (p=0,000) terhadap perlakuan sebelum dan sesudah diberikan tumis daun papaya terhadap produksi ASI yang dihasilkan oleh ibu menyusui, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian tumis daun pepaya dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar usulan agar para bidan dapat memberikan edukasi bagi ibu menyusui mengenai manfaat tumis daun pepaya dan cara pengolahannya untuk meningkatkan kelancaran produksi ASI. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanPeneliti tidak menerima bantuan dana dari lembaga/institusi. Berbagi DataData hasil kajian ini disimpan pada repository Zenodo http://doi.org/10.5281/zenodo.4049430. Kontribusi Penulis Para penulis tidak mendeklarasikan kontribusinya.
, Indriono Hadi, Askrening Askrening, Maman Indrayana
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 173-192; doi:10.36990/hijp.v12i2.226

Abstract:
Bekam basah (Alhijamah) adalah pendekatan terapeutik yang dapat menyembuhkan penyakit dan meningkatkan kesejahteraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bekam sambil mendengarkan ayat Alquran terhadap perubahan tekanan darah, kolesterol, glukosa dan asam urat. Desain yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini bertempat di Klinik Bekam As-syifa Kota Kendari. Jumlah responden penelitian adalah 30 sampel subjek laki-laki dan perempuan sehat berusia 30-60 tahun. Tekanan darah sebelum terapi bekam rata-rata 10 ± 13,4 setelah 1 minggu terapi, menjadi 4,33 ± 10,72. Kemudian kadar kolesterol sebelum terapi 1,53 ± 507 dan setelah 1 minggu terapi 1,03 ± 18, kadar glukosa sebelum terapi 2,30 ± 535 dan setelah terapi 2,00 ± 263, kadar asam urat sebelum terapi 1,63 ± 556 dan setelah terapi 1,03 ± 182. Hasil uji statistik pada tekanan darah, kolesterol, glukosa dan asam urat menggunakan metode paired sample t-test p = 0,000. Kesimpulan terapi bekam sambil mendengarkan ayat alquran, dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, kadar glukosa darah dan kadar asam urat, sehingga menjadi rekomendasi untuk menjaga kesehatan. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanKajian terlaksana atas pembiayaan sukarela peneliti. Konflik KepentinganPara penulis menyatakan bebas dari konflik kepentingan. Berbagi DataData hasil kajian tersedia melalui permohonan kepada penulis koresponden. Kontribusi Penulis Para penulis tidak mendeklarasikan setiap kontribusinya.
Joko Sapto Pramono, Mustaming Mustaming, Dewi Samara Putri
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 193-200; doi:10.36990/hijp.v12i2.207

Abstract:
Pempek merupakan makanan tradisional yang berasal dari Palembang. Makanan ini diproduksi oleh industri rumah tangga maupun pabrik pengolah makanan. Olahan ikan ini beresiko dicemari oleh bakteri Escherichia coli, Salmonella, dan Staphylococcus aureus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cemaran bakteri pada pempek yang dijual di pasaran kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian laboratorium. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 20 sampel pempek, 10 sampel produksi industri rumah tangga dan 10 sampel produksi pabrik. Sampel kemudian dibawa ke laboratorium dan dilakukan pemeriksaan jumlah koloni dengan menggunakan colony counter. Hasil penghitungan Angka Lempeng Total (ALT) pada media Plate Count Agar (PCA) menunjukkan bahwa sebanyak 18 sampel (90%) yang terdiri dari 10 sampel pempek produksi pabrik dan 8 sampel pempek produksi rumahan mengandung cemaran mikroba yang tinggi (> 5x 104). Masyarakat disarankan memasak pempek hingga matang sebelum mengkonsumsi baik pempek produksi pabrik maupun produksi rumahan agar terhindar dari resiko cemaran bakteri patogen. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanKajian terlaksana atas pembiayaan sukarela peneliti. Konflik KepentinganPara penulis menyatakan bebas dari konflik kepentingan. Berbagi DataData hasil kajian tersedia melalui permohonan kepada penulis koresponden. Kontribusi PenulisPara penulis tidak mendeklarasikan setiap kontribusinya.
Syahrianti Syahrianti, Wa Ode Fitriyanti, Askrening Askrening, Dwi Yanthi
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 214-223; doi:10.36990/hijp.v12i2.235

Abstract:
Gangguan kecemasan merupakan hal yang sering dialami oleh ibu yang muncul akibat ketidakmampuan dan kesiapan ibu untuk menerima kehadiran bayinya yang membutuhkan perawatan khusus pada minggu-minggu pertama kelahirannya. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kecemasan ibu nifas dalam perawatan bayi baru lahir di Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Kendari tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah semua ibu nifas yang melahirkan normal di Ruang Nifas Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Kendari yang berjumlah 34 Orang. Instrument pengumpulan data berupa kuesioner mengenai pengetahuan dan tingkat kecemasan ibu. Data dianalisis dengan uji Chi Square. Hasil penelitian ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kecemasan ibu nifas dalam perawatan bayi baru lahir dengan nilai p = 0,000 < ? = 0,05 dengan X2 hitung = 22,297. Ibu nifas sebaiknya meningkatkan pengetahuan tentang perawatan bayi baru lahir dan meningkatkan kesiapan mental dan fisik untuk mencegah adanya kecemasan pada ibu nifas. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanNihil. Berbagi data Permohonan berbagi data kepada peneliti dapat melalui e-mail korespondensi. Kontribusi Penulis Para penulis tidak mendaklarasikan kontribusinya.
Nunung Rachmawati
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 161-172; doi:10.36990/hijp.v12i2.205

Abstract:
Mahasiswa adalah salah satu kelompok yang rentan mengalami stress akademik. Stres akademik dapat disebabkan oleh jadwal kuliah yang padat, kelas yang penuh, ujian skill lab dan ujian tertulis. Penggunaan tekhnologi dapat membantu mahasiswa melakukan manajemen stress secara mandiri. Penggunaan aplikasi android yang disebut “Get Fresh and Relax” ini diharapkan dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta sehingga dapat berpengaruh kepada indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pre dan post-test with control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 83 responden dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan yang signifikan skor stres pada kelompok intervensi dengan kelompok kontrol dengan nilai p < 0,05. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi mobile mindfulness GFR terhadap skor stres mahasiswa Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanAkademi Keperawatan YKY Yogyakarta No. 028.A/22/AKPER YKY/I/2020. Konflik KepentinganPenulis menyatakan bebas dari konflik kepentingan. Berbagi DataPermohonan berbagi data kepada peneliti dapat melalui e-mail korespondensi.
Sitti Muhsinah
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 201-213; doi:10.36990/hijp.v12i2.228

Abstract:
Keluhan utama pasien fraktur adalah nyeri. Terapi musik religi merupakan intervensi pelengkap non-farmakologi untuk mengurangi nyeri. Musik melalui pendekatan spiritual mengubah pengalaman yang tidak menyenangkan menjadi pengalaman bermakna. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh terapi musik religi terhadap nyeri pada pasien fraktur di Kota Kendari. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi dengan pre and post-test control group, menggunakan consecutive sampling. Responden sebanyak 32 orang dan masing-masing 16 responden sebagai kelompok kontrol dan intervensi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penurunan skala nyeri pada kelompok intervensi. Terapi musik religi sebagai salah satu intervensi alternatif non-farmakologi untuk mengurangi nyeri pada pasien fraktur. Catatan Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. Pendanaan DIPA Poltekkes Kemenkes Kendari Tahun 2018 No DL.11.02/1/1097/2008. Konflik Kepentingan Para penulis menyatakan tidak ada konflik kepentingan. Kontribusi Penulis Sitti Muhsinah Conceptualization, Data curation, Formal analysis, Investigation, Methodology, Project administration, Validation, Writing-original draft, Writing-review & editing Novriadi S Ramba Investigation
Fitri Wijayati, Titin Nasir, Indriono Hadi, Akhmad Akhmad
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 224-235; doi:10.36990/hijp.v12i2.234

Abstract:
Harga diri rendah adalah evaluasi diri negatif yang dikaitkan dengan perasaan lemah, tidak berdaya, putus asa, ketakutan, rentan, rapuh, tidak lengkap, tidak berharga, dan tidak memadai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan rendahnya harga diri pasien jiwa di RS Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien gangguan jiwa dengan harga diri rendah di RSJ Provinsi Sulawesi Tenggara yang berjumlah 171 orang. Jumlah sampel 63 orang, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, uji statistik yang digunakan adalah uji chi square dan phi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan kejadian harga diri rendah adalah riwayat penganiayaan fisik, kehilangan orang terdekat, penolakan keluarga, dan kegagalan berulang. Disarankan bagi institusi RS Jiwa yang memberikan edukasi tentang pentingnya keluarga klien untuk memberikan dukungan dan kalimat pujian klien yang memiliki harga diri rendah untuk mengembalikan kepercayaan klien yang hilang. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanNihil. Berbagi dataPermohonan berbagi data kepada peneliti dapat melalui e-mail korespondensi. Kontribusi PenulisPara penulis tidak mendaklarasikan kontribusinya.
Maryati Sitorus, Tuti Asrianti Utami, Fransiska Dewi Prabawati
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 152-160; doi:10.36990/hijp.v12i2.200

Abstract:
Stres hospitalisasi adalah reaksi yang dihadapi anak dengan lingkungan asing selama proses perawatan di Rumah Sakit. Anak yang dirawat di rumah sakit mengalami krisis perubahan status kesehatan dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan hospitalisasi dengan tingkat stres pada anak usia sekolah di ruang rawat inap. Penelitian dilakukan pada Januari-Februari 2020 di Rumah Sakit Koja Jakarta Utara dengan 78 responden. Metode penelitian deskriftif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner DAAS (Depression Anxety Stress Scales). Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 78 responden terdapat anak yang mengalami tingkat stres ringan 13 anak (16,7%), tingkat stres sedang 51 anak (65,4%) dan tingkat stres tinggi 14 anak (17,9%) selama hospitalisasi. Hasil uji statistik menggunakan chi square dan Kendal tau C ditemukan adanya hubungan antara jenis kelamin (p-value 0,025) dan lama dirawat (p-value 0,013) dengan tingkat stres anak selama hospitalisasi. Tidak adanya hubungan antara pengalaman dirawat dengan tingkat stres selama hospitalisasi (p-value 0,562). Sebagai kesimpulan bahwa tingkat stres pada anak selama hospitalisasi dipengaruhi oleh jenis kelamin dan lama dirawat. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanPeneliti tidak menerima bantuan dana dari lembaga/institusi. Konflik KepentinganPenulis menyatakan bebas dari konflik kepentingan. Berbagi DataData hasil kajian ini disimpan pada repositori Zenodo http://doi.org/10.5281/zenodo.4048731 Kontribusi Penulis Maryati Sitorus Conceptualization, Data curation, Formal analysis, Funding acquisition, Methodology, Project administration, Resources, Validation, Visualization, Writing-original draft Tuti Asrianti Utami Conceptualization, Data curation, Formal analysis, Project administration, Resources, Supervision, Visualization, Writing-original draft, Writing-review editing Fransiska Dewi Prabawati Formal Analysis, Methodology, Validation
Rosmala Dewi, Retno Widowati, Triana Indrayani
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 131-141; doi:10.36990/hijp.v12i2.196

Abstract:
Virus COVID-19 dapat ditularkan dari manusia ke manusia melalui percikan batuk atau ludah. Ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk terjadinya morbiditas dan mortalitas dibandingkan dengan populasi umum. Untuk itu diperlukan pengetahuan Ibu Hamil terkait pencegahan COVID-19. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester III terhadap pencegahan COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 64 ibu hamil di Kota Bandung dengan sampel ibu hamil yang berkunjung memeriksakan kehamilannya di Klinik Casa Medika. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan melalui online. Pertanyaan meliputi 25 pertanyaan pengetahuan, 12 pertanyaan sikap dan 10 pertanyaan perilaku pencegahan. Semua pertanyaan pada kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 64 responden, yang melakukan pencegahan COVID-19 dengan baik sebanyak (56,3%) responden, sebanyak (62,5%) responden berpengetahuan baik dan sebanyak (51,6%) memiliki sikap positif terhadap pencegahan COVID-19. Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan pencegahan COVID-19 pada ibu hamil. Sikap tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan perilaku pencegahan COVID-19. Untuk ibu hamil disarankan agar tetap mempertahankan sikap positif terhadap pencegahan COVID-19 dalam kehidupan sehari-hari selama masa pandemi, agar tetap terhindar dari penularan COVID-19. Catatan PenerbitPoltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. PendanaanPeneliti tidak menerima bantuan dana dari lembaga/institusi. Konflik KepentinganPenulis menyatakan bebas dari konflik kepentingan. Berbagi DataData hasil kajian ini dapat anda manfaatkan melalui permintaan kepada penulis koresponden. Kontribusi Penulis Para penulis tidak mendeklarasikan setiap kontribusinya.
Hery Prambudi
Health Information : Jurnal Penelitian, Volume 12, pp 76-85; doi:10.36990/hijp.vi.168

Abstract:
Kandungan flavonoid pada Daun jambu biji berperan untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, antiinflamasi dan analgetik. Tujuan penelitian ini mengetahui efek analgetik dan pada konsentrasi berapa efek analgetik tersebut pada infus daun jambu biji merah mencit jantan dengan metode rangsangan kimia Jenis penelitian ini eksperimen murni menggunakan 25 ekor mencit yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan, tiap kelompok terdiri dari 5 ekor, kemudian diinduksi dengan asam asetat 1%v/v dosis 50 mg/kgBB secara intraperitonial (i.p) sebagai induksi nyeri atau sakit, dibiarkan selama 15 menit. Lalu dilakukan perlakuan pada masing-masing kelompok konsentrasi 10%b/v, 15%b/v, dan 20%b/v. Kemudian digunakan larutan suspensi parasetamol 1% dosis 65 mg/kgBB sebagai kontrol positif, aquadest sebagai kontrol negatif diberikan secara oral. Diamati jumlah geliat yang timbul dalam 5 menit selama 1 jam, lalu ditentukan persentase daya analgetiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infus daun jambu biji merah, memiliki efek analgetik hasil persentase daya analgetik sebesar 87,88% yang mendekati persentase daya analgetik parasetamol sebesar 100%. Catatan PenerbitPolekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun.
Back to Top Top