SYSTEMATICS

Journal Information
EISSN : 27146529
Current Publisher: Universitas Singaperbangsa Karawang (10.35706)
Total articles ≅ 12
Filter:

Latest articles in this journal

Bayu Priyatna, Shofa Shofia Hilabi, Nono Heryana, Arip Solehudin
Published: 1 December 2019
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 89-98; doi:10.35706/sys.v1i2.1978

Abstract:Keaneka ragaman adat dan budaya di Iindonesia sebagai warisan nenek moyang yang tidak ternilai harganya merupakan salah satu cerminan masyarakat Indonesia sebagai makhluk bermoral, berakal dan berperasaan. Keanekaragaman adat dan budaya Indonesia seperti upacara adat, kesenian, tari-tarian, senjata tradisional, lagu-lagu daerah dan pakaianadat memiliki nilai-nilai moral yang dapat dijadikan landasan dan diimplementasikan di kehidupan nyata. Dalam upaya melestarikan budaya Indonesia perlu adanya pengenalan tentang adat dan budaya Indonesia terhadap putra dan putri bangsa sejak usia dini agar budaya nusantara tetap lestari dan tidak hilang bahkan punah, terutama tari-tarian dan lagu nusantara yang selalu menjadi kekuatan dan ciri khas dari budaya Indonesia di mata dunia. Membangun multimedia interaktif merupakan inovasi yang tepat dalam memperkenalkan budaya Indonesia. Metode dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan Interactive Multimedia System Design & Development Cycle secara khusus memberikan pembahasan mengenai tahapan pengembangan dan perancangan untuk sistem multimedia interaktif, hasil dari pembuatan aplikasi di uji terlebih dahulu dengan white box testing sebelum di publikasikan.
Galih Arumningtyas, Puput Irfansyah, Soepardi Harris
Published: 1 December 2019
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 110-115; doi:10.35706/sys.v1i2.2235

Abstract:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem akademik, selain itu penulis berharap agar para pengguna dapat memahami maksud dari sistem informasi ini. Berdasarkan penelitian , pengolahan data murid di bimbel sinar ilmu ini masih menggunakan sistem manual yaitu masih memanfaatkan berkas fisik sehingga kurang efisien. Dan para orang tua juga tidak perlu khawatir masalah harga, karena di bimbel sinar ilmu setiap murid bisa mendapatkan bimbingan belajar dengan harga terjangkau. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis sistem ini adalah dengan menggunakan metode analisis data dan observasi lapangan. Selain itu penulis juga menggunakan metode wawancara dan kepustakaan untuk mendapatkan data lebih lengkap. Setelah penulis merancang dan menganalisa program sistem informasi akademik, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pada aplikasi ini bagian tata usaha dapat menangani pekerjaan, penginputan data-data dengan cepat dan akurat serta dapat diupdate dengan mudah. Semoga dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan mempermudah pekerjaan yang memerlukan kecepatan dan ketepatan informasi.
Ultach Enri, Chaerur Rozikin
Published: 1 December 2019
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 116-129; doi:10.35706/sys.v1i2.2688

Abstract:Ruang kelas merupakan tempat diadakannya proses belajar mengajar. Dalam ruang kelas terdapat berbagai macam fasilitas pendukung proses belajar mengajar. Kerusakan fasiltas yang ada diruang kelas akan mengganggu proses belajar mengajar. Kerusakan fasilitas ruang kelas tersebut antara lain infocus rusa, ac mati, kabel rusak dan lain sebagainya. Kerusakan kerusakan tersebut karena sering pakai oleh mahasiswa dan dosen secara bergantian sehingga kalau terjadi kerusakan akan mengganggu mahasiswa dan dosen lain yang akan mengajar berikutnya. Untuk melaporkan kerusakan ruang kelas tersebut agak susah karena sebagian besar mahasiswa dan dosen tidak tahu pihak yang berwenang untuk menangani kerusakan fasilitas ruang kelas tersebut. Masalah tersebut perlu dicarikan solusinya agar kerusakan dapat terselesaikan dengan cepat dan tidak mengganggu mahsiswa dan dosen lain yang akan menggunakan ruang kelas tersebut. Solusi dari permasalahan tersebut dengan cara mengembangkan aplikasi berbasis android untuk melaporkan setiap kerusakan fasilitas yang ada diruang kelas. Penelitian ini akan mengembangkan sistem untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Amdani Amdani
Published: 1 December 2019
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 130-139; doi:10.35706/sys.v1i2.2982

Abstract:Rancang bangun alat ukur tinggi gelombang air laut dengan Arduino Uno ATmega 328 dan wave tank ini berfungsi sebagai alat digital sederhana berbasis mikrokontroller yang dapat mengukur tinggi gelombang laut secara realtime dengan sistem penyimpanan data offline dan data pengukuran dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan pelabuhan, jetty, keramba jaring apung pantai, bangunan apung, aktifitas nelayan dan pelayaran. Secara keseluruhan alat ukur tinggi gelombang telah dapat beroperasi dengan baik dan menyimpan data secara offline, data yang terbaca tidak stabil dipengaruhi oleh permukaan air yang bergerak atau gelombang selalu berbeda pada setiap percobaan. Dalam pengambilan data menggunakan alat yang telah dibuat didapatkan nilai error yang mulai muncul pada percobaan ke 8, 9 dan 10. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya permukaan air sehingga terlalu dekat dengan keberadaaan sensor. Hasil uji alat ukur tinggi gelombang dapat bekerja secara otomatis menyimpan data sehingga pada 10 kali percobaan ini didapatkan hasil dengan nilai rata-rata error sebesar 0.99%, kesalahan relatif antara data alat dan visual sebesar 1.96% dengan akurasi rata-rata sebesar 99%, selisih standar deviasi antara alat dan visual sebesar 0.0969 ini tidak signifikan. Hasil pembuatan wave tank sebagai media untuk percobaan secara otomatis terdapat kendala, hal ini terjadi karena faktor salah satu komponen penggerak gelombang (servo) mengalami kerusakan karena torsi servo yang kecil sehingga tidak mampu mengangkat beban massa air yang terlalu besar. Pada saat percobaan, dalam menggerakan gelombang hanya secara manual karena pada dasarnya acuan pertama yang diamati merupakan gelombang saja.
Baenil Huda, Bayu Priyatna
Published: 1 December 2019
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 81-88; doi:10.35706/sys.v1i2.2076

Abstract:Manfaat penelitian adalah Agar warung atau kios, tidak hanya dikenal mengandalkan pembeli yang lewat atau tetangga saja dan dapat membuat aplikasi penjualan secara online untuk warung atau kios yang ada di masyarakat, khususnya di Kabupaten Karawang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode SDLC dengan model waterfall. Dari hasil penelitian ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk yang dijual di warung atau kios dengan berbasis online atau e-commerce.
Supianto Supianto, Atikah Atikah, Siti Marti'ah
Published: 1 December 2019
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 99-109; doi:10.35706/sys.v1i2.2193

Abstract:Selama penulis melakukan penelitian menemukan bahwa pada SMK Kesuma Bangsa 1 Depok tidak memiliki sistem pengolahan data administrasi sekolah yang terkomputerisasi sehingga staff administrasi mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan nya dan semua siswa melakukan pembayaran sekolah masih menggunakan buku bayaran sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan, merancang sistem informasi, melakukan analisis dan pengujian sistem serta untuk melakukan implementasi administrasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode grounded (grounded research) yaitu suatu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan menggunakan empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori. Setelah dilakukan penelitian serta Perancangan Sistem Informasi Administrasi Sekolah pada SMK Kesuma Bangsa 1 Depok, sehinggga dapat mempermudah staff administrasi dalam melakukan pekerjaan nya selain itu juga mempermudah siswa dalam proses pembayaran administrasi sekolah karena tidak perlu lagi membawa buku bayaran sekolah.
Idrus Ramadhan
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 1-11; doi:10.35706/sys.v1i1.1976

Abstract:Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)Masjid Al-Hasan merupakan penyedia layanan internet untuk warga perumahan Taman Sakinah. Selama ini pengelolaan serta pencatatan data pelanggan masih dilakukan secara manual yang dicatat dalam sebuah buku, begitu juga dalam hal pembayaran pemakaian internet, pelanggan diberikan kartu pembayaran, dan kartu pembayaran ini juga sebagai alat bukti pembayaran pemakaian internet yang dibayarkan setiap bulannya. SMS gateway adalah suatu aplikasi yang memungkinkan untuk menerima atau mengirim pesan, sebagai pengganti perangkat telekomunikasi (handphone). Ketika menerima atau mengirim pesan, maka akan memakai fungsi-fungsi dan tombol-tombol yang ada pada handphone. Aplikasi SMS gateway memberikan interface yang hamper serupa dengan handphone,untuk melakukan fungsi-fungsi tersebut.Selain itu, SMS gateway juga digunakan untuk melakukan otomatisasi pengelolaan pesan,seperti mengirimkan pesan ke banyak nomor tujuan, membalas pesan secara otomatis dan sebagainya (Awan Pribadi Basuki, 2017). Dalam penelitian ini, perancangan sistem informasi pembayaran sesuai perkembangan teknologi saat ini dengan berbasis web agar dapat membantu dalam pengelolaan data pembayaran jasa internet RT/RW net yang meliputi pencarian, penyimpanan data, dan penerapan teknologi sms gateway agar dapat meningkatkan efektifitas pelayanan kepada pelanggan dalam menyampaikan informasi pembayaran.
Kamal Prihandani, Agung Susilo Yuda Irawan
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 22-32; doi:10.35706/sys.v1i1.2006

Abstract:Perkembangan teknologi internet memberikan pemanfaatan lain yaitu Internet of Things (IoT). IoT melakukan komunikasi antara hardware embedded system dengan perangkat - perangkat elektronik atau mesin-mesin, sehingga dapat bertukar data atau melakukan aksi tertentu yang dikendalikan dari jarak jauh. Salah satu pengembangan dari IoT adalah door lock, door lock digunakan untuk memerikan solusi dalam penguncian konvensional yang jika meminjamkan kunci sangat rentan terhadap tindakan duplikasi, tidak dapat diketahui secara cepat jika pintu yang dibuka dengan paksa dan pintu sering ditinggalkan dalam keadaan tidak terkunci, batasan dalam penelitian ini pengguna harus memiliki koneksi internet dalam smart phone, pin 6 digit digunakan sebagai key.
Agung Susilo Yuda Irawan, Kamal Prihandani
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 12-21; doi:10.35706/sys.v1i1.2009

Abstract:Internet merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas yang terhubung langsung secara terus menerus. Penilitian ini membahas tentang sistem pengontrolan Lampu berbasis Internet. Permasalahan yang menjadi tantangan ke depan untuk dapat diselesaikan yaitu sulitnya mengontrol penggunaan dari setiap. Penelitian dilakukan dengan membangun sebuah perangkat prototype pengendali jarak jauh untuk lampu . Dengan sebuah metode virtual prototype dan metode fuzzy Mamdani maka penelitian yang dilakukan dapat merancang sebuah rancangan virtual dan pengontrolan lampu secara otomatis dengan intensitas cahaya serta hasil yang di dapat akan diuji dengan tanggapan user menggunakan User Acceptance Test dengan hasil dari setiap kategori yaitu 1) Persepsi sikap penerimaan pengguna mendapatkan hasil 68,5 %, 2) Persepsi kesesuaian sistem yang dibuat mendapatkan hasil 84,25 %, 3) Persepsi kegunaan / kemanfaatan sistem mendapatkan hasil 65 %, 4) Persepsi kemudahan sistem mendapatkan hasil 83,3 %, dan kategori ke 5) Persepsi minat prilaku pengguna mendapatkan hasil 85 %. Dan diterima baik oleh user. Hasil peneltian ini sistem pengontrol lampu berbasis Internet, mempermudah memonitring dan mengkontrol peralatan lampu dengan baik serta prototype yang dibuat dapat mengkontrol penggunaan daya dari setiap lampu yang digunakan
Rini Mayasari
SYSTEMATICS, Volume 1, pp 44-57; doi:10.35706/sys.v1i1.2010

Abstract:SMS Gateway merupakan salah satu teknologi jaringan telekomunikasi untuk mengirim dan menerima Short Message Service (SMS). Fasilitas yang dimiliki oleh SMS Gateway dapat dimanfaatkan untuk pelayanan data akademik. Pelayanan akademik yang memanfaatkan SMS Gateway akan mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan pelayanan data akademik secara cepat dan tepat. Kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya. Oleh karena itu maka dirancang aplikasi SMS Gateway yang dapat melayani penyediaan data akademik di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbangsa Karawang. Aplikasi ini berguna untuk pelayanan informasi nilai mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan Trigger di MySQL, Apache dan Gammu. Gammu adalah perangkat lunak yang di khususkan untuk membangun SMS Gateway, Aplikasi yang telah diuji cukup bermanfaat dalam memberikan layanan informasi nilai mahasiswa, sehingga membantu pengguna atau mahasiswa mendapat informasi yang dibutuhkan.