Journal Information
ISSN / EISSN : 1979-6439 / 2338-5979
Total articles ≅ 107
Filter:

Latest articles in this journal

Yeremia Tomi Sepis
Abstract:
PT XYZ adalah salah satu lembaga pendidikan yang sering menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan operasional agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keamanan sistem informasi di PT XYZ memiliki tingkat keamanan yang berada pada tingkat standar pengukuran tertentu adalah dengan menggunakan domain COBIT 5 kerangka DSS05 dan APO13. Responden untuk mendapatkan sistem keamanan data adalah kepala departemen TI di PT XYZ . Proses Untuk mendapatkan hasil dari wawancara yang telah dilakukan, peneliti menggukan rumus yang telah ada di buku COBIT 5 Hasil yang diperoleh dari DSS05 Domain menunjukkan bahwa keamanan sistem di PT XYZ berada pada level 2 yang berarti bahwa keamanan sistem telah berjalan berdasarkan perencanaan, pemantauan, dan penyesuaian tetapi dalam Domain APO13 menunjukkan bahwa keamanan sistem belum diimplementasikan atau belum diimplementasikan karena level yang diperoleh di level 0. Oleh karena itu perlu untuk meningkatkan sistem keamanan yang ada di PT XYZ sesuai dengan standar Kerangka Kerja COBIT 5.
Emeraldi Destian Rasman
Abstract:
Kualitas adalah fitur-fitur atau produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Website merupakan hal yang harus diperhatikan oleh institusi dalam hal ini institusi pendidikan, karena digunakan oleh pengguna yang ada didalam institusi tersebut. Untuk mengetahui kualitas website maka perlu dilakukan pengukuran kualitas website akademik yang dimiliki oleh PT XYZ. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Webqual 4.0 (Barnes & Vidgen, 2001) yang terdiri dari 4 variabel yaitu Usability, Information Quality, Service Interaction, User Satisfaction, dan memiliki 14 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda yang akan memberikan gambaran mengenai hubungan antara kualitas website dengan kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 68 mahasiswa PT XYZ. Uji validitas, reliabilitas, dan analisa data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Hasil analisa dalam uji parsial menunjukkan bahwa kualitas kegunaan (Usability) dan layanan interaksi (Service Interaction) memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna (User Satisfaction). Sedangkan kualitas informasi (Information Quality) tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna (User Satisfaction) karena dari hasil uji menunjukkan pengaruh negatif dan tidak memenuhi syarat uji signifikansi dan uji t . Pada hasil uji F, menunjukkan bahwa Kualitas kegunaan (Usability), Kualitas Informasi (Information Quality), dan (Service Interaction) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (User Satisfaction). Dan hasil pengujian seluruh variabel bebas Usability, Information Quality, dan Service Interaction menunjukkan tingkat kepuasan pengguna atau User Satisfaction sebesar 41,9%. Dimana semua variabel bebas mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 41,9%.
Louis Eberhard Hutagalung
Abstract:
Rumah Sakit merupakan sebuah instansi kesehatan yang merupakan pusat pelayanan kesehatan di mana orang sakit dapat ditampung dan diobati dengan baik. Rumah Sakit XYZ merupakan bagian dari jaringan pelayanan kesehatan AHSA, dimana pada tahun 1986 telah menggunakan aplikasi CLIPPER untuk penyimpanan data. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan manajemen risiko Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada Rumah Sakit XYZ. Dengan melakukan wawancara serta membagikan Kuesioner kepada bagian Mirsa sebagai pengelola IT pada Rumah Sakit. Dalam melakukan manajemen risiko, ISO 31000 diterapkan dan disesuaikan untuk semua jenis organisasi dengan memberikan struktur dan pedoman yang berlaku generik terhadap semua operasi yang terkait dengan manajemen risiko. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 risk level tingkatan high, merupakan risiko berbahaya yang harus diatasi secepatnya, dan 13 risk level tingkatan medium yang merupakan risiko yang harus diperhatikan terus-menerus, sehingga setiap risiko harus dilakukan perlakuan risiko yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam penanganan dan pemeliharaan terhadap Sistem Informasi di waktu yang akan datang.
Lionard Kinsy
Abstract:
Prediksi merupakan alat bantu yang penting untuk membuat perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen. Dalam penelitian ini, prediksi akan membantu Klinik XYZ dalam pengambilan keputusan persediaan stok agar tidak terjadi kekurangan persediaan maupun berlebihan persediaan. Dengan memanfaatkan data mining, penulis bertujuan untuk mengimplementasikan jaringan syaraf tiruan untuk meramalkan persediaan stok obat dan juga merancang sebuah aplikasi yang mampu menerapkan prediksi menggunakan metode jaringan syaraf tiruan untuk meramalkan stok obat. Menggunakan model jaringan syaraf tiruan dengan konfigurasi yaitu 5 neuron pada lapisan input, 3 lapisan tersembunyi yang masing-masing memiliki 4, 3, dan 4 neuron, dan 1 neuron pada lapisan output dengan fungsi aktivasi ReLU dan learning rate sebesar 0.001, aplikasi ini mampu untuk menyajikan hasil prediksi pada periode yang diinginkan disertai dengan nilai galat prediksi dalam bentuk Mean Absolute Percentage Error. Dari 4 jenis produk yang diuji dengan total sampel sebanyak 24 periode dari Januari 2017 sampai Desember 2018, model jaringan syaraf tiruan memberikan hasil prediksi untuk bulan September 2018 – Desember 2018 adalah: (1) produk Amobiotic yaitu 593, 693, 584, dan 632, (2) produk Loremid yaitu 97, 222, 161, dan 137, (3) produk Meproson yaitu 599, 614, 398, dan 401, (4) produk Nikolam yaitu 215, 256, 290, dan 338.
Henokh F Supusepa
Abstract:
Layanan dan teknologi internet berkembang pesat terhadap kompleksitas, desain, manajemen, dan operasi yang mengarah pada peningkatan jumlah perangkat yang terhubung dan lalu lintas di jaringan telah meningkat sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, muncul perkembangan layanan baru dan penggunaan mobilitas tinggi dan virtualisasi Server, komputasi awan , dan Internet of Things sedang dikembangkan menghasilkan arsitektur jaringan saat ini yang sangat terbatas kemampuannya. Teknologi Software Defined Network adalah konsep baru dalam merancang, mengelola dan mengimplementasikan arsitektur jaringan dengan memisahkan sistem kendali dari sistem penerusan/forward pada peralatan jaringan. Software Defined Network memungkinkan jaringan untuk menyesuaikan lingkungan secara dinamis untuk menyederhanakan pengelolaan dan meningkatkan skalabilitas jaringan melalui implementasi sederhana dari tambahan komponen dan layanan jaringan. Oleh karena itu, persyaratan yang lebih tinggi diajukan untuk meningkatkan kinerja jaringan dan akhirnya pengendalian jaringan menjadi semakin kompleks, tidak konsisten dan tidak fleksibel. Performa jaringan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti konfigurasi jaringan, jumlah permintaan, dan metode manajemen jaringan.
Albinur Limbong
Abstract:
Artikel ini adalah sebuah studi tentang persepsi mahasiswa terhadap sistem online UNAI. Data untuk persepsi mahasiswa diperoleh dari angket yang diisi mahasiswa secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa baik sistem online UNAI menurut persepsi mahasiswa. Studi ini dilakukan pada semester ganjil 2021/2022. Populasi berjumlah 1636 orang, sedangkan sampel yang diambil secara acak berjumlah 105 orang. Angket terdiri dari 6 parameter persepsi: manfaat sistem online, kemudahan penggunaan, dukungan lingkungan, kelengkapan fasilitas, minat menggunakan, dan frekuensi penggunaan. Studi menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regressi secara individual, manfaat, kemudahan, dukungan, kelengkapan fasilitas berpengaruh signifikan pada minat menggunakan sistem online, dan minat menggunakan sistem online berpengaruh signifikan pada frekuensi penggunaan. Tetapi berdasarkan analisis regressi secara simultan, dari empat parameter persepsi, hanya dua (manfaat dan kelengkapan fasilitas) yang berpengaruh signifikan pada minat menggunakan sistem online. Berdasarkan analisis tabulasi silang, mahasiswa fakultas pendidikan memiliki persepsi lebih baik pada sistem online UNAI dibanding mahasiswa fakultas lain, mahasiswa senior memiliki persepi yang lebih baik dibanding angkatan lain, dan mahasiswa perempuan memilki persepsi lebih baik dibanding mahasiswa laki-laki. Hasil penelitian ini memberi implikasi bahwa fasilitas sistem online perlu lebih ditingkatkan dalam hal jaringan, bandwith, fasilitas computer dan sumber-sumber belajar untuk meningkatkan pencapaian akademik mahasiswa pada masa pembelajaran online akibat pandemic covid-19.
Jose Josua Sinaga
Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah para salesman, manager cabang dan data analys untuk melakukan permintaan hingga penyediaan barang pada pusat-pusat distribusi dengan cara membuat website perencanaan penjualan dan distribusi di PT Gandum Mas Kencana Tangerang. Pembuatan aplikasi ini menggunakan PHP (Hypertext Prepocessor) sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai database. Data yang diperlukan didapatkan pada PT Gandum Mas Kencana Tanggerang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara ke lokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa diperlukannya sebuah website untuk membantu salesman, manager cabang dan data analys dalam melakukan perencanaan penjualan dan distribusi barang. Dan juga mempermudah PT Gandum Mas Kencana Tangerang dalam melakukan pengolahan data dan penyimpanan data.
Joseph Hamonangan
Abstract:
Rumah Sakit Advent Bandar Lampung (RSABL) adalah institusi perawatan kesehatan profesional yang memiliki sistem manajemen sumber daya (human resources management) yang menggunakan media pengolahan data Ms. Excel. (Human Resource Department) HRD akan mengolah data setiap karyawan yang ada menggunakan media (software) pengolahan data untuk membuat dokumentasi mengenai absensi hingga analisa gaji berdasarkan absensi yang sudah dikelola. Inovasi pemrograman dan database sebagai media kapasitas dapat bermanfaat dalam membuat perbedaan klasifikasi informasi data. Perbaikan dari Framework yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterfall. Strategi ini terdiri dari pengumpulan prasyarat, pemeriksaan, rencana kerangka kerja, eksekusi, pengujian, dan dukungan. Framework ini direncanakan menggunakan Framework Codeigniter. Hasil uji coba sistem Human Resource Management dapat mengelola data karyawan, mengelola data absen, melakukan pengajuan cuti dan data gaji pada RSABL dengan baik.
Ray Mondow Sagala
Abstract:
Kelulusan sebuah mata kuliah sangatlah penting, apabila terdapat mahasiswa yang tidak lulus di sebuah mata kuliah terutama mata kuliah yang memiliki keterikatan dengan mata kuliah lain, harus mengambil ulang mata kuliah tersebut. Kelulusan di sebuah mata kuliah tidak dapat diketahui sebelum dilakukannya ujian final dan perhitungan nilai akhir sebuah mata kuliah,. Untuk itu perlu dilakukannya prediksi terhadap kelulusan mata kuliah agar membantu mengantisipasi tidak lulusnya mahasiswa dalam sebuah mata kuliah. Melalui tahap studi literatur, wawancara dan melihat data kinerja akademik yang di dapat, maka digunakan nilai tugas, nilai unit test, nilai mid test, dan kehadiran yang didapat dari data kinerja serta faktor internal dan eksternal mahasiswa seperti keaktifan kelas, Status tinggal, Bahasa materi pelajaran, dan bentuk tugas akhir yang di berikan. Pengolahan data dilakukan menggunakan K-means, kemudian menghitung chi square atribute selection dan menghitung tingkat akurasi prediksi tersebut menggunakan confusion matrix. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil prediksi menggunakan K = 3 dari 118 data yang diolah terdapat 13 mahasiswa yang tidak lulus, 36 mahasiswa lulus dengan nilai cukup, dan 69 mahasiswa lulus dengan nilai baik. Dan yang mempengaruhi prediksi kelulusan menggunakan chi square atribute adalah nilai mid dengan ranked atributes sebesar 49, nilai tugas sebesar 46, dan kehadiran sebesar 42. Bahasa materi yang menggunakan Bahasa inggris mempengaruhi mahasiswa yang lulus dengan nilai cukup. Sedangkan tugas akhir yang berupa proyek atau ujian teori tidak terlalu mempengaruhi prediksi kelulusan mahasiswa di sebuah mata kuliah. Penggunaan confusion matrix terhadap hasil prediksi menunjukkan tingkat akurasi sebesar 93% dengan presisi dan recall sebesar 96% dan 92%.
Albinur Limbong
Abstract:
Pandemi covid-19 telah melanda Indonesia bahkan seluruh dunia sejak awal tahun 2020, dan banyak manusia telah menderita penyakit akibat pandemic ini dan bahkan tidak sedikit manusia yang telah meninggal. Disamping membunuh begitu banyak manusia, pandemic covid-19 telah menjadi mimpi buruk bagi banyak orang yang hidup di dunia sekarang ini, telah menghancurkan perekonomian, bahkan setiap aspek kehidupan kita, termasuk dunia pendidikan. Pemerintah Indonesia telah menerapkan regulasi lock-down untuk menghambat atau memutus rantai penyebaran covid-19, dimana orang diharuskan bekerja dari rumah. Tidak terkecuali, UNAI secara tiba-tiba harus mengubah proses belajar mengajar dari tatap muka di kelas (offline) menjadi daring (online), sekalipun UNAI adalah perguruan tinggi berasrama dimana mahasiswa harus tinggal di asrama. Sehubungan dengan perubahan yang tiba-tiba dari proses belajar mengajar ini, tentu ini akan berdampak pada prestasi belajar mahasiswa, kinerja dosen maupun institusi. Adalah menarik untuk mempelajari apakah pandemi covid-19 membawa dampak negative saja kepada UNAI atau apakah ada dampak positifnya. Tujuan dari studi ini adalah untuk melihat apakah pandemi covid-19 berdampak pada kinerja mahasiswa, dosen dan UNAI sebagai institusi. Kinerja mahasiswa dilihat dari indeks prestasi semester (IPS) mahasiswa, sementara kinerja dosen dilihat dari evaluasi dosen oleh mahasiswa dan kinerja publikasi hasil penelitian. Kinerja UNAI secara institusi, selain kinerja mahasiswa dan dosen, juga dilihat kinerja keuangan, rangking, akreditasi dan lain-lain. Studi ini dilakukan sejak Maret 2020 hingga Juni 2021. Hasil studi menunjukkan bahwa pandemic covid-19 berdampak positif pada pencapaian mahasiswa, karena ada peningkatan rerata IPS yang cukup signifikan dari 3,21 menjadi 3,26. Namun dari segi evaluasi dosen oleh mahasiswa ada sedikit penurunan, walau tidak signifikan, dari 4,41 menjadi 4,39. Persentasi dosen yang menghasilkan publikasi buku maupun artikel ilmiah di jurnal yang diakui meningkat dari sekitar 40% (sebelum pandemi) menjadi 55% (pada saat pandemi). Secara institusi, UNAI menunjukkan kinerja yang bahkan lebih baik pada masa pandemi covid-19, dilihat rangking UNAI menurut badan perangkingan dunia (webometrics), akreditasi, dan indikator keuangan (working capital, liquidity and cash). Dapat disimpulkan bahwa, sekalipun ada sisi negatifnya, pandemi covid-19 telah membawa dampak positif kepada UNAI. Pandemi Covid-19 adalah seperti berkat di tengah musibah (blessing in disguise) bagi UNAI.
Back to Top Top