Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Journal Information
ISSN / EISSN : 2460-7274 / 2685-8045
Published by: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (10.33084)
Total articles ≅ 65
Filter:

Latest articles in this journal

Akhmad Liana Amrul Haq, Minzani Aufa
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 1-7; doi:10.33084/suluh.v5i2.1155

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk menurunkan perilaku agresi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Muhammadiyah Srumbung, subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang dibagi menjadi tiga kelompok yakni satu kelompok eksperimen (KE), satu kelompok kontrol satu (KK1) dan satu kelompok kontrol dua (KK2). Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala agresi, desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalalah Solomon Three Group Design. Nilai post test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol satu yang dianalisis menggunakan teknik teknik Mann Whitney U diperoleh Asymp. Sig sebesar 0,014 (p
Avif Nur Khanifa, Dini Rakhmawati, Ismah Ismah
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 16-24; doi:10.33084/suluh.v6i1.1706

Abstract:
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal dengan media audio visual untuk mengembangkan konformitas positif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Rembang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperimen design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test design. Peneliti menggunakan sebanyak 32 siswa untuk kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Hasil penelitian kelompok eksperimen skor pretest rata-rata 62,1 (kategori tinggi) dan kelompok kontrol sebesar 51,1. Hasil post-test menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 63,5 (kategori tinggi) dan kelompok kontrol sebesar 48,8.Sehingga terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 1,4.Hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 15,17.Dikonsultasikan dengan ttabel taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,042. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung =15,17> ttabel =2,042. Disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan klasikal dengan media audio visual untuk mengembangkan konformitas positif siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Rembang.
Mimi Suriatie
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 25-41; doi:10.33084/suluh.v6i1.1707

Abstract:
Guru adalah profesi di sekolah berkewajiban membantu pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, seperti: turut serta aktif dalam membantu melaksanakan kegiatan BK, Memberikan informasi kepada staf BK , Berpartisipasi dalam pertemuan kasus, Memberikan informasi kepada siswa, Meneliti kesulitan dan kemajuan siswa, Meneliti hasil kemajuan siswa, Mengadakan hubungan dengan orang tua siswa, Bekerjasama dengan penyuluh pendidikan dalam pengumpulan data siswa, mengidentifikasikan masalah, Membantu memecahkan masalah siswa, Mengirimkan (refral) masalah siswa yang tidak dapat diselesaikannya kepada Guru BK, Mengidentifikasikan, menyalurkan, membina bakat. Tujuan penelitian ini “ingin mengetahui peranan guru-guru kelas dan konseling di SDN Rabauh, Sampel berjumlah 11 orang guru kelas. Alat pengumpulan data utama menggunakan teknik Check List, yaitu: suatu cara untuk memperoleh data dengan membuat daftar pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh guru-guru kelas pada SDN Rabauh. Cara menganalisa data untuk menguji kenyataan yang ada partisipasinya guru-guru Kelas terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling, peneliti menggunakan perhitungan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua komponen tujuan dalam penelitian dilaksanakan dengan prosentase 100% cukup tinggi oleh guru-guru kelas. Ini berarti guru sangat berpartisipasi dan mendukung Program Layanan Bimbingan dan konseling di SDN Rabauh.
Diah Ayu Pitaloka, Supardi Supardi, Tri Hartini
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 56-65; doi:10.33084/suluh.v6i1.1710

Abstract:
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perilakumenyontek yangmerupakan salah satu fenomena pendidikan yang sering dan bahkan selalu muncul menyertai aktifitas proses belajar mengajar sehari-hari, tetapi jarang mendapat pembahasan.Salah satu alternatif yang dapat mengurangi perilaku menyontek adalah layanan bimbingan kelompok. Masalah pokok yang dikaji ialah,apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips berpengaruh untuk mengurangi perilaku menyontek pada siswa SMP Negeri 2 Ungaran?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips untuk mengurangi perilaku menyontek pada siswa SMP Negeri 2 Ungaran.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design.Sampel dalam penelitian yaitu 30siswa kelas VII-A dan VII-I SMP N 2Ungaran yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling.Berdasarkanhasil pengujian dengan uji-t diketahui bahwa hasil thitung sebesar 2,129 dan ttabel sebesar 2,048. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung (2,129) > ttabel (2,048), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chips dapat mengurangi perilaku menyontek siswa SMP Negeri 2 Ungaran, diterima kebenarannya. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik talking chipsdapat mengurangi perilaku menyontek siswa.
Yelita Yelita
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 66-72; doi:10.33084/suluh.v6i1.1711

Abstract:
Proses pembelajaran Sub Tema Perubahan Lingkungann Kelas VB dengan Pokok Bahasan Pemanfaatan alam yang sembarangan, setelah diadakan evaluasi pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 10 siswa atau 47,62% tidak tuntas sebagaimana Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 10 siswa atau 48%. Untuk itu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning. Hasil siklus I adalah sebanyak 17 siswa atau 80,95% tuntas, sedangkan 4 siswa atau 19,05% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Tetapi peningkatan ini belum seperti yang diharapkan yaitu di atas 85% dari jumlah siswa. Maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Hasil yang dicapai pada siklus II adalah sebanyak 18 siswa atau 85,71% tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Kriteria ketuntasan 85% yang berada di atas 85% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil. Dengan Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Pokok Bahasan Pemanfaatan alam yang sembarangan Kelas VB SD Negeri 1 Batu Badinding , terbukti kebenarannya. Dengan Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pokok Bahasan Pemanfaatan alam yang sembarangan Kelas VB SD Negeri 1 Batu Badinding , terbukti kebenarannya.
Aulia Fitri, Djumandil Rahman, Zildesmi Zildesmi, Wahidah Fitriani
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 42-47; doi:10.33084/suluh.v6i1.1548

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperiment. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian1ini adalah pre-eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) terdapat peningkatan perilaku prososial siswa setelah diberikan treatment bimbingan kelompok teknik role playing dengan (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa dengan nilai (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %. Hasil treatment diperoleh 2 siswa mempunyai perilaku prososial kategori sangat tinggi, 6 siswa kategori tinggi dan 2 siswa mempunyai perilaku prososial dengan kategori sedang.
Mahdya Nabila, Yovitha Yuliejantiningsih, Ismah Ismah
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 48-55; doi:10.33084/suluh.v6i1.1709

Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki perilaku mencontek kategori tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku terhadap perilaku mencontek siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan metode penelitian pre experiment design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 siswa. Sampel diambil dari hasil pretest perilaku mencontek berjumlah 7 siswa yang perilaku mencontek kategori tinggi. Teknik sampling penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Hasil setelah diberikan treatment layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku terhadap perilaku mencontek siswa kelas VIII dapat dibuktikan dengan data penelitian yang menunjukkan bahwa hasil rata-rata pretest sebesar 95 dan hasil rata-rata posttest sebesar 77,7. Dari hasil uji sign test wilcoxon menunjukkan bahwa nilai (z = -2,384, p
Ahmad Zulkarnain, Tamimatul Uzlifah
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 6, pp 8-15; doi:10.33084/suluh.v6i1.1704

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap-tahap pelaksanaan bimbingan klasikal yang dilakukan oleh guru BK dalam membangun kepercayaan diri siswa kelas X IBB di MAN 3 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Adapun subyek penelitian ini adalah koordinator BK, guru pembimbing (BK) dan siswa kelas X IBB. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana tahap-tahap bimbingan klasikal dalam membangun kepercayaan diri siswa kelas X IBB MAN 3 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data melalui Observasi, Interview (wawancara) dan Dokumentasi. Adapun untuk analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah diperoleh kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah di atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tahap-tahap bimbingan klasikal dalam membangun kepercayaan diri siswa kelas X IBB di MAN 3 Bantul, yaitu dimulai dari perencanaan kegiatan yang tersusun dalam SATLAN/RPL, pengorganisasian yang berupa saran dan prasana, pelaksanaan dari program itu sendiri, monitoring dan penilaian untuk mengevaluasi layanan yang sudah dilakukan serta adanya tindak lanjut untuk perbaikan oleh guru BK.
Ade S. Permadi, Rahmani Rahmani
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 5, pp 48-52; doi:10.33084/suluh.v5i1.1314

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Google Apps For Education bagi mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi Semester V (2) Untuk mengetahui respon mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi Semester V terhadap pembelajaran menggunakan media Google Apps for Education. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus Tahun 2019 yang berlokasi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Google Apps For Education dengan mengunakan Aplikasi Google Classroom dapat diterapkan dalam proses pembelajaran mahasiswa karena dapat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas serta untuk mempermudah diskusi dalam proses belajar mengajar.
Christina Nanimusiani, Supardi Supardi, Desi Maulia
Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 5, pp 33-39; doi:10.33084/suluh.v5i1.1312

Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya konsep diri siswa di sekolah. Bentuk dari rendahnya konsep diri yaitu memiliki rasa percaya diri yang rendah, merasa tidak diperhatikan oleh keluarga, tidak disukai oleh guru dan teman, mudah putus asa dan bersikap pesimis terhadap kompetisi dalam bersaing dengan orang lain dalam hal prestasi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap konsep diri ssiwa SMP Mardi Rahayu Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design ini menggunakan pretest-postest design. Hasil analisis dengan menggunakan Uji-t. Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus Product Moment dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 31 butir dan 9 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,906. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan konseling kelompok behavior, menunjukkan adanya peningkatan konsep diri siswa . Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitung > ttabel (2,392 > 2,110) dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap konsep diri siswa SMP Mardi Rahayu Ungaran.
Back to Top Top