MUSTEK ANIM HA

Journal Information
ISSN / EISSN : 2089-6697 / 2354-7707
Total articles ≅ 41
Filter:

Latest articles in this journal

MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 97-103; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2529

Abstract:
Pentingnya komputer bagi sekolah yang digunakan untuk melakukan proses pembelajaran siswa- siswi di sekolah. Namum dalam penggunaan komputer di sekolah guru sangat sulit untuk memontiorimg siswa-siswa sehingga perluh di buatkan sebuah sistem untuk melakukan monitoring penggunaan komputer yang ada didalam lab agar guru dapat melihat proses pembelajaran siswa-siswi yang sedang berjalan apakah sudah sesuai dengan instruksi yang diberikan guru dan sistem ini juga dapat melihat dan mengabsen siswa yang masuk pada jam pelajaran praktikum dan proses pembelajran lainya yang menggunkan lab komputer.Pengumpulan data yang dilakuakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dikumpulkan yaitu profil sekolah, data guru-guru , data siswa-siswi dan jadwal pembelajaran yang ada di SMK negeri 1 merauke pembuatan sistem monitoring ini menggunakan borland delpi 7 serta menngunakan metode pengujian blackbox dan skenario pengujian dengan bahasa pemograman MySQIL sebagai manajemen pembuatan basis data.Berdasrkan hasil perancangan serta hasil implementasi dan hasil pengujian sistem menggunkan pengujian blackbox bahwa sistem yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan fungsional pengguna yang diminta oleh karena itu sistem monitoring penggunaan lab multimedia sudah bisa digunakan.
Christian Wely Wullur, Andriyono Andriyono
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 132-140; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2533

Abstract:
Uji Tarik adalah suatu metode yang digunakan untuk menguji kekuatan suatu bahan/material dengan cara memberikan beban gaya yang sesumbu. Hasil yang didapatkan dari pengujian tarik sangat penting untuk rekayasa teknik dan desain produk karena menghasilkan data kekuatan material. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji tarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengujian tarik.Dalam proses pengujian menggunakan sampel dari merk Indoparts dan Suzuki Genuine Parts.yang dimana setiap sampel terdiri dari 6 rangkaian rantai, 3 sample rangkaian rantai bermerk Indoparts dan 3 sample rangkaian rantai bermerk Suzuki Genuine Parts, yang seanjutnya dilakukan proses pengujian tarik.Hasil peneitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa nilai kekuatan tarik pada 6 sample rangkaian rantai yang masing-masing terdiri dari 3 sample untuk setiap merk yang diuji adalah, sample pertama Indoparts menghasilkan kekuatan tarik sebesar 14900,00 N, sample ke dua sebesar 15700,00 N , kemudian sample ke tiga 10700 N. Setelah mendapat hasil pengujian tarik dari 3 sample Indoparts kemudian dilanjutkan kembali proses pengujian tarik terhadap 3 sample rantai merk Suzuki Genuine Parts. Dari hasil pengujian 3 sample Suzuki Genuine Parts pada sample pertama pengujian tarik menghasilkan nilai tarik sebesar 18700,00 N, sample kedua sebesar 17000,00 N, dan sample ketiga menghasilkan nilai tarik sebesar 18500,0 N. Sesuai data tersebut dapat diketahui hasil uji tarik pada rantai Indopart dan Suzuki Genuine Parts, nilai rata-rata uji tarik rantai sebesar 18066,7 N adalah rantai dengan hasil uji tarik yang baik.
Suyadi Suyadi, Herbin F Betaubun
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 104-111; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2530

Abstract:
Adanya pembangunan infrastruktur diatas tanah yang daya dukungnya rendah mengakibatkan terjadinya penurunan yang besar dan pergerakan lateral. Berbagai metode telah dikembangkan untuk mengatasai masalah-masalah tersebut, terutama metode dengan pemanfaatan limbah. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui pengaruh penggunaan anyaman limbah botol plastik pada tanah yang memiliki daya dukung rendah dengan menggunakan metode penelitian experimental. Pengujian dilakukan dengan melihat deformasi yang terjadi pada tanah lunak tanpa perkuatan dan diberi perkuatan menggunakan anyaman botol plastik lapis 1 dan lapis 2. Dari hasil pengujian deformasi pada tanah yang tidak diberi perkuatan dengan beban sebesar 4 kN deformasi yang terjadi adalah 45,5 mm, sedangkan yang diberi perkuatan menggunakan anyaman botol plastik lapis 1 dan lapis 2 dengan beban yang sama sebesar 4 kN adalah 41,60 mm dan 38,20 mm, sehingga dapat disimpulkan bahwa tanah yang diberi perkuatan anyaman botol plastik lapis 1 mengalami peningkatan kekuatan sebesar 9,38% dan untuk anyaman lapis 2 sebesar 19,11 % terhadap deformasi vertikal yang terjadi. Dilihat dari pola deformasi yang terjadi maka hasil permodelan ini termasuk dalam pola keruntuhan geser lokal.
Susanto Susanto, Nilfred Patawaran
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 112-120; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2531

Abstract:
Universitas Musamus (UNMUS) adalah perguruan tinggi negeri di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua yang diresmikan pada tanggal 22 november 2010 oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Biro Akdademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama (BAKK) merupakan biro yang menangani kegiatan seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi pada UNMUS. Proses pemilihan mahasiswa berprestasi yang dilakukan selama ini masih memiliki beberapa kendala, sehingga menimbulkan beberapa persoalan yaitu, proses pengolahan data pemilihan yang memerlukan waktu yang lama dan belum adanya penyimpanan data mengenai proses pemilihan mahasiswa berprestasi. Tujuan penelitian untuk membantu dalam mempercepat proses pengolahan data pemilihan mahasiswa berprestasi dan dapat menyimpan data proses pemilihan mahasiswa berprestasi.Sistem yang dirancang adalah sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi berbasis web yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Xampp sebagai server localhost atas program Apache HTTP server, MySQL database dan penerjemah bahasa pemrograman PHP. Pengujian sistem yang dilakukan pada sistem ini menggunakan metode Black Box dan Pengujian perbandingan perhitungan SAW.Hasil dari pengujian menggunakan Black Box dan Pengujian perbandingan perhitungan SAW didapatkan bahwa, sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi pada Universitas Musamus dapat mempercepat proses pengolahan data pemilihan mahasiswa berprestasi dan dapat menyimpan data proses pemilihan mahasiswa berprestasi.
Herbin F Betaubun, Jeni Paresa
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 121-131; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2532

Abstract:
Jalan Trans Papua Kabupaten Merauke merupakan salah satu bagian dari jaringan jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Merauke dengan Kabupaten Boven Digoel. Kondisi Jalan Trans Papua mengalami berbagai kerusakan, khususnya Di Kabupaten Merauke baik itu kerusakan ringan, sedang, maupun berat diakibatkan oleh kurangnya pemeliharaan.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis kerusakan permukaan perkerasan jalan yang terjadi pada Jalan Trans Papua, selain itu juga untuk mengetahui berapa nilai kerusakan perkerasan jalan yang terjadi pada Jalan Trans Papua dengan menggunakan Metode PCI dan Metode Asphalt Institute MS - 17. Pengumpulan data menggunakan metode survei, data yang dikumpulkan adalah primer dan sekunder. Berdasarkan hasil analisa, pengambilan data dilakukan di Jalan Trans Papua pada STA. 1+350 – 3+430 sepanjang 2080 m, kerusakan yang terjadi sebesar 220 m², kerusakan jalan yang terjadi di Jalan Trans Papua adalah tambalan, lubang, retak memanjang, drainase buruk, dan kenyamanan berkendara. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Metode PCI didapatkan nilai kondisi jalan untuk nilai PCI Jalan Trans Papua adalah 39,824 maka jenis pemeliharaan yang sesuai yaitu tambalan. Sedangkan untuk Metode Asphalt Institute MS – 17 didapatkan nilai kondisi jalan 78,440 maka jenis pemeliharaan yang sesuai yaitu tambalan dan lapis tambah.
Agustan Latif, Stanly H Dolpies Loppies
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 141-147; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2534

Abstract:
Implementasi AR (Augmented Reality) digunakan sebagai media pembelajaran anatomi, salah satunya yaitu sistem gerak pada manusia. Penerapan teknologi Augmented Reality pada proses pebelajaran anatomi ini berbasis android, penerapan ini dibuat dalam bentuk desain gambar yang dapat menghasilkan model dari animasi 3D pada proses media pembelajaran anatomi. Menerapkan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran sistem gerak agar siswa lebih mudah mengenal dan memahami gambaran sistem gerak pada manusia. Memanfaatkan teknologi Augented Reality agar dapat membantu guru untuk menyampaikan materi anatomi sistem gerak manusia. Fungsinya sebagai sarana pembelajaran alternatif untuk mempelajari materi anatomi tubuh manusia tentang sistem gerak pada manusia. Tujuan agar dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar, sehingga maksud dan tujuan peneliti dapat tersampaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan sistem Markerless Tracking. Aplikasi yang dibuat menggunakan Tools atau software pendukung unity yang berbasis android, adapun software pendukung yang lain yaitu vuvoria SDK (Software Developer Kit) serta kertas marker sebagai pendukung menjalankan aplikasi augmented reality. Hasil dari penelitian dan pengujian sistem yang dilakukan sebagai media pembelajaran pengenalan anatomi tubuh manusia melalui smartphone android yang dapat dilihat secara nyata dalam bentuk 3D, sehingga dapat mempermudah proses belajar mengajar anatomi.
Adriyono Adriyono, Christian Wely Wullur
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 84-96; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i2.2528

Abstract:
Dodos sawit merupakan peralatan perkebunan kelapa sawit yang di gunakan untuk memanen buah sawit dan memotong pelepah daun sawit. Dodos sawit umumnya terbuat dari baja karbon tinggi. Penelitian ini membahas tentang pengujian tarik dan uji kekerasan plat baja SS400 dengan ketebalan 5mm yang telah di treatment dengan metode Pack Karburizing dengan harapan plat SS400 ini dapat di jadikan bahan baku pembuatan dodos sawit. Pack Karburizing merupakan metode perlakuan panas yang di gunakan untuk mengeraskan bagian permukaan logam sedangkan bagian dalamnya di harapkan tetap ulet. Proses Pack Karburizing disini dilakukan di dalam box besi berukuran 12cm x 10cm x 6cm. Box yang berisi specimen, arang kayu 80% dan BaCO3 20% dalam presentase berat, kemudain di panaskan dalam furnace elektrik dengan suhu 9800C Selama 2 jam. Dari hasil pengujian di ketahui plat SS400 original memiliki tegangan tarik sebesar 466,66 N/mm2,dan regangan sebesar 25,89% dan kekerasan sebesar 73,2 HRB. Sedangkan plat SS400 dengan perlakuan Pack Karburizing memiliki tegangan tarik sebesar 633,33 N/mm2 atau meningkat 26,31% ,dan regangan sebesar 14,22% atau menurun 46% dan kekerasan sebesar 94,1 HRB atau meningkat sebesar 28,63%. Sedangkan dodos sawit buatan pabrikan memiliki tegangan tarik sebesar 1031,11 N/mm2 , dan regangan sebesar 13,55% dan kekerasan sebesar 100,7 .Dari hasil pengujian di atas maka di simpulkan bahwa plat SS400 5mm dengan perlakuan Pack Karburizig sesuai parameter di atas belum layak di jadikan bahan pembuat dodos sawit di karenakan nilai tegangan tarik dan kekerasannya yang belum mencapai nilai dari dodos sawit buatan pabrikan.
Rapha Nichita Kaikatui, Roberto Corputty
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 27-40; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i1.2060

Abstract:
Wireless Local Area Network (WLAN) adalah suatu jaringan area lokal tanpa kabel yang menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisinya. Namun, keterbatasan jarak merupakan sebuah masalah yang dihadapi oleh perangkat WLAN ini. Jarak jangkauan sinyalnya yang terbatas sehingga memerlukan suatu solusi untuk memperluas jarak jangkauan sinyal tersebut. Pemanfaatan antena yagi sebagai penguat merupakan solusi dalam menjawab masalah keterbatasan jarak jangkauan WLAN. Proses perancangan, perhitungan dan perakitan antena, untuk panjang setiap elemen antena director 5.62 cm, reflector 6.535 cm dan driven yang dipisahkan masing-masing 2.968 cm. Pengujian dilakukan pada kondisi cuaca cerah dan kondisi cuaca hujan serta untuk kondisi LOS dan Non LOS, dengan lokasi penelitian Gang Kasmin Jalan Raya Mandala Kabupaten Merauke. Antena Yagi sebagai penguat yang beroperasi pada frekuensi kerja WLAN yaitu 2400 MHz sebagai penguat dapat meningkatkan sinyal wifi dengan perolehan gain sebesar 3dB.
Reza Zubaedah, Nasra Pratama Putra
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 41-48; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i1.2061

Abstract:
Jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan di Universitas Musamus. Bersadarkan Surat Kepeutusan Pendirian No 160/D/O/2006 Berdiri pada tanggal 16 Agustus 2006. Hingga saat ini jurusan Sistem Informasi memiliki banyak sekali dokumen dan arsip. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 mengharuskan Jurusan Sistem Informasi menghadirkan kegiatan pengarsipan secara elektronik. Permasalahan yang muncul hingga saat ini kegiatan pengarsipan di Jurusan Sistem Informasi memang dilakukan secara elektronik. Elektronik yang dimaksud adalah menggunakan Microsoft Excel. Sehingga belum dapat melakukan pencarian cepat. Rekapitulasi jumlah dokumen masih juga harus dihitung secara manual. Penanganan khusus terhadap dokumen (arsip) diberikan terutama saat menghadapi akreditasi jurusan. Arsip harus terpelihara dan mudah ditemukan bila diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan website yang dibangun mampu mengelola arsip baik. Arsip tersimapan dalam web berbentuk dokumen SOP, surat keputusan, surat keluar, surat masuk. Website dingun dengan menggunakan framework Bootstrap. Framework front-end Bootstrap yang lengkap mampu menciptakan website yang lebih responsif dan mudah. Selain dari pada kebutuhan jurusan Sistem Informasi sendiri, website ini juga bisa menjadi framework dasar bagi Jurusan lain di Universitas Musamus.
Andriyono Andriyono, Andi Azizah, Daniel Parenden
MUSTEK ANIM HA, Volume 8, pp 20-26; https://doi.org/10.35724/mustek.v8i1.2059

Abstract:
Beberapa permasalahan perawatan dan perbaikan Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) di Kampung Matara adalah minimnya pengetahuan petani dalam ketrampilan dan penguasaan perawatan alsintan. Jauhnya jarak yang harus ditempuh petani apabila ada kerusakan pada Alsintan menyebabkan mahalnya biaya perbaikan. Tujuan kegiatan penelitian adalah ingin mengetahui seberapa besar kemapuan petani dalam memperbaiki Alsintan yang rusak dan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi petani di Kampung Matara tentang cara perawatan Alsintan. Sehingga petani dapat melakukan perawatan pada Alsintan yang mereka miliki. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan tahapan dari observasi, wawancara (petani dan ketua kelompok tani), pelatihan secara teori serta langsung mempraktekkan teknik perawatan dan perbaikan pada Alsintan milik petani yang ada. Hasil penelitian di Kampung Matara terdapat oleh 2 kelompok Tani, antara lain; 1). Kelompok Tani Mayo 1, dan 2). Kelompok Tani Mayo 2 dengan jumlah peserta sebanyak 8 orang operator Alsintan (4 orang Kelompok Tani Mayo 1 dan 4 orang Kelompok Tani Mayo 2), 1 teknisi, 1 teknisi merangkap mahasiswa dan dalam penelitian melibatkan 3 orang mahasiswa jurusan teknik mesin Universitas Musamus. Dari hasil observasi dan wawancara diketahui hampir semua peserta belum terlalu mengetaui masalah perawatan dan perbaikan Alsintan, setelah yang pelatihan penguasaan materi oleh peserta pelatihan meningkat. Sedangkan Alsintan dari kelompok tani yang rusak dapat diperbaiki dan dioperasikannya. Alat-alat yang rusak baik rusak ringan, rusak sedang maupun yang rusak berat serta dapat digunakan secara langsung untuk menggarap sawah pada musim gaduhan.
Back to Top Top