Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan

Journal Information
ISSN / EISSN : 20864981 / 26206390
Total articles ≅ 56
Filter:

Latest articles in this journal

Asep Gunawan, Chandra Anugrah Putra, Muhammad Andi Setiawan
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 124-127; doi:10.24036/tip.v13i1.292

Abstract:
Abstrak Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab masalah yang dihadapi pada subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Desain Grafis kelas X Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian yang didapatkan nilai dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus, bahwa dapat disimpulkan: penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari rata-rata pra tindakan dengan nilai 43,82, rata-rata siklus I dengan nilai 74,56 dan pada siklus II memperoleh nilai 91,03 dengan ketuntasan klasikal 100%. Kata kunci: Media Video, Hasil Belajar, Desain Grafis
Muhtadin Amri, Yuz Arija Shobri
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 128-136; doi:10.24036/tip.v13i1.301

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis permainan (game based learning) yaitu Quizizz. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa perbankan syariah semester 4 angkatan tahun 2018. Responden dalam penelitian ini berjumlah 200 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah akuntansi konsolidasi bank syariah yaitu mahasiswa semester 4 jurusan perbankan syariah di fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Ponorogo. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan survey kepada seluruh sampel penelitian dengan memanfaatkan aplikasi google forms. Instrumen kuesioner diukur menggunakan 5 skala likert yaitu sangat tidak setuju, tidak setuju, kurang setuju, setuju dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa menganggap penggunaan Quizizz untuk mengerjakan kuis yang ditugaskan sebelum perkuliahan secara tatap muka di kelas berdampak yang positif dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah akuntansi konsolidasi bank syariah. Mahasiswa menganggap Quizizz merupakan aplikasi yang mudah digunakan, penggunaannya membuat perkuliahan menjadi lebih menyenangkan, meningkatkan penguasaan materi, dan menambah motivasi dan keaktifan mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah akuntansi konsolidasi bank syariah. Terdapat beberapa keterbatasan dan permasalahan yang terdapat pada penggunaan Quizizz menurut mahasiswa, diantaranya adalah keterbatasan koneksi internet, batasan waktu yang diberikan terlalu sedikit, dan beberapa mahasiswa juga merasa perlu untuk dilakukan pembahasan tentang soal-soal yang dikerjakan melalui aplikasi Quizizz di kelas, sehingga diketahui jawaban mana yang benar dan jawaban mana yang salah.
Tri Rahayu, Nurhafifah Matondang, Bayu Hananto
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 117-123; doi:10.24036/tip.v13i1.305

Abstract:
Tujuan penelitian ini mengukur tingkat kematangan dan penerapan kinerja teknologi informasi dalam mengimplementasikan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) karena melihat saat ini pemanfaatan belum maksimal dalam pemanfaatan TI dari segi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Metode untuk mengukur tingkat kematangan menggunakan metode COBIT 5 dan hasil yang diperoleh berfokus pada 5 domain yaitu proses Deliver, Service and Support dalam TI UPNVJ terdapat pada level ke 3 dengan nilai 2,80 dan memiliki gap sebesar 1,20. Hasil pada domain Evaluate , Direct and Monitor, Align, plan and organize , Build, Aquire and implement , BAI04 dan Monitor, Evaluate dan Assess dalam TI UPNVJ memiliki level 2 dengan nilai 2.00 dan memiliki gap sebesar 2.00 serta pada hasil Capability Level berdasarkan dari keseluruhan 5 domain proses memiliki nilai 2,20 dan gap sebesar 1,80, berdasarkan dari level target yang ditetapkan yaitu capability level 4.00.
Ceni Febi Kurnia Sari
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 111-116; doi:10.24036/tip.v13i1.304

Abstract:
The application of the Arc SDM program on remote sensing for gold minerals ini an area can be implemented by proving the compatibility of the result of the interpretation of satellite image with conditions in the study area. Remote sensing method is able to detect potential locations with mineral deposits occurrence that has certain characteristics that can affect a certain aspect of exploration activities, namely time efficiency. Remote sensing is an art and technique for obtaining information on an object, area or data analysis phenomenon acquired with a device without having to have direct contact with the object, area or phenomenon studied. In remote sensing, exploration activities play an important role in terms of isolating the potential of seed sediment based on remote sensing models. The use of remote sensing method can reduce exploration costs because it only focuses on detailed surface area of research that have more potential for the existence of minerals. By using this remote sensing method, we can determine specific area to explore, researching in detail in the shortest time possible. Mapping method for the mineralization geological exploration activities in the intended gold-bearing areas can utilize remote sensing data in the form of Landsat ETM satellite images. This method is expected to be able to produce accurate, valid and up-to-date data that makes it possible to create geological interpretation maps in a relatively short time (Rapid Mapping).
Retno DeVita, Ruri Hartika Zain, Tika Syafriani
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 104-110; doi:10.24036/tip.v13i1.285

Abstract:
Air mancur banyak digunakan untuk memperindah suatu tempat agar tempat tersebut lebih menarik, pancaran air mancur yang banyak digunakan di taman-taman tidak bervariasi sehingga hiasan taman dalam kurun waktu yang lama akan membuat tempat tersebut kurang menarik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat pengontrol bentuk semburan pada air mancur,dengan pola semburan air bervariasi sesuai dengan irama music yang bervariasi sehingga lebih atraktif dan menarik serta sewaktu waktu bisa diubah sesuai yang diinginkan. Music hanya mengiri air mancur bukan mengikuti air mancur. Air mancur dapat dibuat bergerak mengikuti pola-pola yang telah ditentukan. pola-pola tersebut tidak selalu sama dan akan selalu berubah setiap saatnya. Agar air mancur dapat bergerak sesuai dengan pola-pola yang diinginkan, pengerak berupa motor ditambahkan pada penyemburan air mancur, sehingga pergerakkan air mancur lebih dinamis.
Candra Hidayat, Putra Jaya
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 96-103; doi:10.24036/tip.v13i1.299

Abstract:
Penelitian ini bertujuan menghasilkan materi ajar komponen elektronika berbasis media pembelajaran software Lectora Inspire yang memenuhi unjuk kerja yang layak. Pembuatan media dirancang dengan menggunakan metode perancangan perangkat lunak model waterfall, meliputi: 1) Perancangan, 2) Desain Arsitektur dan Antarmuka, 3) Pengkodean/Pemrograman, dan 4) Pengujian. Uji kelayakan terhadap hasil pengembangan dan pembuatan materi ajar komponen elektronika berbasis software Lectora Inspire ini dilakukan pada tiga aspek utama, meliputi aspek software, aspek desain tampilan media, dan aspek manfaat. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh dua orang orang ahli media diperoleh data bahwa rerata skor aspek software mendapatkan nilai 17, rerata skor aspek desain tampilan media mendapatkan nilai 45,5, dan rerata skor aspek manfaat mendapatkan nilai 3. Rerata skor total sebesar 65,5 dari jumlah skor 72. Mengacu kepada tabel skala likert, skor yang diperoleh tersebut memberikan interprestasi dengan kategori sangat layak.
Fanny Oktavia, Yeka Hendriyani
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 87-95; doi:10.24036/tip.v13i1.296

Abstract:
Tujuan artikel ini adalah untuk merancang e-report financial system berbasis web yang akan diterapkan pada toko Kripik Balado Mahkota baik itu laporan penjualan, pembelian serta laba rugi, maupun transaksi jual beli antar supplier dan antar pembeli toko. Metode perancangan yang digunakan dalam sistem e-report financial yaitu pemakaian teknik arsitektur MVC (Model, View and Controller), dipadukan dengan menggunakan Framework Yii2 dan PHP, dengan media penyimpanan dengan database tools MySQL, dan model perancangan UML use case, activity diagram serta class diagram. Hasil dari perancangan e-report financial ini adalah tersedianya laporan yang bersifat elektronik, mudah diakses dimanapun dan kapanpun, dan juga meminimalisir data yang rancu dan tumpang tindih. Maka perancangan e-report financial ini mempermudah dalam pembuatan laporan dengan model perancangan, metode perancangan dan media yang mendukung dan di terapkan dalam sistem e-report financial.
Awal Kurnia Putra Nasution
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 80-86; doi:10.24036/tip.v13i1.277

Abstract:
Kemajuan teknologi informasi saat ini sudah merambah semua sector di dunia pendidikan, tak terkecuali pengajar dan siswa. Siswa yang saat ini merupakan generasi z sangat aktif dalam menggunakan media sosial, dari fakta tersebut penulis merasa perlu untuk mengintegrasikan media sosial ke dalam pembelajaran generasi z. Artikel ini akan membahas media sosial apa saja yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran generasi z, serta bagaimana cara mengintegrasikannya. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu gabungan antara library research serta pengalaman penulis dalam menggunakan media sosial ini dalam pembelajaran. Media sosial yang bisa diintegrasikan kedalam pembelajaran generasi z yaitu Facebook, whatsapp, twitter, dan instagram. Pemilihan ini didasarkan pada populernya aplikasi media sosial di kalangan generasi z, dan semua generasi z menggunakannya. Adapun cara mengintegrasikan media sosial kedalam pembelajaran generasi z, yaitu dengan cara memanfaatkan media sosial facebook, whatsapp, twitter, dan instagram sebagai media pembelajaran. Pada prakteknya media sosial ini dapat digunakan sebagai virtual class, wadah diskusi, wadah berbagi bahan pelajaran, berbagi video dan gambar, serta berbagi link informasi seputar pelajaran.
Fadhli Ranuharja, Bayu Ramadhani Fajri, Agariadne Dwinggo Samala
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 73-79; doi:10.24036/tip.v13i1.291

Abstract:
Adanya tuntutan penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan ujian Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Indonesia, siswa lulusan SMA/SMK diharapkan menguasai beberapa mata pelajaran dasar. Berdasarkan data primer wawancara penjurusan siswa yang dilakukan SMA/SMK di Indonesia belum cukup untuk membekali siswa dalam persiapan mengikuti ujian seleksi nasional, layanan bimbingan belajar didominasi jumlah terbanyak di kota besar, kemudian mahalnya biaya bimbingan belajar membuat siswa sulit punya kesempatan untuk mengikuti bimbingan belajar sehingga perlu dirancang sistem pelayanan bimbingan belajar yang dapat diikuti oleh siswa tanpa dibatasi ruang dan waktu. Salah satunya adalah sistem bimbingan belajar berbasis web. Bimbingan belajar termasuk salah satu Pendidikan non-formal. Pasal 1 angka 12 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan pendidikan non-formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan menghasilkan sebuah sistem pelayanan bantuan mentor bimbingan belajar (BAMBIMBEL). BAMBIMBEL juga memfasilitasi siswa yang ingin belajar untuk persiapan seleksi perguruan tinggi negeri. Metode yang digunakan adalah metode perancangan sistem berbasis web dengan pemodelan Unified Modeling Language (UML), pengujian sistem menggunakan metode Black Box, berdasarkan pengujian yang diamati dapat disimpulkan hasil eksekusi melalui data uji dan fungsionalitas dari sistem BAMBIMBEL berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan
Ismet Ismet
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Volume 13, pp 66-72; doi:10.24036/tip.v13i1.259

Abstract:
Abstrak: Masih rendahnya respon yang diberikan orang tua terhadap informasi yang disampaikan melalui grup whatsapp (WA) kelas dan tingginya keinginan orang tua siswa untuk mengetahui nilai yang diperoleh anak dalam setiap tes, mendorong guru untuk melakukan inovasi guna memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelittain kualitatif yang bertujuan untuk menginformasikan proses penilaian melalui aplikasi whatsapp dengan metode authentic assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Metro Timur dan Orang Tua siswa yang tergabung dalam group whatsapp kelas berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dengan lembar observasi dan wawancara langsung. Penyampaian informasi dilakukan oleh guru lewat WA dimulai dari proses penilaian, menyusun rubrik penilaian, melakukan penilaian baik tema maupun mata pelajaran hingga melaksanakan perbaikan nilai atau remedial. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa orang tua siswa sangat antusias terhadap transparansi penilaian yang dilakukan oleh guru sebanyak 84% orang tua siswa melihat dan memberikan komentar, 12% yang melihat dan 4% yang tidak melihat dan tidak memberikan komentar. Orang tua menjadi paham proses penilaian hingga menunjukan hasil, bahkan sampai perbaikan nilai. Untuk itu transparansi penilaian akan terus dikembangkan tidak hanya fokus pada hasil ujian tetapi jugan terhadap proses kegiatan pembelajaran.
Back to Top Top