JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Journal Information
ISSN / EISSN : 2477-4855 / 2549-9149
Current Publisher: Universitas Hamzanwadi (10.29408)
Total articles ≅ 44
Filter:

Latest articles in this journal

Lu'Luun Nafisah, Syamsul Ghufron, Mohammad Taufiq, Akhwani Akhwani
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 272-284; doi:10.29408/didika.v6i2.3043

Abstract:
Penelitian ini mengenai peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2020 sampai dengan Juni 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Kemala Bhayangakri 1 Surabaya, mendeskripsikan karakter yang terbentuk, mendeskripsikan kendala dalam proses pembentukan dan mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembina pramuka golongan penggalang yakni dari kelas 3, 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan wawancara Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang sudah terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya adalah karakter disiplin dan mandiri, dan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan adalah kegiatan tali-menali dan baris-berbaris. Kesimpulannya bahwa indikator dari karakter disiplin adalah hadir tepat waktu, mematuhi aturan, menepati jadwal pelajaran apabila siswa tersebut memiliki jadwal pelajaran. Kemudian indikator dari karakter mandiri adalah tidak bergantung pada orang lain, terlibat aktif dalam semua pembelajaran di kelas, bersedia mengerjakan tugas individual dan kelompok di depan kelas.
Umar Umar, Arif Widodo, Mohammad Archi Maulyda, Ashar Pajarungi Anar, Deni Sutisna
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 251-260; doi:10.29408/didika.v6i2.2705

Abstract:
Pelajaran matematika masih menjadi momok bagi peserta didik sekolah dasar. Sifat matematika yang abstrak menyebabkan peserta didik sulit memahami materi dengan baik. Oleh sebab itu, pembelajaran matematika harus dirancang agar lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserata didik kelas V MIN 1 Mangagarai sebanyak 37 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung= 2.945 > ttabel = 1.688 pada α= 0.05. Berdasarkan kriteria uji t maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika efektif di terapkan pada pembelajaran matematika di kelas V MIN 1 Manggarai.
Fitri Febrianti, Musabihatul Qudsiah, Dina Apriana, Mijahamuddin Alwi, Dina Fadilah
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 285-293; doi:10.29408/didika.v6i2.3046

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teori Van Hiele terintegrasi teori Bruner terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Rensing Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes essay. Uji prasyarat yang digunakan adalah Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, sedangkan uji F untuk menguji linieritas data. Berdasarkan hasil uji normalitas dan linieritas diperoleh bahwa populasi berditribusi normal dan linier. Berdasarkan hasil penelitian terlihat nilai rata-rata pretest 61,4, sedangkan nilai rata-rata posttest 80,1. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t didapatkan hasil yaitu yakni 12,21 dengan derajat kebebasan (db) = 42, dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi teori Van Hiele terintegrasi teori Bruner berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV.
Mohammad Archi Maulyda, Muhammad Erfan
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 191-204; doi:10.29408/didika.v6i2.2696

Abstract:
Tujuan penelitian kualitatif deskriptif ini adalah untuk melihat representasi siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI SDN 1 Sombron. Subjek dipilih berdasarkan hasil soal pretes dan wawancara singkat yang dilakukan pada 28 siswa dalam 1 Kelas. Dari 28 siswa yang menjadi subjek penelitian, dipilih 2 siswa yang mewakili 2 kategori jawaban yang muncul dalam 1 Kelas. Masing-masing kategori, yakni kategori siswa yang menjawab dengan benar dan siswa yang menjawab salah diambil satu siswa secara acak untuk dianalisis lebih lanjut. Lokasi penelitian adalah SDN 1 Sombron. Subjek akan diberikan soal tes dan akan diwawancara untuk menggali informasi terkait hasil pekerjaanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih ada siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika dalm bentuk soal cerita. Penelitian ini juga menunjukan bahwa represantasi memegang peran penting dalam keberhasilan siswa menyelesaikan masalah berbentuk soal cerita.
Muhammad Husni, Yul Alfian Hadi, Saprudin Jauhari, Hidaman Huri
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 294-303; doi:10.29408/didika.v6i2.3045

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centered Learning (SCL) Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui nilai uji kelayakan bahan ajar lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis student centered learning (SCL) untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yang disederhanakan menjadi 3 tahapan yaitu, pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas V SDN 1 Ketangga dengan 20 siswa. Data yang diproleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data meliputi, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus skala lima untuk validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil pengembangan penilaian kelayakan ahli materi memproleh skor 56 yang termasuk kategori sangat baik sedangkan penilaian kelayakan ahli tampilan mendapatkan skor 24 termasuk kategori baik. Respon siswa terhadap Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centered Learning (SCL) dikatakan sangat baik setelah diberikan angket respon kepada 20 orang responden dengan perolehan rata-rata 80,4%.
Yunia Dwi Puspitasari, Wisda Miftakhul Ulum
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 304-313; doi:10.29408/didika.v6i2.2507

Abstract:
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan utama penulisan ini adalah “untuk meyusun cara penanganan siswa hiperaktif dalam pembelajan di sekolah berdasarkan studi pustaka Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan. Kesimpulannya adalah Ada 70 ciri-ciri anak hiperaktif untuk anak tingkat kanak-kanak dan sekolah dasar dan sekolah menengah atas . Ada 44 Cara penanganan anak hiperaktif untuk anak tingkat kanak-kanak,sekolah dasar dan sekolah menegah atas.
Bety Mustikasari, Deka Setiawan, Ika Ari Pratiwi
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 181-190; doi:10.29408/didika.v6i2.2846

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bermain game online terhadap interaksi sosial anak usia Sekolah Dasar di Desa Prawoto. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskirptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dampak dari bermain game online dapat mengakibatkan mata menjadi minus, pemborosan, melupakan waktu untuk beribadah, dan menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk menuntaskan misi game yang sedang dimainkan. Selain itu, pemain game online lebih tertutup dengan lingkungan luar dan keterampilan sosial yang dimiliki menjadi menurun sehingga membuat anak menjadi sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Elok Maulidyah, M Thamrin Hidayat, Suharmono Kariyun, Sri Hartatik
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 155-167; doi:10.29408/didika.v6i2.2379

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis desain Pre-Eksperimental model One-Group Pretest Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal Pretest dan Posttest. Untuk menentukan perangkat pembelajaran sudah sesuai penelitian dilakukan validasi dua pakar kemudian dicari percentage of aggrement. Teknik analisis data yang digunakan adalah Shapiro-Wilk untuk mencari normalitas data, One Way Anova untuk mencari homogenitas data, serta uji statistik non parametrik berupa Wilcoxon Matched Pairs untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian berupa Posttest yang dihitung dengan SPSS versi 16 menunjukkan output “Test Statistics” Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya.
Suparjan Suparjan, Mariyadi Mariyadi
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6; doi:10.29408/didika.v6i2.3044

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar tingkat sekolah dasar di Kalimantan Barat pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur terhadap guru-guru di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis pola pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru di masa pandemi COVID-19 yaitu pembelajaran daring dan luring. Pertama kegiatan pembelajaran daring yang umumnya dilakukan oleh guru melalui aplikasi media sosial berupa WhatsApp. Kegiatan belajar dan mengajar dilakukan dengan cara mengirim teks, video, rekaman suara, dan power point, kepada siswa. Kedua kegiatan pembelajaran luring yang dilakukan oleh guru dengan memberikan tugas mingguan, pembelajaran secara berkelompok, dan pembelajaran dengan les. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru selama proses kegiatan belajar dan mengajar di masa pandemi COVID 19 di antaranya adalah kurangnya ketersediaan perangkat pembelajaran daring, sumber daya manuasia (SDM) yang kurang mumpuni, dan sikap negatif baik itu berasal dari guru, siswa, maupun orang tua
Sulistyani Puteri Ramadhani, Arita Marini, Arifin Maksum
JURNAL DIDIKA: WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, Volume 6, pp 237-249; doi:10.29408/didika.v6i2.2612

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi multiukultural di SDS Yasporbi 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Karateristik partisipan penelitian meliputi kepala sekolah, guru-guru sebanyak 4 orang di SDS Yasporbi 1 Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik. Penelitian ini mengungkapkan 4 (empat) tema yaitu Upaya guru untuk implementasi pendidikan multicultural, Perspective kepala sekolah penerapan multikultural; proses kegiatan pembelajaran di kelas multicultural; proses kegiatan ekstrakulikuler. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum ke empat partisipan, yaitu guru kelas tinggi, guru kelas rendah, kepala sekolah, guru agama yang memiliki pengalaman yang berbeda didalam pelaksanaan multicultural yang dialami partisipan
Back to Top Top