Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Journal Information
ISSN / EISSN : 2684-9003 / 2685-130X
Current Publisher: Universitas Islam Kadiri (10.32503)
Total articles ≅ 27
Filter:

Latest articles in this journal

Robert Rizki Yono
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2, pp 103-109; doi:10.32503/cendekia.v2i2.858

Abstract:
Tidak adanya pengajaran puisi di MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan. Hal ini berdampak pada pengetahuan yang dimiliki santri tentang teknik membaca puisi yang kurang. Kemenag mengadakan lomba porsadin bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam rangka memperkokoh eksistensinya di masyarakat. Diantaranya cabang seni yang dilombakan yaitu membaca puisi islam. Sehingga saat mengikuti porsadin cabang membaca puisi mendapat hasil yang tidak memuaskan. Padahal, banyak manfaat yang didapatkan dari membaca puisi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan membaca puisi bagi santri MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan dengan mengimplementasikan teknik membaca puisi bagi santri, sehingga santri MDTA desa Randusanga Wetan diharapkan mengetahui tentang puisi dan mampu membaca puisi dengan baik. metode yang digunakan adalah metode penyajian materi dan pendampingan sehinga mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pelatihan membaca puisi bagi santri MDTA Ta’limul Huda Desa Randusanga Wetan yang terlaksana dengan baik dan lancar dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kegiatan ini menghasilkan pengetahuan baru bagi santri tentang puisi, khususnya teknik membaca puisi. Kedua, peserta memperoleh teknik-teknik membaca puisi yang beragam seperti, vokal, jeda, intonasi, ekspresi, dan penghayatan.
Ertika Fitri Lisnanti, Amiril Mukmin
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2; doi:10.32503/cendekia.v2i2.1294

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Sucipto Sucipto , Tutut Indah Sulistiyowati, Budhi Utami, Rezki Suci Qamaria
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2; doi:10.32503/cendekia.v2i2.1002

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Herman Sjahruddin, Muh Subar, Istiqfar Aiman, Aswar Aswar
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2; doi:10.32503/cendekia.v2i2.1261

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Ashadi Sasongko
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2; doi:10.32503/cendekia.v2i2.891

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Iskandar Muda, Frengki HarDIan, Sulhan Sulhan
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2; doi:10.32503/cendekia.v2i2.1185

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Siswi Wulandari, Rully Noor Oktaviana
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2; doi:10.32503/cendekia.v2i2.1112

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Leni Saleh, Milawati Saranani, Sarty Sarbiyah, Hasni Ati
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2; doi:10.32503/cendekia.v2i2.1180

The publisher has not yet granted permission to display this abstract.
Siti Rahmawati Zulaikhah, Farida Rizqi Fauziah , Bambang Rijanto Japutra
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2, pp 33-38; doi:10.32503/cendekia.v2i1.730

Abstract:
Kelompok tani Terus Jaya berada di Dusun Cunil Desa Pegalongan Kecamatan Patikraja, Banyumas, Jawa Tengah. Wilayah Desa Pegalongan memiliki bagian wilayah sawah yang luas, dimana hampir 50% didominasi oleh sawah, sehingga pada saat panen padi, banyak tersedia jerami padi. Pada saat musim kemarau, anggota kelompok Tani Terus Jaya ini mengalami kesulitan mencari pakan, sehingga perlu adanya usaha untuk mempersiapkan pakan pada saat musim kemarau. Pembuatan amoniasi jerami merupakan salah satu solusi dalam masalah tersebut. Metode yang dilakukan dalam penyuluhan ini adalah transfer ilmu dan teknologi serta praktek atau demonstrasi pembuatan amoniasi jerami. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu sosialisasi tentang peternakan sapi/kambing, pakan ternak dan pembuatan amoniasi jerami. Kegiatan ini direspon positif dan antusias oleh anggota kelompok dan berhasil memberikan pemahaman tentang solusi kesulitan pakan di musim kemarau.
Kanom Kanom, Randhi Nanang Darmawan, Nurhalimah Nurhalimah
Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2, pp 24-32; doi:10.32503/cendekia.v2i1.777

Abstract:
Lider adalah salah satu dusun di Desa Sumberarum merupakan salah satu destinasi pariwisata di Banyuwangi dengan daya tarik utama adalah Air Terjun Lider yang merupkan air terjun tertinggi di Banyuwangi, lokasinya lumayan terpencil baik dari akses maupun fasilitas umum yang masih minim dengan jumlah penduduk yang relatif rendah sumber daya manusianya terutama pada bidang pariwisata. Oleh sebab itu tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) Politeknik Negeri Banyuwangi bekerja sama dengan mitra yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumberarum dan warga Dusun Bejong dalam bentuk Sosialisasi Penerapan Sapta Pesona Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Hasil dari kegiatan PKM ini disambut positif oleh seluruh warga masyarakat dan membuat mitra terbuka pandangan tentang perkembangan dunia pariwisata saat ini. Selain itu hasil kegiatan PKM ini mulai berwujud dengan pembukaan kembali akses rute menuju daya tarik Batu Meja yang berpotensi menjadi daya tarik wisata alam trekking dan petualangan.
Back to Top Top