Journal Information
ISSN / EISSN : 2599-302X / 2599-3038
Published by: STKIP Singkawang (10.26737)
Total articles ≅ 46
Filter:

Latest articles in this journal

Buyung Buyung, Sumarli Sumarli
Published: 31 October 2021
Variabel, Volume 4, pp 61-66; https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2722

Abstract:
Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, terutama soal cerita dengan kemampuan pemecahan masalah yang meliputi tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Santo Yosef Singkawang sebanyak 15 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes sebanyak 2 butir soal dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita berbasis kemampuan pemecahan masalah yang meliputi: (1) pada tahap memahami masalah, siswa kesulitan dalam memahami maksud dari soal serta tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (2) pada tahap merencanakan penyelesaian, siswa kesulitan dalam menyusun rencana penyelesaian karena belum terbiasa mengerjakan soal cerita sehingga kesulitan dalam hal mengaplikasikan konsep, (3) pada tahap menyelesaikan perencanaan, siswa mengalami kesulitan karena salah dalam menuliskan rumus pada tahap perencanaan strategi penyelesaian, sehingga hasil dari perhitungan penyelesaian juga salah, (4) pada tahap memeriksa kembali, siswa mengalami kesulitan dalam memeriksa kembali hasil pekerjaan karena tidak memberikan kesimpulan terhadap hasil pekerjaannya, tidak menyelesaikan soal dengan baik dan salah dalam hasil perhitungannya.
Indah Febriani, Kurnia Islamy, Rika Wahyuni, Nindy Citroresmi Prihartiningtyas
Published: 31 October 2021
Variabel, Volume 4, pp 46-52; https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2716

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif yang diberikan dengan model pembelajaran Problem Based Iinstruction (PBI) dan model langsung, mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif, dan mengindentifikasi motivasi siswa terhadap model pembelajaran PBI terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent posstest-only control group design. Intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif, angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent, effect size, dan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif antara yang diajarkan melalui model PBI dengan model pembelajaran langsung berbeda, model PBI memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif, dan motivasi belajar siswa tinggi melalui model pembelajaran PBI.
Yoan Theasy, Andi Bustan, Muhammad Nawir
Published: 31 October 2021
Variabel, Volume 4, pp 39-45; https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2607

Abstract:
Pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 memiliki banyak keterbatasan, antara lain adalah kegiatan kuliah tatap muka serta kegiatan praktikum di laboratorium yang dialihkan ke sistem pembelajaran dalam jaringan. Hal ini mengakibatkan antara lain kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam pembelajaran fisika menjadi menurun. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan laboratorium virtual Physic Education and Technology (PhET) simulation sebagai media pembelajaran di masa pandemi Covid-19 sebagai salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen berbentuk one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 26 orang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan satu kelas untuk diteliti yang diberi perlakuan dengan memanfaatkan laboratorium virtual Physic Education and Technology (PhET) simulation sebagai media pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pemahaman konsep dalam bentuk tes uraian. Pengambilan data dilakukan dua kali yaitu sebelum melakukan treatment (pretest) dan sesudah melakukan treatment (posttest), kemudian untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa dilakukan uji N-gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa memperoleh kriteria tinggi dengan skor N-gain sebesar 0,732. Oleh karena itu hasil studi menyatakan bahwa penggunaan laboratorium virtual PhET simulation sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika mahasiswa.
Agus Suyanto, Ismail Astar, Agnes Tutik Purwani Irianti, Meta Amalia
Published: 31 October 2021
Variabel, Volume 4, pp 53-60; https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2789

Abstract:
Telah dilakukan penelitian peracunan media dengan asap cair pada pertumbuhan jamur Colletotrichum sp. penyebab busuk buah kakao, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asap cair terhadap pertumbuhan jamur Colletotrichum sp. penyebab penyakit busuk buah kakao. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tunggal dan parameter yang diamati adalah penekanan diameter koloni, kerapatan spora, dan daya kecambah. Variabel pada penelitian ini adalah konsentrasi asap cair (A0 = Kontrol, A1 = asap cair 0,02%, A2 = asap cair 0,04%, A3 = asap cair 0,08%, A4 = asap cair 0,16%, A5 = asap cair 0,32%) diuji terhadap koloni jamur Colletotrichum sp. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian asap cair yang paling baik untuk menekan diameter koloni jamur Colletotrichum sp. adalah pada konsentrasi 0,32% dengan penghambatan pertumbuhan jamur 29,13%. Selain itu, pemberian asap cair dapat menghambat pembentukan spora Colletotrichum sp. yang menyebabkan semakin kecilnya kerapatan spora yang terbentuk dengan pemberian konsentrasi 0,32% sebesar 0,1875 x 106. Sedangkan konsentrasi asap cair 0,32% sangat bagus untuk menghambat daya kecambah (viabilitas) jamur Colletotrichum sp. yaitu sebesar 35,41%.
Franskasius Mugianto, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Mariyam Mariyam
Published: 31 October 2021
Variabel, Volume 4, pp 76-83; https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2698

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Santo Tarsisius Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, bentuk penelitian yang digunakan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Santo Tarsisius Singkawang. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian kemampuan penalaran adaptif dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran adaptif siswa pada materi operasi hitung pecahan tergolong sedang; (2) Gambaran bentuk kesalahan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa pada materi operasi hitung pecahan, yaitu: (a) siswa salah dalam menyimpulkan soal, (b) siswa salah dalam memaknai soal; (c) siswa salah dalam operasi hitung; dan (d) siswa salah dalam memahami konsep; (3) Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran adaptif pada materi operasi hitung pecahan, yaitu (a) siswa tidak lengkap mengerjakan soal atau tidak memahami maksud dari soal yang ditanyakan; (b) siswa tidak bisa mengembangkan metode apabila dihadapkan dengan bentuk soal yang berbeda, atau tidak dapat menemukan jawaban akhir; dan (c) kesalahan operasi hitung dimana siswa kurang teliti dalam menghitung.
Ulfi Meiyana, Rizki Ardiawan, Fiqoh Khoeriyah, Ahmad Khoiri, Sri Jumini, Firdaus Firdaus
Published: 31 October 2021
Variabel, Volume 4, pp 67-75; https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2815

Abstract:
Research objectives were to (1) Know the exploration of learning resources based on local wisdom; (2) To find out that local wisdom can be used as a learning resource in Viscosity material; (3) How to grow the entrepreneurial spirit with learning resources based on local wisdom. Qualitative descriptive research method with inductive and deductive analysis techniques. Data collection methods used documentation and participatory observation. The results showed that: (1) The form of exploration of learning resources based on local wisdom in the Wonosobo area was carried out with processed food products, namely COKSACAR. COKSACAR is a processed product of Carica fruit combined with chocolate. (2) The process of making COKSACAR as a learning resource for viscosity, namely the basic concepts and factors that affect viscosity in the form of the chocolate dough viscosity, fluid substances, the temperature in chocolate processing, and additives in the chocolate dough. (3) Learning resources based on local wisdom using COKSACAR can grow the entrepreneurial spirit, including (a) Motivation through the promotion of COKSACAR products. (b) Able to cultivate self-confidence, result-oriented, risk-taking, leadership, future-oriented, and able to find original and creative and innovative ideas. Learning resources that utilize the local potential of COKSACAR can foster a spirit of learning and train students' entrepreneurial spirit
Haratua Tiur Maria Silitonga, Erwina Oktavianty, Hamdani Hamdani, Dendodi Dendodi
Published: 30 April 2021
Variabel, Volume 4, pp 34-38; https://doi.org/10.26737/var.v4i1.2545

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual siswa tentang energi berdasarkan analisis instrumen tes empat tingkat. Sampel penelitian ini sebanyak 91 siswa yang diambil melalui teknik purposive sampling dari kelas X tiga SMA Negeri di Pontianak. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes diagnostik empat tingkat yang terdiri dari 12 pertanyaan pilihan ganda. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa indeks Aiken-v adalah 0,73. Reliabilitas instrumen sebesar 0,783 dan memiliki tingkat keterbacaan soal 0,63. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis uji diagnostik empat tingkat terdiri dari Siswa Paham konsep (33,2%), Paham sebagian (8,7%), Tidak paham konsep (12,6%), dan Miskonsepsi (45,4%).
Narwasti Tamelan, Landiana Etni Laos, Infianto Boimau
Published: 30 April 2021
Variabel, Volume 4, pp 1-8; https://doi.org/10.26737/var.v4i1.2055

Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada Suku Amanatun Selatan khususnya Desa Nenoat dengan tujuan untuk mengetahui konsep-konsep fisika yang terdapat pada tahapan proses anyaman tradisional tikar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi dan menggunakan teknik trianggulasi berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada proses pembuatan tikar terdapat konsep-konsep fisika yang dieksplor seperti energi potensial, aksi reaksi, gaya, gaya gesek, tekanan, usaha, kesetimbangan, gaya berat, gaya normal, kalor, perpindahan kalor secara radiasi, gaya tarik, massa, dan percepatan.
Sumarli Sumarli, Intan Kusumawati, Tedi Yanto
Published: 30 April 2021
Variabel, Volume 4, pp 9-14; https://doi.org/10.26737/var.v4i1.1253

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Generative Learning (GL) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kinematika dan respon siswa terhadap Model GL yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test – post-test design yang diterapkan pada satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri Singkawang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep yang telah diuji validitasnya. Teknik analisis data untuk pengaruh Model GL terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan MC Nemar dan angket respon siswa menggunakan persentase. Sebelum dilaksanakan penelitian, telah dilakukan uji coba. Berdasarkan hasil uji coba ditemukan bahwa rata-rata tingkat kesukaran sebesar 0,52 (sedang), daya pembeda sebesar 0,30 (cukup baik), validitas rhitung (0,44) > rtabel (0,39) dengan kategori valid dan reabilitasnya sebesar 0,737 dengan kategori tinggi. Hasil analisis data dengan uji MC Nemar test dengan taraf signifikasi sebesar 5% diperoleh χ2hitung > χ2tabel yaitu sebesar 4,764 > 3,841, sehingga disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak yaitu terdapat pengaruh Model GL terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kinematika gerak lurus. Analisis respon siswa yang diukur menggunakan lembar respon diperoleh tanggapan sebesar 86% terhadap penerapan model pembelajaran Generative Learning (GL) dengan katagori baik sekali.
Foni S Sae, Vivi Elvi Rosanti Husin, Ruth N.K Mellu
Published: 30 April 2021
Variabel, Volume 4, pp 27-33; https://doi.org/10.26737/var.v4i1.2321

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal anyaman Nyiru untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kristen 1 SoE pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahapan penelitian ini menggunakan beberapa langkah-langkah, yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) perbaikan produk; (6) uji coba lapangan (skala kecil). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar angket validasi, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan metode presentase. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan dan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil validasi dan respon siswa serta uji Normalized gain untuk melihat peningkatan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi bahan ajar oleh 4 orang validator dengan rata-rata persentase media bahan ajar adalah 79% dengan kategori valid dan rata-rata persentase materi adalah 82% dengan kategori valid. Nilai N-gain terhadap pemahaman konsep siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,82 dengan kriteria tinggi dan data terhadap respon siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,86% dengan kriteria Baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal anyaman Nyiru yang dikembangkan valid sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran fisika di sekolah.
Back to Top Top