Jurnal Algoritma

Journal Information
ISSN / EISSN : 1412-3622 / 2302-7339
Published by: Institut Teknologi Garut (10.33364)
Total articles ≅ 566
Filter:

Latest articles in this journal

, Ridwan Setiawan, Ridzky Ichlasul Amal
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 1-11; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.983

Abstract:
Penggunaan teknologi komputer dalam pengolahan data diperlukan untuk keperluan proses pembelajaran dan administrasi di sekolah. Apalagi disaat pandemi, setiap kegiatan mulai bergantung pada teknologi komputer dan jaringan, yaitu sistem online. Pertengahan tahun 2021, pemerintah sudah mengizinkan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan. Proses presensi di sekolah masih menggunakan cara ditulis tangan sehingga memakan banyak waktu, sedangkan waktu pembelajaran cukup singkat. Selain itu, presensi manual masih memiliki berbagai kelemahan diantaranya adalah data yang bertumpuk dan data yang rawan hilang. Oleh karena itu, dibuat sebuah aplikasi presensi siswa berbasis web dengan memanfaatkan fitur scan QR-Code untuk menandai kehadiran siswa. Aplikasi Presensi Siswa berbasis web dengan menggunakan QR-Code ini dikemblangkan menggulnakan metodlologi Rational Unified Process (RUP) dengan alat analisis dan desain menggunakan UML, serta menggunakan HTML dan PHP untuk mengkodeannya. Dari penelitian ini dihasilkan aplikasi presensi siswa berbasis web dan QR-Code, dimana aplikasi presensi ini dapat di manfaatkan dalam mengelola presensi siswa pada pembelajaran tatap muka di sekolah. Manfaat dari aplikasi Presensi Siswa Berbasis Web dan QR-Code yaitu untuk mengurangi kontak fisik dan waktu berkumpul dalam ruangan kelas pada saat pandemi sehingga dapat mengurangi resiko penularan virus covid-19 serta membantu proses pelaporan kehadiran siswa untuk proses penilaian.
Gani Hudaya, Asep Deddy Supriatna, Sri Rahayu
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 314-323; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1092

Abstract:
Keterbatasan dalam penjualan disebabkan karena permasalahan sarana dan prasarana penunjang untuk menjangkau wilayah pemasaran yang lebih menyeluruh. Dan pada saat ini pelaku usaha lebih memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan pengelolaan usahanya dengan media pemasaran yang saat ini marak seperti Tokopedia, Shoppe, Bukalapak pelaku usaha dapat memasarkan produk mereka secara luas dan penjualan pun meningkat. Sehingga sangat diperlukan suatu sistem informasi untuk proses bisnis online maupun offline. Dengan menggunakan metode Rational Unified Process dalam pengembangan aplikasi sistem informasi penjualan toko kue berbasis web, dengan tahapan inception, elaboration, construction dan transition dan menggunakan tools dalam memodelkan seperti Unified Modeling Language yang lebih memudahkan dalam perancangan aktor, Untuk bahasa pemograman menggunakan bahasa pemograman PHP adalah salah satu bahasa pemograman skrip yang dirancang untuk membangun aplikasi web. Dengan adanya sistem informasi penjualan toko kue berbasis web konsumen dapat dengan mudah melakukan pembelian dan transaksi secara online, dan tidak perlu mendatangi toko kue secara langsung, Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan system penjualan kue berbasis web diharapkan mampu meningkatakan penjualan dan mendatangkan konsumen melalui online ataupun offline.
, Asep Deddy Supriatna, Aldi Nur Puadi
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 238-248; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1059

Abstract:
Metode pembelajaran pencak silat pada anak saat ini dirasakan kurang menarik dan tidak efektif, hal ini disebabkan karena media yang digunakan saat ini bersifat konvensional. Sejalan dengan perkembangan teknologi, augmented reality telah mampu meningkatkan interaksi sehingga memberikan hasil yang efektif pada metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah media pembelajaran pengenalan teknik dasar pencak silat dengan teknologi Augmented Reality untuk anak yang sebelumnya menggunakan media pembelajaran lain sebagai media penyampaian materi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle, metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dengan tahapan yang ada didalamnya yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari penelitian ini berupa terciptanya aplikasi pengenalan teknik dasar pencak silat dengan menggunakan Augmented Reality untuk anak. Berdasarkan hasil pengujian beta yang menggunakan skala Likert, 94.4% dengan 10 responden menyatakan bahwa aplikasi yang dikembangkan efektif sebagai media pengenalan teknik dasar pencak silat.
Dewi Tresnawati, Asri Mulyani, Fahmi Ilham Ardiansyah
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 192-201; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1029

Abstract:
Asmaul husna adalah nama-nama indah dan baik dari Allah yang berjumlah 99. Namun, asmaul husna tidak diajarkan dengan jumlah demikian di Madrasah Ibtidaiyah sehingga siswa tidak dapat menghafal asmaul husna secara keseluruhan. Selain itu, media yang digunakan untuk melakukan pembelajaran asmaul husna terhadap siswa saat ini masih tetap menggunakan media cetak yaitu buku paket atau buku mata pelajaran Aqidah Akhlak sehingga menimbulkan rasa jenuh bagi siswa. Untuk dapat menunjang proses pembelajaran perlu diterapkan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pembelajaran tentang asmaul husna dengan membangun media pembelajaran interaktif mengenai asmaul husna berupa aplikasi berbasis android. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun aplikasi media pembelajaran tentang asmaul husna secara interaktif menggunakan sistem operasi android. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahapan diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran asmaul husna berbasis android secara interaktif yang dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah.
, Dewi Tresnawati, Rizwan Faiz
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 210-218; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1051

Abstract:
Layanan proses promosi dengan memanfaatkan teknologi saat ini tidak hanya dimanfaatkan oleh mereka para pemilik usaha yang besar saja, tetapi sekarang usaha lain pun juga membutuhkannya dalam mendukung kegiatan usahanya. Di era teknologi saat ini, banyak proses bisnis bagi pemilik usaha yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi sehingga proses promosi menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Salah satunya dengan menerapkan teknologi Augmented Reality yang dapat memberikan visualisasi berbeda kepada para pembeli. Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis Augmented Reality sebagai media untuk promosi barang mebel dengan menampilkan objek 3D pada sampel atau majalah yang telah di pasang marker. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang di mana tahapan pelaksanaannya meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Kemudian pengujian alpha dengan menggunakan metode Black Box Testing. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi Promosi Katalog Mebel Menggunakan Teknologi Augmented Reality.
, Yosep Septiana, Muhammad Abdul Yusup Hanifah
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 259-270; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1062

Abstract:
Presensi merupakan proses pendataan kehadiran baik di sekolah maupun di tempat kerja, dimana presensi sekarang sudah banyak menggunakan teknologi seperti presensi fingerprint, presensi berbasis web, presensi berbasis android, presensi Quick Response Code dan lain-lain, sehingga dengan adanya teknologi tersebut maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah, terutama dalam pengelolaan data kehadiran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk membuat rancang bangun Aplikasi Presensi Quick Response Code Berbasis Web dan Android yang dapat memudahkan proses presensi dan rekapitulasi presensi sehingga hasil yang di dapat lebih akurat, kemudian aplikasi tersebut terdapat fitur untuk menginformasikan ketidakhadiran karena sakit ataupun ijin. Metode yang digunakan adalah Extreme Programming (XP), tahapannya yaitu planning, design, coding dan testing. Hasil penelitian ini yaitu Aplikasi Presensi Quick Response Code yang dapat membuat proses presensi lebih akurat, meminimalisir terjadinya human error, memudahkan pengguna dalam menginformasikan sakit dan ijin, serta memudahkan rekapitulasi presensi.
, Sri Rahayu, Adam Fakhrul Rozi
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 219-229; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1044

Abstract:
Pengelolaan inventaris barang di Pondok Pesantren Hidayatusalam Garut saat ini masih menggunakan sistem yang manual dimana setiap data inventaris barang dicatat menggunakan buku. Hal ini tentu mengakibatkan data inventaris barang tersebut mudah rusak atau hilang serta data mengalami ketidaksesuaian. Maka dari permasalahan tersebut solusi alternatifnya adalah dirancangnya sebuah sistem informasi inventaris barang berbasis web yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan efektivitas dari pengelolaan data inventaris barang di Pondok Pesantren Hidayatussalam Garut. Ada pun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metodologi Rapid Application Development (RAD) sebagai salah satu metodologi pengembangan yang interaktif dalam pengelolaan tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut yaitu mampu mengatasi permasalahan data inventaris barang secara manual dapat diantisipasi dengan ada sistem informasi ini, serta seluruh informasi yang disajikan dalam sistem informasi ini dibuat sesuai dengan kebutuhan Pondok Pesantren Hidayatussalam sehingga pihak pengelola dapat dengan efisien dan akurat dalam melakukan pengelolaan inventaris barang.
Sendra Ilham Mandala, Leni Fitriani, Ade Sutedi
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 180-191; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1046

Abstract:
Dalam proses pengambangan perangkat lunak, Suatu tim pengembang berkemungkinan besar mendapatkan bug dalam pengembangan perangkat lunak. Untuk mengatasi masalah dibutuhkan suatu alat untuk mengelola bug yang ada pada suatu proyek pengembangan perangkat lunak. Tujuan dibuat rancang bangun suatu aplikasi bugtracker yaitu untuk memudahkan suatu tim proyek softwaredevelopment dalam mengevaluasi, mengoreksi, melacak, dan mengontrol bug dan masalah pada suatu proyek. metode yang digunakan adalah Rational Unified Process yang memiliki empat tahap, yaitu Inception, Elaboration, Construction, dan Transition dan menggunakan framework php yaitu laravel. Hasil penelitian ini berupa aplikasi bugtracker berbasis web untuk mengelola bug pada suatu project secara online yang terdapat fitur seperti Upload gambar untuk menambah informasi berupa file gambar, dan fitur list stepto reproduce berupa informasi list berupa text.
, Dini Destiani Siti Fatimah, Irpan Nurrohman
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 23-30; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.994

Abstract:
Pelayanan adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah penjualan terhadap suatu produk, karena dapat mempengaruhi tingkat penjualan itu sendiri. Saat ini pelayanan dilakukan secara offline saja, dan itu tidak efektif jika terjadi antrian sehingga dapat memberikan kesan kurang baik terhadap pelanggan. Untuk itu perlu adanya pengoptimalan dari segi pelayanan terhadap pelanggan, agar membuat pelanggan menjadi puas terhadap pelayanan yang diberikan. Dengan adanya aplikasi pelayanan penjualan berbasis web diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan agar kebutuhan pelanggan terpenuhi serta terlayani dengan optimal sehingga memberikan kesan yang baik terhadap pelanggan dengan pelayanan yang diberikan. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi penulis menggunakan metodologi yang dinamakan Rational Unified Procces yang tahapannya yaitu inception,elaboration, dan contraction kemudian menggunakan pemodelan Unified Modelling Languange. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan aplikasi pelayanan data penjualan ditoko optik berbasis web mampu mengoptimalkan pelayanan penjualan guna memberikan kesan yang baik kepada pelanggan, serta untu menaikan penjualan lewat pelayanan yang baik.
Yosep Septiana, Fitri Nuraeni, R. Mujahid Al-Haq
Published: 1 May 2022
Journal: Jurnal Algoritma
Jurnal Algoritma, Volume 19, pp 271-281; https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-1.1068

Abstract:
Dalam dunia pertelevisian, materi siaran senantiasa didokumentasikan untuk memonitor sejauh mana proses penyelesaian sebuah program acara. Proses dokumentasi ini juga bermanfaat untuk meninjau jumlah materi yang telah dibuat dan membantu petugas Master Control Room dalam membangun jadwal siaran. R Channel Jawa Barat sebagai stasiun televisi lokal masih menggunakan spreadsheet sebagai media penyimpanan materi siaran. Spreadsheet yang terpisah antara program satu dan lainnya membuat proses pengelolaan data materi siaran menjadi tidak efisien. Data hasil produksi yang tidak bisa dilihat secara langsung oleh tim produksi juga memperlambat proses pelaporan pada Supervisor. Selain itu, petugas siaran juga mengalami hambatan dalam dokumentasi hasil uji kualitas episode terbaru karena tidak adanya tools khusus untuk menyelesaikan proses bisnis ini. Untuk menanganinya, dilakukanlah penelitian dengan menggunakan metodologi ExtremeProgramming dengan tahapannya yaitu planning, designing, coding, dan testing. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi materi siaran berbasis web yang diharapkan dapat menyatukan seluruh data materi siaran dalam suatu sistem informasi, memudahkan petugas dalam mengelola data materi siaran, serta mendokumentasikan hasil uji kualitas episode terbaru.
Back to Top Top