Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Journal Information
ISSN / EISSN : 16937856 / 23553537
Current Publisher: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (10.33084)
Total articles ≅ 35
Filter:

Latest articles in this journal

Tia Normiasih, Karyanti Karyanti
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 12, pp 34-39; doi:10.33084/pedagogik.v12i2.855

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi. Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan April yang berlokasi di SDN 1 Lunuk Ramba, Desa Lunuk Ramba Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik yang dii gunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk ramba tahun pelajaran 2016/2017 menjadi lebih baik. (2) ada peningkataan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil pra tindakan dengan ketuntasan klasikalm25% dandengannilai rata-rata , pada Siklus I dengan ketuntasanklasikal 56% dandengannilai rata-rata 61 dan Siklus II dengan ketuntasanklasikal 94% dandengannilai rata-rata 88.
Safitriani Safitriani, Andi Setyawan
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 12, pp 45-49; doi:10.33084/pedagogik.v12i2.857

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas danmeningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran answer stick. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Mandomai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sertaanalisis data adalahnilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran answer stick dapat meningkatkan hasil belajar Matematikadengannilaiketuntasanklasikalyaitu 94 %.
Tia Normiasih, Diplan Diplan
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 12, pp 50-55; doi:10.33084/pedagogik.v12i2.858

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi. Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan April yang berlokasi di SDN 1 Lunuk Ramba, Desa Lunuk Ramba Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik yang dii gunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas belajar IPA dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk ramba tahun pelajaran 2016/2017 menjadi lebih baik. (2) ada peningkataan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Diskusi Bervariasi pada peserta didik kelas III SDN 1 Lunuk Ramba tahun pelajaaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil pra tindakan dengan ketuntasan klasikalm25% dan dengan nilai rata-rata , pada Siklus I dengan ketuntasan klasikal 56% dan dengan nilai rata-rata 61 dan Siklus II dengan ketuntasan klasikal 94% dan dengan nilai rata-rata 88.
Ichyatul Afrom
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 14, pp 77-81; doi:10.33084/pedagogik.v14i1.834

Abstract:Dalam penelitian ini terdapat tujuan yang ingin dicapai, oleh peneliti guna memperdalam ilmu pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan hubungan kecerdasan sosial dengan kerja belajar kelompok peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan sosial dengan kemampuan kerja sama dalam kelompok belajar mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Palangka Raya. Metode penelitian digunakan sebagai acuan peneliti untuk melakukan penelitian, penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian, dengan demikian maka penelitian ini menggunakan metode korelsional Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kemampuan peserta didik dalam belajar kelompok terhadap tingkat kecerdasan sosial peserta didik, semakin tinggi tingkat keserdasan maka akan berpengaruh positif terhadap kerja sama ketika terlibat dalam kegiatan belajar kelompok. Hal tersebut sesuai dengan hasil analisis yang diperoleh dari pengujian hipotesis dalam penelitian yang peneliti telah lakukan.
Muhammad Jailani, Siti Aminah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 13, pp 24-30; doi:10.33084/pedagogik.v13i1.723

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan aktifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model role playing berbantuan media papan flanel pada kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model role playing berbantuan media papan flanel pada kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya berjumlah 26 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keaktifan belajar IPS peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya meningkat dengan rata-rata 3,43 yang termasuk kriteria baik. 2) hasil belajar peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya meningkat dari hasil pre test rata-rata nilai 62,11 dengan ketuntasan klasikal 46,15% , sedangkan hasil post test siklus I rata-rata nilai 76,53 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Agung Riadin, Kurnia Sari
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 13, pp 16-23; doi:10.33084/pedagogik.v13i1.722

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika pada penerapan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif, dan (2) Peningkatan hasil belajar Matematika setelah penerapan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II-A di SDN-5 Panarung Palangkaraya yang berjumlah 29 orang peserta didik yang sekaligus dijadikan sampel penelitian.Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis ketuntasan klasikal dan individual. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik sangat baik dalam pembelajaran Matematika pada penerapan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif. Peserta didik berperan aktif, termotivasi, saling bekerjasama dengan meningkatkan kosentrasi dan kecepatan berpikir selama proses pembelajaran pada siklus I. Adapun hasil pengamatan aktivitas guru pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh pengamat 1 dan pengamat 2 selama proses pembelajaran Matematika pada siklus I rata-rata aspek aktivitas guru yaitu 3,74 dengan kriteria sangat baik dan rata-rata aspek aktivitas peserta didik yaitu 3,55 dengan kriteria sangat baik, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar belajar Matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar yang dilihat melalui skor rata-rata kelas pada siklus I yaitu 82 dengan kriteria tercapai dan memenuhi KKM 65, mencapai persentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu 100%, dengan kriteria ketuntasan klasikal 85%. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika setelah menerapkan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif.
Miokti Yessi
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 14, pp 52-64; doi:10.33084/pedagogik.v14i1.832

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran learning cycle 7E (LC 7E) berbantuan weblog pada materi asam basa dalam melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain one group pretest�posttest only. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA pada salah satu SMA di Kota Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Data hasil pre-test dan post-test kemudian dihitung gain score (Hake, 1998) untuk masing-masing indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi keterampilan berpikir kritis evaluasi 0,76 dengan kriteria tinggi dan penjelasan 0,76 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran asam basa dengan LC 7E berbantuan weblog secara signifikan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 14, pp 29-34; doi:10.33084/pedagogik.v14i1.829

Abstract:Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan atau faktor yang dominan mengapa Mahasiswa mengalami kesulitan dalam soal Reading Comprehension pada ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester tinggi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 20 orang. Jenis penelirian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Mahasiswa semester tinggi UM Palangkaraya kurang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan dalam menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan yang dimiliki Mahasiswa sangat rendah dan belum dapat dikuasai oleh Mahasiswa. Untuk mengatasi mengatasi kesulitan membaca pada mahasiswa semester tinggi adalah melakukan berbagai latihan dan penugasan.
Muhammad Jailani
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 14, pp 35-42; doi:10.33084/pedagogik.v14i1.835

Abstract:Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi berwirausaha pada anak di SMK Muhammadiyah 1 Sampit. Dengan populasi sebanyak 60 orang, digunakan teknik Simple Random Sampling untuk mendapatkan sampel sebanyak 51 orang. Diketahui bahwa sosial ekonomi orang tua signifikan dengan nilai F (1,49) = 5,799, R= 0,325 (p
Heri Purwanto
Pedagogik: Jurnal Pendidikan, Volume 14, pp 65-76; doi:10.33084/pedagogik.v14i1.833

Abstract:Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi profesional guru, termasukkemampuan komunikasi dalam proses pembelajaran yang interaktif, baik antara guru-peserta didik, peserta didik-guru maupun peserta didik-peserta didik dan diciptakan secara kondusif melalui penerapan teknik bertanya.Tetapi fakta di SMA Negeri 1 Dusun Selatan terutama kelas X pembelajaran berlangsung monoton, interaksi kelas minimal dan didominasi oleh guru sehingga dirasakan perlu dilakukan Supervisi Akademik Teknik Bertanya (Suka Tanya) serta untuk mengetahui tingkat keberhasilannya diobservasi dengan penelitian tindakan sekolah. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini untuk : (1) mengetahui apakahSuka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan dan (2) bagaimana langkah-langkah agar Suka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dimana dilakukan tindakan berupa supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang dibagi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi, berfokus untuk memperoleh data interaksi kelas dan persepsi peserta didik dalam proses pembelajaran. Analisis data dengan metode deskriptif untuk menguraikan secara komprehensif proses dan hasil penelitian.