Anterior Jurnal

Journal Information
ISSN / EISSN : 1412-1395 / 2355-3529
Published by: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (10.33084)
Total articles ≅ 228
Filter:

Latest articles in this journal

Sumiatie Sumiatie
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 64-75; doi:10.33084/anterior.v20i2.1669

Abstract:
Kalimantan Tengah yang didiami oleh berbagai suku, seperti suku Dayak ngaju Ma'anyan, Lawangan, Dusun dan sebagainya yang mempunyai keanekaragaman adat istiadat, tradisi dan budaya yang merupakan cerminan dari kekayaan daerah Kalimantan Tengah. Adapun suku yang dibicarakaan dalam penelitian ini adalah suku Dayak Katingan, Kebanyakan dari suku ini mendiami sungai Katingan (Mandawai) dan sebagian besar masih memeluk agama Kaharingan, dengan salah satu tradisinya yaitu Upacara Adat Tradisional Manajah Antang. Upacara tradisional ini merupakan upacara yang sifatnya turun temurun dengan mengundang antang tajahan. Menurut kepercayaan Dayak Katingan, antang tajahan berbeda dengan burung antang biasa, dimana antang tajahan tersebut memiliki kesaktian yang dapat memberi petunjuk atau pertanda dan pertolongan kepada manusia. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendriskripsikan makna Ritual Manajah Antang bagi kehidupan masyarakat Dayak Katingan di Kasongan Kabupaten Katingan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dalam bentuk kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipasi atau pengamatan terlibat serta komunikasi langsung dalam bentuk wawancara. Berdasarkan hasil analisa dan interprestasi bahwa tujuan penyelenggaraan Upacara Adat tradisional Manajah Antang di anggap mengandung makna untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat, dapat menimbulkan rasa aman, bisa memberikan petunjuk , dapat membawa keselamatan bagi yang melakukan perjalanan jauh sehingga sampai ketujuan, dapat meningkatkan kehidupan sosial masyarakat, serta dapat memberikan penghidupan yang lebih layak dalam membuka lahan bagi masyarakat.
Muhammad Noor Fitriyanto, Chandra Anugrah Putra
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 50-55; doi:10.33084/anterior.v20i2.1654

Abstract:
Tujuan penulisan ini adalah mengungkap bagaimana Persyarikatan Muhammadiyah merespon perkembangan teknologi informasi dan revolusi industri 4.0. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui kajian literatur yang bersumber dari jurnal dan dokumen terkait permasalahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode induktif, yakni metode yang menggunakan alur berpikir dengan penarikan kesimpulan berdasarkan data-data yang bersifat khusus. Kesimpulan dari permasalahan tersebut adalah pertama dalam merespon perkembangan teknologi informasi perlu menerapkan pendekatan pembelajaran interdisiplin Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) melalui sekolah-sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah agar tercipta kader dan lulusan yang mampu bersaing dalam perkembangan teknologi informasi. Kedua, pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Muhammadiyah berorientasi terhadap Revolusi Industri 4.0 sehingga luaran dari revolusi ini akan mendatangkan keuntungan dan kesejahteraan bagi warga Persyarikatan Muhammadiyah serta rakyat Indonesia secara luas.
Satriya Nugraha, Theresia Dessy Wardani
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 102-112; doi:10.33084/anterior.v20i2.2175

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam pali dan denda pali dalam ritual Dayak Ngaju Tiwah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model pendekatan budaya dengan mengumpulkan data berupa kata, gambar, dan bukan angka dari studi pustaka, wawancara, catatan lapangan, foto, dan video dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa reduksi data, penyajian data. dan menyimpulkan. Hasil yang diperoleh adalah bahwa dalam ritual tiwah terdapat pembatas adat yang disebut Hinting Pali, yang tidak dapat dilanggar oleh beberapa jenis pali atau pantangan seperti pali sayur, pali hewan, pali ikan, dan sikap / perilaku pali. Jika ada pelanggaran pali dalam ritual tiwah, denda yang diberikan adalah mengganti dua kali lipat biaya tiwah yang telah dikeluarkan oleh anggota ritual tiwah. Penelitian ini hanya membahas pali dalam ritual tiwah masyarakat adat Dayak Ngaju. Kedepannya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar penelitian tentang pali dalam ritual dan upacara lainnya dalam budaya masyarakat adat Dayak Ngaju Kalimantan Tengah.
Saiffullah Darlan, Seth Miko
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 134-140; doi:10.33084/anterior.v20i2.2278

Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil akhir pelatihan komputer bagi warga belajar yang di selenggarakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ransel Buku, dilaksanakan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri pengelola TBM Ransel Buku, instruktur, warga belajar dan masyarakat serta alumni TBM. Analisis data dilakukan secara simultan dan terus menerus sejak dimulai hingga akhir penelitian, terdiri dari data condensation, data display dan drawing and verifying conclusions. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi, pengamatan secara tekun, dan diskusi.Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pelatihan komputer yang diselenggarakan TBM Ransel Buku dapat di katakan berhasil, karena semua program kegiatan pelatihan terlaksana dengan baik. Indikator lain keberhasilan pelatihan ini, para alumni warga belajar TBM Ransel Buku berdaya guna di masyarakat dan dunia kerja.
Eny Susilowati
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 76-83; doi:10.33084/anterior.v20i2.1778

Abstract:
Tanah merupakan suatu kebutuhan dari setiap warga negara saat ini. Kebutuhan akan tanah terlihat dari antusias setiap orang akan memperoleh dan mempertahankan tanah yang mereka inginkan dan mereka miliki. Tanah yang merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, memiliki nilai yang sangat tinggi secara ekonomi, sosiologi, maupun secara derajat seseorang ditengah masyarakat. Seiring perkembangan akan kebutuhan tanah disaat ini, bersamaan dengan itu juga berkembang pula regulasi-regulasi atau aturan yang mengatur bagaimana cara memperoleh serta mempertahankan tanah tersebut. Pemerintah yang berwenang mengeluarkan segala jenis aturan tersebut merasa harus untuk mengeluarkan peraturan-peraturan tentang pertanahan, maka dibentuklah Undang-undang Pokok Agraria yaitu Undang-undang No. 5 Tahun 1960. Namun peraturan-peraturan tersebut belum sepenuhnya melindungi para pemegang hak atas tanah. Karena besarnya nilai tanah tersebut, sering menimbulkan sengketa pertanahan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris, yaitu penelitian yang menitik beratkan terhadap data primer. Faktor yang menyebabkan surat tanah menjadi ganda adalah kurang telitinya panitia ajudikasi dalam mengumpulkan data fisik tanah yang dimohonkan pendaftarannya, sering mengakibatkan terjadinya overlapping (tumpang tindih) surat tanah. Selain hal tersebut kurangnya pengetahuan masyarakat tentang prosedur pembuatan surat tanah, sehingga dimanfaatkan oleh oknum perangkat desa atau pejabat badan pertanahan dengan memalsukan data – data yang di perlukan dalam rangka pendaftaran tanah. Penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) adalah memfasilitasi dalam Mediasi/Musyawarah. Badan Pertanahan Nasional berperan sebagai tempat mediasi atau tempat menyelesaikan sengketa secara kekeluargaan tanpa melewati pengadilan.
Bello Bolanle Muhinat
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 127-133; doi:10.33084/anterior.v20i2.1724

Abstract:
This research work was carried out to investigate and ascertain how scores from overloaded continuous assessment (C.A) timetable predict senior school students’ academic performance in economics in Ilorin south local government. The study adopted an ex-post-facto design, and sample senior school (SS-II) students as the target population from nine randomly selected senior schools in Ilorin south local government. A hundred and eighty-two senior school students’ 2019 C.A and examination were sampled with the use of proforma. The data collected was analyzed using the mean score and Pearson’s Product Moment Correlation. The findings revealed that the students’ performance in economics C.A was low as a result of the overloaded in the C.A timetable. The result indicated that there was a significant relationship between senior school students’ C.A score and their economics examination at 0.05 level of significance. Based on these findings, it is recommended that school administrators should ensure that C.A timetable is properly designed and structured in a way that will enhance the performance of students in economics C.A in Ilorin south local government
Rina Juliyanti, Nur Aizah
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 119-126; doi:10.33084/anterior.v20i2.1661

Abstract:
Bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, hingga pendidikan kini mengalami perubahan karena pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak pada lulusan yang tinggal dirumah sehingga menyebabkan meluapnya angka pengangguran. Kebanyakan orang hanya menyorot pada sisi negatif pandemi, padahal kita juga berinovasi memanfaatkan peluang dari adanya pandemi Covid-19 untuk hal yang bermanfaat. Motivasi pemilihan karir bertujuan membantu siswa memilih karir melalui bimbingan karir. Bimbingan Karir dimaksudkan untuk membantu siswa agar kenal dan paham akan dirinya, mengenal dunia kerja, serta dapat merancang masa depan yang sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkan, dapat bertanggungjawab atas keputusan yang diambil secara tepat, sehingga menciptakan pribadi yang bermakna. Dalam penelitian ini menerapkan program bimbingan karir pada delapan remaja lulusan SMA di desa Wlahar. Metode yangdigunakan yaitu dengan diadakan Workshop “Motivasi Pilihan Karir Bagi Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Wlahar ” dengan teknik swakelola. Keberlanjutan kegiatan ini yaitu dengan mengadakan sesi konseling kelompok kepada para lulusan yang terkait dengan perencanaan karir. Hasil para remaja mau mencoba memulai karir dengan berwirausaha bisnis online.
Lilik Kholisotin, Lailatul Fithriyah Azzakiyah
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 94-101; doi:10.33084/anterior.v20i2.1896

Abstract:
Penelitian ini bertujuan mencegah LGBT pada generasi millenial melalui pendidikan karakter berlandaskan nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen. Jenis metode eksprimen dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan menggunakan one group pre-test dan post-test design. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan paired samples test, diperoleh hasil pretest 57.43 dan meningkat pada hasil posttest menjadi 119.04. Berdasarkan hasil uji paired samples test dapat dikatakan bahwa mitigasi pencegahan disorientasi seksual melalui pendidikan karakter berlandaskan nilai-nilai Kemuhammadiyahan pada generasi millenial efektif mencegah perilaku LGBT.
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 113-119; doi:10.33084/anterior.v20i2.2084

Abstract:
ABSTRAK Kondisi Pandemi Covid-19 menuntut kader-kader Muhammadiyah untuk turut berpartisipasi secara kreatif dan inovatif dalam penanggulangan pandemi ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Secara umum evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan Program Relawan Muhammadiyah dalam Pemulasaran jenazah covid-19. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui analisis kebutuhan, tujuan dan sasaran pada tahapan Antecedents/context; 2) Mengetahui proses pelayanan, dukungan sarana dan prasarana, penjadwalan, dukungan stakeholder, dana, dan metode pelaksanaan dalam tahapan Transaction/Process; 3) Mengetahui hasil kegiatan/pelayanan pada tahapan output. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan model evaluasi STAKE (context, process dan outcome. Subjek penelitian berasal dari relawan Angkatan Muda Muhammadiyah di 2(dua) kabupaten yaitu Palangkaraya dan Kuala Kapuas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data juga dilakukan dengan melakukan konfirmasi data kepada unsur MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Centre). Hasil yang diperoleh dari “Evaluasi Program Relawan Angkatan Muda Muhammadiyah Pada Pemulasaran Jenazah Covid-19 Di Kalimantan Tengah” dipaparkan temuan-temuan hasil evaluasi kedalam tiga bagian model evaluasi yaitu: context, process, dan outcome. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Analisis kebutuhan dan tujuan serta sasaran program pada komponen context ada pada kategori baik sekali. (2) Implementasi aktifitas kegiatan dalam aspek process termasuk dalam kategori baik. (4) Outcome dari program ada pada kategori baik. Kesimpulan dari evaluasi ini adalah program Program Relawan Angkatan Muda Muhammadiyah Pada Pemulasaran Jenazah Covid-19 Di Kalimantan Tengah tetap dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.
Naufal Fikhri Khairi
Anterior Jurnal, Volume 20, pp 84-93; doi:10.33084/anterior.v20i2.1795

Abstract:
Perdagangan manusia telah menjadi salah satu permasalahan yang besar di Asia Tenggara. Oleh karena itu, ASEAN selaku wadah integrasi regional harus melakukan segala upaya untuk memberantas, menangani, dan mencegah perdagangan manusia. Tujuan dari paper ini yaitu untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan ASEAN untuk menangani isu human trafficking. Konsep human security dan konsep sustainable development goals (SDGs) akan digunakan untuk menggambarkan permasalahan human trafficking dan upaya-upaya ASEAN memberantasnya di Asia Tenggara. Hasil yang didapatkan yakni ASEAN telah melakukan berbagai upaya untuk memberantas human trafficking baik dari berbagai deklarasi, konvensi, dan kebijakan-kebijakan luar negeri masing-masing negara anggota ASEAN, akan tetapi masih belum mencapai hasil yang signifikan. Namun, hal ini telah menjadi bukti kepedulian ASEAN terhadap isu keamanan non-tradisional terkhusus human security dan terhadap pembangunan berkelanjutan yang tercantum dalam SDGs.
Back to Top Top