JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi

Journal Information
ISSN / EISSN : 2339-2436 / 2549-5968
Published by: LPPM Unsera (10.30656)
Total articles ≅ 68
Filter:

Latest articles in this journal

Kusuma Indawati Halim
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 223-233; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2723

Abstract:
This study aims to examine the impact of Financial Distress, Audit Committee, and Firm Size on The Integrity of Financial Statements. The integrity of financial statements can reflect the company's financial performance. The research sample obtained were based on purposive sampling technique, is including 32 consumer goods industry sectors firms listed in Indonesian Stock Exchange over the period of 2013-2017. Sources of research data are annual reports. Data analysis used descriptive statistics, classic assumption tests, estimation models, and panel data regression analysis. The panel data regressions analysis was the methodology employed for verifying the factors that may influence the integrity of financial statements. Based on the results of the Chow test and the Hausman test, the appropriate panel data regression model to be used for this study is the fixed effects model. This study provides empirical evidence that financial distress is negatively associated with the the integrity of financial statements, while audit committee and company size have positive effect on the the integrity of financial statements. Keywords: Financial Distress, Audit Committee, Firm Size, Integrity of Financial Statements.
Mazda Tjahjono, Saskia Khairunissa
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 180-198; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2401

Abstract:
Isu mengenai independensi auditor menjadi isu utama yang muncul akibat dari lamanya seorang auditor memberi layanan audit kepada klien. Untuk dapat meningkatkan kualitas dan independensi auditor memerlukan adanya rotasi auditor. Rotasi auditor ini terkait dengan aktivitas perusahaan untuk melakukan auditor switching. Auditor switching merupakan pergantian Kantor Akutan Publik (KAP) atau auditor yang dilakukan oleh klien perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, financial distress, pertumbuhan perusahaan klien, dan pergantian manajemen terhadap auditor switching. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistic. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa opini audit berpengaruh signifikan terhadap auditor switching. sedangkan financial distress, pertumbuhan perusahaan klien, dan pergantian manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching.
Rizqa Rahman
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 159-166; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2351

Abstract:
Business processes and accounting standards are becoming more complex. The role of public accountants is not optimal in detecting and preventing business continuity problems. The audit opinion has not been able to show the actual condition of the company. Whereas, high quality audits can provide good information in decision making by management, creditors, or investors. This study aims to examine whether using Big 4’s audit service are more excellent than others. Sample in this study is Indonesia State Owned Enterprises that listed in Indonesia Stock Exchange from 2015 to 2018. We use regression test and t- test as analyses technique. We finds that Big 4 have delivered better audit quality than others.
Putri Intan Permata Sari, Fitri Yeni, Ramdani Bayu Putra, Rosa Citra Dewi
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 234-253; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2828

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengestimasi Pengaruh Tingkat Kesadaran Pajak dan Mekanisme Pembayaran Pajak terhadap Traffic Transaksi Jual Beli pada online shop di Kota Padang dengan Tarif Pajak sebagai Variabel Kontrol. Sampel sebanyak 60 UMKM sektor makanan yang melakukan penjualan via Go-Food yang dipilih menggunakan teknik accidental sample. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan diolah menggunakan program SPSS 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis Tingkat Kesadaran Pajak tidak berpengaruh terhadap Traffic Transaksi Jual Beli sedangkan Mekanisme Pembayaran Pajak memiliki penagaruh terhadap Traffic Transaksi Jual Beli pada Online Shop Di Kota Padang. Diharapkan para pelaku UMKM mampu untuk meningkatkan kesadarannya terhadap pajak dan lebih meningkatkan pengetahuannya terhadap pajak, karena dengan begitu akan mempengaruhi tingkat jual beli dan berdampak pada perekonomian masyarakat yang semakin membaik.
Maria Stefani Osesoga, Michelle Vanessa
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 199-212; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2524

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas (ROA), likuiditas (CR), pertumbuhan perusahaan, dan struktur modal (DER) terhadap nilai perusahaan (PBV). Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang dianalisa dengan menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.
Serly Olivia Prasmadani, Supri Wahyudi Utomo, Nur Wahyuning Sulistyowati Nur
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 254-269; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2840

Abstract:
Penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tentunya di SMA N 6 Madiun yang sudah menerapkan sistem fullday. Namun, kebanyakan guru masih beranggapan apabila menggunakan media pembelajaran rumit dan memerlukan waktu cukup lama sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran akuntansi. Dari hal tersebut banyak ditemukan siswa yang tidak jauh dari KKM yang di tetapkan sekolah. Maka dari itu guru sebagai seorang pendidik harus pandai dalam mengembangkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini, untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran fun accounting berbasis ular tangga dan bagaimana perolehan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran fun accounting berbasis ular tangga. Model pengembangan yang dalam penelitian ini adalah ADDIE. Sampel yang digunakan yakni kelas XII IPA II SMA Negeri 6 Madiun sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fun accounting berbasis ular tangga dapat dikategorikan ke dalam kriteria valid, praktis dan efektif serta bisa meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada materi akuntansi sub bagian jurnal khusus. Kata Kunci : Media, Fun Accounting, Ular Tangga
Siti Nafisah Azis
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 142-158; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2540

Abstract:
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh tingkat kecerdasan (kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual), perilaku belajar, dan kompetensi dosen terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dengan sarana pendidikan sebagai pemoderasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang. Metode pengumpulan sampel yaitu purposive sampling, sehingga menghasilkan jumlah sampel sebesar 73 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang dianalisis menggunakan analisis regresi moderasi dengan metode uji selisih mutlak. Hasil menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh negatif terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan spiritual, kompetensi dosen, dan sarana pendidikan tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sarana pendidikan juga tidak dapat memoderasi pengaruh tingkat kecerdasan, perilaku belajar, dan kompetensi dosen terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Indikator keterampilan sosial, bersikap fleksibel, dan intelegensi praktis memengaruhi tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini memberikan bukti baru bahwa sarana pendidikan belum dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pemahaman akuntansi mahasiswa, baik sebagai faktor utama maupun faktor penunjang. Kata Kunci: tingkat kecerdasan; perilaku belajar; kompetensi dosen; sarana pendidikan; tingkat pemahaman akuntansi
Wahyu Sholekah, Supri Wahyudi Utomo, Elly Astuti
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 213-222; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2531

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL) dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Tahun Angkatan 2016 yang sudah menempuh mata kuliah magang 2 dan magang 3 (PPL) sejumlah 96 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dan IPK terakhir mahasiswa. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Sedangkan prestasi belajar tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Pengalaman PPL membuat mahasiswa memiliki wawasan dan pengetahuan. Mahasiswa akan mengetahui bagaimana proses mengajar di kelas yang sesungguhnya. Mahasiswa mengetahui bagimana kegiatan guru pada saat di sekolah. hal ini membuat mahasiswa memiliki minat tinggi untuk menjadi guru. mahasiswa sudah mendapatkan pengalaman dan ilmu pada saat mengikuti kegiatan PPL. prestasi belajar tidak mempengaruhi minat menjadi guru. kompetensi yang dimiliki mahasiswa lebih terarah pada keprofesian lain. seperti akuntan dan tidak mengarah kepada profesi keguruan. Hal tersebut dapat didasari oleh beberapa faktor seperti motivasi, sikap dan minat.
Listya Sugiyarti, Desiana, Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 167-179; https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2394

Abstract:
The research aims to determine system justice, distrust to fiscus and love of money towards tax evasion. The sample in the study are individual taxpayers in the area of the Ciawi Pratama Tax Office who are conducting taxation activities. The type of data is quantitative data. The data collection method used is the questionnaire method. The sampling technique of 100 individual taxpayers use purposive sampling. For Data processing usage is Statistical Package for Social Science. The results of the study indicate that system justice has a negative effect on tax evasion, distrust to fiscus influences on tax evasion, while the love of money infuences tax evasion. Keywords: System Justice, Distrust to Fiscus, Love of Money, Tax Evasion.
Herman Wijaya
JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, Volume 8, pp 122-141; https://doi.org/10.30656/jak.v8i1.2883

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variable Desentralisasi dan ketidakpastian tugas terhadap kinerja manajerial melalui sistem akuntansi manajemen (SAM) Disamping itu penelitan ini juga menguji pengaruh masing - masing variabel kontekstual dengan SAM, pegnaruh SAM terhadap kinerja manajerial baik secara langsung, maupun dengan dimoderasi kedua variabel kontekstual.Responden dalam penelitian ini adalah manajer fungsional dari perusahaan percetakan skala besar di Banten. sampel yang digunakan berjumlah 100 manajerial fungsional. Alat analisis dengan menggunakan Structural Equational Modelling (SEM) melalui Partial Least Square (PLS) dan Sobel Test.Dalam penelitian ini, desentralisasi memiliki pengaruh positif signifikan terhdap kinerja manajerial, ketidakpastian tugas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial, sistem akuntansi manajemen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasil uji pengaruh tak langsung terbukti ketidak pastian tugas berpengaruh terhadap kinerja manajerial yang dimediasi oleh Sistem Akuntansi Manajemen. Kata Kunci : Ketidakpastian tugas, desentralisasi, sistem akuntansi manajemen, Kinerja manajerial
Back to Top Top