Balance Vocation Accounting Journal

Journal Information
EISSN : 2580-1074
Current Publisher: Universitas Muhammadiyah Tangerang (10.31000)
Total articles ≅ 32
Filter:

Latest articles in this journal

Khorida Ar, Armi Bakar, Haryanto Haryanto
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 4, pp 74-89; doi:10.31000/bvaj.v4i1.2704

Abstract:
Penelitian ini berupa sebuah survey dengan tujuan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan populasi terjangkau adalah WP pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor bersama Samsat Balaraja dengan sampel 100 wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Samsat Balaraja. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019 sampai dengan bulan Dsember 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh kualitas pelayanan pajak, sanksi perpajakan, dan kesadaran wajib pajak bersama-sama terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Balaraja, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung > Ftabel atau 10,004 > 2,696 dan nilai sig = 0,000 < α = 0,05.
Yovita Ariani, Devica Pratiwi, Monica Indriana
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 4, pp 43-57; doi:10.31000/bvaj.v4i1.2702

Abstract:
Keinginan untuk mengaktualisasikan diri akan mempengaruhi gaya hidup dan keputusan penting termasuk jurusan studi dalam perkuliahan. Jika dihubungkan dengan revolusi industri, maka adalah masuk akal jika seorang pelajar memilih jurusan yang terkait bidang teknologi tetapi berdasarkan data sebelumnya jurusan akuntansi masih menduduki peringkat 3 (tiga) besar. Adanya perbedaan antara kondisi lingkungan industri dengan keputusan pelajar memilih program studi akuntansi inilah yang memberikan tanda tanya tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan seorang pelajar dalam memutuskan program studi yang dipilih. Unit analisa dalam penelitian ini adalah individu mahasiswa/i. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas X, jurusan akuntansi. Analisa data bersifat statistik dengan pendekatan PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Penelitian menghasilkan bahwa dimensi pencarian informasi dan evaluasi biaya dapat menjelaskan variabel dependen yaitu keputusan milenial dalam memilih jurusan akuntansi. Variabel independen yaitu ekspektasi karir dan karakteristik pribadi memiliki hubungan yang positif dalam keputusan para milenial memilih jurusan akuntansi sedangkan variabel persepsi tidak memiliki hubungan negative terhadap pemilihan program studi.
Sihar Tambun, Riris Rotua Sitorus, Tania Alvianita Pramudya
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 4, pp 1-12; doi:10.31000/bvaj.v4i1.2699

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh dari Technology Acceptance Model dan Digital taxation terhadap Kepatuhan wajib pajak dengan Pemahaman Internet sebagai variabel moderating. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan perhitungan moderating menggunakan metode interaksi. Mengolah data dengan menggunakan bantuan aplikasi Smart PLS. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari 94 Wajib Pajak Orang Pribadi yang menjalankan usaha atau memiliki pekerjaan bebas di Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Technology Acceptance Model dan Digital taxation tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan wajib pajak. Pemahaman Internet berpengaruh signifikan positif terhadap Kepatuhan wajib pajak. Moderasi Pemahaman Internet atas pengaruh Technology Acceptance Model berpengaruh signifikan positif terhadap Kepatuhan wajib pajak. Moderasi Pemahaman Internet atas pengaruh Digital taxation berpengaruh signifikan negatif terhadap Kepatuhan wajib pajak.
Zara Tania Rahmadi, Eni Suharti, Hustna Dara Sarra
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 4, pp 58-73; doi:10.31000/bvaj.v4i1.2703

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh antara capital intensity dan leverage terhadap Agresivitas Pajak. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 24 perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi data panel dengan menggunakan Eviews 10.0. Hasil regresi berganda data panel menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara Capital Intensity dan leverage terhadap Agresivitas Pajak, yang berarti bahwa perusahaan yang cenderung berinvestasi pada aktiva tetap menyebabkan adanya depresiasi yang digunakan sebagai pengurang laba sehingga pajak yang dibayarkan oleh perusahaan akan berkurang.
Kurniawati Kurniawati, Imora Kamul, Yohanes James Richard, Prisella Julianti
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 4, pp 13-27; doi:10.31000/bvaj.v4i1.2700

Abstract:
Inovasi merupakan strategi kunci bagi perusahaan untuk bertumbuh dan bertahan dalam lingkungan yang dinamis. Peranan dewan direksi sebagai komite eksekutif serta dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan sebagai komite pengawasan, adalah sangat penting dalam mendorong terciptanya inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah gender, tingkat pendidikan, dan keragaman usia dari dewan direksi serta proporsi komisaris independen dan konsentrasi kepemilikan dapat meningkatkan inovasi dalam suatu perusahaan. Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 20150-2018. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan 34 (tiga puluh empat) perusahaan sebagai sampel akhir. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi 5%. Alat statistik yang digunakan adalah SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman gender dan tingkat pendidikan dari dewan direksi memiliki pengaruh positif terhadap inovasi. Akan tetapi, keragaman usia tidak berpengaruh terhadap inovasi. Dalam kaitannya dengan fungsi pengawasan, konsentrasi kepemilikan memiliki pengaruh terhadap inovasi, akan tetapi proporsi dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap inovasi.
Mulia Alim, Daniel Ibnu Sina
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 4, pp 28-42; doi:10.31000/bvaj.v4i1.2701

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing dan Net Profit terhadap Financial Sustainability Ratio pada perusahaan Perbankan Syariah yang ada di Indonesia. Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 5 tahun yaitu periode 2015-2018. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan Perbankan Syariah yang ada di Indonesia periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 10 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs Perbankan masing-masing. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing dan Net Profit berpengaruh positif terhadap Financial Sustainability Ratio Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing dan Net Profit secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Financial Sustainability Ratio
Alvin Alvin, Kurniawati Kurniawati
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 3, pp 1-17; doi:10.31000/bvaj.v3i2.2236

Abstract:
Technology Acceptance Model (TAM) merupakan suatu model yang digunakan untuk mengetahui tingkat penerimaan seseorang atau pemakai terhadap penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terhadap tingkat penerimaan audit software bagi auditor eksternal dengan menggunakan model TAM. Adapun konstruk model TAM yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 (empat) konstruk utama, yaitu: perceived usefulness (persepsi kegunaan), perceived ease of use (persepsi kemudahan penggunaan), attitude toward using (sikap terhadap penggunaan) dan penerimaan audit software. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner online dan disebarkan kepada auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) wilayah DKI Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dan menghasilkan sampel akhir sebanyak 91 (sembilan puluh satu) responden. Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model analisis statistik persamaan struktural (SEM) dengan bantuan program WarpPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel persepsi kegunaan, variabel persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel sikap terhadap penggunaan dan variabel persepsi kegunaan dan sikap terhadap penggunaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel penerimaan audit software. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat penerimaan audit software adalah sangat tinggi yang didasari oleh persepsi individu tentang kegunaan dan kemudahan audit software. Hal ini juga menunjukkan bahwa auditor sangat menerima dengan positif terhadap perkembangan teknologi di bidang auditing. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian terkait perkembangan teknologi baru dalam bidang auditing yang memasuki tahap implementasi era revolusi industri 4.0.
Dhian Andanarini Minar Savitri, Dian Kurniasari
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 3, pp 35-51; doi:10.31000/bvaj.v3i2.2238

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh laporan keuangan dan sistem pengendalian internal terhadap penyusunan anggaran dana desa dengan menggunakan akuntabilitas dana desa sebagai variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap penyusunan anggaran dana desa sedangkan sistem pengendalian internal berpengaruh positif signifikan terhadap penyusunan anggaaran dana desa. Akuntabilitas dana desa sebagai variabel intervening mampu memediasi pengaruh penyajian laporan keuangan dan sistem pengendalian internal terhadap penyusunan anggaran dana desa, namun tidak dapat memediasi pengaruh aksesibilitas laporan keuangan terhadap penyusunan anggaran dana desa.
Astohar Astohar, Mirna Dyah Praptitorini
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 3, pp 18-34; doi:10.31000/bvaj.v3i2.2237

Abstract:
Perbankan merupakan lembaga keuangan yang memiliki peranan dalam sistem keuangan di Indonesia. Kinerja keuangan perbankan atau kesehatan perbankan dapat dilihat melalui kinerja profitabilitas. Dalam mengukur profitabilitas bank yang go public, penelitian ini menggunakan Return On Asset (ROA). ROA lebih memfokuskan pada kemampuan perbankan untuk memperoleh earning dalam operasi perusahaan. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian Hardiyanti (2016) dengan menambah variabel Capital Adequacy Ratio(CAR).Penelitian ini mengambil obyek pada perbankan go public di Indonesia sebanyak 43 perbankan. Sampel yang digunakan untuk penelitian adalah sebanyak 41 bank (2 bank tidak dapat digunakan). Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alatanalisis menggunakan regresi berganda dengan tiga tahapan regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Net Interest Margin (NIM) dan negative tidak signifikan terhadap Return On Asset (H1 dan H4 ditolak). Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) mempunyai pengaruh negative signifikan terhadap Net Interest Margin (NIM) dan terhadap Return On Asset (H2 dan H5 diterima). Capital Adequacy Ratio (CAR) terbukti mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap Net Interest Margin (H3 ditolak) dan negative signifikan terhadap Return On Asset (H6 diterima). Net Interest Margni (NIM) Bank Go Public di Indonesia mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset (H7 diterima). Hasil perhitungan sobel test menunjukkan bahwa Net Interest Margin (NIM) terbukti sebagai variable mediasi untuk Loan To Deposit Ratio (LDR) dan BOPO terhadap Return On Asset (ROA), sedangkan pada variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak terbukti sebagai mediasi.
Mulia Alim, Assyifa Assyifa
Balance Vocation Accounting Journal, Volume 3, pp 69-81; doi:10.31000/bvaj.v3i2.2235

Abstract:
Abstraksi Kinerja perusahaan merupakan suatu gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan yang dianalisis dengan alat-alat analisis keuangan, sehingga dapat diketahui mengenai baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu. Penilaian terhadap kinerja perusahaan diperlukan karena kinerja merefleksikan kemampuan perusahaan dalam mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya. Perusahaan dengan persentase kepemilikan asing yang tinggi diduga dapat menigkatkan kinerja perusahaan karena manajemen dengan kepemilikan asing dapat lebih fokus dan lebih efisien dalam mengarahkan kegiatan operasional perusahaan, sehingga tujuan memaksimalkan profit dapat tercapai. Penelitian mengenai kinerja keuangan perlu dilakukan karena dapat merefleksikan keberhasilan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba dan mengingat tujuan utama perusahaan adalah untuk mensejahterakan para pemegang saham dengan terus melipatgandakan kekayaan perusahaan.
Back to Top Top