IT Journal Research and Development

Journal Information
ISSN / EISSN : 2528-4061 / 2528-4053
Current Publisher: UIR Law Review (10.25299)
Total articles ≅ 77
Filter:

Latest articles in this journal

Fakhrul Ridha, Ega Hegarini
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 87-97; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4662

Abstract:
One of the most widely used product developments now is Agile Development Method. In Agile Development there are several frameworks, one of them is Scrum. This research examines the maturity level of software development project management that applies Scrum framework. The research was conducted using quantitative research methodologies using Scrum Maturity Model. Data was collected by distributing questionnaires to employees at a company that works as a Scrum Master. In addition to the data obtained from the questionnaire, interviews were also conducted to confirm answers from respondents. The interview aims to ensure the answers given by respondents are consistent with documentary evidence carried out through the research of project documents. Then the data analysis is done by assessing the level of maturity of each process in the Scrum framework using Agile Maturity Model (AMM) approach. The results from the analysis of Maturity Level Project Management of Software Development are used to provide recommendations for improvement to achieve a higher level of maturity.
Johanes Fernandes Andry
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 98-108; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4755

Abstract:
Teknologi memiliki dampak besar dalam kehidupan manusia, peran teknologi informasi tidak diragukan lagi dalam bidang manufaktur misalnya. PT. Bumi Poly Imas Industries (BPII) merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk almunium foil dan rotogravure, PT. BPII sudah menerapkan teknologi sistem informasi melalui pemakaian aplikasi yaitu Accurate, Solution dan Payroll yang digunakan pada untuk membantu kinerja dari bagian pergudangan (warehouse), finance, dan penggajian. Namun penerapan tersebut masih belum maksimal dalam membantu proses bisnis dalam perusahaan agar mampu bertahan dalam persaingan bisnis, mempunyai kinerja dari karyawan yang optimal, dan memberikan yang terbaik bagi client. Sehingga diperlukan pengembangan pada teknologi sistem informasi perusahaan tersebut yang selaras dengan bisnis PT. BPII. Pengembangan teknologi berdasarkan rancangan arsitektur bisnis, yang menghasilkan suatu blue print perusahaan. Dan untuk menghasilkan sebuah blueprint tersebut perlu dibantu dengan adanya framework arsitektur, pada penelitian ini menggunakan framework TOGAF (The Open Group Architecture Framework). Pemilihan framework TOGAF untuk digunakan dalam penulisan ini dikarenakan, dengan framework ini dapat membantu menganalisis kebutuhan perusahaan. Selain itu, framework ini memiliki metode yang untuk pengembangan arsitektur bisnis perusahaan. Dengan observasi ke perusahaan dan melakukan wawancara, penulis memperoleh data-data yang dibutuhkan. Sehingga dari penelitian ini dihasilkan usulan model dari metode TOGAF yang disesuaikan dengan proses bisnis pada PT. BPII yang diharapkan dapat membantu proses kinerja perusahaan agar semakin efektif dan cepat, mencapai visi dan misi perusahaan.
Numan Numan, Sri Kusumadewi, Nurlaili Muzayyanah
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 53-62; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).5088

Abstract:
Pneumonia merupakan penyakit yang dapat menyerang semua kalangan umur, mulai dari balita sampai dengan dewasa. Dokter sering menemukan pasien yang datang ke rumah sakit sudah mengalami pneumonia berat. Pneumonia memiliki beberapa tingkatan klasifikasi, ada pneumonia ringan dan pneumonia berat. Karena pneumonia memiliki beberapa tingkatan klasifikasi sehingga memungkinkan gejala yang dialami juga berbeda. Ketepatan dalam penegakan diagnosis sangat penting, karena kesalahan diagnosis dapat berakibat fatal pada kesehatan anak. Penelitian ini menggunakan fuzzy tsukamoto untuk membantu diagnosis pnuemonia anak. Input sistem diperoleh dari gejala klinis yang diderita anak, seperti batuk, sesak napas, napas cepat, retraksi dan lainya. Basis pengetahuan diperoleh dari pakar dan dibangun dengan kaidah (IF-THEN). Selanjutnya fire strength yang diperoleh pada setiap aturan fuzzy dikomposisikan menggunakan rata-rata terbobot. Hasil rata-rata terbobot ini merupakan output diagnosis penyakit. Berdasarkan hasil uji coba dengan 10 data uji, fuzzy tsukamoto berhasil memberikan rekomendasi diagnosis 8 dari 10 data yang sesuai dengan hasil rekam medis. Fuzzy tsukamoto memberikan akurasi sebesar 80%, sensitifitas sebesar 75% dan spesitifitas sebesar 83%.
Reski Mai Candra, Anindya Nanda Rozana
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 45-52; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4962

Abstract:
Bullying merupakan tindakan negatif yang dilakukan oleh orang lain secara terus menerus atau berulang. Tindakan ini kerap kali menyebabkan korban tidak berdaya, terluka secara fisik maupun mental. Tindakan bullying kini telah memasuki dunia sosial media. Instagram menjadi salah satu media sosial yang menjadi tempat terjadinya bullying melalui komentar pada foto/video yang diunggah oleh artis/selebgram. Salah satu cara mewaspadai tindakan bullying adalah dengan cara mengklasifikasi komentar yang bersangkutan di media sosial (dalam hal ini Instagram) menggunakan metode klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN). Jumlah data yang digunakan sebanyak 1000 data, dimana 500 merupakan bullying dan 500 tidak bully. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu seseorang untuk mengetahui perbedaan komentar bullying dan yang bukan bullying. Metode KNN telah diuji menggunakan 5 nilai k yang berbeda (7, 9, 11, 13, 15) dengan pembagian data 70:30, 80:20 dan 90:10 menggunakan confusion matrix, dengan masing-masing fold yang dibentuk 4, 5 dan 10 sehingga menghasilkan total 95 fold pengujian, pengujian ini menghasilkan akurasi rata-rata sebesar 58,83%. Akurasi tertinggi terdapat pada k 13 dengan perbandingan 90:10 data pada fold ke 6 yaitu sebesar 77%.
Yuliska Yuliska, Khairul Umam Syaliman
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 11-18; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4680

Abstract:
KNN adalah salah satu metode yang popular karena mudah dieksploitasi, generalisasi yang biak, mudah dimengerti, kemampuan beradaptasi ke ruang fitur yang rumit, intuitif, atraktif, efektif, flexibility, mudah diterapkan, sederhana dan memiliki hasil akurasi yang cukup baik. Namun kNN memiliki beberapa kelemahan, diantaranya memberikan bobot yang sama pada setiap attribut sehingga attribut yang tidak relevant juga memberikan dampak yang sama dengan attribut yang relevant terhadap kemiripan antar data. Masalah lain dari kNN adalah pemilihan tetangga terdekat dengan system suara terbanyak, dimana system ini mengabaikan kemiripan setiap tetangga terdekat dan kemungkinan munculnya mayoritas ganda serta kemungkinan terpilihnya outlier sebagai tetangga terdekat. Masalah-masalah tersebut tentu saja dapat menimbulkan kesalahan klasifikasi yang mengakibatkan rendahnya akurasi. Pada penelitian kali ini akan dilakukan peningkatan akurasi dari kNN tersebut dalam melakukan klasifikasi terhadap data Index Standar Pencemaran Udara di Pekanbaru dengan menggunakan pembobotan attribut (Attibute Weighting) dan local mean. Adapun hasil dari penelitian ini didapati bahwa metode yang diusulkan mampu untuk meningkatkan akurasi sebesar 2.42% dengan rata-rata tingkat akurasi sebesar 97.09%.
M. Wino Adi Putra, Susanti, Erlin, Herwin
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 72-86; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).5159

Abstract:
Twitter selain sebagai media sosial untuk berinteraksi dengan teman di dunia maya ternyata juga bisa menjadi suatu media untuk melakukan penelitian. Banyak peneliti menjadikan twitter sebagai wadah untuk melakukan penelitian baik berupa Social Network Analysis ataupun Analisis Sentimen. Dompet elektronik merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi bidang transaksi online. Kompleksitas kegiatan masyarakat membuat mereka mencari suatu media pembayaran yang cepat dan aman. Perekembangan Dompet Elektronik di Indonesia bisa dibilang sangat pesat, karena semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan dompet elektronik seperti Dana, OVO dan Go-Pay. Banyaknya tawaran keuntungan menjadi nilai lebih bagi masyarakat untuk menggunakan Dompet Elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tanggapan masyarakat atas hadirnya berbagai aplikasi dompet elektronik di Indonesia dengan mengklasifikasikannya kedalam tiga kelas yakni positif, negatif dan netral dengan menggunakan metode Naïve Bayes dan menggunakan perangkat lunak Rapidminer untuk menganalisisa suatu sentiment ataupun sejenisnya dengan melewati suatu proses preprocessing. Data diperoleh secara langsung dari situs microblogging Twitter dengan hashtag pencarian #GoPay, #OVO dan #DANA, dari data tersebut, diambil 100 data dengan rincian 70 data latih dan 30 data uji. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis sentimen pada dompet elektronik GoPay lebih banyak dinilai positif oleh pengguna twitter yaitu sebesar 46,67% diikuti oleh Dana sebesar 37,50% dan OVO sebesar 16,67%. Dompet elektronik OVO memiliki nilai negatif yang lebih tinggi yaitu sebesar 63,33% diikuti oleh GoPay sebesar 53,33% dan Dana sebesar 30,00%. Penelitian ini memberikan bukti empiris dan merekomendasikan kepada masyarakat untuk lebih menggunakan GoPay kegiatan jual beli dikehidupan sehari-hari.
Rahmat Robi Waliyansyah, Mega Novita, Laelia Puti Aditasar
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 32-44; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4740

Abstract:
Di Sekolah Dasar Negeri Penambuhan 01 Pati gaya belajar siswa dalam menyelesaikan soal & menyerap atau mempelajari pelajaran pasti berbeda-beda. Penulis berinisiatif untuk membuat Sistem Pakar Penentuan Gaya Belajar Siswa Berbasis Web dengan Metode Forward Chaining di Sekolah Dasar Negeri Penambuhan 01 Pati untuk menentukan gaya belajar siswa yang berlainan dan bisa menumbuhkan perhatian, keinginan untuk mengetahui, mempelajari, membuktikan lebih lanjut & dapat dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran terpadu sehingga pengajaran guru lebih kondusif & efektif supaya memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Siswa akan menjadi merasa santai, tidak merasa tegang & santai dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembangunan sistem ini mamakai database MySQL & programming language PHP. Sistem tersebut dikatakan lolos pengujian dari beberapa hasil uji coba yang telah dilaksanakan, sehingga bisa dikatakan sistem tersebut dapat membantu guru menentukan gaya belajar siswa yang berbeda-beda.
Yuliska Yuliska, Khairul Umam Syaliman
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 19-31; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4688

Abstract:
Saat ini, kebutuhan akan mesin peringkas dokumen teks menjadi semakin nyata karena semakin banyaknya informasi digital yang tersedia baik online maupun offline. Mesih peringkas dokumen teks dibutuhkan agar pembacaan dan pencarian informasi menjadi lebih cepat. Literatur review ini membahas metode, aplikasi, dataset dan Teknik evaluasi yang dapat diimplementasikan untuk riset di bidang peringkasan dokumen untuk teks berbahasa Indonesia. Kami melakukan review terhadap berbagai teknik text summarization, baik unsupervised maupun supervised, dataset yang dapat digunakan sebagai baseline dalam pengembangan sebuah metode dan evaluation measure yang tepat. Literature review ini juga akan menjelaskan sejauh apa perkembangan riset di bidang text summarization untuk dokumen berbahasa Indonesia.
Panji Rachmat Setiawan
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 63-71; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).5120

Abstract:
Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat pada zaman sekarang. Terutama perkembangan pada ilmu Teknologi Informasi. Hal ini dapat dilihat dari kehidupan sehari – hari bagaimana masyarakat Indonesia pada umumnya selalu melibatkan teknologi dalam melaksanakan kegiatan sehari – hari. Tetapi masih jarang yang memanfaatkan teknologi dalam membantu pekerjaan maupun memenuhi kebutuhan pekerjaan. Masih banyaknya pekerjaan yang seharusnya sudah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi, tetapi masih menggunakan hal-hal yang bersifat konvensional dalam melakukan pekerjaan maupun menghimpun data yang dibutuhkan. Tak jarang pula kegiatan absensi menjadi bagian penilaian antara dosen kepada mahasiswa, yang mana mempengaruhi dari hasil nilai akhir yang diterima oleh mahasiswa. Dan sering terjadi kecurangan yang dilakukan oleh para mahasiswa terkait dengan absensi agar dapat memenuhi angka minimal kehadiran pada kegiatan belajar mengajar. Titip absen yang dilakukan antar mahasiswa adalah hal yang lumrah terjadi. Hal ini dapat merugikan dosen, mahasiswa yang lain, dan juga mahasiswa yang melakukan kegiatan titip absen tersebut. Lembar absensi yang digunakan untuk absensi mahasiswa pun sering terjadi kerusakan, padahal nantinya lembar absensi ini akan dijadikan laporan terkait kegiatan beljar-mengajar pada satu semester dilakukan. Apabila dokumen tersebut rusak, maka akan mempengaruhi proses pengecekan dokumen yang dilakukan oleh pihak universitas
Salhazan Nasution, Mega Bintang Purnama Sari
IT Journal Research and Development, Volume 5, pp 1-10; doi:10.25299/itjrd.2020.vol5(1).4553

Abstract:
Rumah Sakit Universitas Riau merupakan salah satu dari 21 universitas negeri yang diamanahkan untuk mendirikan rumah sakit pendidikan yang kepemilikkannya di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagian SDM merupakan salah satu bagian rumah sakit yang bertugas menangani administrasi pegawai. Berdasarkan hasil wawancara, bagian SDM masih melakukan pengolahan data secara manual dan kurang efisien. Kemudian tidak ada pengingat habisnya masa berlaku Surat Izin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR) bagi pegawai klinis, dimana itu akan menyusahkan karena pegawai klinis yang masa berlaku SIP dan STR-nya habis tidak diperbolehkan untuk praktek dan untuk pengurusannya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Solusi dari masalah tersebut adalah membangun sistem informasi kepegawaian berbasis web dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem yang dibangun mengacu pada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Sistem dapat melakukan pengolahan, pencarian, penyimpanan data dan file pegawai serta pembuatan surat peringatan. Sistem juga dilengkapi dengan fitur pemberitahuan 1 tahun sebelum SIP dan STR habis masa berlaku. Pengujian sistem telah dilakukan oleh 10 orang pegawai di Rumah Sakit Universitas Riau. Dari hasil kuisioner pengujian didapatkan hasil akhir 82,66% dengan kategori “sangat memuaskan”.
Back to Top Top