Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan

Journal Information
ISSN / EISSN : 2548-9283 / 2548-5881
Published by: Dr. Soetomo University (10.25139)
Total articles ≅ 90
Filter:

Latest articles in this journal

Muhammad Faris Khuzaimah, Nurul Afifah, Veronika Sari Den Ka
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3652

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penerapan pajak penghasilan pasal 22 pada Dinas Pendidikan Kota Makassar berdasarkan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang terdiri dari dokumentasi dan wawancara langsung dengan Bendahara Dinas Pendidikan Kota Makassar, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar Bidang Akuntansi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perhitungan dan penyetoran PPh Pasal 22 telah sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku yaitu tarif yang dikenakan sebesar 1,5% dari suatu dasar pengenaan pajak dan penyetoran dilakukan pada hari yang sama pada saat pelaksanaan pembayaran atas penyerahan barang. Namun Bendaharawan Dinas Pendidikan Kota Makassar tidak melaksanakan pelaporan dan menyampaikan SPT masa PPh Pasal 22 sesuai dengan Undang- Undang No. 36 tahun 2008 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.010/2017 karena bagi bendahara pembayaran atas PPh Pasal 22 melalui sistem e-billing dinilai telah cukup dan tidak perlu lagi untuk melakukan pelaporan PPh Pasal 22.
Uswatun Khasanah Wirayanti, Ilham Ilham, Veronika Sari Den Ka
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3649

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penghitungan, penyetoran dan pelaporan Pajak Parkir pada PT Barru Barakah Properti dan untuk mengetahui PT Barru Barakah Properti sebagai Wajib Pajak sudah melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian ini di peroleh dari hasil wawancara langsung dengan staff tax PT Barru Barakah Properti dan Pegawai KTU UPTD Parkir Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme penghitungan telah dilakukan dengan mengalikan dasar pengenaan pajak dengan tarif sebesar 30% (tiga puluh persen) yang berlaku di wilayah kota Makassar, mekanisme penyetoran dan pelaporan pajak parkir telah dilakukan tepat waktu sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku. PT Barru Barakah Properti sebagai wajib pajak parkir telah melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 28 tahun 2009 dan Peraturan Daerah kota Makassar Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pajak Daerah.
Michelle Filantropy Mineri, Melvie Paramitha
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3638

Abstract:
Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan terbesar bagi negara. Membayar pajak adalah kewajiban yang harus dilakukan baik oleh orang pribadi maupun badan. Perencanaan pajak merupakan cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengurangi beban pajak yang dibayarkan, salah satunya yaitu melalui transfer pricing. Akan tetapi, hal tersebut dapat mengurangi pendapatan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pajak, tunneling incentive, Mekanisme Bonus dan Profitabilitas Terhadap transfer pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 – 2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebanyak 174 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga ditemukan sampel penelitian sebanyak 25 perusahaan. Periode tahun yang digunakan oleh peneliti adalah dari tahun 2016 – 2019. Hasil dari penelitian menggunakan SmartPLS menunjukkan bahwa variabel tunneling incentive berpengaruh positif dan signifikan terhadap transfer pricing dan variabel profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap transfer pricing . Sedangkan variabel pajak dan mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing .
Nur Alfira, Sri Nirmala Sari, Veronika Sari Den Ka
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3651

Abstract:
Pengenaan pajak pertambahan nilai memerlukan perhitungan yang benar pada saat menghitung Dasar Pengenaan Pajak sesuai tarif yang berlaku. Penyusunan laporan keuangan mengharuskan mencatat akun jurnal tiap transaksi penjualan barang kena pajak/jasa kena pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan akuntansi pajak pertambahan nilai pada CV Kasim Insani Niaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan mengolah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara langsung kepada direktur CV Kasim Insani Niaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi pajak pertambahan nilai telah sesuai Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) dan Undang-undang No. 42 Tahun 2009 tentang pajak pertambahan nilai. Penerapan akuntansi pajak pertambahan nilai pada CV Kasim Insani Niaga dapat diketahui melalui proses perhitungan, pencatatan, penyetoran, dan pelaporan pajak pertambahan nilai.
Dewi Kusuma Wardani, Anita Primastiwi, Sahrul Ramadhan
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3284

Abstract:
Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap apakah sosialisasi perpajakan kepada calon wajib pajak berpengaruh terhadap niat mereka untuk patuh pajak melalui pemahaman pajak. Data penelitian memakai data langsung/primer. Metode pengambilan sampelnya yakni convenience sampling. Tehnik analisis datanya adalah path analysis dengan sosialisasi perpajakan menjadi variabel bebas, niat patuh pajak menjadi variabel terikat, dan pemahaman pajak menjadi variabel intervening. Hasil analisis menyimpulkan kalau sosialisasi perpajakan memiliki pengaruh yang positif pada pemahaman pajak dan niat patuh pajak, pemahaman pajak juga mempunyai pengaruh yang positif pada niat patuh pajak, serta sosialisasi perpajakan juga memiliki pengaruh yang positif pada niat patuh pajak lewat pemahaman pajak.Kata Kunci : Sosialisasi Perpajakan; Pemahaman Pajak; Niat Patuh Pajak; Calon Wajib Pajak
Nur Abfifa Nugraini, Wiwik Wahyuni
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3606

Abstract:
This study aims to examine and analyze the effect of media disclosure, environmental performance and public ownership on disclosure of corporate social responsibility. The data source used is secondary data sourced from annual reports of manufacturing companies published on the Indonesia Stock Exchange website and company websites. The population used is manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2018. The sampling technique used was purposive sampling method. The sample selection criteria are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2016-2018 period, publishing annual reports in the 2016-2018 period, following PROPER in the 2016-2018 period, and providing the complete information needed by researchers related to variables -research variable. Manufacturing companies that fit the criteria and can be used as research samples are 72. The data collection method is by downloading financial reports and annual reports on the Indonesia Stock Exchange website and searching for the company's website. The data analysis technique used is quantitative analysis method with analysis instruments in the form of descriptive statistical analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing.
Teguh Erawati, Lia Indah Sari
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3640

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan CSR, pengaruh ukuran perusahaan terhadap CSR, pengaruh manajemen laba terhadap pengungkapan CSR, pengaruh komite audit terhadap pengungkapan CSR. Metode penarikan sampel adalah nonprobabilitas, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dalam bentuk dokumentasi laporan tahunan yang rutin diterbitkan setiap tahunnya oleh masing-masing perusahaan. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 8 perusahaan yang terdaftar di BEI selama 5 tahun. Metode analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah asumsi klasik yang menggunakan uji hipotesis metode regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan softwere IBM SPSS 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan CSR. Ukuran Perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR. Manajemen Laba tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR. komite audit memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan CSR
Miftahol Horri
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3650

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah etika berpengaruh terhadap kualitas audit Kantor Akuntan publik (KAP) se-Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya isu bahwa akuntan publik Indonesia kurang memperhatikan kualitas audit yang dihasilkannya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kasus-kasus keuangan yang menimpa banyak perusahaan yang ikut melibatkan akuntan publik.Faktor-faktor yang sangat penting peranannya dalam menentukan kualitas audit adalah independensi dan kompetensi dan kehati-hatian profesional akuntan publik itu sendiri. Oleh karena itu, maka permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah independensi dan kompetensi dan kehati-hatian profesional akuntan publik berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Surabaya, yang mana menurut buku Directory KAP terdapat 42 KAP yang berdiri di Surabaya. Sedangkan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah sebanyak 14 KAP dimana masing-masing KAP terdapat 5-8 orang yang dijadikan sebagai responden. Sebanyak 100 kuesioner disebar, namun hanya 62 kuesioner yang kembali dan terisi dengan lengkap.Menggunakan model analisis regresi berganda, penelitian ini menghasilkan model regresi Y = 2,384 + 0,423 X1 + 0,407 X2. Dari model tersebut didapat bahwa nilai konstanta sebesar 2,384 menunjukkan besarnya pengaruh semua variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukan bahwa independensi dan kompetensi dan kehati-hatian profesional secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit (F = 3,516, sig F = 0.000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukan bahwa independensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit (t = 3,516, sig t = 0.002 < 0,05). Begitu juga bahwa kompetensi dan kehati-hatian profesional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit (t = 3,46, sig t = 0.001 < 0,05) Implikasi penelitian mendatang sebaiknya memperluas cakupan geografis sampel, misal dengan mengambil sampel auditor pada KAP di kota-kota besar seluruh Indonesia, sehingga hasil penelitian memiliki daya generalisir yang lebih kuat.
James Tumewu, Siti Asiah Murni, Siti Aiza Ika Aprilia
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3058

Abstract:
The annual report serves as the main media in the delivery of information by the management of a company to the interested parties outside the company. The purpose of this study was to analyze the effect of firm size, leverage, liquidity, age listed and size of the public accounting firm of the voluntary disclosure on non-oil sector of the mining company listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). Samples were taken using purposive sampling method. There are 60 observations annual financial statements of non-oil mining company. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis using.. The results showed that together the size of the company, leverage, liquidity, age listed and size of the public accounting firm influence on voluntary disclosure. Firm size and age listed has a positive effect on voluntary disclosure, but size of public accounting firms has a negative effect on voluntary disclosure, while leverage and liquidity does not effect on voluntary disclosure.
Joti Mustika Sari, Lilik Pirmaningsih
Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 5; https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3653

Abstract:
Harga pokok produksi adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan atau digunakan untuk proses produksi barang mulai dari bahan baku, biaya overhead dan biaya tenaga kerja, sehingga menghasilkan barang jadi yang bisa untuk dijual. Penelitian merupakan studi kasus dengan deskriptif kuantitatif dilakukan dengan perhitungan dengan metode Full Costing dan penetapan harga jual menggunakan metode Cost Plus Pricing. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa harga pokok produksi yang dihitung menggunakan metode Full Costing menghasilkan penetapan harga jual dengan metode Cost Plus Pricing yaitu untuk produk C 75 X 0,75 IBI Rp. 59.980,87 per batang; C 75 X 1,00 Rp. 77.151,00 per batang; Reng I-1A Rp. 22.943,36 per batang; Reng I-100A Rp. 24.978,50 per batang; Spandek 0,30 IBI Rp. 161.146,70 per lembar; dan Hollow IBI Rp. 26.102,00 per batang.
Back to Top Top