Jurnal Pendidikan Fisika

Journal Information
ISSN / EISSN : 2337-5973 / 2442-4838
Published by: Universitas Muhammadiyah Metro (10.24127)
Total articles ≅ 104
Current Coverage
DOAJ
Archived in
SHERPA/ROMEO
Filter:

Latest articles in this journal

Venny Mulyana, Asrizal Asrizal, Festiyed Festiyed
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 31-41; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3496

Abstract:
Penelitian ini menyelidiki tentang pengaruh bahan ajar dalam pembelajaran IPA dan fisika terhadap pemahaman konseptual ditentukan melalui Effect Size (ES). Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif. Data penelitian diperoleh dari 20 jurnal tentang pengaruh bahan ajar fisika dan IPA terhadap pemahaman konsep seswa. Kajian didasarkan pada dua kategori, yaitu tingkat pendidikan dan jenis bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, pengaruh bahan ajar dalam pembelajaran IPA dan fisika terhadap pemahaman konseptual berdasarkan tingkat pendidikan paling efektif di SMA dengan kategori tinggi. Kedua, berdasarkan jenis bahan ajar yang digunakan, pengaruh bahan ajar yang paling efektif adalah modul dengan kategori tinggi.
Novika Lestari Handayani, Dwi Sulisworo, Ishafit Ishafit
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 66-80; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3521

Abstract:
Di masa pandemi seperti sekarang ini perlu adanya inovasi pembelajaran yang disampaikan melalui jarak jauh. Salah satu sistem informasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh yaitu sistem manajemen pembelajaran atau learning management system (LMS). Pembelajaran melalui LMS diharapkan dapat diakses oleh peserta didik kapanpun dan dimanapun. Ada beberapa LMS yang sudah familiar di kalangan pendidikan, salah satunya adalah LMS Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik melalui pemanfaatan Google Classroom sebagai LMS pembelajaran IPA Fisika jarak jauh pada materi pesawat sederhana menggunakan simulasi PhET. Penggunaan simulasi PhET ini disertai LKPD untuk membantu proses pembelajaran. Peserta didik dapat mengikuti prosedur pembelajaran yang disampaikan melalui Google Classroom dan LKPD Simulasi PhET. Keterampilan komunikasi peserta didik diukur melalui angket sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan LMS Google Classroom. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan 92% peserta didik aktif mengikuti pembelajaran virtual melalui LMS Google Classroom dengan peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik sebesar 6,7%
Muhammad Haidir, Farida Farkha, Diah Mulhayatiah
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 81-89; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep fisika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi teori yang dikumpulkan (content analysis). Analisis ini digunakan untuk mendapatkan inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Analisis ini akan dilakuakan proses memilih, membandingkan, menggabungkan dan memilih berbagai pengertian hingga ditemukan yang relevan. Dari Hasil analisis artikel maka diperoleh hasil penelitian yaitu media pembelajaran berbasis video sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran berbasis video juga sangat diminati peserta didik serta media pembelajaran berbasis video dapat mempengaruhi aktifitas pembelajaran peserta didik.
Shella Rizki Yuliana, Patricia H.M Lubis, Sugiarti Sugiarti
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 90-101; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3396

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi hukum Archimedes dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Valid dan Praktis. di SMA Pembina Palembang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 Motode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research & Davelopment). Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, wawancara, dan angket. Teknik analisis pengambilan data yang digunakan adalah validasi, one to one, dan small group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada materi hukum archimedes dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di SMA Pembina Palembang Tahun Ajaran 2020/2021 adalah LKS yang dilakukan pada kategori valid dengan hasil total 4,38 termasuk dalam kategori valid. Pada tahap One to one diperoleh hasil total dengan skor 0,70 termasuk dalam kategori Praktis dan pada tahap Small group diperoleh hasil total dengan skor 0,69 termasuk dalam kategori Praktis.
Nurmasyitah Nurmasyitah
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 102-103; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3527

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan fisika pada mata kuliah microteaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 19 mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Fisika. Instrumen yang digunakan adalah lembar rubrik penilaian keterampilan mengajar. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh mahasiswa dalam latihan megajar I dan II antara lain: (1) Keterampilan membuka pelajaran dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 73,45 dan 78,39; (2) Keterampilan menjelaskan dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 74,81 dan 79,04; (3) Keterampilan bertanya dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 72,91 dan 76,16; (4) keterampilan mengadakan penguatan dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 75,19 dan 78,88; (5) Keterampilan mengadakan variasi dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 74,21 dan 80,12; (6) Keterampilan menutup pelajaran dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 74,79 dan 79,56 (7) Menyiapkan perangkat RPP dengan kriteria terampil, dengan nilai sebesar 75,21 dan 79,84. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah microteaching, diharapkan mengetahui keterampilan dasar mengajar. Sehingga mahasiswa siap untuk melaksanakan praktek mengajar langsung ke sekolah.
Rizky Bayu Kurniawan, Yudhiakto Pramudya
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 18-30; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3460

Abstract:
Konsep perubahan intensitas cahaya terhadap jarak memerlukan metode pengukuran yang memberikan ketepatan dalam menghasilkan data. Aplikasi light meter pada smartphone digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur penjumlahan intensitas cahaya (I) dari dua sumber cahaya. Daya lampu divariasikan untuk mendapatkan data intensitas cahaya pada jarak dan daya lampu yang berbeda. Hasil perolehan intensitas cahaya untuk ketiga variasi adalah 6,2746 Cd dan 5,8546 Cd, 9,8808 Cd dan 9,6650 Cd, serta 12,8302 dan 11,9215. Diperoleh iluminasi (E) sebesar 32,59671 lux dan 26,964 lux, 51,3220 lux dan 44,9105 lux, serta 43,9934 lux dan 37,1495 lux. Hasil dari intesitas cahaya dan iluminasi yang diperoleh pada ketiga variasi berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Semakin jauh light meter diletakan dari sumber cahaya, nilai intensitas cahaya dan iluminasinya semakin kecil. Hal ini sesuai hukum keterbalikan kuadrat pada hukum fisika yang menyatakan sumber pancaran berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.
Nur Apriani, Lukman Hakim, Sulistiawati Sulistiawati
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 55-65; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3393

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis guided discovery yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Rowntree yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Pembina Palembang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata validitas untuk aspek materi sebesar 89%, aspek desain pembelajaran guided discovery sebesar 87%, dan aspek bahasa sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan LKPD ditinjau dari pengisian angket yang dilakukan oleh lima peserta didik pada tahap one to one dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap small group ditinjau dari pengisian angket yang dilakukan oleh delapan peserta didik dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,2%. Tahap field test memperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,5 dan dikategorikan sedang.
Nurul Izzah, Asrizal Asrizal, Festiyed Festiyed
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 114-130; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495

Abstract:
Pembelajaran abad-21 menuntut guru untuk mengarahkan siswanya agar memiliki kreativitas dalam mengelola permasalahan sehari-hari. Salah satu metode yang tepat digunakan adalah dengan menerapkan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Untuk menunjang keberhasilan integrasi prinsip-prinsip disiplin ilmu STEM, khususnya pada pembelajaran IPA dan Fisika maka diperlukan suatu bahan ajar. Penelitian ini menganalisis pengaruh bahan ajar berbasis STEM dalam pembelajaran IPA dan Fisika terhadap hasil belajar siswa yang ditentukan melalui Effect Size (ES). Data penelitian diperoleh dari 20 jurnal nasional dan internasional. Analisis didasarkan pada kategori jenjang pendidikan, jenis bahan ajar serta besarnya pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar berbasis STEM akan lebih efektif jika dilakukan pada jenjang SMA dengan jenis bahan ajar buku. Hasil perhitungan juga diperoleh bahwa penggunaan bahan ajar berbasis STEM efektif dalam ketiga ranah hasil belajar, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Nilawati Ute, Hunaidah Hunaidah, Erniwati Erniwati, La Ode Nursalam, Luh Sukariasih
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 1-17; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3524

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran konvensional dengan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Raha Sulawesi Tenggara dengan topikfluida statis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terpilih adalah siswa kelas XI IPA1 dan siswa kelas XI IPA2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferential. Analisis deskriptif berupa deskripsi data penelitan dalam bentuk mean (rata-rata), standar deviasi dan persentase yang diperoleh dari penentuan hasil belajar siswa. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis melalui uji analisis varians berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Temuan menjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran dengan pendekatan inkuiriterbimbing terhadap pemahaman konsep siswa dan motivasi belajar.
Nyoto Suseno, Riswanto Riswanto, Arif Rahman Aththibby, Dedy Hidayatullah Alarifin, M. Barkah Salim
Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 9, pp 42-56; https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3169

Abstract:
Pandemi covid 19 memaksa penggunaan pembelajaran daring sebagai alternatif dalam proses pendidikan, dan kemungkinan akan menjadi kelaziman baru pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Pembelajaran daring cukup potensial untuk meningkatkan kemampuan aspek kognitif, namun untuk mengembangkan aspek psikomotor rasanya cukup sulit jika menggunakan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah pengambangan model pembelajaran daring yang dipadukan dengan praktikum untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitataif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengolah data hasil belajar kognitif dan psikomotor sebagai efek penggunaan model yang dikembangkan, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengungkap kelebihan dan kelemahan model yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran perpaduan sistem daring dan praktikum memberikan pengaruh yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan aspek kognitif (N-Gain=56,4%), maupun aspek psikomotor (N-Gain=81,77%). Sesuai hasil penelitian, maka model pembelajaran daring dipadu dengan praktikum dapat digunakan dalam situasi pandemi covid-19. Pelaksanaan praktikum hendaknya terjadwal dan dilaksanakan secara kelompok dengan memperhatikan lokasi kedekatan peserta didik.
Back to Top Top