JURNAL VISIONIDA

Journal Information
ISSN / EISSN : 2442-417X / 2550-0694
Published by: Universitas Djuanda (10.30997)
Total articles ≅ 48
Filter:

Latest articles in this journal

Endang Silaningsih, Muhzan Fahrosi
Published: 5 December 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 41-51; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3502

Abstract:
Suasana toko yang dirancang dengan tepat dan menarik sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menentukan strategi yang bisa direkomendasikan ke perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan anilisis CSI. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil analisis Costumer Satifaction Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 74%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa konsumen menilai satisfied (puas) dengan Store Atmosphere rumah makan Soto Bogor Maamar. Berdasarkan hasil Importance and Performance Analysis diidentifikasi variabel aroma harus diprioritaskan dalam merancang strategi pemasaran, seperti selalu menjaga lingkungan rumah makan secara terus menerus terutama terhadap bau kurang sedap yang berasal dari lingkungan seperti draynase, saluran pembuangan dan lain sebagainya.
Sudarijati, Titiek Tjahja Andari, Rizka Rosyada
Published: 5 December 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 52-63; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3503

Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat bagaimana tanggapan konsumen terhadap citra merek, harga, kualitas produk dan minat beli ulang pada Sate Maranggi SN4444 Tajur Kota Bogor. Selain itu, tujuan lain adalah untuk melihat hubungan citra merek, harga, dan kualitas produk secara bersama-sama maupun individual pada minat beli ulang. Objek dan lokasi penelitian ini yaitu konsumen Sate Maranggi SN4444 di Tajur Kota Bogor. Metode penelitian dengan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 konsumen yang telah melakukan pembelian lebih dari dua kali. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan dan parsial citra merek, harga, dan kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan terhadap minat beli ulang[H1] .
Aulia Keiko Hubbansyah, Eka Sudarmadji, Shinta Budi Astuti
Published: 5 December 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 1-16; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3504

Abstract:
Pembangunan ekonomi menjadi salah satu isu utama yang dibahas secara ekstensif dalam literatur ekonomi. Isu mengenai pembangunan ekonomi ini penting karena berkaitan dengan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Secara historis, tidak ada satu pun negara di dunia yang mampu mentransformasi dirinya dari negara miskin menjadi negara maju tanpa didukung oleh pembangunan ekonomi yang baik.
Arif Pribadi, Rachmat Gunawan
Published: 5 December 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 64-71; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3508

Abstract:
Analisa Keputusan Nasabah pengguna internet banking berdasarkan pengaruh persepsi kemudahan, risiko dan fitur layanan pada bank BRI Syariah Pusat. Metode purposive sampling yang digunakan dalam penelitian ini. Responden adalah pemilik aplikasi layanan internet banking BRI Syariah Pusat yang diteliti dalam penelitian ini. Metode analisis adalah regresi linear berganda. Keputusan Nasabah dalam pengguna internet banking di Bank BRI Syariah dipengaruhi oleh Persepsi Kemudahan, Resiko, dan Fitur yang merupakan hasil penelitian ini
Dwi Gemina, Erni Yuningsih, Fitri Catur Andreani
Published: 5 December 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 30-40; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3507

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan usaha dan partisipasi anggota terhadap keberhasilan usaha koperasi KSPPS BMT Berkah Mandiri Sejahtera Di Cisarua Bogor. Objek penelitian adalah anggota koperasi. Koesioner dibagikan kepada 100 responden anggota koperasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, Hasil dari pengujian tersebut data dinyatakan valid dan reliabel serta melakukan uji asumsi klasik untuk digunakan dalam uji regresi. Hasil penelitian bahwa secara simultan dan parsial lingkungan usaha dan partisipasi anggota berpengaruh terhadap keberhasilan usaha koperasi KSPPS BMT Berkah Mandiri Sejahtera. Sedangkan factor pendorong keberhasilan usaha koperasi KSPPS BMT Berkah Mandiri Sejahtera adalah lingkungan usaha dan partisipasi anggota.
Muhammad Johan Widikusyanto, Arum Wahyuni Purbohastuti
Published: 5 December 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 17-29; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i2.3505

Abstract:
Banten adalah provinsi paling barat Indonesia yang kaya akan potensi sumber daya alam akan tetapi belum memiliki kualitas sumber daya manusia yang cukup untuk mengelola potensi tersebut. Rendahnya kualitas SDM Banten menyebabkan provinsi ini menjadi provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi kedua di Indonesia. Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan Model Pengukuran Service Quality yang khusus untuk Perguruan Tinggi; 2) Mengukur, menggambarkan, serta membandingkan tingkat kualitas perguruan tinggi di Provinsi Banten; 3) Mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan service quality masing-masing perguruan tinggi.[D1] Urgensi penelitian ini adalah: 1) membantu penyelenggara pendidikan tinggi di Banten memperkuat keunggulan bersaing mereka melalui peningkatan Service Quality; 2) Membantu Perguruan Tinggi melihat posisi persaingan berdasarkan Indeks Service Quality; 3) Membantu perguruan tinggi di Banten, baik PTN dan PTS mengevaluasi kualitas pendidikan mereka untuk perbaikan dan perencanaan strategi pemasaran guna menciptakan keunggulan bersaing. Desain penelitian survei digunakan untuk mendapatkan data yang akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, Correlation, Cronbach’s alpha dan Chi-Square tests. Kuesioner disebar kepada 800 mahasiswa dari delapan perguruan tinggi di lima Kota/Kabupaten di Banten yaitu Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak dan Tangerang. Hasil analisis berupa indeks Sevice Quality delapan Perguruan Tinggi di Banten, baik PTN maupun PTS disajikan dalam artikel ilmiah ini.
Published: 2 June 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 47-59; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i1.2746

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT Kusuma Kaisan secara simultan maupun parsial. Dengan menggunakan teknik slovin dalam menentukan jumlah sampel, kuesioner didistribusikan kepada 100 responden. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa seluruh butir pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis korelasi ganda menyatakan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara motivasi kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan, hasil dari koefisien determinasi dapat dijelaskan sebesar 62 % kinerja pegawai dipengaruhi oleh pelatihan kerja dan motivasi kerja sedangkan 38% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kepuasan kerja, tingkat stres, kondisi pekerjaan, dan desain pekerjaan. Adapun analisis regresi berganda uji F (simultan) menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara motivasi kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Hasil uji t (parsial) menyatakan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Kusuma Kaisan. Tentunya perlu ada peningkatan kinerja karyawan dengan pendekatan human resources scorecard, pemberian motivasi dalam meningkatan kebutuhan berhubungan antar karyawan, dan pemberian kompensasi berupa tunjangan jaminan sosial. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kompensasi, Kinerja.
Published: 2 June 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 60-72; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i1.2702

Abstract:
Penelitian ini berguna untuk melihat hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada Restoran Kopilao Puncak Bogor. Kuesioner di distribusikan kepada 85 responden. Desain penelitian deskriptif dan asossiatif, hasil uji reliabilitas dan validitas menunjukan bahwa butir pernyataan dinyatakan valid dan reliabel dan hanya satu pernyataan tidak valid. Hasil analisis korelasi menyatakan tingkat keeratan atau hubungan yang kuat dan positif, dengan nilai R sebesar 0,733. Hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada Restoran Kopilao Puncak Bogor memiliki hubungan yang kuat dan positif.Kata kunci: Kualitas produk, Kepuasan konsumen, dan Restoran Kopilao Puncak Bogor
Published: 2 June 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 33-46; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i1.2721

Abstract:
Keputusan pembelian merupakan faktor penting yang mendasari konsumen untuk membeli barang atau jasa dari banyaknya pilihan barang atau jasa yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk (kinerja, fitur, kehandalan, kesesuian, daya tahan, kemudahan pelayanan, estetika, dan kesan kualitas) sepeda motor Yamaha N-Max pada keputusan pembelian konsumen di Kota Bogor baik secara simultan maupun parsial. Penelitian dilakukan pada pemilik sepeda motor Yamaha N-Max di Kota Bogor. Bentuk penelitian deskriptif dan verifikatif, menggunakan uji istrumen: uji validitas dan uji reliabilitas serta asumsi klasik. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah 100 responden. Dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian bahwa rata-rata tanggapan konsumen secara simultan terhadap kualitas produk (kinerja, fitur, kehandalan, kesesuian, daya tahan, kemudahan pelayanan, estetika, dan kesan kualitas) berdampak positif dan nyata terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial variabel kinerja, fitur, kehandalan, kesesuian, kemudahan pelayanan, estetika berdampak positif dan nyata terhadap keputusan pembelian. Untuk variabel daya tahan dan kesan kualitas tidak berdampak positif dan nyata terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Kinerja, Fitur, Kehandalan, Kesesuian, Daya Tahan, Kemudahan Pelayanan, Estetika, Kesan Kualitas, Keputusan Pembelian.
Published: 2 June 2020
JURNAL VISIONIDA, Volume 6, pp 20-32; https://doi.org/10.30997/jvs.v6i1.2722

Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap kewirausahaan serta pengetahuan kewirausahaan baik secara simultan maupùn secara parsial terhadap keberhasilan usaha UMKM Makanan Minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Kuesioner didistribusikan kepada 75 responden yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada anggota koperasi. Metode analisis data menggunakan skala likert untuk analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji-F dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap kewirausahaan serta pengetahuan kewirausahaan secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap keberhasilan usaha UMKM Makanan Minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Kata Kunci: Sikap Kewirausahaan, Pengetahuan Kewirausahaan, Keberhasilan usaha.
Back to Top Top