Refine Search

New Search

Advanced search

Journal PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro

-
46 articles
Page of 5
Articles per Page
by
Show export options
  Select all
Sciprofile linkIlham Gani, Universitas Khairun, Mohamad Jamil, Sciprofile linkAchmad Sardju
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 53-58; doi:10.33387/protk.v6i2.1202

Abstract:Abstrak-Panci penguapan kelas A digunakan di semua BMKG di Indonesia sebagai alat ukur penguapan. cara pengukuran ketinggian permukaan air panci untuk mendapatkan nilai penguapan masih manual. Dengan adanya perancangan sistem monitoring ini diharapkan bisa membantu memonitoring ketinggian air panci penguapan secara otomatis.Perancangan sistem monitoring tinggi muka air ini menggunakan Node MCU ESP8266 sebagai mikrokontroler yang sudah dilengkapi dengan fitur wifi dan firmwarenya yang bersifat open source, konsep sistem monitoring tinggi permukaan air ini menggunakan sensor jarak dengan output LCD dan juga ditampilkan pada komputer pemantau sebagai penampil nilai-nilai ketinggian air yang telah diprogramkan dalam tampilan web dengan menggunakan teknologi Internet Of Things (IoT).Sistem yang dirancang ini bekerja dengan output tegangan 12V dan 5V. untuk tegangan pada LCD I2C dan sensor ultrasonok menggunakan 12V, sedangkan 5V untuk node MCU. Pengujian ini dilakukan selama 7 hari, sampel data pengukuran dikirim ke Thingspeak minimal setiap 25 detik tergantung koneksi jaringan wifi. Data yang telah diambil terjadi perubahan ketinggian air dari 13 cm ke 14 cm terjadi setelah 27 jam, kemudian perubahan ketinggian air dari 14 cm ke 15 cm terjadi setelah 26 jam.
Muhammad Ruswandi Djalal, Sciprofile linkHerman Hr
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 63-68; doi:10.33387/protk.v6i2.1214

Abstract:--The purpose of this study is to determine the characteristics of the transistor before it is used in the circuit. Transistors are semiconductor devices used as amplifiers, as circuit breakers and connectors (switching), voltage stabilization, signal modulation or as other functions. Transistor performance can be seen by testing input-output characteristics. Multisim is an electronic capture and schematic simulation program that is part of a series of circuit design programs, together with NI Ultiboard. Multisim can properly simulate electronic components.
Wayan Arsa Suteja, Adi Surya Antara
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 73-78; doi:10.33387/protk.v6i2.1229

Abstract:Sistem pengukuran beban listrik adalah alat yang dirancang untuk mengukur dan memonitoring pemakaian listrik. Proses pembacaan arus listrik menggunakan sebuah sensor arus model SCT013 yang dihubungkan dengan beban pemakaian listrik. Mikrokontroler yang digunakan adalah mikrokontroler arduino yang berfungsi sebagai sistem kontrol utama yang akan dihubungkan dengan komputer, dengan tujuan kedepan beban agar bisa dimonitoring secara real time. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah metoda penelitian eksperimental. Dengan melakukan eksperimen perakitan modul sensor arduino uno dan melakukan perbandingan dari pengukuran arus yang diperoleh dari pembacaan sensor arus model SCT013 terhadap alat ukur tang ampere meter. Hasil penelitian ini adalah sebuah data pengukuran pemakaian beban energi listrik rumah tangga dan persentase error dari perbandingan pembacaan sensor arus SCT013 dengan pembacaan dari alat ukur tang ampere meter. Dengan diadakannya penelitian ini, dapat memperoleh data berapa besar persentase error yang diperoleh dari penerapan sensor SCT013, sehingga nantinya dari hasil percobaan tersebut sensor SCT013 mampu memonitoring dengan baik dan benar pemakaian listrik pada beban rumah tangga
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 59-62; doi:10.33387/protk.v6i2.1212

Abstract:Penerapan metode kontroler konvensional seperti kontroler Proporsional pada sistem motor servo didasarkan pada banyaknya kontrol cerdas namun masih belum mampu dalam skala implementasi terkait dengan keterbatasan sistem. Metode Kontrol Proporsional yang umum digunakan menghasilkan keluaran yang memiliki error yang relatif besar. Oleh karena itu, penelitian ini mengajukan metode kontrol proporsional modifikasi untuk mengontrol posisi pada motor servo. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan keluaran sistem berdasarkan parameter error steady state dan Root Mean Square Error (RMSE). Penelitian ini dibuktikan dengan menganalisa diagram blok penerapan sistem kontroler proporsional modifikasi terhadap sistem orde satu. Selanjutnya, dilakukan analisa gain kontroler proporsional dan gain modifikasi untuk mendapatkan tuning parameter yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Dari hasil eksperimen menggunakan tiga sinyal uji diatas, dapat disimpulkan bahwa kontroler proporsional modifikasi mampu mempercepat respon terbukti dengan nilai delay time sebesar 0,1 detik. Selanjutnya untuk kontrol posisi motor servo, metode kontroler proporsional modifikasi terbukti mampu mengikuti perubahan posisi pada masukan linear dan nonlinear. Pada masukan linear memiliki nilai RMSE 1,1561 dan masukan nonlinear memiliki RMSE yaitu 2,5913.
Sukri I Wahid, Mohammad Jamil, Firman Tempola
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 68-72; doi:10.33387/protk.v6i2.1216

Abstract:Program Beras Sejahtera (RASTRA) merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat agar masyarakat sejahtera yang telah berjalan lama, akan tetapi dalam pelaksanaannya program Rastra ini masih terjadi banyak penyimpangan-penyimpangan seperti tidak tepat sasaran, tidak tepat waktu, dan beras yang terkadang kurang layak konsumsi, hal ini yang sering terjadi pada kantor Kelurahan Tabam Kota Ternate Utara Provinsi Maluku Utara. Sesuai dengan ketentuan mana yang berhak atau tidak mendapatkan bantuan tersebut maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Kepeutusan (SPK). Sistem pendukung keputusan dapat membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Pada penelitian ini menggunakan metode Weighted Product. Dari hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan Weighted Product sebagai model Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Rastra dengan metode Weighted Product di Kelurahan Tabam Kota Ternate Utara dapat membantu pihak Kelurahan dalam menghitung kelayakan calon penerima bantuan Beras Sejahtera dan untuk menentukan kelayakan penerima beras miskin menjadi lebih tepat sasaran dan penyimpanan data seleksi tersebut dapat terupdate setiap saat.
Devi Afriyantari Puspa Putri
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 85-89; doi:10.33387/protk.v6i2.1233

Abstract:—Proses pembelajaran merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia, jenjang pembelajaran di Indonesia dibagi menjadi tiga tingkatan. Salah satu pelajaran yang dipelajari di semua tingkatan adalah matematika. Matematika merupakan pelajaran yang cukup penting karena dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah, namun sebagian siswa merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Hal ini dikarenakan sistem pembelajaran yang konvensional, dengan berkembanganya teknologi maka proses pembelajaran dapat diubah kearah yang lebih menarik. Tujuan dari penulis adalah membuat aplikasi edugame untuk operasi hitung berbasis android yang dapat membantu proses pembelajaran. Software buildbox dan android studio dipakai untuk membuat aplikasi ini. Dari hasil uji buildbox menyatakan bahwa aplikasi berjalan dengan baik, serta kuesioner menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik.
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 79-84; doi:10.33387/protk.v6i2.1231

Abstract:Peningkatan kualitas dan kuantitas mutu pertanian menjadi perhatian dan soritan dari berbagai pihak Dinas Pertanian. Penggunaan bantuan merupakan program Pemerintah sehingga membantu kelompok tani meningkatkan produktivitas usaha tani. Permasalahan yang dihadapi adalah penilaian masih bersifat subjektif. Hal ini dihawatirkan menimbulkan ketidaktepatan dalam memilih warga. Dari permasalah tersebut dapat diperbaiki dengan membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan dengan menerapkan Metode perangkingan Topsis. Metode yang digunakan mempertimbangkan nilai alternatif dengan cara membagi alternatif menjadi beberapa kelompok kemudian merangkingnya untuk memperoleh alternatif terbaik. Pengelompokan alternatif dilakukan dengan menggunakan perangkingan dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS. Kriteria-kriteria yang digunakan untuk proses penilaian yaitu Luas lahan, kelengkapan berkas, jumlah anggota, produktivitas, pernah memmperoleh bantuan. Dari hasil pengujian, metode Topsis memiliki pertimbangan yang baik dimana data dapat dibagi meski hanya memiliki sedikit perbedaan nilai variabel. Selain itu, metode ini memiliki hasil perhitungan yang akurat dan konsisten sehingga data tetap berada pada klaster yang sesuai. Sistem ini dapat menyelesaikan masalah dalam penentuan calon penerima Bantuan kelompok tani di Kabupaten Jeneponto
Wiwin Armoldo Oktaviani, Indah Permata Hati
PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Volume 6, pp 85-89; doi:10.33387/protk.v6i2.1234

Abstract:Jaringan SUTM seringkali mengalami gangguan petir tak langsung berupa sambaran induksi . Hal ini disebabkan tingkat ketahanan impuls isolasi V50% dari isolator SUTM relative rendah. Untuk itu kawat ditempatkan pada jaringan untuk perlindungan. Efektifitas perlindungan kawat tanah dinyatakan sebagai faktor perisaian yang didefinisikan sebagai hasil bagi tegangan induksi dengan kawat tanah dan tegangan induksi tanpa kawat tanah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas kawat tanah dalam melindungi kawat saluran pada SUTM 20 kV di Gardu Induk Boom Baru. Dari hasil perhitungan dan analisa bahwa nilai faktor perisaian kawat tanah di Gardu Induk Boom Baru sudah cukup efektif, karena mampu mengurangi jumlah gangguan petir induksi sebesar 35,50 gangguan per 100 km per tahun
Page of 5
Articles per Page
by
Show export options
  Select all