The 5th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences

Conference Information
Name: The 5th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences

Latest articles from this conference

Fadhli Nurrahman W, Vina Maulidya, Laode Rijai
Proceeding of the 5th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences, Volume 5, pp 100-111; https://doi.org/10.25026/mpc.v5i1.225

Abstract:
Terap (Artocarpus odoratissimus) merupakan salah satu tumbuhan daerah tropis yang memiliki potensi sebagai sumber bahan kimia bioaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder serta aktivitas antioksidan dan toksisitas dari kulit batang terap. Langkah penelitian ini meliputi proses maserasi menggunakan pelarut metanol, setelah itu dilakukan pemekatan ekstrak menggunakan Rotary evaporator. Metabolit sekunder yang terdapat dalam ekstrak kulit batang terap yaitu flavonoid, fenolik, tannin, saponin, dan triterpenoid. Aktivitas antioksidan secara spektrofotometri UV-VIS menggunakan metode DPPH (1,1-dyphenyl-2-picrylhidrazyl) memiliki nilai IC50 50 ppm dan aktivitas toksisitas menggunakan metode BSLT memiliki nilai LC50 462,38 ppm.
Bayu Heris Apriyanto, , Agung Rahmadani
the 5th Mulawarman Pharmaceuticals Conferences, Volume 5, pp 69-79; https://doi.org/10.25026/mpc.v5i1.222

Abstract:
Umbi talas mengandung kadar pati yang sangat tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengisi tablet. Penggunaan pati sebagai bahan pengisi umum digunakan dalam formulasi sediaan tablet guna menyempurnakan bentuk tablet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi kualitas granul serta sifat fisik tablet parasetamol dan mengetahui formulasi sediaan tablet parasetamol dengan bahan pengisi pati umbi talas. Penelitian ini diawali dengan isolasi pati talas. Pati talas yang diperoleh, dibuat menjadi 4 formula tablet yaitu F1, F2, F3, dan F4 dengan metode granulasi basah. Konsentrasi pati umbi talas yang digunakan dalam tablet yaitu 8,3% (F1), 12% (F2), 15,3% (F3), dan 18,5% (F4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat formula tablet parasetamol memenuhi persyaratan kualitas granul dan sifat fisik tablet parasetamol. Semakin tinggi konsentrasi pati umbi talas akan menurunkan waktu hancur tablet. Formula F4 merupakan formula terbaik sebagai bahan pengisi tablet parasetamol berdasarkan hasil evaluasi kualitas granul dan evaluasi sifat fisik tablet.
Back to Top Top