New Search

Export article
Open Access

TEKNIK DATA MINING UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN DATA ULASAN DESTINASI WISATA MENGGUNAKAN REDUKSI DATA PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA)

Alven Safik Ritonga, Isnaini Muhandhis

Abstract: Peningkatan kunjungan wisatawan ke suatu destinasi wisata, dipengaruhi oleh kepuasan wisatawan waktu berkunjung. Untuk mengetahui suatu destinasi pariwisata sudah sesuai dengan yang diharapkan wisatawan, perlu dilakukan evaluasi terhadap kepuasan wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model klasifikasi yang mempunyai akurasi tinggi dalam melakukan klasifikasi ulasan kepuasan destinasi wisata dan menghasilkan alat bantu untuk pengambilan keputusan dalam pengembagan destinasi wisata. Data yang dipakai pada penelitian ini dimensinya cukup besar, hal ini nantinya membuat waktu komputasi untuk pengklasifikasian makin lama, membuat analisis tidak praktis atau tidak layak, maka reduksi dimensi data diterapkan pada penelitian ini untuk mendapatkan dimensi data yang jauh lebih kecil, namun tetap mempertahankan integritas data asli. Metode yang digunakan untuk pengklasifikasian ulasan kepuasan destinasi wisata adalah kombinasi antara metode Principal Component Analysis (PCA) sebagai metode reduksi dimensi data, dengan tiga metode data mining berikut ini; Support Vector Machine (SVM), Jaringan Saraf Tiruan (JST), dan Decision Trees. Penelitian ini menggunakan data kedua yang diambil dari UCI Machine Learning Repository. Hasil penelitian dengan mengkombinasikan PCA pada ketiga metode memperlihatkan bahwa akurasi klasifikasi lebih baik untuk beberapa metode. Dari ketiga metode yang dipakai, SVM-PCA mempunyai akurasi yang lebih baik dengan 91,50% disusul oleh metode ANN-PCA sebesar 89,46% dan metode Decision-PCA sebesar 88,78%.
Keywords: yang mempunyai akurasi / MENGGUNAKAN / Metode yang / yang dipakai / kepuasan destinasi / ulasan kepuasan / penelitian ini

Scifeed alert for new publications

Never miss any articles matching your research from any publisher
  • Get alerts for new papers matching your research
  • Find out the new papers from selected authors
  • Updated daily for 49'000+ journals and 6000+ publishers
  • Define your Scifeed now

Share this article

Click here to see the statistics on "Edutic - Scientific Journal of Informatics Education" .
Back to Top Top